Cara Kasih Lagu di Instagram

Cara Kasih Lagu di Instagram

Sampai detik ini, mungkin ada yang kepikiran bagaimana sih cara kasih lagu di Instagram? Instagram bisa dibilang sebagai platform media sosial yang menarik. Hal ini karena pengguna Instagram bisa leluasa mengupload berbagai konten menarik, baik dalam bentuk gambar maupun video. Bahkan baru-baru ini kita sering menjumpai Instagram Story akun seseorang yang ditambahkan lagu ke dalamnya. Wah, gimana caranya ya?

Instagram Music di Insta Story

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membagikan moment di Instagram, yaitu bisa melalui feed, melalui story, sorotan, atau mungkin juga dalam bentuk IGTV. Untuk yang terakhir ini, memungkinkan pengguna bisa mengupload video dengan tayangan lebih lama jika dibanding Insta Story yang hanya bertahan sampai 1×24 jam saja.

Read More

Berbicara tentang Instagram Story atau Insta Story, belakangan memang sedang tren fitur tambahan Instagram Music. Ketika menggunakan fitur Instagram Music, maka pengguna Instagram bisa membuat cerita memakai video atau foto yang disisipkan lagu berdurasi sampai 15 detik.

Menariknya lagi, kamu tidak hanya bisa menyisipkan lagu ke dalam konten di Instagram Story saja, tetapi juga ke dalam Feed. Bagaimana, penasaran kan gimana cara kasih lagu di Instagram?

Cara Kasih Lagu di Instagram

Cara Kasih Lagu di Instagram
Kasih Lagu di Instagram Story dan Feed

Cara Kasih Lagu ke Instagram Story

Untuk menambahkan lagu pada Story Instagram sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara langsung dan memakai aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa memilih salah satu cara sesuai kebutuhan :

Metode 1 : Tambahkan Lagu ke Instagram Story Langsung

Mengupload konten di Instagram Story tentu saja berbeda dari IGTV, di Insta Story kamu hanya dapat menampilkan konten dengan durasi 3-30 detik saja. Oleh sebab itu, kamu bisa menambahkan lagu ke dalam konten yang dibuat dengan cara merekamnya.

Berikut tutorial cara kasih lagu ke Instagram Story memakai smartphone :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi pemutar lagu di perangkat smartphone kamu.
  • Pilihlah lagu yang akan disisipkan ke dalam Instagram Stotry.
  • Setelah itu, cari lagu yang dirasa sesuai dengan konten yang kamu share.
  • Jika kamu sudah memilih lagu, klik ‘pause’ pada aplikasi pemutar lagunya
  • Buka dan masuk ke akun IG milikmu untuk membuat konten di Story Instagram. Caranya klik ikon kamera di samping kiri bagian atas. Melalui ikon inilah kamu bisa mulai membuat Insta Story.
  • Geser bar tepat di atas layar ponsel, untuk membuka kembali lagu yang akan dimasukkan ke Story IG, saat lagu dimainkan, maka kamu bisa membuat S
  • Dengan begitu, lagu tersebut secara otomatis langsung masuk ke dalam Story IG sesuai jenis lagu yang sedang diputar.
  • Ada sedikit perbedaan antara smartphone android dengan iOS.
  • Tapi sebenarnya, cara menambahkan musik lewat pemutar musik di atas dilakukan dengan merekam Story IG sambil memutar lagu pada aplikasi pemutar musik.

Metode 2 : Tambahkan Lagu ke Instagram Story Memakai Bantuan Aplikasi

salah satu kelebihan memasukkan lagu secara langsung adalah tidak perlu edit-edit lagu lagi untuk sekedar posting konten pada story, namun kelemahannya adalah suara dari lagu tersebut kurang begitu memuaskan. Berbeda dengan menggunakan bantuan aplikasi dimana suara lagu yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik, hanya saja kamu harus melakukan proses editing terlebih dahulu.

1. Memakai Inshot Video Editor

Cara kasih lagu di Instagram dengan aplikasi pihak ketiga yang pertama ialah melalui aplikasi inshot video editor. Di aplikasi Inshot Video Editor, kamu dapat membuat video kreatif sesukamu. Silahkan rekam video memakai aplikasi ini, sama seperti ketika kamu merekam stories kamu sendiri

Sisipkan lagu, dengan cara klik ikon lagu pada toolbar, kemudian pilih musik atau lagu sesuai keinginan. Atur volume dan pilih bagian mana saja pada lagu yang ingin kamu mainkan.

Namun ingat, sebaiknya konten video yang kamu buat tidak lebih dari 60 detik. Usai proses editing selesai, tekan ‘save’ kemudian ‘upload ke Instagram kamu seperti biasanya.

2. Menggunakan Flipagram

Flipagram memungkinkan kamu untuk membuat video kreatif sederhana dengan menggunakan foto-foto pada galeri hp milikmu. Sama seperti filter yang ada di Instagram, aplikasi ini menawarkan efek-efek khusus, agar video yang dibuat lebih menarik.

Aplikasi Flipagram memungkinkan kamu bisa menambahkan musik yang tidak hanya ada di galeri hpmu saja, melainkan juga lagu atau musik memang belum pernah didownload sama sekali.

Silahkan lakukan pengaturan bagian mana pada lagu pilihanmu yang ingin ditambahkan pada Instagram Stories kamu.

Kelebihan aplikasi ini, tidak hanya bisa memberikan caption di aplikasinya secara langsung saja, tetapi kamu juga dapat mengirimkan hasil stories yang kamu buat lewat DM Instagram.

Untuk kualitasnya sendiri, aplikasi ini memang sudah lebih baik ketimbang opsi perekaman langsung. Namun apabila kamu hanya ingin share cuplikan musik yang sedang kamu dengarkan, tidak ada salahnya juga mencoba metode perekaman langsung.

3. Tambahkan Lagu ke Story Instagram Dengan Stiker Musik

Cara kasih lagu di Instagram selanjutnya yaitu dengan memakai stiker musik yang sudah tersedia lewat fitur story. Memang cara ini sangat sederhana, belum lagi ada banyak pilihan lagu yang bisa kamu pilih berdasarkan genre lagu yang tersedia. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Masuk ke fitur Story Instagram.
  • Kemudian pilihlah foto atau video untuk menambahkan story yang akan dibagikan.
  • Lalu, dibagian atas ada ikon stiker. Kamu klik ikon tersebut.
  • Pada beberapa pilihan stiker, disana akan ada stiker ‘Musik’. Pilihlah stiker tersebut.
  • Setelah masuk pada jendela berikutnya, maka kamu akan mendapatkan banyak pilihan lagu yang bisa kamu pilih.
  • Lakukan editing lainnya seperti menambahkan lokasi, tulisan, atau stiker. Jika sudah, klik selesai yang ada di bagian atas.
  • Proses menambahkan lagu dengan menggunakan stiker musik untuk Story IG kamu, kini telah berhasil.

Cara Kasih Lagu ke Instagram Feed

Feed adalah halaman profil yang biasa akan muncul pada beranda untuk dibagikan kepada orang lain dalam bentuk foto maupun video. Agar lebih menarik, tentu saja harus disisipkan lagu atau musik supaya orang lain semakin tertarik ingin menyaksikan tayangan Feed IG kamu. Berikut cara kasih lagu di Instagram Feed :

1. Buat Foto atau Video Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Mengingat kamu ingin menambahkan lagu pada postingan instagram, maka kamu perlu mengedit foto maupun video dengan memakai aplikasi pihak ketiga seperti Canva, Inshot, atau Kinemaster.

Lakukan editing semaksimal mungkin supaya hasilnya lebih baik. Silahkan buat kreativitasmu dengan menambahkan sentuhan-sentuhan pada foto/video yang akan kamu upload di IG sebagai Feed.

2. Upload Dalam Bentuk Feed

Setelah selesai, upload hasil editing tersebut ke dalam instagram dengan cara klik ikon ‘plus’(+) yang ada di bagian atas, lalu pilih ‘posting’. Setelah itu, pilih foto atau video hasil editing tersebut.

Lakukan beberapa editing lainnya jika memungkinkan sesuai yang tersedia pada fitur Instagram Feed. Apabila sudah selesai, postinglah konten tersebut agar bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Kamu bisa membuat video atau konten Insta Story maupun Feed di Instagram semenarik mungkin dengan cara kasih lagu di Instagram. Bagaimana, mudah kan cara mempraktekannya?

 

Related posts