Cara Cek Spek Hp

Perangkat android di Indonesia memang telah mendominasi, bahkan penggunanya pun dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Bahkan selama beberapa tahun, pertumbuhan perangkat android di Indonesia telah meningkat sangat pesat. Lalu, bagaimana cara cek spek Hp android?

Meningkatnya minat dan permintaan terhadap perangkat android, tak heran jika vendor smartphone kian berlomba demi menarik perhatian calon konsumen. Ada banyak inovasi lewat fitur-fitur yang disematkan pada smartphone mereka yang kian canggih dengan penawaran harga lebih terjangkau. Jadi wajar persaingan brand smartphone semakin ketat.

Seiring dengan bertambahnya permintaan tersebut, tak jarang beberapa pihak memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memproduksi Hp Kw atau replika dengan iming-iming harga lebih murah. Jika dilihat sekilas memang sangat mirip dengan aslinya, bahkan banyak orang tertipu dengan tampilannya padahal saat dicoba performanya jauh dari kata sempurna.

Oleh karenanya, penting sekali pengetahuan tentang cara cek spek Hp agar kita benar-benar jeli memilih Hp terbaik sesuai kebutuhan dan terhindar dari penipuan oknum-oknum tertentu.

Mengecek spek HP saat hendak melakukan pembelian penting juga untuk mengetahui seberapa tinggi performa yang diberikan. Sehingga Hp yang Kamu beli bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Cara Cek Spek Hp

Cara Cek Spek Hp
Mengecek Spek Hp Android

Mengecek Spek Hp Android Secara Manual

Tahukah Kamu bagaimana cara cek spek Hp android? Jika belum Kami akan bagikan informasinya lengkap untuk Kamu semua. Pengecekan spesifikasi Hp android dapat dilakukan baik secara manual, maupun melalui aplikasi.

Dengan mengecek spek Hp android, tentu saja Kamu akan merasakan banyak manfaat. Seperti dapat mengetahui kemampuan atau performa HP tersebut untuk melakukan aktivitas tertentu. Misalnya saja, jika Kamu ingin memainkan game maka Kamu bisa langsung tahu apakah perangkat Hpmu mampu menjalankan game tertentu ataukah tidak.

Selain itu, mengetahui spesifikasi Hp android juga bisa menjadi rujukan saat membeli Hp baru agar Kamu tidak tertipu oleh produk-produk HP replika atau rakitan. Ada beberapa jenis spesifikasi yang bisa Kamu cek, seperti spesifikasi layar, ukuran layar, baterai, slot SIM, kamera, jenis prosesor, memori internal dan lain sebagainya.

1. Cek Spek Hp Android Lewat Dus Pembelian

Jika Kamu baru membeli HP android, khususnya saat membeli HP baru dan bukan bekas, maka Kamu tentu akan menerima dus pembelian smartphone itu sendiri. Biasanya di dalam dus sudah terdapat informasi mengenai spesifikasi singkat perangkat tersebut.

Spesifikasi yang ada di dalam dus memang kurang lengkap. Sebab umumnya hanya menampilkan spesifikasi ROM (storage), kapasitas RAM, daya baterai, versi android, dan CPU layar.

Walaupun begitu, spek yang terdapat di dalam dus pembelian tersebut dirasa sudah cukup untuk cek spek Hp android dengan mengetahui spesifikasi dasarnya saja.

2. Cek Spek Hp Android Melalui Halaman “Tentang Ponsel”

Cara cek spek HP berikutnya ialah bisa diketahui lewat pengaturan perangkat android. Umumnya pada pengaturan ponsel telah tersedia beberapa informasi dasar sistem android pada perangkat HP yang Kamu pakai. Informasi tersebut mencakup tipe Hp, versi android, kernel, kapasitas RAM, dan lainnya.

Adapun untuk mengecek spek Hp android, ada beberapa langkah yang bisa Kamu coba :

  • Silahkan masuk ke menu “Settings” atau “Setelan” di Hpmu.
  • Lalu gulir layar ke bawah dan klik menu “About Phone”.
  • Selanjutnya, di sana Kamu dapat mengetahui informasi mengenai spesifikasi ponsel tersebut.

3. Cek Spek Hp Android Melalui File Manager

Setiap perangkat Hp android, sudah pasti memiliki menu “file manager” di perangkatnya, entah itu memakai aplikasi atau bawaan dari pabriknya langsung. Kamu dapat melakukan pengecekan informasi mengenai kapasitas penyimpanan memakai aplikasi “file manager”.

Cara cek spek Hp android lewat file manager yang bisa Kamu lakukan, ialah sebagai berikut :

  • Kamu cukup membuka “File Manager” di perangkat android.
  • Lalu lihat kapasitas memori internal dan eksternal lewat ponselmu.

Perlu Kamu ingat, bahwa kapasitas internal memory perangkat android biasanya berukuran mulai dari 4GB, 8GB, 16 GB, dan seterusnya berlaku dua kali lipatnya. Sehingga jika kapasitas di perangkat HPmu berbeda dari yang telah disebutkan di atas, maka Kamu patokannya bisa dilihat dari kapasitas lebih besar.

Misalnya, kapasitas internal memory HP-mu ukurannya hanya sampai 6GB, jadi ini artinya kapasitas tersebut sebenarnya berukuran sebesar 8 GB.

Untuk mengecek kapasitas penyimpanan perangkat android, selain lewat file manager, Kamu juga bisa mengeceknya melalui settings dan storage.

4. Cek Spek Hp Android Melalui Internet

Cara cek spek Hp android lainnya ialah dengan melalui internet. Untuk pengecekannya sendiri, Kamu bisa buka aplikasi mesin pencari yang digunakan seperti Google. Lalu masukkan brand serta tipe perangkat android yang kamu pakai. Selanjutnya Kamu akan mendapati informasi mengenai spesifikasi HP yang Kamu cari.

Mengecek Spek Hp Android Dengan Aplikasi

Selain cek spek HP android secara manual, Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk mengetahui spesifikasi Hp android. Simak ulasannya berikut :

1. Cek Spek Hp Android Melalui Aplikasi Antutu Benchmark

Aplikasi pengecekan spek HP android yang pertama ialah Antutu Benchmark. Pasalnya apllikasi ini sering digunakan oleh para pengamat Hp untuk mengetahui kinerja dan suatu program pada HP yang akan diulas. Selain itu, Antutu Benchmark juga menyediakan beberapa fitur menarik, seperti uji penggunaan baterai, color bar, uji multi sentuh, grayscale, uji LCD, dan uji HTML 5.

Untuk mengecek spek Hp android, Kamu bisa mengunduhnya langsung di Play Store. Bahkan bagi Hp dengan OS Kitkat sekalipun bisa memakai aplikasi ini. Menariknya lagi, Antutu Benchmark menawarkan fitur verifikasi Hp yang berfungsi untuk mengecek apakah Hp yang dipakai asli atau abal-abal. Jadi sangat berguna ketika Kamu hendak membeli Hp.

2. Cek Spek Hp Android Melalui Aplikasi CPU-Z

Berbeda dari aplikasi Antutu Benchmark, untuk CPU-Z sendiri hanya memberikan tampilan spek Hp yang dipakai saja. Meskipun demikian, informasi spesifikasi yang ditampilkan cukup lengkap, jadi aplikasi ini juga sangat direkmendasikan.

Menariknya, aplikasi CPU-Z dapat  digunakan untuk mengecek pergerakan ketersediaan RAM Hp, mengetahui kesehatan baterai, mengecek CPU load, dan spek lainnya. Bahkan CPU-Z juga bisa digunakan untuk mengecek spek laptop atau perangkat komputer yang Kamu pakai.

3. Cek Spek Hp Android Melalui Aplikasi Droid Hardware Info

Kamu juga bisa mengecek spek Hp android menggunakan Droid Hardware Info yang dapat diunduh di Play store. Aplikasi ini bisa dibilang cukup unik dibanding yang lain, mengingat Kamu bisa mengunduh atau menyimpan spek Hp-mu dalam bentuk pdf. Jadi Kamu tak perlu lagi harus membuka aplikasi saat ingin mengecek spek HP-mu, tinggal buka saja file pdf-nya.

4. Cek Spek Hp Android Melalui Aplikasi AIDA64

Aplikasi AIDA64 termasuk salah satu aplikasi spek Hp populer di Indonesia. Karena memang aplikasi ini khusus untuk mengecek Hp yang dgunakan. Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat rapi dan mudah digunakan. Belum lagi, fitur yang ditawarkannya juga lebih lengkap bahkan rating di Playstorenya juga paling tinggi dari aplikasi sejenis.

Dari pembahasan di atas, Kamu tinggal pilih saja cara cek spek Hp android yang paling mudah, cepat dan sesuai kebutuhanmu!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019