Cara Awal Belajar Bahasa Inggris

Cara Awal Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang penggunaannya sebenarnya sudah familiar. Bahkan ada beberapa perusahaan besar yang memberikan syarat harus aktif berbahasa Inggris, atau setidaknya memiliki kemampuan berbahasa Inggris pasif. Namun untuk mahir berbahasa Inggris tentu saja mulai dari sekarang Kamu harus menerapkan cara awal belajar bahasa Inggris. Untuk selanjutnya, membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris sehari-hari.

Di era digital seperti saat ini, tentu saja bukan hal yang sulit untuk mempelahari bahasa Inggris. Kalau dulu, Kamu hanya diberikan pilihan untuk mengikuti kelas bimbel offline saja. Tapi kini ada banyak media pembelajaran yang bisa dipakai untuk belajar bahasa Inggris, selain bimbel atau les bahasa Inggris, melalui pembelajaran online, aplikasi belajar bahasa Inggris, hingga otodidak.

Read More

Cara Awal Belajar Bahasa Inggris

Cara Awal Belajar Bahasa Inggris
Tutorial Cara Awal Belajar Bahasa Inggris Dasar Hingga Expert

Tutorial Belajar Bahasa Inggris Dasar Hingga Expert

Jika Kamu termasuk orang yang ingin mahir berbahasa Inggris, karena mungkin ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri atau syarat bekerja di perusahaan impian. Kini tak perlu ragu lagi untuk memulai cara awal belajar bahasa Inggris. Untuk opsi pembelajarannya, akan dijelaskan secara tuntas lewat tutorial di bawah ini :

1. Mempelajari Kosakata Memakai FlashCard

Metode flashcard adalah metode paling mendasar yang juga bisa diterapkan pada anak-anak yang sedang belajar bahasa Inggris. Flashcard adalah sejenis kartu yang didalamnya ada beberapa kosakata bahasa Inggris dengan kategori tertentu. Kamu bisa membeli flashcard ini, baik di toko buku atau di toko online. Biasanya, ada beberapa kategori flashcard, seperti makanan, warna, binatang, buah-buahan dan lain sebagainya.

Meskipun terkesan membosankan, namun metode flashcard ini cukup ampuh jika Anda belum memiliki banyak kosakata bahasa Inggris yang dipelajari. Jadi, Kamu bisa memulai belajar bahasa Inggris dengan memakai flashcard.

2. Sering Dengar Lagu Bahasa Inggris dan Tulis Liriknya Sendiri

Cara awal belajar bahasa Inggris lainnya adalah dengan metode mendengarkan lagu atau musik berbahasa Inggris. Mungkin awalnya banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Bahwasanya, dengan sering-sering mendengar lagu bahasa Inggris bisa menambah kosakata baru atau bahkan beberapa kalimat yang digunakan sehari-hari. Jadi, jangan hanya mendengarkan saja tetapi juga coba menulis liriknya sendiri. Cek pelafalannya dan terjemahkan artinya.

3. Mulai Membaca Artikel dan Berita Bahasa Inggris

Jika sebelumnya Kamu enggan membaca artikel dalam bahasa Inggris karena tidak paham, maka kini Kamu bisa mencobanya. Silahkan cari artikel dan berita-berita bahasa Inggris, entah itu berita mengenai kesehatan, bisnis, maupun selebriti.

Kamu bisa mencoabnya di laman-laman populer, seperti Yahoo News, CNN, dan DailyMail. Selain itu, masih banyak sebenarnya artikel dan sumber berita di internet yang bisa membantumu mempelajari bahasa Inggris.

4. Sesekali Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Cara awal belajar bahasa Inggris lainnya tanpa harus ke tempat kursus adalah dengan mencoba menonton film berbahasa Inggris tapi tanpa subtitle atau terjemahan bahasa Indonesia. Kamu bisa mencobanya dengan menonton film di Netflix atau Youtube.

Silahkan jeda video atau film tersebut setiap kali Kamu menemukan beberapa kalimat yang cukup membingungkan. Silahkan tulis lalu terjemahkan kalimat ini. Kamu bisa mengulanginya lagi setiap hari, dan cara ini sangat efektif untuk menambah kalimat dan pemahaman dalam bahasa Inggris.

5. Mendengarkan Podcast Dalam Bahasa Inggris

Di era digital seperti sekarang, tentu saja podcast semakin populer kehadirannya bagi kalangan remaja di Indonesia. Mulai dari pembahasan tentang olahraga, sosial budaya, cerita komedi, dan lainnya dapat didengar sembari mengerjakan beberapa aktivitas.

Kamu bisa sesekali mendangarkan podcast berbahasa Inggris. Kamu bisa mencoba akses podcast berbahasa Inggris, baik lewat Apple Podcast atau Spotify. Mulailah mencoba dari berita-berita pendek maupun tema podcast yang Kamu sukai.

6. Pakai Aplikasi

Kini mempelajari bahasa Inggris semakin dipermudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Karena saat ini, ada beberapa pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang dapat membantumu agar lebih mahir berbahasa Inggris.

Kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi untuk menulis bahasa Inggris, semisal Grammarly. Aplikasi ini sangat berguna untuk melakukan pengecekan kosakata dan tata bahasa bahasa Inggris saat menulis. Untuk pemilik smartphone sendiri, Kamu bisa mendownload DuoLingo Apps. Ini adalah aplikasi populer yang dapat dipakai untuk memperdalam dan mempelajari berbagai jenis bahasa, mulai dari bahasa Spanyol, Prancis, Inggris, hingga Indonesia.

7. Latihan Menulis Bahasa Inggris Rutin

Pastikan untuk selalu mempersiapkan buku cataan, lalu bawa kemanapun. Kamu harus aktif mencari beberapa kosakata baru yang dilakukan setiap harinya. Kemudian tulis di buku tersebut. Adapun cara tercepat untuk mempelajari bahasa Inggris ialah menulis 1 paragraf dalam bahasa Inggris setiap hari. Kamu bisa menentukan apa saja tema yang disukai. Jangan khawatir jika ada kesalahan. Karena Kamu dapat meminta bantuan guru, orang tua, maupun internet agar dapat mengecek tulisanmu.

8. Gunakan Kamus

Cara awal belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah pastikan untuk selalu membawa atau menggunakan kamus. Tak perlu membawa kamus-kamus berat atau pocket kemanapun Kamu pergi, karena kini Kamu tinggal menggunakan smartphone-mu sebagai kamus serbaguna. Kamu dapat menerjemahkan beberapa kata atau kalimat bahasa Inggris yang dijumpai setiap harinya.

Pasalnya kebiasaan ini dapat membantu kemampuan berbahasa Inggrismu. Kamu bisa mendownload aplikasi kamus bahasa Inggris-Indonesia atau bisa juga dengan memakai Google Translate.

9. Berbicara Bahasa Inggris Dengan Diri Sendiri

Dengan berbicara bahasa Inggris kepada diri sendiri bisa melatih kemampuan berbicara-mu. Silahkan buat skenario mudah dan praktis untuk mulai berbicara bersama dirimu sendiri. Cara lain untuk meningkatkan skill speaking yaitu dengan cara membaca buku bahasa Inggris beberapa halaman saja. Metode ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara bahasa Inggris. Kamu bisa merekam suaramu saat membaca agar Kamu bisa mengetahui beberapa kesalahan pengucapan kata-kata tersebut.

10. Mencari Teman Belajar

Mempunyai teman belajar adalah hal yang paling penting untuk mempelajari bahasa Inggris. Khususnya saat melatih kemampuan berbicara atau speaking. Jika Kamu mempunyai teman yang bisa membantumu belajar speaking, Kamu bisa mengajaknya untuk ngobrol atau berdiskusi memakai bahasa Inggris.

Trik Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Bagi pemula, ada beberapa pilihan materi dasar bahasa Inggris yang harus dipelajari untuk dijadikan cara awal belajar bahasa Inggris, sebagai berikut :

1. Vocabulary

Vocabulary merupakan materi dasar bahasa Inggris yang wajib dipelajari. Kamu tak akan bisa menulis atau speaking bahasa Inggris jika masih kekruangan kosakata. Silahkan mempelajari kosakata seperti hari, nomor dan lanjutkan dengan vocabulary untuk aktivitas sehari-hari.

2. Grammar

Grammar merupakan bagian dalam bahasa Inggris dan kerap dianggap cukup rumit, karenanya bisa membuat orang pesimis menguasai pembelajaran bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari grammar dari kata kerja bantu, tenses, hingga kata ganti.

Itulah beberapa tahapan cara awal belajar bahasa Inggris yang bisa Kamu coba secara mandiri, Kamu bisa mencoba cara di atas tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Jika memang cara di atas sulit dilakukan tanpa bimbingan, nggak ada salahnya jika Kamu mengikuti bimbel atau kursus bahasa Inggris!

 

 

Related posts