Cara Merawat Mesin Cuci

Cara Merawat Mesin Cuci

Dewasa ini, penggunaan mesin cuci memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Terutama bagi kaum wanita atau ibu rumah tangga yang juga bekerja. Untuk memudahkan pekerjaan rumah, terutama mencuci baju, mesin cuci sangat bisa diandalkan. Hanya saja, tak sedikit orang yang kesulitan terkait cara merawat mesin cuci dengan benar. Karena kebanyakan dari mereka, asal menggunakan saja tanpa tahu bagaimana perawatan mesin cuci agar tidak cepat rusak.

Cara Merawat Mesin Cuci

Cara Merawat Mesin Cuci
Tips Merawat Mesin Cuci

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Karena peranan mesin cuci sangat besar untuk membantu meringankan tugas rumah tangga, Kamu harus tahu cara merawat mesin cuci dengan tepat agar lebih awet dan tahan lama. Di bawah ini, ada beberapa tips untuk menjaga agar mesin cuci dalam kondisi yang tetap prima. Pastikan untuk selalu memeriksa buku manual dari mesin cucimu sebelum membersihkannya. Selain itu, pastikan Kamu untuk memakai pakaian pelindung ketika bersentuhan dengan pembersih.

Read More

Metode 1 : Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Dalam cara merawat mesin cuci, tahap pembersihan mesin cuci ini sangat penting untuk diketahui. Ada beberapa langkah yang harus Kamu ikuti untuk membersihkan mesin cuci dengan benar. Nah, pada tahapan pertama ini kita akan membersihkan mesin cuci bukaan depan dengan langkah-langkah berikut :

1. Jalankan Pencucian dengan Air Panas

Silahkan kosongkan mesin cuci terlebih dahulu, Kemudian jalankan pencucian memakai air panas. Pasalnya proses ini dapat membersihkan semua sisa detergen atau produk pencuci yang menumpuk dan tertahan di mesin cuci.

2. Menuangkan Cuka Putih Pada Laci Detergen

Cara membersihkan mesin cuci selanjutnya, tuangkan 2 cangkir cuka putih pada laci detergen. Tujuannya agar bau pada mesin cuci dapat dihilangkan dan silahkan jalankan mesin cuci di suhu 40 derajat.

3. Membersihkan Laci Detergen Mesin Cuci

Jika mesin cucimu mempunyai laci detergen, silahkan lepas kemudian rendam pada ember besar atau wastafe. Apabila sangat kotor, silahkan rendam pada campuran karbol dan air panas secukupnya. Kamu harus tetap ikuti petunjuk penggunaan karbol pada label yang tersedia dan ikuti instruksi keselamatannya.

4. Lap Seluruh Bagian Pintu Mesin Cuci

Sembari menunggu perendaman laci detergen, Kamu bisa membasahi kain menggunakan air panas, digunakan untuk mengelam semua bagian pada pintu mesin cuci. Silahkan tarik pinggiran pada karet penyegel pintu dengan hati-hati, tujuannya agar lapisan kerak sabun serta kotoran yang ada di bawahnya dapat dibersihkan.  Selain itu, lap juga bagian saluran penghubung antara tabung dan laci detergen pada mesin cuci. Kamu bisa memakai sikat gigi bekas saat membersihkan bagian sisa-sisa atau residu yang yang terdapat pada laci yang sedang direndam tadi.

5. Pasang Kembali Laci Detergen

Setelah membersihkan laci detergen dengan sempurna, silakan bilas, lalu keringkan laci detergen mesin cuci. Jika sudah, tinggal pasang laci detergen kembali.

Metode 2 : Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Bagi Kamu yang memiliki mesin cuci bukaan atas, proses pembersihan dan cara merawat mesin cuci tentu saja sedikit berbeda. Berikut metode pembersihannya :

1. Jalankan Program Pencucian dengan Air Panas

Silahkan jalankan pencucian dengan air panas untuk mesin cuci bukaan atas yang sudah Kamu kosongkan.

2. Program Pencucian Dilakukan Sekali Lagi

Pada mesin cuci bukaan atas, Kamu harus melakukan program pencucian menggunakan air panas yang kedua kali. Ketika mesin cuci sudah terisi serta mulai berguncang, silahkan tambahkan campuran bubuk soda kue sebanyak 60 gram dan cuka putih 750ml.

3. Biarkan Larutan Teraduk

Selanjutnya Kamu tinggal mendiamkan agar larutan cuka putih dan soda kue teraduk merata sampai 30 detik lamanya, kemudian matikan program pencucian mesin cuci. Biarkan hingga 1/2 sampai 1 jam lamanya.

4. Nyalakan Lagi Program Pencucian

Sesudah dinding pada tabung mesin cuci sudah terendam dengan benar, silahkan nyalakan kembali serta selesaikan pencuciannya.

5. Mematikan Mesin Cuci

Matikan mesin kemudian lap pada bagian dalamnya menggunakan kain yang sudah direndam pada campuran cuka dan air panas dengan komposisi yang sebanding. Selain itu, pastikan untuk mengelapnya dengan cara menyeruluh, juga bagian langit-langit pada tabung dan pinggiran mesin cuci.

Tips Perawatan Mesin Cuci Lainnya

Selain membersihkan mesin cuci dengan cara di atas, Kamu juga harus mengikuti aturan tips perawatan mesin cuci lainnya, berikut ini :

1. Pakai Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya

Cara merawat mesin cuci yang pertama ialah jangan pernah memaksakan kapasitas performa atau kinerja pada mesin cucimu. Jika Kamu memaksakan untuk mencuci baju dalam jumlah yang banyak melebihi kapasitas mecin cuci, maka alat ini tidak bisa mencuci pakaian secara efektif. Sebab tidak bisa berotasi sempurna.

Selain itu, bukan hanya terlalu banyak, tetapi terlalu sering menggunakan mesin cuci juga bisa berdampak pada kinerja penggerak dari mesin cuci. Sebagai langkah aman, Kamu harus tahu kapasitas mecin cucimu lebih dahulu dengan mengecek kapasitas mesin cuci.

2. Jangan Memakai Detergen Terlalu Banyak

Meskipun kelihatannya dapat membuat pakaian lebih bersi, ternyata terlalu banyak memakai detergen pada mesin cuci juga bisa berdmapak buruk bagi mesin cuci itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan detergen dalam kemasan sebab jumlah detergan saat mencuci juga harus benar-benar tepat. Pakai takaran jika perlu. Sebab jika kebanyakan, tak hanya bisa merusak pakaian dan kain, tetapi juga dapat menurunkan performa mesin cucimu untuk membersihkan pakaian.

3. Rutin Membersihkan Filter

Cara merawat mesin cuci agar awet berikutnya, Kamu harus selalu membersihkan filter pada tabung mesin cuci, paling tidak 2 hari sekali. Tujuannya untuk membantu agar tabung mesin cuci tetap bersih serta pakaian dapat terhindar dari yang namanya kotoran yang mengendap dan tertampung dalam filter.

4. Membiarkan Penutup Mesin Cuci Terbuka

Sebaiknya jangan menutup mesin cuci secara langsung segera sesudah Kamu memakainya. Biasanya ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang sesudah mencuci. Tak sedikit orang mengira jika membuka pintu pada mesin cuci dapat mengakibatkan kotoran dan debu masuk kemudian menumpuk. Mungkin benar, tapi tentu saja bukan berarti harus menutupnya langsung.

Setelah penggunaan, sebaiknya biarkan terlebih dahulu penutup pada mesin cuci sekitar 150-30 menit. Tujuannya untuk menghilangkan kelembabannya, agar mencegah bakteri dan jamur menumpuk di bagian dalam. Selain itu, cara yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengeringkan tabung pada mesin cuci, sekaligus melindungi bagian tertentu yang halus terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban.

5. Cek Selang Mesin Cuci

Untuk melancarkan aliran air yang masuk dan keluar dari mesin cuci, sebaiknya cek selang mesin cuci. Mesin cuci biasanya mempunyai 3 selang, terdiri atas 2 selang inlet dengan 1 selang outlet. dengan kata lain, 2 selang digunakan untuk mengalirkan saluran air ke bagian dalam, sedangkan 1 selangnya sebagai penyalur aliran air dari mesin cuci ke luar.

Pastikan selang inlet mesin cuci sudah terhubung dengan baik menuju sumber aliran air, serta pastika pula tidak ada selang yang bocor atau rusak. Lalu cek kondisi pada selang outlet dengan fungsi untuk membuang air yang kotor, sebab biasanya debu, kotoran dan serat-serat kain akan menumpuk pada pipa selang itu sendiri.

Ya, itulah cara merawat mesin cuci dengan benar yang harus Kamu ketahui agar mesin cucimu tetap dapat bekerja dengan baik dan selalu dalam kondisi prima. Dengan begitu, Kamu tak perlu boros harus membeli mesin cuci secara rutin karena sering rusak akibat pemakaian yang salah atau tidak dibersihkan.

 

Related posts