Cara Jadi Content Creator

Dalam perkembangan teknologi digital seperti saat ini, profesi sebagai content creator baik itu di Instagram, Twitter maupun Youtube memang sangat menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya konten kreator dengan hasil karya unik dan keren-keren yang bisa kita lihat di internet. Cara jadi content creator sebenarnya tidak terlalu sulit tapi juga bukan hal yang bisa dianggap sepele.

Menjadi seorang content kreator menawarkan banyak keuntungan, tidak hanya popularitas semata, melainkan bisa memperoleh penghasilan dari endorsement, iklan, adsense Youtube maupun yang lainnya.

Read More

Jika ingin menjadi content creator, Kamu harus bisa menciptkana konten berkualitas. Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan jika Kamu tertarik menjadi seorang konten kreator terbaik, berikut ini!

Cara Jadi Content Creator

Cara Jadi Content Creator
Menjadi Content Creator

Menjadi Content Creator Terbaik

Menariknya profesi sebagai seorangi content creator yang tak hanya menciptakan hasil karya menarik seja melainkan juga dapat menghasilkan pendapatan lebih banyak, tentu saja menjadi incaran banyak orang. Nah, jika Kamu tertarik menggeluti dunia konten kreator ini, berikut tahapan cara jadi content creator :

1. Membuat Konten Menarik Sesuai Passion

Jika ingin membuat konten berkualitas, sebaiknya perhatikan passion-mu. Tidak sedikit konten yang dapat dipilih diantaranya berupa konten olahraga, hiburan, gaya hidup, wisata dan lain sebagainya yang dapat dipilih. Jika konten yang Kamu pilih sesuai dengan passion-mu, tentu saja Kamu akan lebih mudah dan menikmati saat membuat konten tersebut.

2. Be Yourself

Untuk menjadi content creator, tentu saja Kamu tidak harus menjadi orang lain. Jangan terlalu berlebihan membuat konten yang tidak Kamu kuasai. Buatlah karya atau konten seoriginal mungkin. Sehingga konten yang Kamu buat mempunyai keunikan tersendiri serta menjadi lebih menarik. Selain itu, Kamu juga harus mencari beberapa hal unik dan menarik yang tidak dimiliki konten kreator yang lainnya.

3. Tampilkan Apa yang Disukai dan Dibutuhkan Khalayak

Cara jadi content creator terbaik lainnya, dalam pembuatan konten kreator Kamu harus mengetahui hal-hal yang diperlukan audiens/khalayak. Sebuah konten dapat dikatakan berkualitas jika kita dapat menyajikan hal-hal yang diperlukan oleh audiens. Dimana hal tersebut bisa dilakukan denga cara mempelajari semua kebutuhan atau hal apapun yang audiens inginkan. Oleh karena itu, pastikan Kamu menyajikan konten yang tepat sasaran.

4. Konten yang Disajikan Kekinian

Setiap konten kreator tentu saja mempunyai keunikan tersendiri. Dengan menyajikan sebuah karya unik, menarik dan original tanpa mencontek alias plagiarisme tentu bisa menampilkan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki krator tersebut. Di samping itu, dengan memperlihatkan konten original dapat menampilkan ciri khas atau karakter yang dimiliki kreator. Dengan menjadi diri sendiri saat berkarya, sudah tentu akan semakin mempermudah pembuatan sebuah karya yang membanggakan.

5. Menampilkan Ide Menyegarkan Setiap Hari

Keahian pertama dari konten kreator ialah konsep. Inilah cara jadi content creator yang juga harus dimiliki seorang kreator. Dalam hal ini, Kamu harus benar-benar memahami konten apa yang ingin dibuat berikut detailnya. Adapun konsep yang telah dibuat sebaiknya jangan berubah-ubah. Sebab konsep yang telah dibuat tersebut akan menjadi karakteristik dan identitasmu. Inilah konsep yang membantu mempermudahmu menyajikan konten berupa foto, desain atau video.

6. Memiliki Keahlian di Segala Bidang

Cara menjadi content creator lainnya ialah harus mempunyai keahlian di segala bidang. Ada beberapa kemampuan atau skill yang wajib dimiliki konten krator. Sebab terkadang kreator tidak bekerja sama dalam tim, tetapi harus mengerjakan semuanya sendirian. Misalnya harus mengambil video atau gambar di sudut yang pas, mengedit foto/video supaya lebih menarik dan mengunggahnya di platform media sosial.

Konten kreator harus mempunyai kemampuan dalam hal mendesain grafis. Menguasai software-software berupa Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, dan perangkat lunak desain lainnya. Di samping itu juga Kamu harus mempunyai taste desain grafis yang baik.

7. Handal Membuat Konsep

Seorang konten kreator juga dituntut untuk selalu kreatif. Ia harus bisa menyumbangkan ide dan konsepnya setiap hari secara out of the box sebagai nilai tambah. Karena jika idemu sama dengan orang lain, tentu tidak akan mudah menarik viewer atau audiens. Di beberapa perusahaan, biasanya konten yang dibuat diharapkan cukup banyak. Jika Kamu merasa benar-benar yakin menghasilkan ide lebih banyak yang kreatif, maka tidak menutup kemungkinan Kamu bisa menjadi konten kreator yang menarik.

8. Harus Bersikap Konsisten

Hal terpenting untuk menjadi content creator ialah harus bersikap konsisten. Sebenarnya sikap tersebut sederhana, hanya saja cukup sulit dipraktekkan dengan nyata. Selain itu, selalu konsisten untuk berkarya membuat hasil konten yang Kamu buat selalu diposting teratir. Selain itu, Kamu juga harus membuat timeline di setiap hasil karya yang Kamu ciptakan, agar prosesnya lebih lancar dan terarah.

9. Kembangkan Konten Bervariasi

Agar para audiens tidak bosan atau jenuh melihat konten yang Kamu buat, tentu saja Kamu harus menyajikan konten yang bervariasi, agar audiens dapat menentukan banyak pilihan sehingga tidak terlalu monoton. Banyak konten kreator yang terus berevolusi untuk lebih kreatif dalam menciptakan kontennya. Hal tersebut wajar rasanya, karena bisa membuat tingkat kreativitas semakin meningkat.

10.  Buat Story Line

Cara Jadi Content Creator berbakat dan profesional lainnya ialah membuat story line. Dimana story line tersebut wajib dibuat supaya pengikut konten dapat mengetahui maksud dan tujuan pembuatan konten dengan jelas. Dengan kata lain, informasi yang diberikan menjadi lebih gampang diterima. Di samping memudahkan penyampaian hal yang akan dibahas, biasanya konten yang dibuat mempunyai alur dengan jelas.

11. Mempelajari Konten Orang Lain

Tak ada salahnya jika mempelajari konten orang lain. Kamu bisa mencoba keunikan konten milik orang lain, tapi ingat jangan asal copy paste alias plagiat. Sebaiknya pelajari konten milik orang lain dengan baik agar Kamu dapat memiliki referensi untuk konten yang Kamu buat.

12. Mengevaluasi Konten Dengan

Lebih fokus terhadap key performance indikator atau KPI dan mengoptimasi konten. Pengukuran KPI tersebut dapat didasari oleh 4 hal. Diantaranya :

  • Traffic media sosial, yaitu banyaknya pengunjung konten sosial media.
  • Direct traffic, adalah banyaknya viewer yang mengklik konten yang Kamu buat dengan mengetikkan link URL situs web pada browser.
  • Organic traffic, adalah banyaknya viewer yang mengetuk kontenmu lewat link hasil pencarian.
  • Submission, jumlah viewer ke situs web lalu meninggalkan informasi mengenai kontak pribadi untuk mendapatkan materi yang Kamu taarkan.

Berdasarkan data tersebut,Kamu dapat mempelajari kelayakan kontenmu, termasuk respons audiens. Sehingga nantinya, Kamu terdorong untuk membuat konten yang lebih fresh untuk mendapatkan audiens lebih banyak.

Selain ke-12 cara jadi content creator di atas, Kamu juga harus bisa membangun jaringan atau networking dengan sesama konten kreator. Inilah kesamaan  cara menjadi content creator dengan cara jadi CEO, karena secara tidak langsung content creator adalah pemilik sekaligus pengelola konten web/media sosial sebagai ladang usaha penghasil pundi-pundi rupiah.

Selain itu, ingat untuk jangan pernah menganggap konten kreator lain sebagai pesaing, melainkan sebagai teman diskusi untuk mempelajari berbagai macam hal. Dengan membangun networking ini, bisa membuka wawasanmu terhadap berbagai pandangan berbeda.

 

Related posts