Cara Jadi Youtuber Pemula

Selain cara jadi youtuber gaming modal hp, banyak orang yang juga tertarik menjadi seorang youtuber sukses. Menjadi Youtuber, selain mendapatkan ketenaran juga memiliki penghasilan yang melimpah. Karena itu, tak heran pula juga banyak yang mencari cara jadi Youtuber pemula yang sukses hingga menghasilkan jutaan subscriber.

Bagi pemula yang belum pernah menggeluti platform Youtube, mungkin kebingungan bagaimana awalnya mejadi seorang Youtuber sukses. Kamu tak perlu khawatir, karena kita akan mengupas tuntas tentang rahasia menjadi Youtuber sukses di bawah ini!

Cara Jadi Youtuber Pemula

Cara Jadi Youtuber Pemula
Cara Jadi Youtuber

Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses

Cara jadi youtuber pemula tentu saja harus diawali dari niat dan keinginanmu untuk menjadi sukses. Untuk lebih jelasnya, ini dia rahasia menjadi youtuber pemula :

1. Pahami Tujuanmu

Hal pertama yang harus Kamu perhatikan ialah pahami tujuan kesuksesan yang akan Kamu raih. Ini sebenarnya poin penting, karena bisa membuatmu lebih fokus terhadap apa yang akan dicapai. Sehingga, Kamu bisa mengabaikan berbagai hal yang dapat mengganggu prioritasmu.

Ada 3 macam jenis kesuksesan bagi seorang Youtuber itu sendiri, diantaranya :

  • Engagement, akun channel Youtube milikmu selalu mendapatkan share, like, dan comment dalam jumlah yang banyak.
  • Jumlah subscriber, Kamu mempunyai banyak subscriber karena memiliki konten unik dan menarik.
  • Monetisasi, Kamu telah berhasil meraup pundi-pundi rupiah dari Youtuber karena keunikan dan kualitas konten yang Kamu miliki.

Kmau bisa saja hanya fokus terhadap salah satunya. Akan tetapi, Kamu juga bisa memilih ketiganya seiring perkembangan channel Youtube-mu.

2. Harus Memasang Target

Cara jadi Youtuber pemula selanjutnya yaitu memasang target yang terukur. Jadi jika Kamu mempunyai tujuan sebaiknya tentukan target yang terukur. Alasannya untuk memastikan agar tingkat kesuksesan bisa diukur. Maka dari itu, Kamu perlu memasang target agar keinginanmu tercapai tepat waktu.

Misalnya saja, tujuanmu menjadi Youtuber ialah ingin mendapatkan subscriber dalam jumlah yang banyak. Tentukanlah targetnya, seperti berapa subscriber yang Kamu inginkan dan berapa lama Kamu menargetkan jumlah subscriber tersebut. Misalnya, Kamu ingin menargetkan dalam waktu 6 bulan harus memiliki 1000 orang subscriber.

Apabila Kamu belum mencapai target, Kamu dapat mengukur apakah usahamu belum mencapai target atau justru targetmu terlalu tinggi. Jika sudah, kini saatnya menentukan strategi lanjutan. Contohnya, mengadakan giveaway untuk berkolaborasi bersama pada Youtuber lain demi mencapai target yang diinginkan.

Melalui target inilah, Kamu menjadi lebih mudah dan disiplin untuk menyusun rencana di masa depan. Lalu, bagaimana cara pengecekan tercapainya target?

3. Silahkan Pilih Niche Sesuai Kemampuan dan Minat

Cara jadi Youtuber pemula selanjutnya adalah memilih tema atau niche sesuai kemampuan. Adapun niche di sini merupakan topik khusus menyesuaikan target viewer-mu. Misalnya saja, gaming, music dan niche lainnya.

Dengan memilih niche, bisa membantumu menjadi produktif. Karena Kamu bisa menikmati profesi tersebut sehingga dapat terus membuahkan konten yang kreatif. Sebaiknya apa jenis niche Youtube yang dipilih? Berikut referensinya :

  • Fashion, membahas kecantikan dan gaya busana. Konten tersebut dapat berbentuk review produk, tutorial, dan lain sebagainya. Contoh, channelYoutube milik dari Wellisna Merduani.
  • Culinary, membahas niche seputar makanan. Dimana konten tersebut dapat berbentuk review maupun cara memasak. Misalnya channel Youtube dari Ria SW.
  • Lifestyle, biasanya mengulas tentang lifestyle atau gaya hidup, mulai dari tips menatap rumah, cara menabung dan lainnya. Misalnya channel Youtube Maurilla Sophianti Imron.
  • Animal, membahas informasi mengenai satwa atau dokumentasi penyelamatan binatang/hewan dan yang lainnya. Misalnya, Animal Defenders Indonesia.
  • Travelling, berisi tentang dokumentasi review suatu tempat dan perjalanan. Di samping itu dapat berbetuk rekomendasi tempat menarik. Seperti channel Wira Nurmansyah, Travel Youtuber Indonesia.
  • Gaming, biasanya berisikan rekaman bermain game secara live streaming. Misalnya Jess No Limit.
  • Music, berisi konten musik video, cover lagu dan lainnya. Seperti channel Hanin Dhiya.

4. Menemukan Karakteristikmu

Cara menjadi Youtube pemula selanjutnya ialah harus menemukan karakteristik dan ciri khas channel milikmu. Ketika Kamu memutuskan menjadi seorang Youtuber, ini artinya Kamu harus siap bersaing bersama 31 juta channel Youtube yang lainnya. Jika Kamu tidak mempunyai ciri khas atau karakter yang kuat, akan sulit dikenal apalagi sebagai channel Youtuber besar.

Ini artinya menentukan tipe konten dan niche spesifik saja masih belum cukup. Karena Kamu tetap harus menemukan karaktermu untuk menjadi seorang Youtuber. Adapun ciri khas itu sendiri bisa berbentuk setting ruangan, gaya bahasa, atribut yang digunakan dan lainnya.

5. Menentukan Tipe Konten

Jika Kamu sudah memilih niche, tentunya akan lebih gampang untuk menentukan jenis konten. Adapun beberapa jenis konten yang dapat Kamu buat ialah sebagai berikut :

  • educate, viewer memperoleh pengetahuan yang dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka terhadap sesuatu.
  • entertain, viewer merasa terhibur oleh konten yang Kamu buat. Konten jenis ini biasanya yang paling sering di share, jadi cocok jika ingin meningkatkan engagement.
  • envince, iviewer merasa terdorong melakukan segala hal. Baik itu melakukan pembelian, berlangganan maupun banyak hal lainnya.

Kamu sebaiknya tetap fokus terhadap satu jenis konten saja. Tidak hanya lebih mudah mengembangkan channel, tetapi juga dapat membentuk sebuah niche yang baik dan kuat. Ini penting dilakuka agar audiens melihatmu sebagai spesialis niche yang Kamu pilih tersebut.

Misalnya, ketika banyak orang tertarik dengan review gadget terbaru, mereka mungkin langsung mencari channel Youtube GadgetIn untuk mendapatkannya. Karena reputasi channel youtube tersebut untuk melakukan review gadget telah diakui.

Ada banyak hal yang memang harus dipelajari dalam cara jadi Youtuber pemula, karena kesuksesan para Youtuber sendiri tidak bisa instan begitu saja. Beberapa trik di atas mungkin bisa membantumu melakukannya!

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019