Cara Bisa Bahasa Inggris

Cara Bisa Bahasa Inggris

Setelah mempelajari cara awal belajar Bahasa Inggris, mari kita lanjutkan ke tahapan cara bisa bahasa Inggris di Part 2 ini. Untuk metode ini, kita lebih menekankan pada pembahasan menghafalkan kosakata atau vocabulary. Nah, sudah berapa jumlah kosakata bahasa Inggriskah yang Kamu hafalkan?

Metode ini sebenarnya termasuk bagian pembelajaran bahasa Inggris paling dasar. Sebab yang namanya vocabulary akan sering digunakan dalam bahasa Inggris, entah itu dalam bentuk percakapan maupun teks. Ini juga bisa membantumu untuk lebih mudah menyusun kata-kata yang tepat dalam speaking.

Read More

Kenapa Sih Harus Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris?

Kamu harus tahu bahwa semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang Kamu pelajari dan pahami, tentunya bisa memudahkanmu menguasai perbendaharaan kata. Ini dia beberapa alasan kenapa Kamu harus mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan baik :

1. Meningkatnya Kemampuan Speaking

Untuk menumbuhkan kemampuan speaking, awalnya Kamu harus berani terlebih dahulu. Jangan takut salah dan Kamu tak perlu memikirkan penambahan kosakata. Baru setelah aktif dalam speaking, Kamu bisa mulai menambahkan lebih banyak lagi vocabulary atau kosakata. Dengan banyaknya jumlah kosakata yang Kamu pahami, tentu semakin mempermudah proses speaking berbahasa Inggris.

2. Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (IQ)

Dengan meningkatnya pembendaharaan kata yang Kamu miliki saat menguasai vocabulary, tentu saja bisa meningkatkan kecerdasan intelektualmu. Nah, berkat penguasaan pembendaharaan inilah Kamu juga bisa menyusun kalimat dengan benar dalam bahasa Inggris.

3. Mendapatkan Score TOEFL yang Tinggi

Siapa sih yang nggak mau dapat score TOEFL yang tinggi? Tentu mau dong, karena dengan meraih score tinggi untuk ujian TOEFL, akan ada banyak perusahaan yang mencarimu. Nah, Kamu bisa mewujudkan nilai TOEFL sempurna dengan menguasai kosakata bahasa Inggris. Bahkan selain lulus tes TOEFL, Kamu juga bisa lulus tes IELTS atau TOEIC.

Pada kenyataannya, Indonesia sendiri saat ini termasuk ke dalam kelompok Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan kata lain, jika Kamu jago berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL yang sempurna, sudah pasti Kamu akan mendapatkan nilai plus saat melamar pekerjaan.

Cara Bisa Bahasa Inggris

Cara Bisa Bahasa Inggris
Panduan Cara Bisa Bahasa Inggris (Part 2)

Bagaimana Cara Menguasai Bahasa Inggris Lewat Vocabulary?

Oke, jika Kamu sudah paham dengan kelebihan mempelajari dan menguasai vocab, kini Kamu bisa mulai mempelajari vocab dengan baik. Simak cara bisa bahasa Inggris lewat vocabulary berikut :

1. Hafalkan dan Pahami Vocab yang Sering Dipakai

Vocabulary dalam bahasa Inggris memiliki level bervariasi. Dalam Cambride Advanced Learner’s Dictionary, yakni aplikasi kamus berbahasa Inggris, di sana Kamu bisa menemukan beberapa tingkatan vocab. Cek informasi keterangannya di bawah ini :

  • A1, untuk tingkatan pemula atau beginner.
  • A2. untuk level dasar atau elementary.
  • B1, untuk tingkatan menengah atau intermediate.
  • B2, untuk level upper intermediate atau tingkat menengah ke atas.
  • C1, tingkat lanjutan atau advanced.
  • C2, tingkat kecakapan atau proficient.

Disini Kamu bisa memahami dan mengenal level vocab dari A sampai B saja terlebih dulu!

2. Coba Menghafal Irregular Verb

Mempelajari irregular verbs sebenarnya sangat penting. Arti dari irregular verb itu sendiri adalah kata kerja tak beraturan. Maksudnya ialah perubahan dari verb 1 menuju verb 2 dan juga verb 3 cukup rumit, tidak hanya sekedar penambahan ‘d’ atau ‘ed’ saja. Beberapa diantaranya pada kata-kata berikut : buy-bought-bought, see-saw-seen, arise-arose-arisen. 

Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang lebih sering memakai regular verb dan jarang menggunakan bentuk verb 2 dan verb 3. Bentuk regular verb sendiri lebih simpel, hanya melalui penambahan d/ed saja. Silahkan cek dan pelajari lebih detail tentang irregular dan regular verb!

3. Sering-Sering Membaca Kalimat Bahasa Inggris

Cara bisa bahasa Inggris berikutnya agar Kamu menguasai vocabulary ialah dengan sering-sering membaca. Kamu bisa membaca komik, caption Instagram, artikel, cerpen dan apapun yang berbahasa Inggris. Silahkan temukan bacaan menarik,dengan catatan harus membacanya sampai tuntas. Hingga Kamu menemukan berbagai macam vocab atau kosakata dalam bahasa Inggris.

4. Jangan Cuma Baca, Tapi Cari Tahu Artinya

Selain membaca, Kamu juga harus cari tahu artinya dengan memakai kamus, baik berbentuk buku ataupun elektronik. Sebab dengan mengetiknya pada kolom pencarian dan membuka-buka halaman di dalam kamus misalnya, tentu saja membuatmu lebih mengingat kosakata bahasa Inggris yang Kamu cari beserta artinya.

Dengan membuka kamus, juga memungkinkanmu bisa menghabiskan lebih lama waktu berurusan dengan kosakata bahasa Inggris yang ingin Kamu ketahui artinya. Nikmati proses bacaanmu dan coba telusuri artinya satu-persatu.

5. Memakai Metode Mnemonic

Ini adalah cara bisa bahasa Inggris yang biasanya diterapkan agar lebih mudah mengingat kosakata. Caranya dengan membuat akronim atau asosiasi kata-kata. Melalui teknik  yang mudah dan sederhana, Kamu dapat mengadopsi metode ini agar lebih mudah mengingat konsep belajar yang rumit.

Adapun caranya ialah dengan saling menghubungkan beberapa kata yang berkaitan antara satu sama lain, sehingga membuatmu jauh lebih mudah memahaminya. Tentu saja, harus dibarengi dengan banyak-banyak latihan!

Melalui akronim atau asosiasi ini, Kamu lebih mudah mengingat kosakata yang muncul nantinya. Misalnya saja Kamu dapat mengingat kosakata warna dasar, metodenya lewat pembuatan akronim RGB sebagai kepanjangan dari Reed, Green, serta Blue.

Selanjutnya Kamu tinggal buat akronim yang lainnya lagi. Untuk mengingat vocabulary bahasa Inggris dengan mudah, Kamu harus ingat bahwa dirimu bisa menciptakan metode mnemonics sendiri sesuai versimu.

6. Membuat Visual atau Gambar

Jika Kamu lebih senang belajar dengan metode visual atau gambar, tak ada salahnya mencoba metode ini. Mulai catat berbagai jenis kosakata baru berikut artinya di buku catatan. Kemudian, Kamu tinggal buat gambar yang bisa menyimbolkan arti kosakata tersebut yang dipelajari. Jika Kamu gemar mengekspresikan diri, silahkan buat storyboard secara visual sebagai solusinya.

Berdasarkan catatan yang sudah dibuat, tentu saja membuatmu semakin mudah untuk mempelajarinya. Dengan demikian, semuanya dapat tertanam lewat memori otak. Di sini Kamu dapat membuat cerita atau kisah berbentuk narasi dalam bahasa Inggris.

7. Coba Manfaatkan Fitur Story di IG, WhatsApp dan lainnya

Gemar buat story di IG atau WhatsApp? Jika ya, kini saatnya mulai menggunakan fitur story untuk memposting beberapa kosakata bahasa Inggris yang sudah ditulis di catatan.

Kamu bisa menuliskannya maksimal sebanyak 3 kosakata di story media sosial milikmu. Silahkan variasikan, seperti membuat gambar atau contoh kaimat, selagi Kamu bisa memahaminya. Apabila Kamu membuat postinganmu dengan jelas, tentu saja hal ini pun dapat membantu temanmu untuk belajar bahasa Inggris.

8. Terus Praktekkan Dalam Speaking

Bukan hanya dihafalkan, dicatat dan dicari artinya saja, karena tanpa Kamu mempraktekkannya akan sulit untuk mengingatnya. Cara bisa bahasa Inggris ini sangat penting, karena kemampuan vocab wajib terus diasah dengan selalu mempraktekkannya dalam speaking. Supaya lebih seru, ajaklah teman-temanmu membuat game!

Contohnya saja, tuliskan beberapa kosakata baru ke dalam kertas kecil. Kemudian gulung, lalu undi bersama dengan teman-temanmu. Nah, setiap orang wajib speaking memakai vocab dari undian tersebut, mulai dari 2-3 vocab. Kemudian Kalian saling bertanya serta memberi feedback secara bergantian.

Mempelajari vocabulary memang penting sekali dalam cara bisa bahasa Inggris. Ini bisa memperkaya kosakatamu dan membuatmu lebih lancar dalam speaking.

 

Related posts