Cara Mengembalikan Bahasa Indonesia di Hp Oppo

Bagaimana cara mengembalikan bahasa Indonesia di hp Oppo yang paling mudah? Hp Oppo termasuk salah satu produk smartphone yang banyak digemari. Hal ini tentu wajar, karena hp Oppo menawarkan lebih banyak keunggulan, dengan menawarkan spek dan fitur menarik.

Karena HP Oppo berasal dari China, terkadang jika melakukan perubahan bahasa ke beberapa bahasa asing akan sulit memahaminya. Misalnya saja, jika di ubah ke bahasa China Mandarin sebagai bahasa standar atau default hp Oppo, maka akan mempersulit pengguna karena kesulitan memahami bahasa Mandarin.

Tapi bagi kalian yang mengerti Bahasa china walaupun hanya sedikit, mungkin kalian bisa dengan mudah mengembalikannya ke dalam bahasa Indonesia. Bisa saja kalian yang memahami bahasa China Mandarin, mungkin tetap membiarkan bahasa China sebagai bahasa pengantar atau bahasa default hp Oppo.

Selain bahasa China, sebenarnya ada beberapa bahasa asing lain yang menjadi bahasa pengantar hp dan tentu saja bagi kalian yang memiliki keterbatasan pembendaharaan bahasa akan sulit memahaminya. Jadi, jika tanpa sengaja mengubah bahasa antar muka ke dalam bahasa asing, kalian bisa coba cara mengembalikan bahasa Indonesia di hp Oppo.

Cara Mengembalikan Bahasa Indonesia di Hp Oppo

Cara Mengembalikan Bahasa Indonesia di Hp Oppo
Mengembalikan Bahasa Indonesia di Hp Oppo

Metode 1 : Mengembalikan Bahasa Chine ke Bahasa Indonesia di Hp Oppo

Untuk cara mengembalikan bahasa Indonesia di hp Oppo ini misalnya saja ingin mengembalikan bahasa antar muka China di hp Oppo ke dalam bahasa Indonesia.

Terkait:  Cara Download Play Store yang Hilang

Jika ternyata tidak sengaja mengubah pengaturan ke bahasa Mandarin, maka semua tulisan yang ada pada HP Oppo secara otomatis semuanya akan bertuliskan bahasa China Mandarin. Inilah yang membuat kalian kesulitan mencari letak pengaturan Bahasa pada menu settings. Namun jangan khawatir, karena kita akan bahas satu persatu langkahnya di bawah ini :

1. Masuk Menu Settings

Mungkin untuk tahapan ini cukup mudah dilakukan sebab walaupun tampilannya dalam Bahasa china, kalian tetap mengenali menu settings. Silahkan cari menunya dengan ikon berbentuk roda bergerigi.

Untuk HP Oppo seri tertentu, menu settings bisa di dapatkan pada bar notifikasi dengan cara usap layar dari atas ke bawah. Maka akan muncul beberapa jalan pintas (shortcut) ke menu-menu utama yang tersedia, nah di sana pun ada menu settings yang di cirikan dengan ikon roda bergerigi.

2. Cari Menu Bahasa

Setelah ikon settings di pilih, maka kalian akan ditampilkan menu pengaturan atau setting yang semuanya bertuliskan bahasa China. Agar kalian tidak kesulitan, di bawah ini ada gambar pengaturan yang bisa kalian ikuti.

Untuk mempermudah tanpa perlu melakukan translate ke dalam bahasa Indonesia. Kalian bisa ikuti saja tulisan china seperti pada gambar di atas. Jika sudah mengikuti sesuai instruksi, kalian akan ditampilkan halaman di bawah ini :

Silakan klik tulisan China seperti yang tertera pada gambar. Setelah itu, kalian akan masuk pada halaman selanjutnya. Klik tulisan yang ditunjukan oleh tanda panah seperti pada gambar di bawah ini :

 

3. Pilih Pengaturan Bahasa Indonesia

Jika sudah mengikuti tahapan-tahapan di atas, kalian akan ditampilkan menu baru kembali untuk mengubah bahasa. Dari sini kalian tinggal mengklik tulisan Bahasa Indonesia, sesuai yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar berikut :

Jika kalian telah mengklik “Bahasa Indonesia”, maka secara otomatis bahasa antar muka akan langsung berubah ke dalam bahasa Indonesia.

Terkait:  Cara Ganti Email Instagram

Metode 2 : Mengembalikan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Untuk cara mengembalikan bahasa Indonesia di hp Oppo dari bahasa Inggris tentu sangat mudah. Kalian cukup mengakses opsi pengaturan sama seperti cara di atas. Hanya saja yang membedakannya, jika metode di atas dari bahasa China ke bahasa Indonesia, maka opsi ini dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Silahkan ikuti panduan mengubah bahasa pengaturan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia berikut ini :

  • Akses menu settings pada hp Oppo.
  • Jika sudah, pilih additional settings.

  • Gulir layar ke bawah dan tekan Language & Region.

  • Kalian tinggal lanjutkan metodenya dengan memilih language.
  • Lalu tekan Indonesia.

  • Tap done jika ingin mengkonfirmasi.
  • Secara otomatis, pengaturan bahasa akan langsung berubah ke dalam bahasa Indonesia.

Metode 3 : Mengembalikan Bahasa Indonesia di Hp Oppo Melalui Kode Rahasia

Mungkin masih banyak pengguna Oppo yang belum mengetahui hal ini, ternyata untuk mengganti layanan bahasa Indonesia di hp Oppo kalian dapat melakukannya lewat kode rahasia. Kode inilah yang dapat mengubah bahasa dalam waktu cepat. Kalian tidak perlu lagi repot-repot untuk memasuki pengaturan pada hp Oppo.

  • Akses menu dial pad di perangkat hp Oppo.
  • Kemudian ketikkan kode *#008#
  • Secara otomatis, layanan bahasa di hp langsung berubah.

Namun sebenarnya cara ini ada yang berhasil dan ada pula yang tidak. Jadi, jika kalian tetap tidak berhasil meskipun sudah mencoba cara ini, bisa coba skip dan pakai cara lainnya.

Metode 4 : Mengembalikan Bahasa Indonesia di Hp Oppo Melalui Hard Reset

Kelemahan dari hard reset tentunya semua data yang terdapat dalam memori internal akan ikut terhapus. Baik itu berupa file foto, video, music, maupun dokumen. Selain itu, kalian juga berpotensi akan kehilangan akun-akun yang sudah terpasang pada HP Oppo.

Untuk mengantisipasinya, lebih baik lakukan backup terlebih dahulu agar semua akun dan file pada memori internal bisa dikembalikan. Caranya bisa secara manual dengan mentransfer data ke komputer, sementara untuk akun-akun yang terpasang sebelumnya pada HP Oppo bisa di cadangkan ke akun Google milik kalian.

Terkait:  Cara Log Out Akun Google di Android

Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu :

  • Masuk pada menu settings.
  • Selanjutnya klik pengaturan tambahan yang ada di bagian bawah pada deretan opsi pada meu settings.
  • Di halaman selanjutnya, lakukan backup dengan cara buat ‘Cadangan dan Reset’.

 

 

  • Selanjutnya klik Reset ke Data Pabrik.

 

  • Maka HP Oppo kalian akan melakukan proses reset.
  • Setelah Kembali ke pengaturan awal, pada antarmuka kalian disuruh menentukan Bahasa yang akan dijadikan sebagai Bahasa antarmuka. Silakan pilih Bahasa Indonesia.

Metode 5 : Mengubah Bahasa Pada Keyboard Oppo

Tidak sedikit pengguna hp Oppo yang tanpa sengaja telah mengganti layanan bahasa pada hp  mereka. Hal tersebut memang cukup sering terjadi sebab hp Oppo pada pengaturan bahasa dalam keyboard seringkali diaktifkan tanpa sengaja.

Pengguna hp Oppo yang ingin mengubah pengaturan bahasa pada keyboard, kalian bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan masuk ke opsi chat pada perangkat Oppo kalian.
  • Ketik pesan baik pada pesan WhatsApp atau lainnya.
  • Tekan logo yang terletak di atas keyboard di samping kiri.
  • Lalu tekan menu bahasa.
  • Selanjutnya ketuk mode penuh di bawah.
  • Secara otomatis, sistem keyboard kembali lagi pada tampilan awal.

Itulah beberapa cara mengembalikan bahasa Indonesia di hp Oppo yang bisa kalian gunakan apabila antar muka pada perangkat kalian menggunakan bahasa lain. Untuk mempermudah akses kalian di hp, silahkan ikuti panduan di atas untuk mengganti dari layanan antar muka bahasa asing ke bahasa Indonesia.

 

 

Related posts