Cara Cek IMEI Xiaomi

Nama Xiaomi tidak pernah berhenti menjadi perbincangan masyarakat karena cara cek IMEI Xiaomi selalu buat penasaran. Kalian bisa melihat merek smartphone android raksasa asal China tersebut punya model dan tipe beragam yang beredar luas di tanah air.

Selain itu, Xiaomi tidak pernah berhenti memanjakan pencinta gadget Indonesia dengan menghadirkan ponsel pintar berkualitas dengan harga murah, serta berspesifikasi tinggi yang patut diperhitungkan.

Bagaimana tidak, kalian bisa membawa pulang satu set perangkat Xiaomi mulai dari harga ratusan ribu sampai belasan juta rupiah sesuai tipe dan spesifikasi masing-masing.

Meski begitu, kamu tidak patut berbangga begitu saja terhadap HP Xiaomi yang sudah dimiliki karena smartphone kalian bisa saja barang palsu (ilegal). Kondisi ini pasti merugikan kalian sebagai konsumen yang sudah mempercayainya sebagai brand gadget paling diminati masyarakat tanah air.

Xiaomi tidak pernah memasarkan barang palsu, sedangkan pemasaran produk ilegal bahkan black market biasanya dilakukan oknum tertentu yang memasang harga di bawah rata-rata.

Walaupun harga HP Xiaomi asli terbilang cukup tinggi, tetapi kamu harus bayar karena jaminannya adalah garansi resmi dari Xiaomi Indonesia. Kami akan membantu anda memeriksa nomor IMEI HP Xiaomi semua tipe supaya anda bisa terhindar dari pembelian maupun pemakaian barang ilegal.

Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara Cek IMEI Xiaomi
Cara Cek IMEI Xiaomi

Sejak awal kemunculannya di Indonesia, Xiaomi tidak pernah berhenti menghadirkan ponsel pintar berkualitas dengan harga bersahabat. Tak bisa dipungkiri bahwa Xiaomi masih menempati posisi ketiga sebagai merek smartphone pilihan konsumen Indonesia setelah Apple dan Samsung.

Kalian perlu memperhatikan keaslian dan keresmian produknya lewat nomor IMEI yang bisa ditemukan pada phone box maupun kode rahasia untuk memastikan identitas asli ponselnya.

Kami akan memberitahu informasi lengkap bagi kalian soal cara cek nomor IMEI HP Xiaomi yang sering digunakan para pengguna setianya.

IMEI adalah nomor penting sebagai bukti identitas sebuah gadget, terutama smartphone dan semua merek ponsel pintar pasti memilikinya. Maka dari itu, ulasan ini tidak boleh diabaikan agar kamu dapat meyakini bahwa HP Xiaomi yang dimiliki bukan hanya produk asli, namun bergaransi resmi dari Xiaomi Indonesia.

Cara Cek IMEI Xiaomi Semua Tipe

Seperti kalian tahu bahwa Xiaomi sudah menjadi salah satu merek smartphone yang punya banyak model dan tipe. Namun, tahukah kamu? Walaupun variasinya beragam, tetapi nomor IMEI HP Xiaomi bisa kalian periksa dengan prosedur yang sama.

Kami akan memberi ringkasan terbaru yang cepat dan mudah dalam memeriksa nomor IMEI Xiaomi. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan identitas asli HP Xiaomi via IMEI adalah :

1. Cek Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Kode Rahasia

  • Pertama, buka menu Dial Phone atau Telepon dari HP Xiaomi kamu.
  • Gunakan kode rahasia *#06# dan tekan tombol OK/Call/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan mengenai nomor IMEI dari layar HP Xiaomi kamu.
  • Catat nomor IMEI yang sudah diperiksa ke dalam menu Note atau Catatan untuk diperiksa keasliannya nanti.
  • Selesai.

2. Cek Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Pengaturan Perangkat

  • Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan dari HP Xiaomi kamu.
  • Kamu bisa mencari sub menu About Phone atau Tentang Ponsel dari menu tersebut.
  • Pilih opsi Status.
  • Silakan pilih salah satu SIM card yang ingin diperiksa nomor IMEI nya.
  • Nomor IMEI akan muncul dari layar ponsel secara otomatis.
  • Selesai.

3. Cek Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Fisik Perangkat

Secara umum bahwa nomor IMEI bisa kalian lihat lewat kondisi fisik perangkanya. Kamu hanya perlu melihat bagian belakang dari badan ponsel (casing) secara teliti.

Hal ini dikarenakan nomor IMEI yang tercantum punya ukuran tulisan kecil dan tersusun dengan rapat. Langkah tersebut berlaku untuk semua model maupun tipe HP Xiaomi lantaran smartphone kalian bersifat battery non removable atau baterainya tidak bisa dilepas.

Bagaimana Cek Keaslian Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Benar?

Apabila kalian sudah tahu cara cek nomor IMEI HP Xiaomi semua tipe di atas, maka kamu bisa mengikuti pembahasan selanjutnya soal memeriksa keaslian smartphone dari nomor IMEI yang sudah dicatat sebelumnya.

Kalian bisa menggunakan salah satu atau dua website untuk memastikan ponsel kamu adalah barang asli dan bergaransi resmi. Beberapa langkah cepat dan mudah yang harus kalian lakukan antara lain :

1. Cek Keaslian Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Website Resmi Verifikasi Xiaomi

  • Gunakan aplikasi web browser yang terpasang pada HP Xiaomi kamu.
  • Kunjungi website resmi verifikasi Xiaomi via https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei/.
  • Masukkan nomor IMEI maupun nomor seri ke dalam kolom pencarian yang tersedia.
  • Tekan tombol Verify.
  • Jika nomor IMEI yang dimasukkan benar bahkan asli dari Xiaomi, maka kamu bisa pastikan perangkatnya adalah produk resmi.
  • Selesai.

2. Cek Keaslian Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Website IMEI.Info

  • Buka aplikasi web browser dari HP Xiaomi kamu.
  • Kunjungi website pemeriksaan IMEI via https://www.imei.info/.
  • Verifikasi diri kamu dengan menekan tombol I’m not a Robot, tekan tombol Captcha.
  • Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom pencarian yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi soal HP Xiaomi kamu secara lengkap.
  • Selesai.

3. Cek Keaslian Nomor IMEI Xiaomi Semua Tipe dengan Website Resmi Kemenperin

  • Buka aplikasi web browser (Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, UC Browser dan lainnya) yang bisa dipilih salah satu dari HP Xiaomi kamu.
  • Kunjungi website resmi Kemenperin via https://www.imei.kemenperin.go.id/.
  • Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom yang sudah disediakan.
  • Tekan tombol Check.
  • Perhatikan informasi perangkat yang muncul, bila rinciannya lengkap dan sesuai dengan data dari Xiaomi maka bisa dipastikan ponselnya resmi.
  • Selesai.

Mengapa Nomor IMEI Xiaomi Penting dan Harus Dicatat?

Kamu sudah tahu cara cek IMEI Xiaomi di atas, bukan? Kami beritahukan bahwa nomor IMEI sangat penting dan harus dicatat dengan baik. Hal ini dikarenakan IMEI akan membantu kamu bila HP Xiaomi hilang atau dicuri orang lain.

Pasalnya, nomor IMEI bisa dipakai sebagai sistem keamanan yang melacak keberadaan ponsel selama berada ditangan orang tidak bertanggung jawab. Kamu tidak perlu khawatir atas kehilangan HP Xiaomi lantaran data yang diberikan IMEI terbukti akurat dan terpercaya.

Disisi lain bahwa nomor IMEI juga berguna sebagai tolak ukur dalam membedakan HP Xiaomi asli dan palsu. Secara umum kamu pasti sulit melihat perbedaan keduanya lantaran punya tampilan yang sama persis, baik dari ukuran maupun tampilan bisa dikatakan nyaris 99% sama dan selalu mengelabui konsumen.

Apabila ditelusuri lebih lanjut bahwa Xiaomi asli dan palsu sangat berbeda. Jika kalian tidak bisa melihat perbedaannya, kamu dapat memakai nomor IMEI dengan mengikuti prosedur di atas untuk menganalisa informasi perangkat yang memberi ulasan lengkap dan paling update.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...