Cara Membaca Ejaan Bahasa Inggris

Salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris adalah cara membaca ejaan bahasa Inggris. Mengingat metode pembacaan ejaan bahasa Inggris itu sendiri tak selalu sama seperti yang tertulis, membuatnya sangat menarik untuk dipelajari. Contohnya, huruf “a” tak selalu dibaca menjadi “a” bahkan bisa saja menjadi “ae” atau “eə“. 

Saat membaca bahasa Inggris, salah saja membaca ejaan bahasa Inggris mungkin bukan masalah jika dihadapan diri sendiri. Namun tentu saja hal ini berebda jika Kamu berbincang langsung bersama native speaker atau penutur asli. Salah dalam pengucapan kata dapat memberikan makna baru, karenanya apa yang akan Kamu sampaikan tak dapat dimengerti lawan bicaramu.

Read More

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, kita juga akan menjumpai 5 huruf vokal pada bahasa Inggris, diantaranya ‘a’, ‘u’, ‘i’, ‘o’, dan ‘e’. Walaupun hanya terdapat 5 saja, ada beberapa metode membaca ejaan dalam bahasa Ingris untuk huruf-huruf tersebut.

Cara Membaca Ejaan Dalam Bahasa Inggris

Cara Membaca Ejaan Bahasa Inggris
Tutorial Membaca Ejaan Bahasa Inggris

Bagaimana Membaca Ejaan dalam Bahasa Inggris?

Memiliki keterampilan menulis dan membaca hingga fasih berbahasa Inggris tentu saja sangat bermanfaat bagi prospek di masa mendatang. Hal ini dikarenakan mendapatkan keterampilan bahasa Inggris yang berharga ialah langkah awal untuk mempromosikan hubungan yang sehat antar budaya. Akan tetapi, ada aspek cukup rumit saat mempelajari bahasa Inggris, yaitu pengucapan ejaan dalam bahasa Inggris itu sendiri.

Sebagai panduan dasar dalam mengeja bahasa Inggris dengan benar, Kamu harus tahu cara membaca ejaan dalam bahasa Inggris untuk huruf-huruf vokal berikut :

1. Membaca Ejaan Huruf ‘a’

Huruf ‘a’ adalah huruf pertama pada alphabet sekaligus sebagai huruf yang sering muncul pada teks bahasa apapun. Berbeda dengan cara pembacaan huruf ‘a’ pada bahasa Indonesia, pembacaan huruf ‘a’ pada bahasa Inggris sendiri sangat bervariasi. Di bawah ini metode pengucapan huruf ‘a’ dalam bahasa Inggris :

  • /a:/
Terkait:  Cara Membaca Nominal Uang Rupiah

Jika Kamu menemukan huruf ‘a’ dalam bacaan bahasa inggris, maka dibaca menjadi /a:/ atau dengan kata lain ‘a’ panjang apabila sesudah huruf ‘a’ diikuti oleh huruf ‘r’. Sedangkan huruf ‘r’ pada kata tersebut tidak akandibaca atau dibaca samar. Maka dari itu, pembacaan huruf a-nya menjadi panjang. Huruf ‘a’ pun bisa dibaca panjang apabila diikuti huruf rangkap dari ‘lm’. Adapun contohnya ialah car/ka:r/ dan calm /ka:lm/.

  • /ae/

Huruf ‘a’ akan dibaca menjadi /ae/ dalam beberapa kondisi. Kondisi pertama, apabila huruf ‘a’ disertai huruf konsonan yang tertutup. Sedangkan yang kedua, apabila huruf ‘a’ diikuti huruf ‘x’. Kondisi selanjutnya, huruf ‘a’ akan dibaca menjadi /ae/ apabila sesudah huruf a terdapat huruf rangkap berupa ‘nce’, ‘nd’, ‘ck’, ‘ff’, ‘lf’, ‘ct’, ‘sk’, ‘th’, ‘ss’, ‘nce’, dan ‘mn’.

Misalnya pada kata glass menjadi /glaes/, wax menjadi /waeks/, atau kata hat menjadi /haet/.

  • /eə/

Huruf vokal ‘a’ jika diikuti huruf ‘e’ dan ‘r’ secara berurutan di bagian belakangnya maka akan dibaca menjadi /eə/. Akan tetapi, ada pengecualian dalam kata “are”. Biasanya pada kata tersebut, pembacaan ‘a’ akan lebih panjang atau sama dengan /a:/. Adapun contoh ‘a’ yang dibaca menjadi /eə/ yaitu pada kata ware menjadi /weər/, care menjadi /keər/ dan sebagainya.

  • /ə/

Sebagian orang mungkin kurang begitu familiar dengan pelafalan /ə/. Cara membaca ejaan bahasa Inggris ini sebenarnya sama seperti hurud ‘e’ saat Kamu mengucapkan ‘sate’ pada bahasa Indonesia. Huruf ‘a’ ini juga dapat diucapkan /ə/ apabila bertemu huruf tertentu yang mengalami penekanan suara. Seperti pada kata about menjadi /ə‘baut/ dan ago menjadi /ə‘gou/.

  • /o:/
Terkait:  Cara Awal Belajar Bahasa Inggris

Huruf ‘a’ pun bisa dibaca menjadi /o:/ panjang dalam 2 kondisi. Kondisi pertama, apabila huruf tersebut disertai konsonan rangkap, berupa ‘lk’, ‘lt’, ‘ld’, dan ‘ll’. Selanjutnya, apabila huruf ‘a’ disertai huruf ‘w’. Contohnya draw menjadi /dro:w/ dan bald /bo:ld/.

2. Membaca Ejaan Huruf ‘u’

Huruf ‘u’ dalam bahasa Inggris sendiri mempunyai cara pengucapan sangat unik. Dengan keunikannya ini, tidak sedikit orang terkecoh saat membaca kata yang mengandung huruf ‘u’ dalam bahasa Inggris. Jika Kamu kebingungan membaca ejaan huruf ‘u’ dalam bahasa Inggris. Simak ulasan berikut :

  • /u/

Cara membaca ejaan bahasa Inggris untuk huruf ‘u’ yang pertama, bisa dibaca sama seperti yang tertulis apabila huruf tersebut disertai oleh huruf ‘sy’ dan ‘ll’. Misalnya pada kata bull tetap dibaca /bul/.

  • /a/

Walaupun tertulis ‘u’, namun cara pembacaan ejaan huruf ‘u’ bisa menjadi /a/. Ini bisa terjadi apabila huruf ‘u’ terletak di suku kata yang tertutup. Contohnya : kata buy menjadi /bay/, atau pada kata but menjadi /bat/, dan lainnya.

  • /u:/

Apabila menemukan huruf ‘u’ terletak di suku kata yang terakhir, serta berakhiran huruf ‘e’ maka huruf ini dibaca dengan lafal u panjang. Contohnya, pada blue maka menjadi /blu:/.

  • /ə/

Huruf ‘u’ akan dibaca menjadi /ə/ apabila terletak di satu suku kata yang berakhiran ‘re’. Contohnya nature menjadi /neicər/ dan picture menjadi /pikcər/. Jadi jangan sampai salah membacanya, sebab ejaan ini memang sering menjebak.

  • /yu:/

Cara membaca ejaan bahasa Inggris pada huruf ‘u’ juga mempunyai pengucapan /yu:/. Sama seperti saat Kamu menyanyikan ABC, lafal ‘u’ dibaca menjadi /yu:/. Sebenarnya tak ada aturan baku tentang pengucapannya. Namun, Kamu bisa mengingatnya dengan sering-sering melakukan pengejaan yang benar. Contohnya dalam kata music menjadi /myu:zik/, use menjadi /yu:z/, dan cucumber menjadi /kyu:kəmbər/.

  • /ə:/
Terkait:  Cara Membaca QR Code

Selain dibaca /ə/ huruf ‘u’ juga dapat dibaca /ə:/ atau ə panjang. Apabila Kamu menemukan huruf ‘u’ disertai huruf ‘r’ serta terletak di suku kata yang terakhir, Kamu pun bisa membacanya menjadi /ə:/. Contohnya pada kata curtain menjadi /kə:rtən/ dan kata burn menjadi /bə“rn/.

3. Membaca Ejaan Huruf ‘i’

Untuk membaca ejaan huruf ‘i’ dalam bahasa Inggris juga cukup unik dan menantang. Ada beberapa metode pengucapan ejaan pada huruf ‘i’. Berikut beberapa variasi pengucapannya :

  • /ai/

Huruf vokal ‘u’ dapat dibaca menjadi /ai/ apabila diletakkan di dalam suku kata yang terbuka dengan diakhiri oleh huruf ‘e’ yang bisu. Contohnya pada bike menjadi /baik/ dan nine menjadi /nain/. Di samping itu, pengucapan ‘i’ dibaca menjadi /ai/ jika diikuti dengan huruf ‘nd’, ‘ld’ dan ‘ght’. Misalnya pada kata blind menjadi /blaind/ dan night menjadi /nait/.

  • /i/

Pengucapan huruf ‘i’ juga dibaca sama seperti pada tulisannya, apabila huruf tersebut terletak di suku kata yang terakhir serta tidak berakhiran pada huruf ‘e’ yang bisu. Contohnya bring menjadi /bring/ sedangkan milk menjadi /milk/. Pelafalan ini tentu saja sangat mudah sebab pengucapannya mirip bahasa Indonesia.

  • /ə:/

Di samping dibaca /ai/ dan /i/, huruf ‘i’ pun dapat dibaca menjadi /ə:/. Pengucapan tersebut biasanya berlaku apabila huruf ‘i’ disertai oleh huruf ‘rl’, ‘rm’, ‘rd’, ‘rt’, dan ‘rc’. Contohnya bird dibaca menjadi /bə:rd/ dan girl menjadi /gə:rl/.

Kesimpulannya adalah ejaan dalam bahasa Inggris tidak selalu sama dengan tulisan pada huruf yang terdapat dalam sebuah kata. Itulah panduan terkait cara membaca ejaan bahasa Inggris dengan benar pada huruf-huruf vokal a, i dan u. Semoga bermanfaat!

Related posts