Cara Kerja IP Address

Megetahui bagaimana cara kerja IP Address penting sekali jika Kamu ingin mengatasi kendala kenapa jaringanmu tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ya, seperti kita ketahui tablet, komputer, kamera, atau perangkat apapun memerlukan pengenal yang unik agar perangkat lain mengetahui bagaimana cara menjangkaunya. Di dunia jaringan IP/TCP, pengidentifikasi tersebut ialah IP Address atau alamat IP (Internet Protocol). IP Address memiliki peranan sangat penting dalam cara kerja internet.

Jika Kamu bekerja di bidang IT atau berkaitan dengan ilmu komputer, Kamu mungkin sudah familiar dengan alamat IP. Dimana IP Address ini biasanya ditunjukkan melalui urtan numerik seperti kode berikut 192.167.0.15.

Pengertian IP Address

Alamat IP atau IP Address ialah barisan angka yang biasa digunakan untuk pemberian label di tiap perangkat tertentu yang terkoneksi ke dalam jaringan. Biasanya jaringan tersebut ialah jaringan internet dengan menerapkan sistem IP (Internet Protocol) yang berperan sebagai alat komunikasinya.

Fungsi alamat IP secara umum terbagi ke dalam dua bagian yaitu antarmuka jaringan atau identifikasi host dan penunjuk identitas dari alamat sebuah perangkat.

Internet protocol yang sering dikenal dengan singkatan IP ini adalah landasan diantara serangkaian protokol di internet. Inilah yang menjadi dasar prosedur dalam transaksi transfer data dalam jaringan internet.

Data atau informasi yang masuk ke jaringan internet ini nantinya ditransmisikan ke dalam potongan fragmen bernama paket. Setiap paket tersebut terdiri atas data yang dikirim dan header.

Dalam header tersebut tersimpan berbagai informasi maupun metadata pada suatu paket. Dimana salah satunya ialah alamat IP atau IP Address entah itu dari perangkat penerima ataupun pengirim.

Terkait:  Cara Kerja HDD

Selanjutnya informasi inilah yang digunakan oleh router maupun infrastruktur jaringan yang lainnya agar terarahkan pada tujuan. Alamat IP sendiri terdiri dari 2 versi, diantaranya IPv6 dan IPv4.

Jenis-Jenis IP Address

Di bawah ini ada beberapa jenis IP Address menurut pengkategoriannya itu sendiri. Berikut penjelasannya :

1. IP Private dan IP Publik

Untuk jenis IP Address ini dikategorikan sesuai cakupannya, dengan penjelasan berikut :

  • IP Publik

Sesuai namanya, cakupan jenis IP publik ini bisa dikatakan sangat luas. IP Address inilah yang nantinya menghubungkanmu sebagai user ke dalam jaringan internet. Kamu akan menerima IP Publik yang berasal dari ISP.

Dengan kata lain, ketika Kamu ingin terkoneksi dalam jaringan internet, maka Kamu harus terhubung pada router yang sudah disediakan ISP. Kemudian Kamu akan masuk dalam jaringan internet memakai IP publik pada router tersebut.

  • IP Private

Sebenarnya cakupan dari IP private sendiri hanya sebatas dalam LAN atau jaringan lokal. Pada sebuah jaringan lokal, biasanya setiap perangkat mempunyai IP Address. Dengan memakai IP Private itulah, maka setiap perangkat dapat berkomunikasi secara lokal antara satu dengan yang lainnya. Biasanya IP Private tidak dapat dililhat oleh publik secara global.

2. Dedicated IP dan Shared IP

Dalam jenis alamat IP ini dikelompokkan kembali berdasarkan penggunaan hosting-nya. Ini dia penjelasannya :

  • Dedicated IP

Jenis IP address ini hanya dipakai satu situs saja. Dengan kata lain dalam satu alamat IP biasanya merujuk hanya pada 1 domain. Biasanya layanan ini dipakai oleh para pengguna cloud VPS hosting atau dedicated hosting. Walaupun begitu, biasanya penyedia hosting tetap melayani request pengguna shared hoting.

  • Shared IP

Jenis IP Address ini dipakai oleh beberapa website yang umumnya dihosting di server sama atau shared hosting. Sebenarnya jenis ini bisa dibilang cukup beresiko. Karena jika ada saja satu pengguna yang di black list, maka reputasi situs lainnya pun akan jatuh.

Terkait:  Cara Kerja Bisnis Drop n Shop

3. IP Static dan IP Dynamic

Jenis IP Address ini juga digolongkan berdasarkan cara mendapatkannya. Ini dia penjelasannya :

  • IP Static

ISP bisanya menyediakan alokasi secara khusus dalam perangkat sekaligus memastikan IP addressnya tidak berubah. Jenis IP ini biasa dipakai untuk server game atau server web.

  • IP Dynamic

Biasanya IP jenis ini selalu berubah setiap waktu. Alamat IP dipakai dengan cara bergantian. ISP berperan untuk mengelola alokasi IP Address pada pelanggannya. Sehingga perubahan IP address terjadi setiap waktu. Distribusi IP address dilakukan oleh Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP.

Cara Kerja IP Address

Cara Kerja IP Address
Bagaimana Cara IP Address Bekerja?

Bagaimana Cara IP Address Bekerja?

Cara kerja IP Address sebenarnya bisa dibilang cukup simpel. Saat mengirim email, Kamu mengakses jaringan ke dalam internet atau jaringan yang memberimu akses menuju internet. Kemudian akan terhubung pada ISP atau provider internet mana saja yang kamu miliki baik di rumah maupun di kantor. Agar sukses melakukan hal ini, perangakt komputermu memakai protokol internet serta IP address yang dipakai sebagai alamat pengirim untuk menciptakan koneksi. IP addres dibagi ke dalam 2 bagian, yaitu alamat host dan alamat jaringan.

Dari sinilah semuanya akan datang secara bersamaan. Dimana beberapa oktet yang pertama pada IP Address mengidentifikasi jaringan. Adapun jumlah oktet  biasanya bergantung dari kelas jaringan. Contohnya, dalam alamat untuk kelas A, maka bagian jaringan akan terkandung pada oktet pertama, sementara sisa alamat dipakai untuk menunjukkan host dan subnet. Pada alamat kelas B, maka 2 oktet pertama ialah bagian jaringan, sementara sisanya untuk host atau subnet, dan lainnya.

Fungsi IP Address Dalam Jaringan Komputer

Adapun fungsi alamat IP dalam jaringan komputer, ialah sebagai berikut :

1. Untuk Mengidentifikasi Skala Jaringan yang Dipakai

Pemakaian alamat IP sebenarnya tidak sembarangan, dimana bentuk IPv4 maksimal terdiri atas 12 digit yang dipisahkan oleh titik untuk tiap 3 digit, contohnya 181.235.158.14. Sebenarnya dengan melihat alamat IP kita bisa mengetahui skala jaringan tersebut menurut alokasi alamat IP yang tersedia.

Terkait:  Cara Kerja eDinar Coin

2. Sebagai Identitas dari Perangkat yang Mengakses Jaringan

Sederhananya fungsi IP Address ialah sebagai sebuah identitas device tertentu yang melakukan akses jaringan, seperti halnya pada nomor telepon. Dimana setiap nomor telepon tentu saja tidak ada yang sama, sebab nomor telepon ini mewakili atau merepresentasikan perangkat yang dipakai dan orang yang memakainya itu sendiri.

3. Jejak Pengguna Internet

Kegunaan dan cara kerja IP address lainnya ialah sebagai jejak user atau pengguna internet.  Pada poin ini sebenarnya harus menjadi perhatian semua pengguna agar berhati-hati saat melakukan aktivitas di dunia internet. Sebab pada beberapa kasus, salah satunya penyebar konten-konten negatif baik yang bersifat provokatif, asusila, penghinaan maupun yang lainnya bisa langsung dilacak lewat IP address salah satunya.

Biasanya hal tersebut dipakai beberapa website dengan tujuan untuk dapat merekam pengunjung yang ada di website tersebut. Dengan demikian, admin web bisa mengetahui jumlah pengunjung website dalam periode waktu tertentu. Selain itu, asal kota dan negara tersebut.

4. Bisa Dipakai Untuk Melacak Keberadaan Perangkat

Adapun trik sederhananya ialah dengan cara mengetikkan kata kunci “where is my ip” di mesin pencari seperti Google. Kemudian dalam hasil browsing teratas biasanya akan muncul alamatIP perangkat yang Kamu pakai. Kamu bisa menyalin IP address tadi dan buka web iplocation net, lalu tempelkan atau pastekan alamat IP tersebut di kolom yang telah tersedia lalu tekan Enter.

Alhasil, Kamu akan mendapatkan hasil pencarian yang cukup lengkap. Kamu bisa mengetahui provinsi, negara, dan kota asal dari alamat IP tersebut, bahkan Kamu bisa mengetahui ISP yang dipakai alamat IP itu sendiri.

Ya, itulah cara kerja IP Address, jenis-jenis, dan fungsi IP Address dalam jaringan komputer yang perlu Kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baru Diulas:

1/5 - (1 vote)

Related posts