Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara mudah belajar bahasa Inggris menjadi solusi tepat yang bisa kamu lakukan kalau memang kamu ingin mahir berbahasa Inggris. Seperti sudah kamu ketahui sendiri, bahwa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang harus dikuasai siapapun dan bisa memudahkanmu ketika ingin berinteraksi dengan orang asing.

Namun jika kamu masih bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan mudah, maka kamu bisa ikuti tips atau cara-cara paling tepat pada artikel kali ini.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bagi kamu yang memang benar-benar ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan mudah, maka jangan khawatir ketika ingin melakukannya. Sebab kamu mempunyai beberapa tips atau cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Berikut adalah tips atau cara-cara yang bisa kamu gunakan.

  1. Tonton Film Asing Tanpa Gunakan Subtitle

Cara mudah pertama yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris adalah kamu bisa menonton film asing tanpa menggunakan subtitle. Cara ini sangat cocok bagi kamu yang sangat hobi menonton film baik di aplikasi Netflix, viu, ataupun Disney+. Sembari kamu menghibur diri dengan film-film kesukaan mu, kamu juga bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Oleh karena itu, jika dulu kamu masih menonton menggunakan subtitle, mulai sekarang cobalah untuk mematikan subtitle dan coba pahami maknai percakapan tokoh secara mandiri. Kalau kamu masih merasa sulit untuk mengerti maknanya, maka kamu bisa menonton film tersebut secara berulang-ulang sehingga kamu bisa mengerti alur dan makna setiap percakapan. Jadi, cara pertama ini sangat direkomendasikan untukmu.

  1. Membuat Catatan Berisi Kosakata Bahasa Inggris

Ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris, pastinya kamu sering menemukan kosakata yang asing dan baru kamu temui bukan? Agar kamu paham dan tidak lupa dengan kosakata tersebut, maka alangkah baiknya jika kamu mencatat kosakata tersebut dalam buku catatanmu. Jikalau diperlukan, kamu bisa menuliskan artinya agar jauh lebih paham.

Lakukan kegiatan mencatat kosakata ini secara terus-menerus jika kamu menemukan kosakata baru baik di buku, film, anime, game, atau lain sebagainya. Kalau kamu merasa takut kehilangan catatan yang sudah kamu buat, maka tidak ada salahnya kamu menuliskannya di notes smarphonemu atau bisa juga di tempat kosong yang sering kamu lihat seperti di dinding, wallpaper HP, dan lain sebagainya.

Cara belajar bahasa Inggris dengan menggunakan catatan kosakata ini, terbukti membuat banyak orang yang semakin Mahin berbahasa Inggris karena bisa menjadi lebih paham ketika kata tersebut muncul pada kalimat seterusnya. Bagaimana, apakah hal ini membuat kosakata bahasa Inggris bertambah?

  1. Dengar Lagu Inggris Sambil Hafalin Lirik

Apakah kamu seseorang yang suka mendengarkan musik? Biasanya musik berbahasa apa yang kamu suka? Pop, K-Pop, atau lainnya? Versi bahasa Indonesia, Korea, atau bahasa Inggris?

Jika memang benar kamu penyuka musik dan sering mendengarkannya, maka kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut sebagai salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah! Caranya, kamu cukup mendengarkan lagu-lagu Inggris yang kamu sukai. Putarlah lagi tersebut secara berulang-ulang sambil menghafalkan liriknya. Kalau dalam lirik lagi tersebut masih ada kosakata yang asing dan belum kamu ketahui, maka kamu bisa mencatatnya!

Silahkan kamu menuliskannya pada lembar atau notes yang sudah kamu buat seperti cara nomor dua. Carilah arti kata yang belum kamu pahami tersebut sehingga kamu bisa menambah pengetahuan mengenai kosakata bahasa Inggris terbaru

  1. Belajar Melalui Video YouTube Atau Podcast Bahasa Inggris

Selain melalu hobi mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris, ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Jika kamu lebih senang belajar dengan menonton video, maka aplikasi YouTube adalah solusi atau media yang paling tepat untuk kamu gunakan! Di aplikasi ini terdapat berbagai akses video bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan sebagai bahan belajar. Jika kamu masih belum terbiasa dengan aksesn yang digunakan, maka kamu bisa memulainya dengan menggunakan bantuan dari subtitle.

Melalui subtitle tersebut, otomatis kamu akan jauh lebih faham dengan apa saja yang dibicarakan pada video sembari kamu menuliskan kosakata baru. Setelah lancar, barulah kamu berselancar untuk seluruh video berbaha Inggris. Di samping aplikasi video YouTube, kamu juga bisa belajar melalui podcast. Mulailah kamu mendengarkan melaluinya podcast berbagai Inggris untuk melatih kemampuan listeningmu. Jadi, pilihlah salah podcast yang kamu inginkan.

  1. Latihan Menulis Kalimat Bahasa Inggris

Jika kamu mempunyai hobi membaca buku, kamu juga bisa menjadikannya sebagai media untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Sembari kamu membaca buku bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar sembari diiringi dengan menulis. Cobalah untuk membuat tulisan dalam ejaan bahasa Inggris dan setelahnya, mintalah temanmu yang mahir bahasa Inggris untuk memeriksa grammar, penulisan, ejaan, dan lain sebagainya.

Meskipun kamu tidak mempunyai teman yang menurutmu mahir, kamu juga bisa kok memanfaatkan tools yang ada di internet seperti Grammarly. Kamu hanya cukup memasukkan tulisanmu ke tools tersebut dan hasil koreksinya akan muncul dalam waktu yang singkat.

Jikalau nanti hasilnya menunjukkan bahwa masih ada banyak kesalahan, maka kamu jangan putus asa dan menyerah. Yang terpenting adalah kamu sudah mencoba dan percaya diri dengan hasil belajarmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah terus berlatih dan sering berlatih.

  1. Jadikan Kamus Sebagai Teman Sejatimu

Salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris yang wajib kamu praktekkan adalah selalu mengantongi kamus. Kamu tidak perlu khawatir jikalau kamu enggan membawanya, sebab kamu bisa mengakses kamus dengan mudah melalui koneksi internet. Download kamus ini bisa dalam bentuk aplikasi, ekstensi website dan sebagainya. Jangan malas untuk membukanya sewaktu-waktu dan usahakan kamu menjadikan kamu sebagai teman sejatimu.

  1. Berteman Dengan Orang Yang Mahir Bahasa Inggris

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah adalah kamu harus bisa menjalin relasi dengan orang asing atau dengan orang Indonesia yang mahir berbahasa Inggris. Silahkan kamu telusuri orang di sekitarmu dahulu dan pasti ada di antara temanmu yang mahir dan jago berbahasa Inggris. Nah, kamu bisa latihan bahasa Inggris bersamanya.

Orang seperti ini bisa kamu minta tolong untuk mengoreksi setiap kemampuan berbahasa Inggrismu sehingga kemampuanmu bisa langsung meningkat. Jikapun kamu tidak menemukannya, maka kamu bisa mencarinya melalui relasi ke event yang seluruh pesertanya menggunakan bahasa Inggris. Di sanalah kamu akan mendapatkan teman yang memang kesehariannya menggunakan bahasa Inggris.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan dan praktekkan dengan mudah. Jikalau kamu menggunakan salah satu hingga semua cara yang kami berikan di atas, maka dijamin kemampuan berbahasa Inggrismu akan meningkat secara drastis. Hal ini dibuktikan bahwa ada banyak sekali yang sudah mencobanya dan berhasil menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam waktu yang singkat. Demikian yang bisa kamu sampaikan, semoga informasi di atas dapat membantumu. Semoga cepat mahir berhasa Inggris ya!

 

Related posts