4+ Cara Mengatasi Youtube Loading Terus (Yang Benar) Mudah Pol😎

Cara Mengatasi Youtube Loading Terus
Cara Mengatasi Youtube Loading Terus

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengatasi Youtube loading terus yang mudah? YouTube saat ini menjadi salah satu aplikasi video yang paling populer di dunia. Dengan YouTube, maka kamu bisa menonton berbagai macam video yang disukai, mulai dari hiburan, pendidikan, olahraga, musik, dan konten lainnya yang menarik.

Saat menggunakan Youtube untuk streaming terkadang kamu akan menghadapi kendala seperti memutar video yang terus loading atau lemot.

Kondisi video Youtube yang loading terus atau buffering merupakan sebuah kondisi di mana video tidak bisa dimuat secara lancar dan harus menunggu beberapa saat sebelum bisa ditonton kembali.

Kamu juga bisa mencoba cara aktifkan unlimited Youtube XL dengan mudah yang bisa dipraktekkan sebelumnya.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat pengalaman menonton. Alhasil membuat aktivitas menonton kamu jari tidak nyaman terutama jika kamu sedang menonton video yang penting atau menarik. Bagaimana cara mengatasi Youtube loading terus?

Cara Mengatasi Youtube Loading Terus

Cara Mengatasi Youtube Loading Terus
Cara Mengatasi Youtube Loading Terus

Sebetulnya, ada beberapa faktor penyebab Youtube loading terus atau lemot, antara lain:

  • Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah di lingkungan kamu saat ini.
  • Cache dan history browser yang menumpuk jarang dibersihkan.
  • Server YouTube yang sedang down atau bermasalah.
  • Aplikasi YouTube yang belum diperbarui atau rusak dipaksakan terus digunakan.
  • Jumlah pengguna yang terlalu banyak atau membebani jaringan.
  • Kualitas video yang terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Setelah tahu apa saja penyebab Youtube lemot, berikut ada beberapa cara mengatasi YouTube loading terus yang bisa kamu ikuti :

1. Mengatasi Youtube Loading Terus dengan Cek dan Perbaiki Koneksi Internet

Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah adalah salah satu penyebab utama YouTube loading secara terus-terusan.

Jika koneksi internet kamu bermasalah, maka video di YouTube tidak bisa dimuat dengan cepat dan harus menunggu lama sebelum bisa ditonton.

Untuk mengecek koneksi internet yang kamu gunakan, kamu bisa mengunakan apliaksi speedtest atau bisa juga menggunakan situs web khusus seperti www.fast.com.

Aplikasi atau situs web tersebut akan mengukur kecepatan download, upload, dan ping internet yang kamu gunakan.

Jika kecepatan download atau upload kamu rendah, atau ping tinggi, maka koneksi internet kamu dipastikan sedanga dalam kondisi lemah atau tidak stabil.

Untuk memperbaiki koneksi internet, ikuti beberapa hal dibawah ini:

  • Jika kamu menggunakan wifi, pastikan router wifi berada di tempat yang terbuka dan tidak terhalang oleh dinding atau benda apapun yang dapat menyebabkan sinyal terhalang. Jarak antara router wifi dan perangkat juga berpengaruh pada kekuatan sinyal wifi.
  • Bagi yang menggunakan data seluler, pastikan berada di area yang memiliki sinyal yang kuat. Jika perlu, pindahlah ke tempat yang lebih tinggi atau dekat dengan jendela. Selain itu, kamu juga bisa mengganti mode jaringan dari 3G ke 4G atau sebaliknya jika di lingkungan kamu mendukung jaringan yang diperlukan.
  • Jika kamu menggunakan kabel LAN, pastikan kabel LAN tidak dalam keadaan rusak atau kendor. Jika perlu, segera ganti kabel LAN dengan yang baru atau yang lebih baik.
  • Restart modem atau router wifi kamu dengan mencabut kabel listrik selama beberapa detik, lalu colokkan kembali. Hal ini dapat membantu menyegarkan koneksi internet yang kamu pakai.
  • Hubungi penyedia layanan internet jika koneksi internet kamu masih bermasalah. Mungkin ada gangguan jaringan atau masalah teknis dari pihak penyedia layanan internet yang kamu gunakan.

2. Mengatasi Youtube Loading Terus dengan Bersihkan Cache dan History Browser

Cache dan history browser adalah file sementara yang disimpan oleh browser saat kamu mengunjungi situs web tertentu. Fungsi dari cache dan history browser ini adalah untuk mempercepat proses loading situs web yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya ketika mengunjunginya kembali.

Namun jika cache dan history browser menumpuk dan tidak dibersihkan secara berkala, maka file-file ini akan memenuhi ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja browser secara keseluruhan termasuk menyebabkan YouTube loading terus pada saat menonton video.

Untuk membersihkan cache dan history browser, berikut cara mengatasi Youtube loading terus dengan membersihkan cache :

  • Buka browser yang kamu gunakan untuk menonton video di YouTube, misalnya menggunakan Google Chrome, Firefox, Safari, atau Edge.
  • Klik ikon menu yang berbentuk tiga titik atau garis horizontal yang berada di pojok kanan atas browser.
  • Pilih opsi Settings, Preferences, atau Options, tergantung dari browser yang kamu gunakan.
  • Cari opsi yang berkaitan dengan Privacy, Security, atau History, tergantung dari browser yang kamu gunakan.
  • Pilih opsi untuk Clear Browsing Data, Clear History, atau Clear Cache.
  • Silakan pilih durasi waktu yang ingin kamu bersihkan, misalnya Last Hour, Last Day, atau All Time.
  • Pastikan telah mencentang opsi untuk Cache dan History dan tidak mencentang opsi lain yang tidak diperlukan.
  • Klik tombol Clear Data, Clear Now, atau Clear Browsing Data.
  • Tutup browser terlebih dahulu kemudian buka kembali browser kamu.
  • Coba buka YouTube dan tonton video favorit tanpa lemot.

3. Mengatasi Youtube Loading Terus dengan Periksa dan Tunggu Server YouTube

Cara mengatasi Youtube loading terus selanjutnya adalah dengan mengecek dan menunggu server Youtube. Server YouTube adalah sistem yang mengelola dan menyimpan data video yang ada di YouTube. Tugas server Youtube adalah mengirimkan data video ke perangkat kamu pada saat menonton video di YouTube.

Jika server YouTube sedang down atau bermasalah, maka video di YouTube tidak bisa dimuat atau ditonton dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena adanya pemeliharaan rutin, serangan hacker, kesalahan teknis, atau mungkin ada faktor lain yang tidak bisa diprediksi.

Untuk memeriksa server YouTube, kamu bisa menggunakan situs khusus seperti situs wwww.downdetector.com atau www.isitdownrightnow.com. Semua situs web ini dapat menampilkan status server YouTube secara real time dan memberitahu kamu jika ada gangguan atau masalah pada server YouTube.

Jika server YouTube sedang down atau bermasalah, maka kamu tidak bisa berbuat banyak selain menunggu sampai server YouTube normal kembali. Biasanya, server YouTube tidak akan down atau bermasalah dalam waktu yang lama. Hal yang perlu kamu lakukan cukup pantau saja hingga semuanya kembali berjalan normal.

4. Perbarui Aplikasi YouTube

Aplikasi YouTube adalah aplikasi yang digunakan untuk menonton video di YouTube melalui perangkat seluler seperti pada smartphone atau tablet. Jika kamu ingin menonton video tanpa hambatan di Youtube, pastikan untuk selalu memperbarui Youtube ke versi terbaru sehingga berhalan baik dan optimal.

Jika aplikasi YouTube belum diperbarui atau mungkin rusak, maka aplikasi YouTube bisa mengalami error atau masalah pada saat menonton video di YouTube. Hal ini bisa menyebabkan YouTube loading terus dan tidak bisa diputar dengan baik.

Untuk memperbarui aplikasi YouTube, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka Google Play Store atau App Store di perangkat seluler kamu terlebih dahulu.
  • Cari aplikasi YouTube kemudian buka halaman detailnya.
  • Jika ada tombol Update atau Perbarui, berarti aplikasi YouTube memang masih pada versi lamanya dan belum diperbarui ke versi terbaru.
  • Klik tombol tersebut untuk mendapatkan proses pembaruan.
  • Setelah proses pembaruan selesai, sekarang buka kembali aplikasi YouTube lalu coba tonton video di YouTube. Biasanya dengan  metode ini, mmbuat Youtube jadi lebih lancar.

Itulah cara mengatasi YouTube loading terus, semoga membantu kamu dalam menyelesaikan masalah ini!

Related posts