Cara Cek IMEI Oppo

Cara Cek IMEI Oppo

Suka kepikiran nggak sih, apakah hp yang kita pegang selama ini sebenarnya asli atau kw? Cuma sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal itu atau mungkin mereka sama sekali tidak pernah tahu bagaimana cara mengeceknya. Begitu pula bagi para pengguna hp Oppo yang kebingungan ingin mengecek keaslian produk gadget yang mereka pegang. Ada satu cara yang paling manjur ialah dengan mencoba cara cek IMEI Oppo. Dari nomor IMEI inilah Kamu bisa mengetahui, apakah hpmu itu asli atau palsu.

International Mobile Equipment Identity, adalah kepanjangan dari IMEI yang berperan sebagai nomor identitas penting bagi sebuah ponsel pintar. Nomor IMEI pada dasarnya memiliki 14 digit angka unik yang ditambahkan dengan 1 digit untuk melakukan verifikasi ulang dari keseluruhan digit angka sebelumnya.  Tentu saja semua digit tersebut tak hanya sekedar deretan angka saja, melainkan menyediakan informasi lengkap tentang hp tersebut, mulai dari pabrikan, nomor model, dan asal muasal smartphone tersebut.

Read More

IMEI bisa dimanfaatkan untuk aktivitas pemblokiran hp yang hilang atau dicuri agar tidak terkoneksi pada jaringan GSM, sekaligus untuk mencegah pembelian hp Black Market (BM) alias legal.

Fungsi Lain Cek IMEI OPPO

Untuk lebih jelasnya, jika Kamu masih penasaran kenapa harus cek IMEI Oppo, cek informasi selengkapnya di bawah ini :

1. Garansi Hp

Kamu bisa mengajukan klaim mengenai garansi yang masih berlaku pada hp yang akan kamu service. Karena biasanya, sebelum memperbaiki hp Oppo yang sedang bermasalah, pihak service center terlebih dulu akan mengecek nomor IMEI Oppo-mu.

2. Mengecek Hp Oppo yang Hilang

Selain dengan GPS tracker, Kamu juga bisa mendapatkan solusi saat hp Oppomu hilang melalui nomor IMEI ini. Caranya adalah dengan menghubungi pihak pelayanan service resmi dari oppo untuk mencarinya. Selain itu, Kamu juga bisa memblokir hp tersebut, untuk mencegahnya dari aksi kejajatan yang mengatasnamakan dirimu, yang tentu saja dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab.

3. Mengetahui Informasi Detail Tentang Hpmu

Dengan menggunakan nomor IMEI yang tersimpan di hp oppo milikmu, sebenarnya kamu bisa melihat seluruh informasi yang termuat di hp oppo tersebut. Seperti fitur-fitur yang ada di dalamnya, sampai sistem pada perangkat tersebut.

Dengan begitu, Kamu bisa melihat apakah hp oppo tersebut sudah memiliki fitur lengkap seperti yang disebutkan pada layar informasi atau mungkin ada beberapa fitur yang tidak tersedia. Jika ternyata ada beberapa fitur yang tidak tesedia, sebaiknya pertanyakan hal tersebut pada bagian keluhan pelanggan atau datang langsung ke tempat pembelian hp oppo.

Cara Cek IMEI Oppo

Cara Cek IMEI Oppo
Tutorial Cara Cek IMEI Oppo

Tutorial Cek IMEI Oppo Mudah

Baik itu cara cek IMEI iPad, iPhone dengan hp android lainnya tentu hasil yang didapat nomor IMEI-nya akan berbeda. Karena IMEI pada setiap hp tidaklah sama. Oleh karena itu, untuk mengecek IMEI Oppo, Kamu bisa menggunakan cara cek IMEI Oppo di bawah ini :

1. Pada Casing Hp Oppo

Biasanya setiap casing hp akan disematkan nomor IMEI perangkat tersebut. Ini adalah cara paling praktis, karena Kamu tak perlu melakukan proses apapun untuk mengetahui IMEI Oppo. Adapun cara cek IMEI Oppo pada casing Oppo sendiri cukup mudah dilakukan, kamu tinggal membalikkan hp Oppo milikmu, dan cari nomor IMEI di bagian belakang dan selesai.

Untuk mengetahui nomor IMEI tersebut benar atau sesuai dengan nomor IMEI yang tertera pada perangkatmu, maka kamu perlu melakukan cara yang kedua. Ini dilakukan untuk membandingkan keduanya, apakah nomor IMEI yang dihasilkan sama atau berbeda.

Jika kedua IMEI yang dihasilkan dari kedua cara tersebut sama, maka dipastikan perangkat Oppo yang Kamu pegang saat ini aalah asli, dan baru keluar dari pabriknya pertama kali. Tapi, jika sebaliknya kemungkinan besar perangkat hp Oppo-mu termasuk barang rekondisi.

2. Pada Menu Setting

Cara cek IMEI Oppo ini dilakukan  agar memastikan nomor IMEI yang tertera pada casing Hp adalah nomor IMEI yang sama. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu settings pada hp oppo milikmu.
  • Setelah buka menu tersebut, pilih menu about yang berada pad urutan terbawah dan pilih sub menu ‘status’.
  • Setelah itu, akan diperlihatkan berbagai macam informasi mengenai hp oppo milikmu , salah satu informasi yang paling penting adalah nomor IMEI perangkat.

3. Dalam Dus Oppo

Sebaiknya jangan buang dus hp Oppo milikmu, saat Kamu membelinya pertama kali. Karena ternyata, pada dus hp juga ada nomor IMEI perangkat hpmu. Jadi, kamu pun bisa mengetahui nomor IMEI walaupun belum dibuka sama sekali. Hal ini berguna untuk mengetahui hp yang akan kamu beli apakah barang yang baru keluar dari pabrik atau sudah termasuk kedalam barang rekondisi. Nah, biasanya di dalam dus bagian luar pada kotak Hp ada tulisan kode IMEI tertentu yang dapat dilihat secara langsung.

Beru kemudian, Kamu bisa mengecek keaslian IMEI di kotak hp tersebut dengan membuka situs web resmi Oppo dari perangkatmu langsung. Adapun situs yang bisa kamu gunakan adalah www.imei.info atau pada situs resmi oppo.

4. Menggunakan Kode Dial

Apabila hp oppo milikmu sudah kamu terima, atau mungkin kamu ingin mengecek hp lama untuk melihat nomor IMEI. Maka cara cek IMEI Oppo ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena hanya mengandalkan sinyal jaringan provider saja. Caranya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Masuk ke halaman homescreen pada hp oppo kamu.
  • Cari menu phone atau menu dial agar kamu bisa menelpon pada nomor khusus untuk mendapatkan nomor imei.
  • Ketikkan kode *606# pada menu tersebut lalu panggil dengan menekan tombol dial.
  • Tunggu beberapa saat hingga nomo imei tersebut muncul pada layar hp.
  • Catat nomor imei tersebut lalu samakan dengan nomor imei yang kamu dapatkan dengan cara yang lain.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor IMEI hp oppo milikmu. Lakukan yang sama jika kamu ingin mencari nomor IMEI pada hp oppo yang lain karena setiap hp keluaran oppo menggunakan cara pengecekan yang sama.

Kesimpulan

Untuk mengantisipasi agar Kamu tidak mendapatkan produk gadget atau hp Oppo yang palsu atau rekondisi, sebaiknya pastikan Kamu membelinya langsung dari Official Store Oppo. Kamu bisa mendapatkan produk hp original dan resmi dengan membeli Oppo secara online di Official Store-nya. Selain itu,pastikan pula selalu membandingkan harga Hp Oppo di tiap outlet penjualan hp yang Kamu jumpai. Jika tak mau ribet, Kamu bisa mengunjungi situs resminya.

Dengan demikian, apabila harga yang ditawarkan salah satu outlet hp tidak wajar, misalnya saja terlalu mahal atau justru terlalu murah dengan embel-embel diskon besar-besaran, sebaiknya waspada.

Sedangkan cara paling ampuh untuk mengecek keaslian produk hp Oppo adalah dengan keempat cara cek IMEI Oppo yang sudah Kami jelaskan di atas. Kamu bisa membandingkannya antara yang ada di dus dengan yang ada di sistem,atau cek lewat situs resminya. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts