Cara Kerja Google Meet

Setelah sebelumnya platform pertemuan virtual Zoom Meeting mendulang kesuksesan, bahkan menjadi program meeting paling banyak dipakai. Karena alasan ini jugalah  yang membuat perusahaan raksasa Google, mulai melirik program meeting virtual dengan meghadirkan Google Meet. Cara kerja Google Meet sendiri tak lain ialah gabungan dari Google Chat dan Google Hangout yang menawarkan kemudahan dalam penggunaan layanannya.

Mengenal Platform Meeting Online Google Meet

Google Meet merupakan layanan meeting atau konferensi video online besutan dari Google. Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa Google Meet adalah kombinasi dari Google Hangouts dan Google Chat melalui pengembangan khusus untuk aplikasi pertemuan online. Google Meet sendiri telah diperkenalkan sejak tahun 2017 lalu tepatnya di bulan Februari, namun masih di publish secara diam-diam hanya untuk pengguna iPhone.

Read More

Kemudian di bulan selanjutnya, Google Meet telah dirilis dan bisa diakses masyarakat lewat browser web, android maupun iOS. Untuk versi gratisnya, para pengguna bisa melakukan pertemuan hingga kapasitas peserta maksimal 100 orang. Sementara itu, bagi versi bisnis atau premium, para pengguna bisa melakukan pertemuan secara virtual lewat Google Meet mulai dari 100-200 peserta.

Bagi siapapun yang sudah mempunyai akun Google, bisa membuat pertemuan online atau bisa berpartisipasi langsung dalam layanan meeting online. Demi keamanan, host di Google Meet mempunyai akses penuh terhadap jalannya sebuah meeting. Selain itu, host bisa menolak pengguna untuk masuk atau bahkan menghapus pengguna saat pertemuan sedang berlangsung. Belum lagi, cara jadi host di Google Meet juga sangat mudah.

Menariknya lagi tepat pada bulan April 2020, pihak Google telah menambahkan layanan fitur audio untuk meredam kebisingan khusus bagi pengguna paket bisnis. Demi alasan pribadi, perusahaan Google sendiri menyatakan jika mereka tidak menyimpan atau merekam video meeting dalam penargetan iklan.

Akan tetapi berdasarkan analisis kebijakan dari privasi Meet, pihak Google berhak menyimpan alamat IP pengguna, pengguna yang turut berpartisipasi dan menyimpan lamanya/durasi panggilan.

Cara Kerja Google Meet

Cara Kerja Google Meet
Bagaimana Cara Google Meet Bekerja?

Bagaimana Cara Google Meet Bekerja?

Untuk memahami cara kerja Google Meet, ada beberapa tahapan memakai aplikasi Google Meet yang bisa Kamu pelajari berikut :

1. Download dan Install Google Meet

Untuk memakai aplikasi, Kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi Google Meet terlebih dahulu. Kamu bisa menginstal Google Meet di perangkat komputer, jika memang memakai layanan ini di perangkat komputer. Tapi jika Kamu memakai smartphone atau telepon seluler, maka Kamu dapat menginstallnya langsung di smartphone. Apabila aplikasi tersebut telah terinstall, tinggal ikuti cara kerja Google Meet selanjutnya.

2. Masuk Menggunakan Akun Email

Jika Kamu ingin mulai menggunakan Google Meet, sebelumnya harus login lebih dulu. Kamu bisa login ke Google Meet memakai akun Gmail milikmu. Apabila Kamu memang mempunyai beberapa pilihan akun, sebaiknya pilih saja salah satunya. Jika sudah, Kamu bisa mulai memakai aplikasi ini dengan cara tekan tombol yang bertanda “+” terletak di samping kanan bawah pada layar Hp.

3. Bagikan ke Teman

Cara kerja Google Meet berikutnya ialah jika Kamu sudah login atau masuk ke Google Meet, Kamu akan mendapatkan tautan/link. Selain tautan atau link yang akan didapat juga ada PIN dan nomor. Jika sudah mendapatkan PIN beserta nomor tersebut, Kamu tinggal bagikan atau share saja ke teman tentang hal tersebut. Kamu dapat menghubungi temanmu segera yang sudah bersedia melakukan meeting atau video conference. Caranya ialah tinggal tekan saja tombol share.

4. Tentukan Media Untuk Berbagi

Jika sudah selesai, Kamu dapat memakai aplikasi Google Meet dengan mengirimkan pesan ke orang yang akan Kamu jumpai secara virtual. Pilih media untuk berbagi agar dapat digunakan untuk pengiriman pesan biasa. Tapi sesudahnya, tambahkan dulu pesan personal berisi penjelasan tujuan undangan yang Kamu bagikan. Setelah itu, Kamu cukup meneruskan langkah-langkah cara kerja Google Meet selanjutya.

Silahkan ikuti petunjuk yang ada dismartphone atau layar PC. Cara ii tentu saja sangat sederhana atau simpel, karena aplikasi ini telah terbukti lebih handal dibandingkan aplikasi sebelumnya.

5. Pemakaian Aplikasi

Sesudah melewati tahapan cara kerja Google Meet di atas, Kamu selanjutnya dapat mengoperasikan aplikasi dengan baik. Selain itu, Google Meet dapat dipakai untuk berbagai hal yang berhubungan dengan video conference dan komputasi. Kamu tentu saja dapat menggunakannya dengan mudah. Jadi wajar jika pemakaian program pertemuan virtual kian menjamur serta banyak dijumpai di berbagai perusahaan atau organisasi.

Kelebihan Memakai Google Meet

Kebutuhan aplikasi sejenis Google Meet saat ini memang sudah semakin luas. Bahkan seiring perkembangan zaman, membuat fitur-fitur yang tersedia dalam layanan aplikasi Google Meet rasanya kian memadai bahkan seakan lebih memahami kepentingan masyarakat milenial saat ini. Apalagi bagi yang tengah menggeluti dunia bisnis atau usaha, pastinya Kamu dapat memakai aplikasi yang satu ini untuk memperlancar dan memudahkan pekerjaanmu.

Berikut kelebihan cara kerja Google Meet, diantaranya :

1. Dapar Bergabung Dengan Mudah

Bergabung di sebuah pertemuan virtual lewat Google Meet bisa dikatakan sangat gampang, para partisipan bisa bergabung lewat aplikasi iOS, android atau web.

2. Akses Memakai Akun Google

Kebanyakan para pengguna android mempunyai akun Google untuk mengakses Gmail dan layanan yang berhubungan dengan Google lainnya. Karea itu, akses platform Google Meet menjadi lebih cepat dan mudah tanpa harus melakukan registrasi kembali.

3. Waktu Pertemuan yang Cukup Panjang

Pertemuan virtual lewat Google Meet bahkan bisa berlangsung hingga 60 menit secara gratis. Ini tentu saja lebih baik daripada aplikasi Zoom Meeting dengan waktu pertemuan hanya berlangsung 40 menit saja.

4. Terhubung Langsung ke Google Drive

Google Meet juga sudah terintegrasi dengan cara kerja Google Drive dalam hal penyimpanan data rekaman serta dokumen yang diperlukan. Para pengguna yang berlangganan paket Premium G Suite bisa merekam, dengan hasil rekaman yang langsung tersimpan dalam Google Drive.

5. Terintegrasi Dengan Google Calender

Jika Kamu ingin memulai meeting yang telah dijadwalkan Google Calender, maka pengguna bisa menjadwalkan rapat mereka terlebih dahulu. Kemudian memberikan undangan pada para peserta meeting yang lainnya.

Pilihan baru untuk memulai rapat lewat Google Meet tersebut tersedia untuk para pengguna G Suite, Google Workspace, serta yang mempunyai akun Google. Untuk para pengguna Workspace Essential, pengguna bisa membuat meetig secara instan. Namun tidak bisa menjadwalkan rapat lewat Google Calendar.

Dengan kata lain pengguna yang memakai Google Workspace bisa menikmati berbagai pilihan baru untuk memulai rapat sesudah pembaruan teraktual tersebut. Fitur ini mencakup pembuatan meeting untuk nanti, menjadwalkan rapat via Google Calendar dan memulai rapat instan.

Kekurangan Google Meet

Sama seperti platform pertemuan virtual lainnya, Google Meet juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya bagi versi gratisan tidak mendukung fitur recording atau perekaman. Selain itu, jika Kamu ingin berbagi layar Google Meet, aplikasi ini akan terasa lambat dan berat. Sayangnya Google juga masih belum merilis versi Google Meet desktop. Sehingga saat melakukan meeting virtual dengan Google Meet, Kamu harus melakukannya lewat browser.

Itulah cara kerja Google Meet, cara menggunakan, keunggulan dan kekurangan Google Meet sebagai aplikasi pertemuan virtual yang bisa Kamu gunakan untuk keperluan pekerjaan atau sekolah.

Related posts