Cara Kerja Internet

Banyak orang merasa sangat tergantung dengan kehadiran internet. Dengan internet semuanya menjadi lebih mudah, praktis dan cepat. Mulai dari mencari informasi, mengerjakan tugas kuliah, berdagang, hingga bekerja online tentunya memberikan kemudahan tersendiri. Namun dari sekian banyak orang yang menggunakan internet, tahukah Kamu bagaimana cara kerja internet? Pastinya sebagian besar orang akan kebingungan menjawabnya.

Apa Itu Internet?

Ya, sebelum membahas lebih jauh tentang cara kerja internet, tentu saja Kamu harus tahu apa itu internet terlebih dahulu. Jadi, internet adalah sebuah jaringan komputer yang sudah terintegrasi dan terbesar hingga di seluruh dunia. Sebenarnya internet adalah sebuah singkatan atau kependekan dari istilah interconnected network. Melalui internet, semua sistem jaringa komputer yang ada di seluruh dunia dapat salng terhubung.

Internet kini sudah begitu familiar di sebagian besar masyarakat. Bahkan seluruh lapisan usia, dari usia anak-anak sampai kakek nenek sekalipun banyak yang kini sudah sangat “fasih” berselancar di internet. Hal ini jugalah yang membuat banyak provider seluler mulai berlomba untuk menciptakan inovasi dengan menawarkan paket internet murah untuk seluruh lapisan masyarakat.

Cara Kerja Internet

Cara Kerja Internet
Bagaimana Cara Internet Bekerja?

Bagaimana Cara Internet Bekerja?

Bagi Kamu yang gemar mengulik internet, tentu penasaran dengan cara kerja internet. Bagaimana sih cara internet bekerja? Ya, sistem internet bekerja sebenarnya sangat kompleks. Tapi pemakaiannya kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Untuk lebih mengenal tentang sistem internet, mari simak ulasan berikut!

1. Mulai dari Pembentukan Jaringan Sederhana

Analoginya saat seseorang hendak membangun sebuah hubungan, tentu saja yang dibutuhkan yang namanya sistem jaringan. Jaringa tersebut berguna untuk mengkoneksikan perangkat komputer yang akan berkomunikasi atau yang akan disambungkan untuk kemudian dikoneksikan ke dalam router.

Dengan kata lain, cara internet bekerja untuk pertama kali supaya internet dapat terhubung dan bisa dipakai oleh para pengguna sebagaimana mestinya ialah dengan membangun jaringan sederhana terlebih dahulu.

2. Membangun Jaringan Dalam Jaringan

Bagaimana maksud poin kedua ini? Jadi cara kerja internet untuk poin kedua ini ialah, internet membangun jaringan yang kapasitasnya lebih besar bahkan lebih rumit daripada jaringan sebelumnya.

Ini artinya, dalam satu router umumnya melibatkan beberapa perangakt komputer untuk tetap berada dalam network atau jaringannya. Kemudian ada lagi penyambung tambahan seperti modem. Selanjutnya jaringan tersebut akan membentuk jaringan yang terdapat di dalam jaringan.

3. Pengiriman Pesan Pada Jaringan yang Dituju

Saat sebuah jaringan telah terbentuk, kemudian beberapa perangkat komputer tertentu telah terhubung tapi sampai di sini sebenarnya internet masih belum terhubung. Jadi agar internet terhubung atau tersambung ke dalamnya, harus dihubungkan ke dalam Internet Service Procedure atau ISP. Untuk kemudian ISP ini berguna menghubungkan beberapa sistem jaringan ke dalam jaringan tertentu yang dituju.

4. Jaringan Akan Menemukan Perangkat Komputer

Agar internet dapat dipakai, maka seseorang atau pengguna dapat menghubungkan jaringan kepada perangkat digital tertentu sesuai keinginan. Biasanya supaya jaringa internet dapat terkoneksi, kita membutuhkan yang namanya perantara, seperti jaringan nirkabel atau modem. Kemudian kedua alat ini nantinya akan membaca sebuah kode khusus, dimana kode tersebut hanya dimiliki perangkat komputer.

5. Internet Terhubung

Selanjunya komputer mulai menerima jaringan, jika hal ini terjadi secara otomatis internet mulai terhubung. Demi memastikan apakah jaringan internet telah terkoneksi, maka Kamu bisa mengecek akses internet yang terdapat pada device atau perangkat digitalmu. Dengan kata lain, komputer telah berhasil membaca dan menerima jaringan yang sebelumnya telah dicoba disambungka mengunakan perantara tadi.

6. Pengguna Bisa Menggunakan Internet

Cara kerja internet selanjutnya mulai beralih ke web. Biasanya untuk menemukan web, kita harus mengethaui kode unik web tersebut yang berupa IP Address atau alaamat IP. Selain itu, seluruh komputer akan terhubung dalam sebuah jaringan lalu memilikinya dan berguna untuk melakukan identifikasi. Alamat IP ini adalah kombinasi dari angka unik dan biasanya akan dipisahkan dengan titik di tiap 4 angka.

7. Internet Mulai Membaca Kode Pencarian

Kita tahu bahwa alamat IP memang sangat rumit, sehingga membuat website akan sulit ditemukan. Maka dari itulah, agar pengguna internet dapat mencari IP Address yang diinginkan dengan lebih mudah, maka alamat tersebut bisa diganti ke dalam domain.

Nah,  domain inilah yang dapat diketikkan nantinya untuk mendapatkan informasi yang Kamu inginkan berupa kode pencarian.

8. Pengguna Akan Menerima Informasi yang Dicarinya

Ketika kita mengetikkan nama domain web yang dituju, maka browser atau internet berusaha mencari domain itu sendiri. Dalam hal ini, browser mencari alamat dari server sebagai tempat website tersebut berada, dengan memanfaatkan DNS server.

Kemudian pesan berupa HTTP request akan dikirim browser untuk ditujukan ke dalam server dengan meminta salinan pada website agar dikirim ke server klien atau client server.

Secara praktisnya, itulah cara kerja internet yang mungkin selama ini kita tidak tahu. Untuk memahami sistem kerja internet memang cukup rumit. Selain itu, ada beberapa jenis dan tipe koneksi internet yang juga penting untuk diketahui.

Jenis dan Tipe Koneksi Internet

Adapun cara penyedia jaringan internet untuk mendistribusikan jaringan internet ke pengguna ialah melalui 4 jenis atau tipe koneksi internet berikut :

1. DSL (Digital Subscriber Line)

Sejenis koneksi internet yang paling awal dipakai, dengan memakai modem DSL dan kabel telepon sebagai penghubung pada jaringan, entah itu memakai wireless atau LAN.

2. Cable Internet

Adalah tipe koneksi internet dengan hybrid fiber coaxial atau kabel coaxial dan modem yang kemudian dihubungkan ke dalam jaringan wireless atau LAN.

3. Satelit

Biasanya yang memakai antena dan satelit sejenis parabola, dan biasanya dipakai untuk menjangkau wilayah yang tidak dapat dijangkau menggunakan kabel. Hanya saja kecepatannya masih kurang dibandingkan kabel.

4. Fiber Optic

Umumnya yang memakai kabel fiber optik ialah yang mempunyai kemampuan untuk transfer data paling cepat dibandingkan yang lainya, terkoneksi ke modem sleanjutnya dismbungkan lagi pada wireless atau jaringan LAN.

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja dan Akses Internet

Setelah membahas cara kerja internet, Kamu juga harus tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kecepata akses internet. Hal ini dilakukan agar Kamu bisa memecahkan solusi saat terjadi kendala dalam hal browsing atau menggunakan internet, diantaranya :

1. Perangkat Komputer atau Smartphone

Perangkat laptop, komputer maupun smartphone bisa saja mempengaruhi kinerja dan akses internet. Bagi perangkat smartphone sendiri kecepatan akses internet umumnya sangat berpengaruh terhadap kemampuan dari chip modem itu sendiri. Sementara untuk pengguna laptop atau komputer, biasanya disebabkan oleh spesifikasi pada network adapter maupun kartu jaringan.

2. Modem

Modem juga termasuk faktor penting yang bisa mempengaruhi kinerja dan kecepatan jaringan internet. Kita tahu bahwa ada berbagai macam jenis modem di pasaran dan pastinya memiliki spesifikasi berbeda. Sehigga semakin tinggi kualitas spesifikasi modem akan semakin banyak pula banddwidth yang dibawanya. Hal ini tentunya membuat kecepatan akses internet semakin tinggi.

3. Bandwidth

Faktor selanjutnya ialah bandwidth, yaitu jumlah pemakaian transfer data dihitung menggunakan satuan bps (bit per second). Dengan banyaknya bandwidth yang dibawa ISP, tentu saja akan semakin cepat kecepatan koneksi internet yang diterima pengguna.

Ya, itulah penjelasan tentang cara kerja internet, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja internet dan tipe koneksi internet yang harus Kamu ketahui. Bagaimana, menarik bukan?

 

Related posts