Cara Fasih Bahasa Inggris

Cara Fasih Bahasa Inggris
Cara Fasih Bahasa Inggris

Bahasa internasional yang sangat diandalkan di seluruh penjuru dunia untuk kamu bisa saling berinteraksi satu sama lain yaitu, Bahasa Inggris. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara fasih Bahasa Inggris dalam jangka waktu yang cepat. Bukan instan! Sebab, segala hal itu memang tidak ada yang bisa kalian peroleh secara singkat. Perlu proses pembelajaran dahulu.

Tempat kursus, hingga beberapa akun dari pengguna media sosial beramai-ramai untuk dapat membantu masyarakat lebih mudah dalam mempelajari Bahasa Inggris. Baik itu secara lisan, maupun tulisan. Semuanya tersaji dalam berbagai metode menarik agar para murid bisa lebih menikmati proses mendalami ilmunya. Media belajarnya, disediakan melalui video, dan buku.

Dasar-dasar Ilmu Bahasa Inggris

Kalian para pemula yang baru saja ingin mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan yang ada di dalam Bahasa Inggris. Maka, inilah beberapa kategori yang perlu kamu perhatikan:

  • Menulis atau writing
  • Mendengarkan (listening)
  • Kosa Kata (grammar), dan Tenses
  • Membaca atau reading
  • Berkomunikasi (speaking)

Beberapa hal tersebut, harus kalian pelajari terlebih dahulu satu per satu untuk pendalaman materinya. Tujuannya, supaya kamu dapat membiasakan diri menghadapi konteks berbahasa Inggris melalui salah satu kategori yang sudah dikuasai. Setelah itu, baru mulai beradaptasi untuk merambah ke dasar ilmu Bahasa Inggris lainnya. Bagian Tenses, memakan waktu lama.

Cara Fasih Bahasa Inggris

Cara Fasih Bahasa Inggris
Cara Fasih Bahasa Inggris

Cara Fasih Bahasa Inggris Otodidak

Pemahaman terhadap ilmu Bahasa Inggris, tidak hanya dapat kalian tekuni melalui belajar secara formal saja. Melainkan, jalur non-formal, seperti mendengarkan musik, menonton film, atau bisa juga dengan langsung mengobrol bersama orang luar negeri. Rasanya, cara tersebut lebih sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di luar sana. Ramah kantong, dan fun.

Cara fasih Bahasa Inggris otodidak ini, bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak mengenal gender ataupun usia. Asalkan, kalian memiliki tekad yang kuat untuk terus mempelajari ilmu Bahasa Inggris sampai benar-benar lancar. Mulai dari teknik penulisan, sampai dengan cara berbicara menggunakan aksen tertentu (opsional). Minimalnya, kamu sudah berada di tahap beginner.

1. Latih Indra Pendengaran

Teknik seseorang untuk dapat lebih cepat menangkap pembelajaran, memang berbeda. Ada yang lebih mudah melakukannya melalui gaya visual, auditorial, atau bahkan kinestetik. Hal tersebut, bisa kalian pilih sesuai kemampuan diri masing-masing. Tetapi, untuk pembelajaran secara otodidak English. Disarankan, memulainya dari indra pendengaran terlebih dahulu.

Dengarkan teman yang sudah fasih mengobrol dengan Bahasa Inggris, atau bisa juga melalui media yang sering disebut dengan istilah podcast. Rekaman di dalam podcast, secara umum memiliki durasi yang cukup panjang. Selain gratis, isi percakapannya dapat kamu putar lebih dari satu kali atau berulang-ulang. Coba dengarkan konten dari CNN, TED Radio Hour, dll.

2. Memilih Topik yang Sesuai

Cara fasih Bahasa Inggris, juga bisa kamu temukan melalui pemilihan topik yang tepat. Ya, setiap orang pasti memiliki kecenderungan yang berbeda. Contohnya, ada yang menyukai lini pembahasan terkait berita terkini. Di sisi lain, lingkunganmu mungkin saja lebih tertarik dengan topik seputar selebritis atau hiburan drama. Inilah, yang perlu kalian temukan dahulu.

Setelah mengetahui ketertarikan terhadap topik seperti apa. Maka, berlanjut lagi untuk bidang pengembangan diri kalian. Kalau secara audio sudah mulai terbiasa, kembangkan lagi dalam konteks lain seperti menulis, Tidak luput juga, untuk memahami formula Tenses disertai kosa kata atau grammar yang diperkaya setiap harinya. Lakukan secara bertahap, supaya mudah.

3. Aktif di Media Sosial

Pengguna aktif media sosial, sebenarnya mendapatkan keuntungan yang besar. Mulai dari up to date berita, hingga berkesempatan untuk dapat terkenal di dunia maya. Selain itu, ternyata, cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari English. Kok bisa? Jadi begini, kalian harus menempatkan diri sebagai pengguna cerdas. Tonton channel dari VOX, TedX Talk, dll.

4. Biasakan Memilih Bacaan dengan Tulisan English

Mempelajari phrase, vocabulary,dan lain sebagainya yang berkaitan dengan dunia penulisan. Ini, dapat kamu temukan melalui buku bacaan dari genre fiksi ataupun non-fiksi. Kalau kamu penggemar novel atau komik, mulai awali langkah untuk belajarnya melalui pemilihan buku dengan full English. Itung-itung, sedang memahami dan mencoba merekam kata demi kata.

5. Ikuti Berita atau Artikel Berbahasa Inggris

Poin pembelajaran cara fasih Bahasa Inggris nomor 4, dapat kalian praktekan juga melalui tulisan yang dikemas menjadi sebuah artikel atau teks berjalan di suatu berita. Kalau metode satu ini, sangat cocok buat kamu yang memang terbiasa dengan bacaan yang cukup berat. Apalagi, kalau tujuanya untuk dapat  mempelajari penulisan terstruktur sesuai dengan Tenses.

Cara Lancar Bahasa Inggris dalam 1 Bulan

Akses melalui berbagai perangkat yang kalian miliki, agar dapat mahir berbahasa inggris dengan cepat. Gapai impian dalam waktu singkat? Pasti bisa. Kamu tinggal tentukan sendiri target waktu pencapaiannya. Butuh 5 bulan, 3 bulan, atau bahkan kurang dari waktu tersebut. Metode secara informal, dapat intip penjelasannya di atas. Kini, kita beralih ke versi formal.

Cara lancar Bahasa Inggris dalam 1 bulan, melalui program instensif yang disediakan oleh berbagai tempat kursus. Tersedia juga melalui aplikasi berbayar, agar kamu bisa lebih mudah mengaplikasikannya dalam sela-sela waktu harianmu. Selain itu, setelah berhasil selesaikan berbagai test. Maka, keberhasilan kalian diapresiasi dalam bentuk sertifikat. Simak disini:

1. Ikuti program Ruangguru

English Academy yang berkolaborasi dengan Ruangguru, menyediakan program belajar bagi para pemula untuk dapat mahir berkomunikasi dengan English dalam kurun waktu singkat. Ikuti arahan yang telah diberikan oleh mentor kalian, lalu terapkan di kehidupan sehari-hari. Sistem pembelajaran, bisa dilakukan secara daring atau luring. Tergantung dari domisili.

2. Download Aplikasi Cakap-Belajar Online

Aplikasi Cakap-Belajar Online, dapat kalian unduh secara gratis melalui Google Play Store. Gabung bersama komunitas berkualitas, untuk bantu upgrade skill yang ada di dalam dirimu. Software ini, disediakan untuk membantu masyarakat Indonesia agar lebih mudah learning English. Kamu juga bisa menentukan sendiri, guru yang akan mengajarimu untuk belajar.

3. Kursus di EF

Cara fasih Bahasa Inggris lainnya, bisa dilakukan melalui mendaftarkan diri ke EF. Salah satu tempat kursus English yang dipandu secara langsung oleh para native speaker atau bule. Mulai dari pemahaman kata idiom, hingga pronounciation yang benar. Semuanya, dipelajari layaknya kamu adalah bagian dari masyarakat yang sudah lama tinggal di luar negeri. Seru!

4. Pelajari dari Buku Panduan Bahasa Inggris

Kalau mau coba belajar sendiri melalui buku panduan, dapatkan material pembelajarannya di toko-toko buku terdekat. Tidak harus memilih buku paling mahal. Asalkan, isi yang tersaji di dalamnya sudah lengkap. Pastikan kamu mempelajari materinya, sebelum langsung kerjakan soal-soal yang ada. Hindari melihat kunci jawaban, selama mengerjakan soalnya.

5. Unduh Aplikasi iPusnas

Butuh yang gratis? Tenang. Ada cara fasih Bahasa Inggris yang bisa kamu peroleh melalui aplikasi iPusnas. Tersedia berbagai macam buku panduan belajar English, dalam bentuk soft file atau PDF. Sistem peminjamannya, sama seperti ketika kamu meminjam buku di sebuah perpustakaan. Hanya saja, ini dapat lebih praktis, karena dilakukan secara online.

Sekian pembahasan mengenai cara fasih Bahasa Inggris kali ini. Yuk belajar dari sekarang! Siap-siap hadapi tantangan dengan dibekali oleh pemahaman English. See you on the next topics. Have a good rest, and bye bye..

 

Related posts