Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Hp Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi

Jika kalian memiliki smartphone hp Vivo yang sudah cukup lama digunakan,  namun jarang membersihkan file sampah, maka bisa berpengaruh pada menurunnya kinerja dan performa hp Vivo. Oleh sebab itu, kalian harus sering sering menghapus file sampah dengan cara membersihkan ruang penyimpanan hp Vivo tanpa menghapus aplikasi.

Hp Vivo kini bisa disejajarkan dengan brand-brand smartphone yang ada sejak dulu. Bahkan saat ini,pangsa pasar di seluruh dunia seakan berfokus pada merek Vivo karena keunggulan fiturkamera yang bisa diandalkan.

Read More

Mengusung jargon ‘Vivo Camera Phone’ yang kerap digaungkan, sektor kamera termasuk fitur yang seringkali diandalkan di setiap serinya. Kalian bisa membandingkan hp Vivo dengan sekelasnya dari merk lain, yang ternyata Vivo selalu menawarkan fitur berkualitas.

Sistem Android Vivo

Seperti merek-merek lainnya kecuali iPhone, Vivo merupakan salah satu produk yang menggunakan sistem operasi android. Sistem ini berjalan dengan sangat baik dalam mendukung fitur bawaan maupun aplikasi lain, sehingga bisa membuatnya bisa berjalan tanpa adanya hambatan sehingga berpengaruh baik pada sisi performa HP Vivo.

Kelebihan dari penggunaan android adalah selain setiap waktu mendapatkan update sistem, juga pengguna akan dengan mudah memodifikasi sistem untuk optimalisasi HP smartphone. Tujuannya supaya hp tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, bagi kalian yang sudah memiliki HP Vivo atau yang hendak membeli HP Vivo, maka disarankan untuk selalu mengecek versi sistem android yanag dibawanya. Pastikan apakah versi OS android lama atau terbaru.

Pentingnya Membersihkan File Sampah

Pada sistem operasi Android, ada yang dinamakan dengan file sampah. File-file sampah ini terjadi akibat dari hasl instalasi aplikasi, pemakaian aplikasi, hingga ketika menghapus aplikasi yang tidak digunakan. File sampah tersebut dinamakan dengan file cache yang bisa membuat performa hp Vivo mennurun dan dapat mengurangi ruang penyimpanan HP Vivo.

Selain cache, juga ada file sampah lainnya yang mempengaruhi kinerja HP Vivo yaitu folder yang tidak digunakan, folder-folder sisa dari menghapus aplikasi, hingga thumbnails yang biasa ada ketika membuka file foto atau video.

Khusus thumbnaiks, karena Vivo lebih mengedepankan kamera sebagai fitur andalannya, tentu saja file yang dihasilkan untuk setiap 1 kali jepretannya berukuran besar. Selain itu,  file sampah yang dihasilkannya juga akan cukup besar. Jika seandainya tidak rajin membersihkan file sampah hasil dari penggunaan fitur kamera, maka bisa mengurangi ruang penyimpanan hp Vivo.

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Hp Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi
Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Beberapa cara membersihkan ruang penyimpanan hp Vivo tanpa menghapus aplikasi bisa kalian coba. Ada yang bisa dilakukan dengan membersihkan file sampah, ada juga yang perlu menghapus beberapa aplikasi yang sudah di instal. Meskipun kalian masih memakai aplikasi tersebut di hp Vivo.

Dalam kasus ini, cara yang paling efektif untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih yaitu bisa dengan membersihkan file sampah. Karena dengan begitu kalian tidak perlu menghapus aplikasi yang masih digunakan.

Ada 2 cara membersihkan ruang penyimpanan hp Vivo tanpa menghapus aplikasi.  Aplikasi pertama bisa dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo dan yang kedua bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Intinya adalah baik fitur bawaan atau aplikasi, sama-sama memiliki tujuan yang serupa yakni meningkatkan performa HP dan menghapus semua file sampah. Dengan tujuan, bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan cara membersihkan ruang penyimpanan hp Vivo tanpa menghapus aplikasi di semua seri.

Metode 1 : Menggunakan Fitur Bawaan

Cukup sederhana jika berbicara mengenai fitur bawaan, karena setiap seri HP Vivo pasti aka nada fitur bawaan unttuk menghapus file-file sampah seperti cache, thumbnails, dan file-file lainnya. Dibawah ini, ada beberapa cara cara membersihkan ruang penyimpanan hp Vivo tanpa menghapus aplikasi dengan fitur bawaan :

1. Menghapus cache pada aplikasi yang terinstal

Dibandingkan harus menghapus program atau aplikasi di hp, lebih baik membersihkan file cache pada aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah dilakukan, yaitu :

  • Masuk terlebih dahulu pada menu settings pada deretan menu utama HP Vivo.
  • Setelah itu, masuk pada opsi Aplikasi untuk melihat aplikasi-aplikasi yang terintasl pada HP Vivo milik kalian.
  • Untuk melihat aplikasi yang cukup memakan memori inerntal HP Vivo, maka kalian bisa short berdasarkan ukuran.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi yang ingin kalian hapus cache nya.
  • Pada halaman baru di aplikasi yang kalian pilih, silahkan klik tombol ‘bersihkan cache’ atau ‘bersihkan memori’ untuk menghapus file sampah di dalam aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat hingga file sampah sudah benar-benar terhapus.
  • Lakukan cara yang sama pada opsi aplikasi lainnya, agar bisa meningkatkan ruang memori HP Vivo yang kalian miliki.

2. Menghapus folder yang tidak terpakai

File sampah lainnya adalah dengan menghapus file folder yang tidak terpakai pada memori HP. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

  • Bukalah file manager agar bisa mengakses memori HP Vivo baik memori internal maupun memori eksternal jika ada.
  • Pilihlah file folder yang sudah tidak digunakan dengan cara ketuk cukup lama, lalu akan muncul beberapa opsi diantaranya adalah opsi menghapus file folder.
  • Klik opsi tersebut agar folder yang dimaksudkan benar-benar terhapus sehingga bisa meningkatkan ruang penyimpanan.

3. File sampah lainnya

Thumbnails bisa dihapus dengan cara menggunakan fitur pembersih bawaan hanya dengan satu kali klik. Biasanya fitu tersebut bisa kalian temukan pada deretan menu shortcut yang ada di bagian atas HP Vivo yang tersembunyi.

Adapun untuk file lainnya seperti sisa hasil download file-file besar seperti apk, foto atau video, atau bisa juga file dokumen yang sudah tidak digunakan lagi, maka lebih baik menghapus file tersebut agar memori HP bisa lega dan kalian bisa melakukan aktifitas membuka aplikasi atau lainnya tanpa terhambat karena alasan memori HP sudah penuh.

Itulah beberapa langkah yang baik dan efektif jika ingin mendapatkan ruang penyimpanan agar sedikit lebih lega hanya dengan menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo.

Metode 2 : Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa kalian download di Google Play Store untuk meningkatkan performa HP Vivo maupun dalam meningkatkan kapasitas memori HP.

Ada beberapa rekomendasi apliaksi yang bisa kalian pilih, diantaranya Cleaner for Android, CCleaner, dan AVG Cleaner. Silahkan pilih salah satu diantara 3 aplikasi rekomendasi ini untuk keperluan membersihkan file sampah yang ada pada HP Vivo.

Kalian hanya perlu memilih salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan performa hp Vivo dengan cara membersihkan tempat penyimpanan dari sampah-sampah file. Silahkan pilih cara membersihkan ruang penyimpanan hp Vivo tanpa menghapus aplikasi paling mudah. Apalagi kalian bisa melakukannya tanpa aplikasi pihak ketiga.

 

 

 

 

 

Related posts