Cara Daftar Kartu Indosat

Bagi Kamu yang baru membeli kartu perdana Indosat, jangan lupa langsung lakukan pendaftaran atau registrasi kartu Indosat. Karena jika tidak segera melakukan registrasi, maka kartu Indosatmu tidak akan bisa digunakan. Ada beberapa tutorial cara daftar kartu Indosat yang dapat Kamu lakukan jika baru pertama kali membeli kartu perdana Indosat.

Cara Daftar Kartu Indosat

Cara Daftar Kartu Indosat
Mendaftar Kartu Indosat

Tutorial Daftar Kartu Indosat

Sebenarnya ada banyak pilihan cara daftar kartu Indosat yang dapat dipilih, diantaranya melalui SMS, gerai Indosat dan aplikasi MyIM3. Ini dia ulasannya :

Read More

1. Mendaftar Kartu Indosat via Online

Untuk melakukan pendaftaran kartu Indosat secara online, Kamu bisa mengunjungi web resmi dari Indosat ooredoo. Cukup ikuti langkah-langkah berikut :

  • Kamu bisa mengunjungi web resmi Indosat di link berikut : https://myim3.indosatooredoo.com/registration.
  • Inputkan nomor ponsel Indosat yang akan didaftarkan, tekan “Verifikasi”.
  • Selanjutnya, Kamu akan dikirimkan kode verifikasi melalui SMS langsung ke nomor Indosat barumu, lalu tekan “Verifikasi”.
  • Apabila Kamu masih belum mendapatkan SMS berisi OTP, ketuk opsi ‘Kirim Ulang’.
  • Setelah itu, inputkan nomor KK dan KTP, lalu tekan ‘Verifikasi’.
Terkait:  Cara Daftar Vospay Blibli

2. Mendaftar Kartu Indosat Melalui Aplikasi MyIM3

Cara daftar kartu Indosat baru selanjutnya yaitu melalui aplikasi MyIM3. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, Kamu bisa membuka layanan aplikasi MyIM3.
  • Inputkan nomor Indosat barumu, lalu tunggu sampai Kamu menerima SMS verifikasi, namun jika tidak verifikasi otomatis, Kamu bisa menginputkan kode verifikasi dengan cara manual.
  • Silahkan tekan ‘Menu Lainnya’ tepat di bawah pojok.
  • Setelah itu, pilih opsi ‘Kartu SIM Saya’ apabila belum melakukan pendaftaran, biasanya Kamu akan ditampilkan¬†link yang berwarna merah, bisa juga dengan mengklik ‘Aktivasi Prabayar’ dan lakukan ‘Registrasi’.
  • Inputkan nomor ponsel kartu Indosat barumu yang ingin diregistrasi, klik verifikasi.
  • Inputkan kode verifikasi, biasanya kode verifikasi dikirimkan ke nomor Indosat barumu via SMS. Silahkan klik ‘Verifikasi’, apabila Kamu belum menerima pemberitahuan SMS tekan ‘Kirim Ulang’.
  • Inputkan nomor KK dan NIK dan tekan Verifikasi.

3. Mendaftar Kartu Indosat Melalui SMS 4444

Untuk mendaftar kartu Indosat lewat SMS ke nomor 4444, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Kamu tinggal ketik format SMS : NIK(Nomor KTP)#NomorKK#. Jika sudah, kirim SMS tersebut ke nomor 4444.

4. Mendaftar Kartu Indosat Lewat Gerai Indosat

Cara daftar kartu Indosat baru selanjutnya ialah melalui gerai Indosat. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Silahkan berkunjung ke gerai Indosat yang terdekat.
  • Setelah itu, Kamu bisa mengambil nomor antrian setelah mendatangi gerai Indosat.
  • Sesudah dipanggil oleh petugas, Kamu bisa menyampaikan tujuanmu untuk melakukan pendaftaran kartu Indosat.
  • Selanjutnya Kamu akan dibantu pihak petugas untuk melakukan pendaftaran kartu Indosat yang baru.

Tutorial Registrasi Ulang Kartu Indosat

Selain cara daftar kartu Indosat, bagi pengguna kartu Indosat lama juga wajib melakukan registrasi ulang. Simak tutorial registrasi ulang kartu Indosat online berikut :

Terkait:  Cara Transfer Dana ke Bank

1. Registrasi Ulang Kartu Indosat Online

Untuk mendaftar ulang kartu Indosat secara online, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan kunjungi web resmi di link https://myim3.indosatooredoo.com/registration.
  • Inputkan nomor hp Indosat milikmu yang ingin didaftarkan dan tekan ‘Verifikasi’.
  • Kamu bisa menginputkan kode verifikasi yang biasanya dikirimkan melalui SMS langsug ke nomor Indosatmu. Silahkan klik ‘Verifikasi’.
  • Apabila Kamu belum mendapatkan SMS tersebut, tekan ‘Kirim Ulang’.
  • Inputkan nomor KK beserta Nomor Induk Kependudukan, lalu tekan ‘verifikasi’.

2. Registrasi Ulang Kartu Indosat Melalui SMS ke 4444

Kamu juga bisa melakukan registrasi ulang kartu Indosat melalui SMS ke nomor 4444. Caranya tinggal ketik format SMS berikut : ULANG#NIK(NomorKTP)#Nomor Kartu Keluarga#. Setelah itu, kirimkan ke nomor 4444.

Cara Melakukan Registrasi Kartu Indosat Tanpa KK dan KTP

Cara daftar kartu Indosat berikutnya yaitu jika tanpa memakai KK dan KTP. Tapi, apakah bisa daftar kartu Indosat tanpa Kartu Keluarga dan KTP? Tentu saja tidak bisa. Namun untuk pengguna kartu yang belum memiliki KTP, ada beberapa ketentuan yang wajib dipahami berikut :

1. Jika Sudah Memasuki Usia 17 Tahun

Untuk yang sudah berusia 17 tahun alangkah baiknya mengurus pembuatan e-KTP terlebih dahulu sebagai syarat wajib untuk melakukan pendaftaran kartu.

2. Jika Belum Berusia 17 Tahun

Namun apabila masih di bawah usia 17 tahun sebaiknya minta izin ke orang tua terlebih dahulu untuk meminjam KTP orang tua saat melakukan pendaftaran e-KTP.

Kenapa Registrasi Kartu Penting Dilakukan?

Jika Kamu pengguna kartu Indosat prabayar, maka wajib melakukan registrasi kartu. Namun apabila Kamu tidak mendaftarkan kartu Indosat, kartu secara otomatis tak akan dapat digunakan.

Kewajiban untuk mendaftarkan kartu perdana sendiri dimulai sejak tahun 2017 lalu. Ketentuan dan aturan tersebut sebenarnya adalah bentuk penyempurnaan aturan sebelumnya yang sudah dibuat sejak tahun 2005 silam. Proses registrasi kartu tersebut memakai Kartu Keluarga dan NIK.

Terkait:  Cara Daftar IMEI iPhone

Untuk selanjutnya pengguna diwajibkan mencantumkan KK dan NIK untuk dijadikan identitas saat registrasi. Pasalnya peraturan tersebut berlaku bagi seluruh pengguna SIM Card, tak terkecuali Indosat. Hal tersebut lah yang kerap membuat para pengguna kartu Indosat untuk mencari informasi tentang cara daftar kartu Indosat.

Registrasi Kartu Indosat Gagal, Apa Penyebabnya?

Biasanya jika registrasi kartu Indosat mengalami kegagalan, diakibatkan oleh faktor registrasi ada yang kurang valid. Berikut beberapa penyebab registrasi kartu Indosat gagal dilakukan, diantaranya :

1. Akibat Tidak Validnya Kartu Identitas

Faktor pertama penyebab kegagalan kartu yang tidak terdaftar yaitu ketidakvalidan data kartu Identitas. Biasanya hal tersebut sering terjadi akibat nomor KK yang dipaai masih belum aktif. Bisa jadi belum terdaftar dalam Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Jika ini adalah faktor penyebabnya, pengguna pun wajib mengurus KK terlebih dahulu ke Dukcapil agar registrasi kartu dapat dilakukan.

2. Kesalahan Mencatat Nomor

Penyebab lainnya kegagalan registrasi kartu Indosat ialah akibat salah mencatat nomro KK maupun NIK ketika mendaftar. Jika penulisan dalam NIK dan KK-nya salah, maka sudah pasti bisa mengakibatkan registrasi tidak dapat diterima. Jika hal tersebut terjadi, maka pengguna wajib melakukan registrasi kartu Indosat kembali agar bisa aktif. Selain itu, Kamu juga harus memastikan setiap nomor KK dan NIK yang Kamu ketik sudah benar, untuk meminimalisir kesalahan.

3. Masalah Jaringan

Salah satu metode registrasi kartu Indosat yaitu dapat dilakukan dengan cara online atau SMS. Karena hal tersebut, maka wajar jika jaringan adalah hal terpenting saat registrasi kartu. Jadi apabila terjadi masalah dalam jaringan ketika mendaftar kartu, maka pendaftaran secara otomatis tak bisa dilakukan. Jika hal ini terjadi, Kamu harus menunggu sampai jaringan kembali normal dan stabil. Setelah itu, Kamu pun bisa melakukan registrasi kartu Indosat kembali. Pastikan pula format dan nomor tujuan sudah benar agar bisa dikirim tanpa hambatan.

Bagaimana, penjelasan cara daftar kartu Indosat dan penyebab kegagalan registrasi kartu di atas, sangat mudah dipahami bukan? Dengan ulasan tersebut di atas, Kamu tentu tidak lagi kebingungan saat harus mendaftar kartu perdana Indosatmu.

Related posts