3+ Cara Melacak IP Address Tanpa Repot, Dijamin Langsung Work!

Cara Melacak IP Address
Cara Melacak IP Address

Sering dengar istilah IP Address tapi gak tahu apa itu IP Address? Ya, IP Address atau Internet Protocol Address yaitu kode unik yang kerap dipakai untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung pada jaringan internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki IP address yang berbeda-beda, baik pada komputer, laptop, smartphone, tablet, atau pada perangkat lainnya. Lalu, gimana cara melacak IP Address?

Melacak IP address bisa berguna untuk berbagai tujuan yang positif, seperti mengetahui lokasi geografis, penyedia layanan internet (ISP), jenis perangkat, dan informasi lainnya yang berhubungan dengan IP address tersebut.

Read More

Selain itu, dengan melacak IP address juga bisa membantumu dalam mengatasi masalah jaringan, keamanan, atau pengaturan privasi.

Tentu saja melacak IP address tidak selalu mudah dan akurat karena bisa berubah-ubah tergantung dari jaringan yang sedang dipakai, seperti Wi-Fi, penggunaan data seluler, VPN, atau menggunakan proxy.

IP address juga bisa disembunyikan atau dipalsukan oleh orang-orang yang tidak ingin dilacak. Selain itu, alamat IP juga hanya bisa memberikan perkiraan lokasi saja bukan lokasi yang pasti. Jika mau ganti IP Address, kamu juga bisa coba cara mengganti IP Address di android yang sudah kita bagikan sebelumnya!

Cara Melacak IP address

Cara Melacak IP Address
Cara Melacak IP Address

Berikut beberapa cara melacak IP address dengan menggunakan situs web atau menggunakan aplikasi online yang tersedia secara gratis:

1. Melacak IP Address dengan WolframAlpha

WolframAlpha adalah situs web yang menyediakan mesin pencari pengetahuan komputasional. Istilah ini merujuk pada sebuah sistem mesin pencari yang mampu menjawab setiap pertanyaan faktual memakai data dan algoritma yang sangat canggih.

WolframAlpha juga bisa digunakan ke dalam cara melacak IP Address, dengan langkah-langkah berikut :

  • Buka situs web WolframAlpha di alamat berikut: www.wolframalpha.com menggunakan browser yang kamu gunakan.
  • Klik bilah pencarian yang berada di tengah halaman utama.
  • Masukkan IP address yang ingin Kamu lacak. Sebagai contoh jika kamu ingin melacak alamat IP Facebook, ketikkan 157.240.18.45 pada bilah pencarian.
  • Tekan tombol Enter atau klik ikon panah di sebelah kanan bilah pencarian. Setelah itu, WolframAlpha akan mencari mengenai detail geografis dari IP address tersebut.
  • Tinjau hasil yang ditemukan. WolframAlpha biasanya menampilkan informasi-informasi seperti jenis IP address, pihak penyedia layanan internet (ISP) yang digunakan dari IP address tersebut (misalnya Telkom), dan kota atau daerah asal alamat IP tersebut.
  • Kamu bisa klik pilihan More yang ada di samping judul “IP address registrant:” untuk melihat informasi detail mengenai kota yang bersangkutan.

2. Melacak IP Address dengan IP Lookup

IP Lookup ialah sebuah situs web yang menyediakan layanan untuk melacak IP address dengan mudah dan cepat. IP Lookup memberikan informasi dasar mengenai lokasi IP address (misalnya kota dan provinsi) dilengkapi dengan peta dan penanda lokasinya. Berikut cara menggunakan IP Lookup:

  • Buka situs web IP Lookup pada browser yang kamu gunakan di alamat: https://whatismyipaddress.com/ip-lookup
  • Selanjutnya klik bilah pencarian yang berada di bawah judul “IP Address or Hostname”.
  • Masukkan IP address yang ingin Kamu lacak. Sebagai contoh, jika Kamu ingin mencari salah satu alamat IP Google, ketikkan 172.217.7.216.
  • Klik Get it Detail. Tombol merah yang berada di samping kanan kolom teks. Setelah itu, IP Lookup akan mencari IP address yang Kamu masukkan tersebut.
  • Tinjau hasil yang ditemukan. Kamu bisa melihat informasi seperti nama host, ISP, organisasi, negara, kota, provinsi, kode pos, lintang, bujur, zona waktu, termasuk peta lokasi dari IP address yang kamu masukkan tersebut.

3. Melacak IP Address dengan Aplikasi Advanced IP Scanner

Kamu juga bisa coba cara melacak IP Address memakai aplikasi Advanced IP Scanner, dengan langkah-langkah berikut :

  • Pertama unduh dan instal aplikasi Advanced IP Scanner dari situs resminya atau dari toko aplikasi (Google Play Store atau App Store). Aplikasi ini akan kamu dapatkan secara gratis dan tidak ada biaya tambahan.
  • Selanjutnya kamu harus menjalankan aplikasi Advanced IP Scanner dan memasukkan rentang IP address yang ingin kamu pindai pada kolom pencarian. Misalnya, jika ingin memindai IP address di jaringan lokal, silakan masukkan 192.168.1.1-192.168.1.284. Kemudian klik tombol Scan untuk proses pemindaian.
  • Kamu cukup menunggu hingga proses pemindaian selesai. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan daftar semua perangkat yang terhubung di jaringan berikut dengan informasi-informasi lainnya. Misalnya berupa nama komputer, alamat IP, MAC address, pihak penyedia layanan internet, dan statusnya (hidup atau mati).
  • Klik pada salah satu perangkat agar kamu bisa mengecek informasinya termasuk peta lokasi yang muncul.

Ketika kamu melacak IP address, pastikan untuk berhati-hati memakai aplikasi ini karena melacak lokasi menggunakan IP address bisa melanggar privasi orang lain.

Kamu bisa melacak alamat IP yang sah dan tidak digunakan untuk tujuan-tujuan ilegal atau merugikan orang lain. Jika ragu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli hukum terlebih dahulu karena ini menyangkut privasi orang lain.

Cara Menyembunyikan atau Mengubah IP address

Kamu juga bisa menyembunyikan atau mengubah IP Address dengan beberapa metode di bawah ini :

1. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah layanan yang memungkinkan penggunanya dapat terhubung ke internet melalui server yang berlokasi di negara lain. Dengan begitu maka alamat IP kamu akan terlihat seolah-olah berasal dari negara tersebut bukan dari negara aslimu.

VPN juga bisa meningkatkan keamanan dan privasi kamu ketika online mengingat data yang dikirim maupun diterima nantinya bakal dienkripsi. Ada banyak penyedia VPN yang bisa dipilih baik yang gratis maupun yang berbayar. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan NordVPN, CyberGhost, atau ExpressVPN.

2. Menggunakan Tor (The Onion Router)

Tor adalah jaringan anonim yang memungkinkan penggunanya dapat menelusuri internet tanpa meninggalkan jejak. Tor bekerja dengan mengirim data user melalui sejumlah server relai yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, alamat IP tidak bisa dilacak dengan mudah. Tor juga bisa membuka situs web yang diblokir atau disensor oleh pemerintah atau oleh ISP.

Untuk menggunakan Tor, maka kamu perlu mengunduh lalu menginstal browser khusus yang disebut dengan Tor Browser . Kamu bisa mendapatkannya di toko aplikasi tiap-tiap perangkat yang kamu gunakan.

3. Menggunakan proksi web

Proksi web merupakan situs web yang berfungsi sebagai perantara antara Kamu dan situs web tujuan. Dengan menggunakan proksi web, maka kamu dapat menyembunyikan alamat IP dari situs web tujuan. Mengingat situs web ini biasanya hanya bisa melihat alamat IP dari proksi web saja, bukan dari perangkatmu.

Proksi web juga membantumu buat mengakses situs web yang diblokir atau disensor oleh pemerintah atau oleh ISP. Ada banyak situs web proksi yang bisa dipakai untuk menyembunyikan IP address. Kamu bisa menggunakan HideMyAss, Porxifu, atau kproxy.

4. Mengganti IP address secara manual

Cara ini membutuhkan sedikit pengetahuan teknis dan mungkin tidak akan berfungsi untuk semua jenis jaringan. Dalam hal ini melibatkan pengubahan pengaturan jaringan pada perangkat Kamu untuk mengganti alamat IP yang diberikan oleh ISP dengan alamat IP lain yang ada.

Cara ini bisa berguna jika Kamu ingin menghindari pembatasan atau pemblokiran berdasarkan IP address tertentu. Namun, cara ini juga bisa menimbulkan masalah kompatibilitas atau koneksi jika alamat IP yang dipilih telah dipakai perangkat lain.

Itulah ulasan tentang cara melacak IP Address sekaligus menyembunyikannya karena alasan privasi yang bisa kamu praktekkan dengan mudah. Semoga membantu!

 

Related posts