Cara Bagi Data Telkomsel

Cara Bagi Data Telkomsel
Cara Bagi Data Telkomsel Mudah dan Cepat dengan 3 Langkah

Pastinya tidak menyenangkan bila tak memiliki kuota internet. Untungnya saat ini sudah ada cara bagi data Telkomsel yang cocok digunakan saat kuota internet menipis. Membagikan kuota data internet sayangnya hanya bisa antar pengguna sesama provider saja.

Pengguna provider Telkomsel akan bisa membagikan data dengan pemilik kartu SimPATI, Kartu AS, dan Telkomsel Loop. Bagi data Telkomsel ini juga hanya antar pengguna prabayar saja. Pengguna Telkomsel pascabayar sayangnya masih belum bisa saling berbagi data.

Read More

Meski terdapat sisi negatif, pastinya untuk cara bagi kuota Telkomsel tetap akan berguna. Tidak hanya untuk menolong teman atau saudara yang sedang kehabisan kuota internet. Cara ini bisa dilakukan pula sebagai hadiah. Akan menyenangkan bukan mendapatkan hadiah kuota internet di saat ini?

Nah, bila saat ini sedang mencari bagaimana cara bagi data Telkomsel, berikut ini merupakan langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan.

Ketentuan Bagi Data Telkomsel

Cara Bagi Data Telkomsel
Ketentuan Bagi Data Telkomsel

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara transfer kuota Telkomsel, ada beberapa poin penting yang harus diketahui lebih dulu. Poin-poin ini untuk memastikan proses transfer data berhasil.

Di bawah ini merupakan beberapa ketentuan yang harus diperhatikan saat akan bagi data Telkomsel dengan pengguna lain. Simak baik-baik sebelum melakukan transfer kuota internet.

1. Hanya Bisa Antar Pengguna Telkomsel

Sampai saat ini, cara transfer kuota Telkomsel hanya bisa dilakukan antar pengguna provider yang sama. Pengguna kartu Telkomsel Loop, Kartu AS, dan SimPATI akan bisa saling berbagi kuota data.

2. Hanya Untuk Pengguna Prabayar

Seperti disinggung di atas, pengguna kartu Telkomsel pascabayar belum bisa berbagi kuota dengan prabayar. Begitu juga sebaliknya. Layanan dan cara bagi data Telkomsel hanya dikhususkan untuk pengguna prabayar saja.

3. Ada Limit Harian

Setiap harinya pengguna hanya bisa melakukan transfer kuota internet sebanyak 6 kali. Lebih dari itu proses transfer akan tertunda hingga esok hari.

Jadi sebelum mengirimkan kuota data ke teman atau saudara pengguna Telkomsel, pastikan dulu tidak melebihi limit harian.

4. Limit Transfer Data

Selain limit harian, transfer data juga ada maksimal serta minimal sendiri. Setiap kali transfer data minimal 50 sampai 500 MB saja. Selain itu dalam satu hari limit transfer data sebanyak 3 GB saja.

Hal ini berarti untuk satu kali transfer kuota Telkomsel sebesar 500 MB untuk 6 kali. Sehingga total limit menjadi 3 GB.

5. Ada Biaya Transfer

Bagi data Telkomsel tidak bisa dilakukan secara gratis. Ada biaya sebesar Rp 5000, yang akan dipotong dari pulsa untuk sekali transfer.

6. Sisa Kuota Minimal yang Tersisa

Bagi pengirim, kuota yang tersisa minimal 500 MB. Pengguna tidak bisa benar-benar mengirimkan seluruh kuota data yang dimiliki ke nomor Telkomsel lain hingga habis.

Informasi lengkap untuk bagi kuota Telkomsel ini bisa dibaca langsung dari halaman situs resmi di sini.

Cara Bagi Data Telkomsel

Cara Bagi Data Telkomsel
Cara Bagi Data Telkomsel Mudah dan Cepat dengan 3 Langkah

Setelah memahami ketentuan di atas, berikut ini merupakan langkah dan cara bagi kuota Telkomsel.

1. Cara Bagi Data Telkomsel Lewat UMB

Cara bagi data Telkomsel lewat UMB merupakan langkah paling mudah. Tidak perlu mengunduh aplikasi khusus atau melakukan cara-cara tertentu. Bisa dibilang, cara ini merupakan langkah tradisional yang bisa dilakukan siapa saja untuk berbagi kuota internet Telkomsel.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk bagi data Telkomsel lewat UMB.

1. Buka menu Telepon di ponsel
2. Kemudian ketik 5002# lalu klik tombol Telepon
3. Setelah mengakses UMB 5002#, masukan nomor telepon penerima kuota
4. Berikutnya masukan jumlah kuota yang akan ditransfer. Ingat ya, untuk transfer kuota Telkomsel minimal 50 MB dan maksimal 500 MB
5. Lalu ketik 1 untuk setuju melanjutkan transaksi pengiriman data
6. Akan ada notifikasi dari Telkomsel bila transaksi berhasil
7. Cek kuota Telkomsel dan sisa pulsa untuk memastikan transaksi sukses

Bagi data Telkomsel dengan UMB memang mudah. Prosesnya juga cepat. Pengguna hanya perlu memastikan sudah memasukkan nomor penerima dengan benar. Selain juga dengan jumlah kuota.

Cara satu ini bisa dilakukan tanpa menggunakan koneksi internet. Sehingga cocok bila ingin mengirim data dengan mudah, cepat, tanpa ribet!

2. Cara Bagi Kuota Telkomsel Lewat Kode USSD

Selain dengan menggunakan UMB, kode USSD merupakan cara transfer kuota Telkomsel berikutnya yang sangat mudah. Untuk cara ini, pengiriman kuota internet tidak menggunakan ketentuan limit minimal 50 MB dan maksimal 500 MB.

Pasalnya cara bagi kuota Telkomsel lewat kode USSD akan mengirimkan paket internet. Pengguna bisa memilih paket internet mana yang akan dikirimkan pada nomor penerima. Semakin mudah, bukan?

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk cara bagi kuota Telkomsel lewat kode USSD.

1. Buka aplikasi Telepon di ponsel
2. Kemudian akses *363#
3. Akan ada sederet menu layanan dari Telkomsel yang muncul
4. Pilih menu layanan Gift
5. Kemudian masukan nomor telepon penerima kuota
6. Setelah klik OK akan ada pilihan menu Paket Flash Gift
7. Pilih jenis Paket Flash Gift yang akan dikirimkan; ada paket internet Harian, Mingguan, sampai Bulanan
8. Bila sudah memilih paket internet di Paket Flash Gift, klik OK
9. Akan ada notifikasi saat transaksi berhasil

Cara bagi kuota Telkomsel melalui kode USSD memang berbeda. Pengguna bisa memilih paket internet apa yang akan dikirimkan ke penerima. Masing-masing paket akan memiliki kuota internet berbeda dengan penggunaan dalam jangka waktu tersebut.

Misalnya saja memilih Paket Flash Gift Harian. Maka kuota internet hanya akan bisa digunakan selama 24 jam. Begitu juga untuk Mingguan atau Bulanan. Cara ini berbeda dengan berbagi kuota melalui UMB yang data interner tidak memiliki durasi pemakaian.

Meski menggunakan kode USSD untuk mengirim data internet memberikan kuota lebih besar.

3. Cara Transfer Kuota Telkomsel Dengan Aplikasi

Selain melalui kode USSD dan UMB, cara bagi kuota Telkomsel berikutnya melalui aplikasi.

Tentunya untuk melakukan cara transfer kuota Telkomsel dengan aplikasi ini harus lebih dulu mengunduh dan menginstal aplikasi Telkomsel di gawai. Setelah menginstall aplikasi Telkomsel dan masuk menggunakan nomor yang digunakan, berikut ini cara untuk berbagi kuota:

1. Buka aplikasi Telkomsel
2. Klik pada menu Beri Hadiah
3. Kemudian buka di pilihan menu Transfer Kuota
4. Pada halaman menu, masukan nomor telepon penerima
5. Sekaligus juga nominal kuota. Untuk cara ini akan menggunakan ketentuan kuota minimal 50 MB dan maksimal 500 MB
6. Telkomsel akan mengirim SMS untuk konfirmasi serta verifikasi transfer data yang dilakukan
7. Lakukan verifikasi melalui SMS dan tunggu balasan untuk konfirmasi transaksi berhasil

Transfer kuota Telkomsel dengan aplikasi membutuhkan koneksi internet. Cara ini juga merupakan salah satu yang paling mudah dilakukan.

Cara bagi data Telkomsel sebenarnya juga tidak sulit. Meski ada ketentuan tersendiri agar transaksi bagi data Telkomsel berhasil. Selain biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan bagi kuota Telkomsel.

Semoga ulasan untuk cara transfer kuota Telkomsel di atas membantu dan berguna bagi pembaca.

Related posts