Cara Kerja Kurir

Dengan berkembangnya aktivitas berbelanja online, selain penggiat bisnis online saja yang banyak dilirik oleh masyarakat, tetapi juga jasa ekspedisi. Terkait jasa ekspedisi, ada salah satu profesi yang sangat berperan dalam hal ini, apalagi kalau bukan kurir. Kurir merupakan sebuah kegiatan pengiriman paket yang dikerjakan langsung, dan cara kerja kurir sendiri  ialah mengantarkan barang/paket.

Biasanya seorang kurir  selalu mengendarai sepeda  motor, agar mereka lebih cepat mengirimkan barang milik klien/pelanggan. Walaupun sebagian ada yang memakai mobil, tapi di Indonesia kebanyakan kurir memakai sepeda motor.

Cara Kerja Kurir

Cara Kerja Kurir
Bagaimana Cara Kurir Bekerja?

Bagaimana Kurir Bekerja?

Cara kerja kurir, biasanya dimulai dengan melakukan pengambilan paket/barang yang ada di outlet kemudian mengirimkannya langsung ke penerima. Di samping itu, kurir harus memastikan agar pembeli dapat menerima pesanannya dengan tepat waktu, harus mengecek dan mencocokan data yang ada dengan dokumen pada paket.

Singkatnya, cara kerja kurir itu sendiri ialah melakukan pengiriman paket ke alamat tujuan penerima dengan tepat. Mereka biasanya melakukan pendataan terhadap status pengiriman paket supaya bisa terpantu dengan baik, dan memastikan barang yang dikirimkan agar tetap aman sampai ke tempat tujuan.

Selain itu, tugas kurir juga biasanya harus melindungi data penerima dan pengirim barang agar tetap aman dalam  label pengiriman. Kurir juga bertugas menerima pembayaran dalam transaksi COD, menyetorkan dana, beserta laporan hasil atas pengiriman paket/barang tersebut ke perusahaan.

Pendidikan Minimal Seorang Kurir

Minimal pendidikan seorang kurir ialah tak harus bersekolah tinggi  atau bahkan tidak perlu menempuh pendidikan bangku sekolah. Jadi siapa saja dapat mendaftar menjadi kurir asalkan calon pelamar mempunyai SIM A atau C sesuai kendaraan yang akan dipakai nantinya. Tidak hanya SIM, kurir juga wajib mempunyai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Terkait:  Cara Kerja Limit Switch

Kemampuan yang Harus Dimiliki Kurir

Seorang kurir harus mempunyai skill atau kemampuan yang utama ialah harus bisa mengendarai kendaraan bermotor, bisa mobil atau motor. Karena kendaraan merupakan fasilitas utama penunjang pekerjaan kurir.

Di samping itu, seorang kurir harus menguasai dan memahami area berikut jalan yang ada di wilayah kerjanya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko ketika berada di perjalanan saat mengirimkan barang, seperti berurusan bersama pihak berwajib atau kecelakaan.

Jika Kamu sudah mengetahuidan memahami area kerjamu, maka seorang kurir harus bisa mencari jalan terbaik dan tercepat agar paket yang dikirimkan bisa segera tiba di tempat tujuan.

Cara kerja kurir memang dianggap cukup mudah. Jika dilihat dari sikap, seorang kurir wajib memilliki sikap yang santun dan ramah kepada konsumen. Ia juga harus sabar jika penghuni rumah alamat tujuan sedang tidak berada di tempat.

Tak hanya itu saja, seorang kurir wajib mempunyai sifat disiplin, mematuhi standar SOP sesuai kebijakan perusahaan tempatnya bekerja dan mampu bekerja keras.

Berapa Gaji Seorang Kurir?

Jika Kamu tertarik dengan cara kerja kurir, pastinya Kamu akan penasaran dengan gaji kurir. Biasanya pendapatan seorang kurir cukup besar, dengan rata-rata gajiper bulannya sekitar Rp. 3 jutaan.

Namun besaran gaji kurir tersebut di setiap perusahaan maupun kota/wilayah akan berbeda. Biasanya tergantung dari jabatan kurir itu sendiri. Selain itu, gaji kurir juga ditentukan berdasarkan UMK/UMR/UMP suatu wilayah.

Ada beberapa perusahaan yang menawarkan gaji melebihi upah minimum, dan ada pula yang kurang atau berada di bawah gaji minimum. Semuanya kembali lagi  pada kesepakatan dan kebijakan tiap-tiap  perusahaan.

Prospek Pekerjaan Menjadi Kurir

Kini prospek pekerjaan menjadi kurir sudah sangat luas, karena profesi ini banyak diincar oleh sebagian besar masyarakat. Lain halnya jika dulu profesi kurir dianggap sepele. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh semakin berkembangnya perusahaan marketplace atau e-commerce, karenanya profesi menjadi kurir kini naik daun.

Terkait:  Cara Kerja Online Tanpa Modal

Semakin bertambahnya jumlah orang yang gemar berbelanja online, secara tak langsung memberikan dampak terhadap peningkatan orang yang tertarik menjadi kurir itu sendiri.

Menjalankan profesi ini mempunyai banyak keuntungan, karena kita bebas menenetukan jam kerja sendiri.

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Menjadi Kurir

Cara kerja kurir saat ini memang banyak diminati orang. Dalam hal ini, tugas kurir ialah mengantarkan paket/barang ke alamat tiap-tiap pemesan dengan baik. Jika Kamu tertarik menjadi kurir, diperlukan tanggung jawab dan kejujuran  karena bertugas untuk mengirimkan paket sampai ke tangan penerima dengan baik.

Di samping memerlukan kejujuran dan tanggung jawab besar, kurir juga wajib selalu menjaga kesehatannya karena pekerjaannya memang memerlukan kekuatan fisik.

Profesi kurir tak hanya berada di kawasan perusahaan jasa ekspedisi saja, melainkan juga diperlukan di beberapa perusahaan besar di luar bidang perusahaan pengiriman barang. Selain itu, kurir termasuk pekerjaan yang sangat penting untuk perusahaan-peusahaan tertentu. Misalnya, saat terjadi kesalahan pengiriman dokuman, atau barang tertinggal, maka biasanya perusahaan akan menugaskan seorang kurir agar mengambil atau mengirimkan barang/paket tersebut dengan cepat.

Mengingat pentingnya tugas seorang kurir, berikut ini ada beberapa hal yang harus Kamu persiapkan sebelum mendaftar sebagai kurir, diantaranya :

1. Harus Mempunyai SIM

Kurir di negara Indonesia kebanyakan memakai motor untuk menunjang aktivitas pengantaran barang. Sebab dengan memakai motor, bisa mempersingkat waktu yang ditempuh sekaligus membuatnya lebih mudah. JIka Kamu ingin menjadi kurir, Kamu harus mampu mengendarai kendaraan bermotor dan mempunyai Surat Izin Mengemudi atau SIM C.

2. Memiliki Kendaraan Bermotor

Poin ini sebenarnya bisa saja diabaikan, terutama bagi perusahaan yang sudah menyediakan kendaraan sendiri. Namun tak sedikit pula perusahaan ekspedisi yang mengharuskan para pekerjanya memiliki motor sendiri. Akan tetapi, untuk berjaga-jaga Kamu harus memiliki kendaraan bermotor milik sendiri.

Terkait:  Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

3. Menguasai Wilayah Jalanan

Cara kerja kurir tentu saja sebagian besar menghabiskan waktunya di jalan. Maka dari itu, seorang kurir harus menghafal wilayah atau area jalanan sebagai tempatnya menghabiskan waktu untuk bekerja. Meskipun Kamu bisa memanfaatkan teknologi GPS yang semakin canggih untuk membantumu menentukan arah jalan yang benar.

Tapi tetap saja Kamu harus mengetahui area jalan dengan baik sebagai tempatmu bekerja. Terlebih jika Kamu mengetahui area jalan pintar/tikus, tentu saja semakin menguntungkan sebab bisa lebih menghemat banyak waktu sekaligus bahan bakar.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Persyaratan penting lainnya menjadi kurir ialah harus menyertakan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Seperti sudah kita jelaskan sebelumnya jika pekerjaan kurir memerlukan tanggung jawab dan kejujuran. Maka dari itu, perusahaan ekspedisi tentu tidak ingin mereka menerima begitu saja pekerja yang memiliki catatan kriminal. Karena sudah pasti mereka merasa was-was jika salah satu pekerjanya mempunyai catatan kriminal. Karena mungkin saja kurir bisa membawa beberapa barang penting.

Satu lagi, untuk menjadi seorang kurir dan bisa menjalankan cara kerja kurir dengan baik, Kamu harus memiliki smartphone. Smartphone memiliki peranan yang sangat penting untuk mempermudah melakukan tracking atau pelacakan. Bagaimana, menjadi seorang kurir sangat menarik bukan?

Ulasan Lainnya:

Related posts