Cara Parkir Mobil

Bagi driver pemula, hal yang paling sulit saat belajar mengendarai mobil adalah cara parkir mobil. Terlebih lagi jika dihadapkan harus parkir di area yang rapat dan sempit, semisal di area perkantoran atau mall. Walaupun mungkin ada tukang parkir di area tersebut yang membantu mengarahkan, tapi rasa khawatir dan takut pastinya tetap ada. Tak jarang, kekhawatiran inilah yang terkadang membuat pengemudi enggan membawa mobil ketika pergi ke tempat yang ramai.

Jika ingin terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan saat parkir kendaraan, misalnya saka menabraka rea pembaas, bahkan menyenggol kendaraan orang yang tengah parkir. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar waspada ketika memarkirkan kendaraanmu. Kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa trik untuk memarkirkan kendaraan dengan mudah.

Cara Parkir Mobil

Cara Parkir Mobil
Parkir Mobil Aman dan Mudah

Trik Parkir Mobil Dengan Benar

Sebenarnya cara parkir mobil biasanya membutuhkan ketelitian tertentu. Kamu harus selalu siaga dan sigap karena Kamu tak ingin merusak mobil di samping kanan dan kiri ketika memarkir mobil. Berikut ini beberapa panduan langkah cara parkir kendaraan roda empat dengan benar dan aman :

1. Trik Parkir Mundur

Salah satu cara parkir mobil tersulit yang harus dihadapi pemula ialah saat parkir mundur. Biasanya cara parkir ini telah diterapkan di berbagai pusat perbelanjaan. Jika ingin lancar memarkir mundur, Kamu perlu memetakan terlebih darhulu area kosong di pikirianmu yang akan ditempati. Tujuannya ialah agar proses parkir menjadi lebih mudah. Selain itu, pastikan dulu jika mobilmu muat atau cukup di area parkir tersebut.

Tentu saja muat yang dimaksud disini ialah muat ketika Kamu harus membuka pintu kendaraanmu. Sebab jika Kamu lolos memarkir mobil tapi ternyata tidak dapat keluar mobil, pastinya akan percuma.

Adapun langkahnya ialah, lewati area yang kosong tersebut sembari berbelok dengan mengarahkan bagian ujung belakang mobil ke parkiran kosong. Jika dirasa sudah pas, Kamu hanya perlu memindahkan tuas ke posisi R saja. Lalu mundurkan kendaraan secara perlahan untuk mmasukkan bagian ujung mobil tersebut. Apabila belum pas, Kamu bisa memajukan mobilmu berlawanan arah supaya sesuai di tempat yang dinginkan.

Kamu juga perlu memperhatikan sisi kanan kiri mobilmu. Biasanya pemula melihat samping kanan dan kiri dengan cara mengeluarkan kepala atau menengok di jendela mobil. Sebenarnya hal tersebut wajar, tapi alangkah baiknya untuk membiasakan diri melihat lewat kaca spion, sebab itulah kegunaan spion. Terutama spion tengah yang digunakan untuk mengecek batasmu di belakang, supaya tak terlalu masuk atau tidak menabrak pembatas.

2. Trik Parkir Serong

Cara parkir mobil selanjutnya ialah meliputi trik parkir serong. Parkir serong termasuk salah satu metode parkir yang bisa dibilang mudah. Mengingat Kamu tak terlalu wajib melakukan teknik parkir yang banyak. Adapun langkah awalnya ialah Kamu bisa menuju tempat parkirmu dan tepat di bagian depan area kosong tersebut, Kamu bisa sejajarkan posisi kendaraanmu. Pastikan dalam posisi serong seperti kendaraan yang ada di samping kanan kiri area parkir. Jika dirasa posisinya sudah benar-benar pas tinggal mundurkan saja kendaraan secara perlahan.

Pastikan jarak antara kendaraan di kanan dan kirimu sudah pas agar Kamu bisa keluar dengan mudah dari mobil. Di samping itu, mobil lainnya pun tak akan terhalang mobilmu. Teknik parkir serong sendiri memang cukup ribet bila dibandingkan teknik parkir mobil lainnya. Sebab Kamu harus mampu memposisikan mobilmu dalam keadaan miring, sama dengan mobil-mobil di sampingnya.

3. Trik Parkir Paralel

Cara parkir mobil selanjutnya adalah parkir di area medan yang sangat tricky. Dalam hal ini, Kamu hanya perlu memarkirkan kendaraan dengan melalui area parkir lalu sejajarkan posisi kendaraanmu dengan kendaraan di depan tempat parkir. Jika sudah dirasa cukup, pindahkan gigi ke dalam posisi R lalu putar setir untuk dapat mengarahkan ujung pantat mobil memasuki parkiran. Apabila posisinya sudah pas, tinggal mundur saja dan sejajarkan mobil sampai lurus.

Pastikan untuk menyediakan space ruangan yang memadai di belakang dan depan mobil, supaya Kamu bisa keluar dari mobil dengan mudah. Selain itu, pastikan tidak menyusahkan para pengendara lain saat keluar parkiran. Jika sisi pada bagian terluar mobilmu telah sejajar dengan kendaraan di depan dan dibelakang. Ini artinya, Kamu sudah berhasil memarkirkan kendaraanmu dengan cara paralel.

Selain itu, parkir paralel biasanya dipakai apabila ruanan parkir di sebuah tempat atau mall sudah dirasa penuh. Adapun tantangannya ialah saat mobil matic atau transmisi otomatis diparkir dengan teknik ini, maka posisi pada gigi di posisi P. Dengan begitu, akan langsung mengunci sistem perputaran roda. Ini artinya jika Kamu menghalangi jalan untuk keluar mobil yang akan pergi, maka mobilmu secara otomatis sulit didorong. Semenara bila mobilmu pada posisi N, maka kunci mobil tak dapat dicabut.

Sebagai solusinya, Kamu bisa memanfaatkan shift lock. Dimana tiap mobil matic biasanya mempunyai tombol kecil dengan fungsi dalam kondisi seperti di atas. Adapun letak tombol tersebut berbeda dari tiap-tiap jenis mobil. Pemakaiannya ialah ketika posisi kendaraanmu berhenti total, tekan tombol dan pindahkan tuas dari posisi P ke N. Apabila Kamu tidak menekan shift lock, biasanya akan kesulitan memindahkan gigi sebab transmisi otomatis langsung mengunci sistem perpindahan gigi saat kunci tidak ON atau ACC. Sehingga bila dipaksakan bisa membuat sistem transmisi rusak.

4. Trik Parkir di Area Tanjakan

Parkir di area tanjakan sebenarnya cukup berbahaya dan sulit dilakukan. Sebab jika Kamu tidak mampu menguasai kendaraanmu, maka bisa saja kendaraanmu maju atau mundur ketika ditinggalkan. Parkir di area tanjakan biasanya memakai teknik parkir paralel namun kaki harus selalu siaga menginjak rem supaya bisa mempertahankan agar posisi mobil tetap stabil. Inilah letak kesulitannya, apabila kendaraanmu bertransmisi otomatis tentu hal ini tidak masalah. Sebab roda mobil bisa terkunci, namun lain halnya dengan sistem transmisi manual pada mobil yang dapat melaju bebas ketika melepas rem.

Apabila Kamu telah memarkir kendaraan dan posisi kendaraan sudah pas. Tarik tuas pada rem tangan supaya posisinya stabil meskipun sesudahnya Kamu mesti berjaga-jaga. Caranya dengan menempatkan penahan pada ban mobilmu seperti batu supaya lebih aman. Sebenarnya memakirkan kendaraan di tanjakan bisa saja berbahaya apabila Kamu tidak yakin Kamu mampu mencari area parkiran lain supaya tidak membahayakan diri maupun orang lain.

5. Trik Parkir di Area Sempit

Bagaimana cara parkir mobil di garasi sempit? Ya, untuk memarkirkan mobil di garasi yang sempit memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika garasimu sempit bahkan Kamu mesti menutup spion kendaraan supaya muat.

Jika hal tersebut terjadi, Kamu harus melakukan metode parkir mundur. Adapun jawabannya ialah radios belokan roda. Apabila Kamu menggunakan roda depan saat parkir atau parkir depan, maka Kamu akan lebih sering maju mundur sebab radius putaran pada roda depannya menjadi lebih panjang. Sementara jika menggunakan roda belakang maka radius belokannya menjadi pendek, meskipun memutar setir, tetap saja radius putarannya lebih pendek. Sehinga sebaiknya pakai teknik parkir mundur apabila ingin parkir di area garasi yang sempit.

Nah, itulah 5 trik cara parkir mobil yang bisa Kamu kuasai tekniknya, mulai dari parkir di area tanjakan,turunan, parkir paralel,mundur, hingga di garasi yang sempit. Dengan tutorial di atas, diharapkan Kamu bisa lebih lancar memarkirkan mobilmu. Selamat mencoba!