Cara Jago Bahasa Inggris

Cara Jago Bahasa Inggris

Lancar berbicara bahasa inggris tidak hanya membuat kita terlihat ‘keren’, tetapi juga sudah menjadi sebuah keharusan di era globalisasi saat ini. Jika kamu ingin maju dan diterima kerja di perusahaan-perusahaan bonafit, maka kamu harus sudah aktif berbahasa Inggris. Lantas, bagaimana cara jago bahasa Inggris?

Jangan berkecil hati jika saat ini mungkin kamu merasa sudah terlalu tua untuk belajar bahasa Inggris. Kamu harus ingat bahwa berapapun usia kita, tidak ada patokan untuk selalu menambah wawasan, upgrade skill dan upgrade kemampuan berbahasa. Jika kamu ingin jago bahasa Inggris, bukan berarti dari sejak bayi orang tuamu harus membiasakanmu berbicara bahasa Inggris.

Read More

Sebab buktinya, banyak orang yang jago berbahasa Inggris meskipun hanya beberapa tahun atau bulan saja mereka belajar bahasa Inggris. Ingin tahu cara jago bahasa Inggris dengan benar? Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Cara Jago Bahasa Inggris

Cara Jago Bahasa Inggris
Kiat Jago Bahasa Inggris dengan Cepat

Kiat Jago Bahasa Inggris Dengan Mudah

Berikut ini ada beberapa trik yang bisa membantumu bisa jago bahasa Inggris dalam waktu yang cepat. Ini dia cara jago bahasa Inggris dengan cepat dan tepat!

1. Talking to Yourself

Jangan malu untuk memulai bahasa Inggris, cobalah mulai dengan diri sendiri. Kamu bisa berbicara dengan dirimu sendiri menggunakan bahasa Inggris. Cara jago bahasa Inggris ini sangat efektif sebagai practice atau latihan sebelum kamu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris di depan orang lain.

Buat conversation atau percakapan sehari-hari untuk diri sendiri. Cari berbagai sumber yang bisa membantumu untuk memulai metode ‘talking to yourself’ dan langsung mempraktekannya. Kamu juga bisa menggunakan bantuan cermin sembari berbicara pada dirimu sendiri memakai bahasa Inggris. It’s easy for beginner!

2. Be Prepare to Embarrass Yourself

Bersiaplah untuk mempermalukan diri kita’. Maksudnya bagaimana? Jika kamu tidak percaya diri, malu belajar bahasa Inggris atau berbicara bahasa Inggris di depan orang lain, tinggalkan tutorial ini. Karena jika kamu ingin jago berbicara bahasa Inggris, kamu harus ‘bermuka tebal’. Hilangkan egomu saat ini, seperti ungkapan ‘mengalah untuk menang’.

Kamu bisa memulai percakapan atau conversation dengan orang lain, teman sekelas, teman satu kuliahan, atau mungkin di tempat kerja. Ingat, jangan merasa kesal jika ada orang yang menertawakan atau mengoreksi bahasamu. Justru hal tersebut harus menjadi dorongan atau motivasi untuk terus belajar dan berlatih bahasa Inggris.

Teruslah belajar, jangan ragu, malu apalagi takut berbicara bahasa Inggris di depan orang lain. Akan lebih baik lagi jika kamu belajar berbicara bahasa Inggris kepada temanmu yang mahir menggunakan bahasa internasional.

3. Imitate

Cara jago bahasa Inggris paling mudah adalah melalui ‘imitate’ atau ‘meniru’. Karena cara paling mudah untuk mengingat conversation sentences adalah dengan mengikuti. Kamu bisa menonton film-film luar negeri dengan subtitle bahasa Inggris dan catat beberapa kalimat yang sering mereka lontarkan.

Kamu bisa mempraktekkannya pada saat itu juga, dengan meniru bagaimana cara mereka mengucapkan, grammar, dan kata-katanya dengan benar. Lakukan secara berulang, sampai kamu terbiasa dengan kalimat tersebut. Dengan mencata kalimat-kalimat tersebut dan mencoba mempraktekkannya.

Semua informasi tersebut akan terkumpul diotakmu, dan secara otomatis kamu akan terbiasa mengeluarkan kata-kata tersebut dengan sendirinya.

4. Intensity > Length

Kamu harus ingat bahwa intensitas belajar bekerja jauh lebih baik dibandingkan lamanya belajar. Dibandingkan kamu belajar bahasa Inggris seminggu sekali secara rutin dengan mengikuti bimbel atau les bahasa Inggris, mungkin lebih baik jika kamu belajar bahasa Inggris secara intens. Ini artinya, kamu bisa mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, mendengar percakapan bahasa Inggris setiap hari, justru akan membuatmu jago berbahasa Inggris dengan cepat.

5. Learn First 100 Words

Untuk mempelajari 100 kata, kamu bisa mencoba mencatat beberapa kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Kita bisa ambil contoh, kamu bisa menuliskan tentang benda-benda yang ada di dapur atau yang ada di ruang TV misalnya. Silahkan catat, kemudian tempelkan kosakata tersebut ke masing-masing benda.

Kamu bisa menempelkan kosakata ‘umbrella’ di gagang payung misalnya, atau menempelkan kosakata ‘chair’ pada kursi, atau yang lainnya. Karena secara tanpa sadar,  jika kita sering menghafalkan kosakata tersebut saat kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan terbiasa dan mampu menghafalkannya dengan cepat.

6. Figure of The Patterns

Temukan polanya, ini adalah poin yang tidak kalah penting dalam cara jago bahasa Inggris. Ingat, cara paling mudah untuk menaklukkan grammar adalah mengetahui pola dari kalimat-kalimat yang ada dalam bahasa Inggris.

Misalnya, jika kamu sudah merasa yakin dengan kalimat yang kamu ucapkan sudah benar, maka kamu bisa menerapkannya pada situasi yang berbeda.

Kita ambil contoh, kamu sudah yakin jika kalimat ‘Iam going to the market’ itu sudah benar, maka kamu bisa mengaplikasikannya pada situasi lain, seperti ‘Im going to the Mall’. Kalimat ‘iam going to’ berarti ‘saya pergi ke…’.

Selain itu, ‘going to’ juga berarti ‘melakukan sesuatu’. Contohnya, ‘iam going to cook now’, ‘iam going to call you’, dan lainnya.

Jadi, jika kamu sudah mengerti atau memahami satu pattern atau satu pola, maka akan mempermudah kamu untuk membuat kalimat pada situasi yang lainnya.

6. Invest to go Abdroad

Ingin melatih bahasa Inggrismu dengan tantangan langsung? Kamu mungkin bisa pergi ke suatu tempat yang mengharuskanmu berbicara bahasa Inggris. Mulailah menabung atau berinvestasi sekarang untuk melakukan ‘travelling’ ke luar negeri. Jangan jauh-jauh, kamu bisa pergi ke Singapura dan dari sinilah kamu memulai sensasi berbicara bahasa Inggris secara langsung dengan orang luar.

Mengambil waktu liburan atau cuti selama seminggu dengan belajar bahasa Inggris sekaligus melakukan percakapan langsung di Singapura, bisa meningkatkan level bahasa Inggrismu secara signifikan.

Bantuan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris saat ini memang sangat mudah, apalagi dengan banyaknya aplikasi-aplikasi pembelajaran bahasa Inggris di android. Beberapa aplikasi berikut mungkin bisa membantumu belajar bahasa Inggris :

1. Duolingo

Duolingo termasuk aplikasi mainstream untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kebanyakan mentor bahasa Inggris menyukai aplikasi Duolingo. Kamu bahkan bisa mengatur berapa kali dalam sehari kamu belajar bahasa Inggris menggunakan Duolingo.

2. Bussu

Ini merupakan aplikasi media sosial untuk membantumu mempelajari bahasa Inggris memakai bantuan manusia. Ketika kamu memakai Bussu, maka kamu akan langsung dihubungkan ke beberapa native speakers pengguna aplikasi ini. Kamu bisa mempelajari grammar hingga tes TOEFL disini.

3. Babbel

Bisa dibilang aplikasi Babble mirip seperti Duolingo, namun perbedaannya Babbel biasanya lebih fokus pada percakapan dan vocabulary. Walaupun demikian, kualitasnya tidak jauh berbeda. Kamu bisa belajar sesuai level kemampuan bahasa Inggrismu di Babbel.

4. BBC Learning English

Jika kamu sudah mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris, untuk level intermediate atau basic, maka kamu bisa menggunakan BBC Learning English. Aplikasi ini dibuat oleh media berita terkemuka di dunia, yakni BBC. Pada aplikasi ini, kamu bisa menjumpai bacaan-bacaan dan topik berita yang meningkatkan skill berbahasa Inggris-mu.

Kamu harus ingat, siapapun bisa mengikuti cara jago bahasa Inggris tanpa memandang usia. Asalkan ada kemauan dan niat yang besar untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Diri sendirilah yang bisa menaikkan level bahasa Inggris-mu!

 

Related posts