Cara Membaca Bahasa Inggris

Cara membaca bahasa Inggris dengan benar adalah hal terpenting yang wajib Kamu perhatikan saat mempelajari bahasa Inggris. Karena membaca berkaitan erat dengan pemahaman berbahasa Inggris. Jika Kamu melakukan cara membaca dengan benar, tentunya kemampuan bahasa Inggrismu pun akan lebih meningkat. Selain itu, membaca bahasa Inggris adalah metode paling efektif dalam mempelajari bahasa Inggris. Terlebih, jika aktivitas membaca termasuk aktivitas yang disukaimu.

Cara Membasa Bahasa Inggris

Cara Membaca Bahasa Inggris
Tutorial Membaca Bahasa Inggris Bagi Pemula

Panduan Membaca Bahasa Inggris dengan Benar Bagi Pemula

Seringkali membaca bahasa Inggris menjadi kendala tersendiri terutama bagi yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Selain itu, jangan asal sekedar membaca bahasa Inggris saja, tetapi juga Kamu harus tetap memperhatikan bagaimana pengucapan dan pelafalan bahasa Inggris dengan benar.

Read More

Saat Kamu membaca dalam bahasa Inggris memakai grammar atau vocab yang benar, namun pendengar atau lawan bicaramu tidak memahaminya, ini artinya informasi hasil membacamu tidak akan tersampaikan. Untuk mencegahnya, berikut teknik dan cara membaca bahasa Inggris dengan benar bagi pemula!

1. Pelacari Pelafalan Alphabet Dalam Bahasa Inggris

Pengucapan alphabet pada bahasa Inggris sebenarnya hal mendasar yang harus dipelajari. Hal ini benar-benar dibutuhkan sebagai cara efektif untuk mempelajari reading bahasa Inggris. Kamu harus memperhatikan pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris, karena akan sangat berbeda dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia.

Terkait:  Cara Belajar Bahasa Inggris

Pada bahasa Indonesia sendiri, pengucapan alphabet “a” akan tetap dibaca “a”. Lain halnya dengan bahasa Inggris, dimana pengucapan alphabet “akan dibaca menjadi “ei”. Hal ini juga berlaku dengan pengucapan alphabet “b”, untuk pengucapan bahasa Indonesianya tetap “b”, sementara dalam pengucapan bahasa Inggris untuk alphabet “b” dibaca menjadi “bi”.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pengucapan bahasa Inggris sangat berbeda dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, supaya cara membaca bahasa Inggris Kamu dilakukan dengan benar, maka pengucapan alphabet benar-benar harus Kamu pelajari.

2. Pelajari Bunyi Kata Dalam Bahasa Inggris

Jika Kamu ingin mempelajari cara pelafalan atau pengucapan menggunakan bahasa Inggris dengan istilah pronunciation, maka Kamu harus mempelajari untuk mengenal seluruh bunyi atau suara pada bahasa Inggris. Untuk hal ini Kamu bisa mempelajarinya dari native speakers.

Misalnya saja, Kamu bisa memakai kamus bahasa Inggris yang memiliki simbol yang menunjukkan perbedaan bunyi pada sebuah kalimat. Ini biasanya disebut dengan istilah phonetic symbol. Selain itu, Kamu juga bisa belajar memakai audio dan audiobook. Sehingga Kamu bisa mengetahui bagaimana pronunciation dengan benar.

Tak hanya itu, agar bisa mengetahui suara dan bunyi sebuah kata bahasa Inggris, Kamu juga dapat memperhatikan bagaimana kata dan saura tersebut dilafalkan pada sumbernya. Contohnya seperti poadcast, buku, film, TV dan lainnya.

3. Mempersiapkan Kosakata yang Kamu Miliki

Kamu juga harus mempersiapkan kosakata bahasa Inggris yang dimiliki untuk mempelajari bagaimana cara membaca bahasa Inggris dengan benar. Kita tahu bahwa perbendaharaan kosakata bahasa Inggris adalah hal terpenting. Apalagi untuk mendukung melancarkan bacaan dengan benar.

Bagi Kamu yang masih pemula dan sedang meningkatkan kemampuan untuk membaca bahasa Inggris, maka penting sekali untuk memperhatikan penguasaan kosakata.

Dengan menguasai vocabulary atau kosakata bahasa Inggris, tentunya Kamu akan semakin mahir dan cepat melafalkan sumber berbahasa Inggris. Contoh sumber-sumber tersebut seperti majalah, buku, jurnal, artikal dan sumber lainnya.

Terkait:  Cara Membaca Ejaan Bahasa Inggris

Pada kenyataannya dalam melafalkan satu hingga beberapa kosakata bahasa Inggris cukup menyulitkan. Akan tetapi, jika Kamu ingin benar-benar fasih dalam berbahasa Inggris, sebaiknya tetap berusaha.

Kunci agar cara membaca bahasa Inggris bagi pemula dapat dilakukan secara optimal, adalah harus terus berlatih. Jika Kamu sudah mempunyai niat yang benar-benar kuat, maka tentunya belajar membaca dalam bahasa Inggris melalui kosakata tersebut menjadi lebih mudah.

Ada beberapa teknik pembelajaran dalam bahasa Inggris tertentu yang mengutamakan metode pembendaharaan kosakata. Untuk itulah, Kamu jangan pernah bosan menambah kosakata baru. Hal ini bertujuan agar kemampuan membaca dalam bahasa Inggris lebih meningkat.

3. Melatih Pengucapan Dasar Bahasa Inggris

Cara membaca bahasa Inggris lainnya ialah pengucapan atau pelafalan dasar. Oleh akrena itulah, Kamu perlu melatih pelafalan untuk kata-kata bahasa Inggris dasar yang berkaitan dengan angka, huruf, kalimat sapaan atau lainnya.

Kamu bisa berlatih dengan cara merekam bacaanmu ke dalam video atau di depan cermin. Selanjutnya, minta masukkan temanmu yang fasih berbahasa Inggris. Terlebih meminta saran soal kekurangan dalam pelafalan bahasa Inggrismu.

4. Intonasi Juga Harus Diperhatikan

Perhatikan pula intonasi dan penekanan. Ada kata-kata yang terdapat pada bahasa Inggris dengan intonasi dan penekanan tersendir. Contohnya saja, saat Kamu mengucapkan “present”. Jika Kamu memberikan penekana pada bagian awal, menjadi “PREsent” misalnya, maka kata tersebut akan mempunyai arti “hadir”, “hadiah” atau “saat ini”.

Sementara jika penekanan yang Kamu berikan di bagian akhir, yakni “preSENT” sehingga kata “present” menjadi berarti “mempersembahkan”. Oleh karena itulah, penekanan yang kamu pakai, baik itu untuk “preSENT” ataupun “PREsent”, sebaiknya diseusaikan dengan arti atau maksud dari kalimatmu.

Terkait:  Cara Membaca Pulse Oximeter

5. Perhatikan Posisi Lidah

Dalam teknik membaca bahasa Inggris, Kamu juga harus tetap memperhatikan bagaimana posisi lidah. Biasanya orang yang bukan native speaker akan kesulitan saat melafalkan “L”, “TH” dan “R”. Sebaiknya jangan khawatir bila Kamu mempunyai kesulitan, sebab  di sini Kamu akan mendapatkan triknya, bagaimana cara untuk memposisikan lidah saat mengucapkan “TH”, “L” maupun “R”. Melalui tips yang satu ini, kemampuan membaca Inggrismu menjadi lebih profesional.

  • Posisi lidah saat mengucapkan lafal “L”, biasanya lidahmu harus menempel atau menyentuh bagian belakang pada gigi serta langit-langit pada gusi. Silahkan berlatih melafalkan “L” dengan memakai kata “low” atau “light” misalnya, Kamu bisa memilih contoh lainnya. Jika ingin semakin fasih, sebaiknya ulangi kata tadi berulang-ulang.
  • Ketika Kamu mengucapkan “TH” maka posisi lidah harus dikeluarkan sedikit serta terdorong antara bagian gigi bawah dan atas. Kamu bisa mencoba mengucapkannya memakai kata “the” atau “think” misalnya. Ucapkan kata-kata tersebut berulang kali sampai Kamu menjadi terbiasa.
  • Saat mengucapkan “R”, maka posisi lidah harus menyentuh pada bagian atas mulut. Kamu bisa berlatih mengucapkan “right” dan ulangi beberapa kali.

6. Baca Sumber Bahasa Inggris Sesering Mungkin

Cara membaca bahasa Inggris selanjutnya, tentu saja Kamu harus sering-sering membacara sumber bahasa Inggris, baik artikel, buku atau sumber lainnya. Dalam mempelajari bahasa Inggris, terkadang orang terlalu fokus oleh kaidah yang terdapat pada bahasa Inggris baku. Sehingga membuat kita semakin merasa dituntut agar memperhatikan kaidah bahasa Inggris tersebut secara tak langsung.

Ingat, jika Kamu terlalu fokus terhadap kaidah dalam bahasa Inggris, tentunya akan semakin memberatkanmu untuk membaca bahasa Inggris. Hingga akhirnya Kamu akan merasa berat belajar membaca bahasa Inggris. Sebaliknya, baca saja apa yang ingin kamu baca lewat berbagai sumber.

Oke, itulah tutorial cara membaca bahasa Inggris dengan benar yang perlu Kamu ketahui agar Kamu bisa fasih berbahasa Inggris. Karena membaca adalah pondasi terpenting dalam belajar bahasa Inggris.

 

Related posts