Cara Akses Google Drive

Pertama kali mulai dikembangkan oleh perusahaan Google, di tanggal 24 April 2012. Apalagi, kalau bukan G-Drive. Salah satu alat digital yang bisa bantu kamu menyimpan berbagai file atau data dengan basis cloud. Cara akses Google Drive sendiri, bisa kalian lakukan via ponsel, PC/laptop. Sesuai dengan perangkat yang dimiliki. Gratis, ada juga versi akun premiumnya.

Data yang tersimpan di dalam G-Drive, sudah pasti aman dan bisa kalian atur untuk dilihat oleh orang lain. Jenis data yang dapat disimpan, bisa dalam format apapun. Mulai dari video, gambar, dokumen, dan lain sebagainya. Terlebih, kapasitas untuk akun gratisnya sangat besar. Yakni, sekitar 15 GB. Buat kamu yang masih kurang, bisa di upgrade lagi dengan premium.

Read More

Apakah sekedar untuk menyimpan data saja? Tentu tidak. Pengguna juga dapat melakukan suntingan, atau bahkan berbagi dan mengambil file dari G-Drive ke perangkat. Contoh, kamu ingin mengambil data bentuk pdf yang disimpan dalam Drive untuk dipindahkan ke HP. Hal yang perlu dilakukan cukup buka aplikasi Drive, pilih dokumennya. Setelah itu, download.

Cara Akses Google Drive

Cara Akses Google Drive
Cara Akses Google Drive

Cara Akses Google Drive di PC

Data digital user, akan tersimpan secara aman di dalam G-Drive. Pengguna juga jadi dapat menghemat kapasitas memori penyimpanan pada perangkat. Selain itu, tidak ada batas waktu untuk user dapat mengaksesnya. Kapanpun dan dimanapun kalian berada. Didukung oleh berbagai macam perangkat selama ada Google dan terhubung ke internet. Bisa di kulkas juga.

Cara akses Google Drive di PC, sebenarnya tidak ada yang berbeda ketika kalian aksesnya via smartphone, tablet dan lain sebagainya. Hanya saja, ukuran layar dan tampilan yang akan mempengaruhi penampakan dari G-Drive itu sendiri. Kalau melalui hp sudah pasti terlihat lebih kecil dibandingkan dengan PC. Kamu bisa access dengan browser atau aplikasi. Simak!

Terkait:  Cara Logout Gmail

1. Gunakan Browser di Perangkat

Disarankan, kalian menggunakan Chrome sebagai media browser untuk permudah akses ke G-Drive. Pasalnya, kalau menggunakan media lain kamu perlu login melalui akun Google terlebih dahulu. Sedangkan Chrome, kalau user tidak logout akunnya. Maka, secara otomatis setelah mengetik kata pencarian Google Drive, langsung masuk ke akunmu. Tidak login lagi.

Praktis dan efisien. Pada laman utama dari Chrome, kamu bisa langsung klik saja ikon dari aplikasi Google yang terdapat di pojok kanan atas sejajar dengan tulisan Gmail dan Images. Nanti, akan muncul beberapa pilihan tools dan apk. Mulai dari Youtube, Play Store, Google+, serta salah satunya adalah Drive. Klik ikonnya, dan langsung lihat data kalian di dalamnya.

2. Unduh Aplikasi G-Drive

Berbeda lagi kasusnya kalau kamu ternyata sudah mengunduh aplikasi Drive ke perangkat PC yang digunakan. Cara install apknya sangat mudah. Klik tautan berikut untuk pindah ke laman G-Drive. Kemudian, kamu pilih di bagian “Download” > “Drive for Mac/PC” > unduh. Lalu, setelah muncul pop-up windows berisikan Term of service, pilih Agree and download.

Muncul progam dari “installbackupandsync.exe”, diamkan sampai proses mengunduh telah selesai. Pilih file tersebut, untuk kalian mulai dapat memasang G-Drive. Apabila prosesnya berhasil, pilih tutu jendela atau close windows. Setelah itu. kamu periksa ikon Drive & G-Office di desktop.  Nanti, akan ada tampilan “welcome to backup and Sync” > Get Started.

Cara Akses Google Drive Tanpa Permission

Data yang tersimpan di G-Drive, sebagian besar merupakan file-file yang bersifat pribadi. Hal ini, menyebabkan tingkat keamanannya juga tinggi. Meskipun dalam bentuk digital, tidak semua orang dapat mengakses isi Drive kalian. Namun, terkadang ada momen yang membuat pengguna harus menunjukkan salah satu isi dari data tersebut. Tenang, semua bisa diatur.

Terkait:  Cara Download Video Youtube di Chrome Android

Cara akses Google Drive tanpa permission menjadi solusi paling pas untuk memperlihatkan isi file milik kalian. Istilah mudahnya, yaitu share dokumen ke orang lain. Supaya, terbentuk adanya kerjasama yang lebih korperatif. Aplikasi ini, juga sudah dirancang sedemikian rupa demi mempermudah user. Bukan sebaliknya. Oleh sebab itu, wajar kamu bisa atur sesukamu.

  • Masuk atau login ke akun Drive kalian masing-masing
  • Klik salah satu dokumen yang akan diubah pengaturannya ke mode permission (klik kanan di bagian file tersebut)
  • Pilih “Pratinjau”. Lalu, “Buka dengan” dan pilih “Bagikan”
  • Klik “Copy url atau Salin Tautan” untuk mendapatkan link yang bisa dibagikan
  • Pilih “Bagikan atau Share” > diamkan sampai muncul tampilan di layar bertuliskan “Tunggu atau Wait”. Artinya, sistem sedang memproses perubahan
  • Tampak di layar, beberapa pilihan. Kalian langsung pilih saja ikon berbentuk rantai untuk memberikan tanda bahwa file tersebut dapat dilihan oleh publik
  • Terakhir, kalian pilih “Beres atau Done” untuk menyelesaikan cara akses Google Drive.

Selain bagikan dokumen ke setiap orang yang mampir ke akun Drive kalian, kamu bisa juga ubah pengaturan untuk ditujukan ke account tertentu. Maksudnya disini, user dapat share ke salah satu akun email saja, atau sekaligus ke beberapa alamat surel lainnya. Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  • Klik tombol kanan melalui touchpad atau mouse kalian dengan menempatkan kursor pada dokumen pilihanmu dalam G-Drive
  • Pada tampilan opsi berikutnya, kalian langsung pilih saja “Share
  • Kemudian, terlihat tampilan yang menunjukkan “People” dengan ikon berupa pensil
  • Bagian “People”, kalian isi dengan alamat surel atau email yang akan diberikan akses untuk bisa masuk ke file G-Drive milikmu
  • Klik posisi pihak yang ingin kalian berikan akses terhadap dokumen tersebut, diantaranya: diperbolehkan untuk menyunting isinya, boleh berikan komentar, atau hanya bisa melihat saja
  • Ketik pesan ke alamat email pilihanmu, bila kalian ingin menambahkan keterangan terhadap apa yang wajib dilakukan olehnya ke dokumen tersebut
  • Pilih “Send”, kemudian tunggu beberapa saat sampai orang yang dituju bisa mengakses dokumen dalam Drive kalian.
Terkait:  Cara Membuat Akun Youtube

Kalian yang merasa khawatir dengan pemberian akses ke dokumen dalam folder Drive. Ada hal penting yang perlu kamu ketahui! Kalau memberikan akses bukan berarti orang tersebut dapat dengan mudah membagikan apa yang telah dilihatnya. Mudahnya, orang tersebut tidak bisa menyebar luaskan isi dari file. So, sudah terbukti kalau menyimpan di Drive itu aman.

Batasan-batasan kegiatan yang sengaja ditanamkan oleh pihak Google ini, sangat membantu meningkatkan kewaspadaan pengguna terhadap mereka yang diberikan akses. Artinya, kamu bisa tetap merasa tenang karena orang tersebut tidak dapat berbuat banyak terhadap dokumen yang telah dibagikan. Buat kalian yang sudah tidak merasa takut, bisa coba bagikan ke publik.

  • Klik salah satu dokumen yang akan kamu bagikan
  • Klik “Share atau Bagikan” untuk memulai cara akses Google Drive
  • Di tampilan berikutnya, kalian pilih opsi “Under Get Link”. Lalu, klik “Tap Link Settings” > klik menu “Public Link
  • Selesai melakukan semua tahapan tersebut, klik “Done atau Selesai”
  • “Salin dan Tempel” tautannya melalui email ataupun website lain untuk membagikan akses ke dokumen
  • Proses memberikan akses telah selesai

Seru kan, mengubah-ubah pengaturan di dalam G-Drive kalian. Setelah kamu mengetahui cara akses Google Drive, jangan lupa juga untuk mencoba tools lainnya yang tersedia di Google. Semoga Bermanfaat. See you on the next topics. Have a good night, and take a rest. Bye bye…

Related posts