Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki 26 abjad. Akan tetapi, pembacaan abjad dalam bahasa Inggris berbeda dari bahasa Indonesia. Karena itu, untuk lebih memahami pelafalannya, ada tutorial cara membaca abjad bahasa Inggris yang perlu kalian pahami!

Perbedaan Alfabet dan Abjad

Banyak orang mengira bahwa alfabet dan abjad adalah sesuatu yang sama, padahal faktanya keduanya cukup berbeda. Adapun letak perbedaannya yaitu jika pada alfabet terdiri atas simbol yang di dalamnya memiliki huruf vokal, sedangkan pada abjad sendiri hanya memiliki huruf konsonan saja.

Read More

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa alfabet bahasa Inggris sama dengan alfabet bahasa indonesia berjumlah 26. Namun tentunya cara melafalkannya akan berbeda.

Perlu diketahui, setiap bahasa di berbagai negara memiliki huruf alfabet tersendiri, hal tersebut diakibatkan karena setiap wilayah atau setiap negara memiliki bahasanya masing-masing. Hanya kebetulan saja antara abjad bahasa Inggris dengan abjad bahasa indonesia jumlahnya sama, sehingga kalian yang akan belajar membaca abjad bahasa bisa dilakukan lebih mudah.

Keunikan Bahasa Inggris

Jika selama ini belajar bahasa Inggris hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus di bangku sekolah saja. Atau mungkin hanya ingin terliha keren saja ketika sedang besama teman. Selain itu, bahasa Inggris juga sudah menjadi tuntutan untuk mencar pekerjaan. Sehingga kita harus belajar bahasa Inggris untuk mengikuti tes TOEFL agar bisa mendapatkan skor tinggi.

Akan tetapi, untuk alasan ingin melamar pekerjaan agar mendapat skor TOEFL yang tinggi kalian harus mempelajari bahasa Inggris dari dasar terlebih dahulu.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, cara membaca abjad bahasa Inggris adalah hal yang paling mendasar. Faktanya tidak sedikit orang dewasa yang belum mahir mengucapkannya karena tidak tahu teknik membacanya apalagi membaca sebuah kata dan kalimat.

Bahasa Inggris adalah bahasa unik dilihat dari segi linguistik mulai dari artinya, jumlah huruf dalam satu kata, cara membacanya. Ada beberapa kata yang unik dalam bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui agar suatu saat jika menemukan kata-kata ini tidak akan bingung.

Sebagai contoh ada kata ‘Scraunched’, ini merupakan suku kata terpanjang yang ada pada bahasa Inggris. Ada juga kata ‘dreamt’, yang merupakan satu-satunya kata yang diakhiri dengan ‘mt’. Selain itu, ada juga kata ‘underground’ yang merupakan kata dengan awalan ‘und’ dan diakhiri pula dengan akhiran ‘und’.

Membaca Abjad Bahasa Inggris Dengan Benar

Cara yang paling benar untuk mengeja abjad bahasa Inggris adalah dengan selalu memperhatikan International Phoenic Alphabet (IPA). Adapun IPA sendiri adalah sistem alfabet yang dipakai secara luas untuk merekam fonetik suara secara lisan.

Dengan begitu, IPA akan dengan mudah mengarahkan yang akan mengucapkan sebuah huruf atau kata bahasa Inggris. Sebagai contoh ada simbol titik ‘.’ (colon) yang menandakan bahwa huruf vokal harus dibaca panjang.

Ingat, dalam bahasa Inggris, salah pelafalan kata sedikit saja akan mengubah makna, apalagi bahasa Inggris memiliki cukup banyak kosakata yang hampir sama baik dari tulisannya atau pelafalannya.

Ejaan Nato atau Fonetik Nato

Jika kalian sering menonton film berbahasa Inggris bertema pesawat, militer, polisi, atau genre tertentu yang berhubungan dengan film live action, maka pastinya akan menemukan fonetik Nato. Ejaan ini merupakan ejaan yang biasa digunakan ketika berkomunikasi melalui telepon ataupun radio.

Asal muasal dari ejaan Nato ni adalah dikarenakan media komunikasi orang-orang di zaman dulu memang tidak sejernih sekarang, baik lewat radio ataupun telepon. Hal inilah yang membuat ejaan Nato muncul dan digunakan sampai sekarang.

Fungsi dari fonetik Nato yaitu untuk memastikan bahwa huruf demi huruf bisa tersampaikan dengan baik, jangan sampai tertukar antara huruf yang satu dengan huruf lainnya. Sebagai contoh antara huruf N dengan huruf M yang hampir mirip.

Adapun beberapa contoh fonetik Nato yaitu seperti A (dibaca Alfa), B (dibaca Bravo), C (dibaca Charlie), dan seterusnya.

Setelah memahami sedikit tentang ejaan fonetik Nato, mari kita bahas tentang cara membaca abjad bahasa Inggris. Metode ini sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh pemula sekalipun.

Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris
Membaca Abjad Bahasa Inggris

Sadar atau tidak, dengan melafalkan abjad bahasa Inggris akan membantu kalian melatih pronunciation dengan tepat. Dengan begitu, speaking skill kalian akan lebih terasah seiring dengan lancarnya melafalkan abjad bahasa Inggris.

Pembelajaran bahasa inggir bisa dibilang sangat kompleks terutama apabila kalian ingin lancar speaking. Selanjutnya, jika kalian sudah lancar dalam membaca abjad bahasa Inggris, bisa lebih mudah mempelajari conversation, basic grammar, hingga penulisan. Selain itu, tidak terkecuali juga untuk translate dari bahasa Inggris ke bahasa indonesia maupun sebaliknya

Bagi kalian yang ingin belajar membaca abjad bahasa Inggris, simak cara membaca abjad bahasa Inggris di bawah ini1

Step 1 : Membaca Abjad Bahasa Inggris

Ada beberapa contoh cara membaca abjad bahasa Inggris dengan benar yang bisa kalian pelajari :

1. Huruf A, dibaca ei [eI]

2. Huruf B, dibaca bi [bi:]

3. Huruf C, dibaca si [si:]

4. Huruf D, dibaca di [di:]

5. Huruf E, dibaca i [i:]

6. Huruf F, dibaca ef [ef]

7. Huruf G, dibaca ji [dzi:]

8. Huruf H, dibaca eic [eitch:]

9. Huruf I, dibaca ai [aI]

10. Huruf J, dibaca jei [dzei]

11. Huruf K, dibaca kei [kei]

12. Huruf L, dibaca el [el;]

13, Huruf M, dibaca em [em]

14. Huruf N, dibaca en [en]

15. Huruf O, dibaca ou [ou;]

16. Huruf P, dibaca pi [pi:]

17. Huruf Q, dibaca kyu [kju;]

18. Huruf R, dibaca ar [ar]

19. Huruf S, dibaca es [es]

20. Huruf T, dibaca ti [ti:]

21. Huruf U, dibaca yu [ju:]

22. Huruf V, dibaca vi [vi:]

23. Huruf W, dibaca dabel yu [dabel ju]

24. Huruf X, dibaca eks [eks]

25. Huruf Y, dibaca wai [waI]

26. Huruf Z, dibaca zed [zed] untuk british english, dan zi [zi:] untuk American english.

Hafalakan step by step cara membaca abjad bahasa Inggris di atas, sebab cara baca tersebut bersifat mutlak. Artinya, kalian harus bisa mengeja abjad di atas untuk setiap hurufnya. Uniknya lagi, jika mengucapkan satu buah kata atau kalimat, maka cara mengucapkannya akan berbeda lagi.

Step 2 : Contoh Spelling English

Contoh spelling english

1. Huruf H jika diucapkan dalam bahasa Inggris yaitu ‘eich’, namun pada kata tertentu bunyinya akan berubah menjadi ‘ha’ jika pada kata house (dibaca hauss), dan hamster (dibaca hamster).

2. Huruf U jika diucapkan dalam bahasa Inggris yaitu ‘yu’ namun pada kata tertentu tidak akan dibaca seperti itu melainkan bisa dibaca ‘a’ seperti pada kata up (dibaca ap), ugly (dibaca agly), until (dibaca antil).

3. Huruf K dengan pelafalan yang dibaca ‘kei’ jika dalam kata tertentu cara membaca huruf K nya akan hilang seperti pada kata know (dibaca now), knee (dibaca nii).

Contoh di atas menjelaskan bagaimana cara membaca abjad bahasa Inggris jika sudah dibentuk dalam rangkaian kata. Memang cukup rumit, namun seiring pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan sekaligus seringnya mempraktekkan spelling bahasa Inggris, akan sangat mudah menguasainya.

 

Related posts