Cara Live Streaming di Youtube

Cara Live Streaming di Youtube

Banyak orang yang mencari informasi tentang cara live streaming di Youtube karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan streaming di Youtube. Salah satunya ialah bisa memonetisasi Youtube. Tapi, bagi Kamu yang belum pernah mungkin penasaran bagaimana menggunakan salah satu fitur unggulan dari Youtube tersebut.

Live streaming Youtube termasuk salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk dapat berinteraksi bersama penonton secara live alias real time. Kamu bisa menemukan fitur ini di aplikasi atau situs Youtube, caranya klik ikon berbentuk kamera. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan tampilan menu bertuliskan “Live Streaming”.

Read More

Apa Saja Keuntungan Live Streaming di Youtube?

Sebelum kita lanjut ke cara live streaming di Youtube, ada beberapa keuntungan menggunakan fitur yang satu ini di Youtube, diantaranya :

1. Memonetisasi Youtube

Keuntungan utama melakukan live streaming di platform Youtube ialah dapat memonetisasi Youtube itu sendiri. Adapun monetisasi yang bisa digunakan dapat berbentuk super chat, langganan channel, dan iklan.

2. Bisa Berinteraksi Langsung Bersama Penonton

Saat Kamu melakukan live streaming, Youtube memberikan fitur berupa live chat. Melalui fitur ini, para penonton dapat mengajukan pertanyaan secara langsung sekaligus langsung dijawab. Selain itu, cara ini juga memungkinkanmu untuk dapat memasarkan produk.

Persyaratan Live Streaming Youtube

Sebelumnya ada beberapa persyaratan jika ingin melakukan live streaming di Youtube. Pastikan channel Youtube-mu telah diverifikasi, sudah mempunyai minimal sebanyak 1000 subscriber dan tidak mempunyai pembatasan fitur live streaming selama 90 hari terakhir.

Namun Kamu tak perlu khawatir, karena persyaratan di atas biasanya hanya berlaku ketika Kamu melakukan streaming menggunakan HP. Sementara jika melalui laptop biasanya memakai webcam, sehingga tidak perlu lagi memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Namun yang pasti, Kamu harus memastikan akunmu dalam keadaan yang terverifikasi.

Apa Saja Alat yang Dibutuhkan Untuk Live Streaming di Youtube?

Untuk memulai cara live streaming di Youtube, pastikan Kamu sudah mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan saat streaming. Berikut penjelasannya :

1. Laptop/PC

Kebanyakan laptop  menyediakan mikrofon dan webcam. Sementara bagi para pengguna PC umumnya tidak tersedia, jadi Kamu harus mempersiapkannya.

2. Smartphone

Jika Kamu ingin melakukan live streaming di Hp tentu saja harus mempersiapkan perangkat smartphone.

3. Mikrofon

Harga mikrofon sendiri masih terjangkau, Kamu hanya memerlukan modal RP. 200 ribuan sudah bisa mendapatkan mikrofon yang cukup bagus kualitasnya.

4. Webcam

Webcam untuk live streaming biasanya dibanderol dengan harga Rp. 300 ribu ke atas. Kamu bisa mendapatkannya di salah satu marketplace pilihanmu.

5. Green Screen

Fungsi dari background berwarna hijau atau green screen tersebut ialah supaya yang terlihat saat live streaming hanya orang saja, sementara latar belakang pada orang tersebut diganti oleh tampilan game.

6. Headset Gaming

Jika Kamu ingin melakukan live streaming, tentu saja memerlukan headset khusus gaming. Harganya biasanya mulai dari RP. 125 ribuan, dan Kamu sudah bisa memiliki headset.

7. Koneksi Internet

Tentu saja poin ini tidak kalah penting, karena untuk melakukan live streaming Kamu harus memiliki kuota internet. Namun pertanyaannya, berapa besar kecepatan akses internet untuk melakukan streaming di Youtube? Tentu saja semakin besar kecepatan internet akan semakin baik, tapi dengan paket hanya sebesar 10Mbps saja untuk 1 perangkat yang dipakai live streaming sudah cukup.

8. Pencahayaan atau Lampu

Untuk gaming, biasanya live streaming akan dilakukan secara indoor di dalam ruangan. Karena itulah, Kamu memerlukan pencahayaan atau lampu yang berkualita baik. Adapun penggunaan lampu rata-rata memakai RingLight 26.

9. Aplikasi Editing Video

Agar Kamu bisa mengedit latar belakang hijau agar nantinya diganti dengan tampilan game, maka Kamu memerlukan software editing video seperti Adobe Premiere Pro atau Filmora.

Cara Live Streaming di Youtube

Cara Live Streaming di Youtube
Melakukan Live Streaming di Youtube

Melakukan Live Streaming di Youtube

Seperti kita ketahui, OBS (Open Broadcast Software) adalah salah satu software untuk pendukung live streaming. Software ini sebenarnya memiliki karakteristik open source, karenanya dapat digunakan oleh siapapun untuk mempermudah pekerjaannya. Selain OBS, sebenarnya Kamu bisa menggunakan aplikas lainnya seperti Vmix atau Xsplit misalnya. Tapi yang akan kita bahas di sini ialah cara live streaming di Youtube tanpa memakai OBS dan dengan OBS.

1. Cara Melakukan Live Streaming di Youtube Tanpa OBS

Namun untuk cara live streaming di Youtube ini, Kita bisa mencoba tanpa memakai OBS terlebih dahulu. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorialnya berikut :

  • Silahkan buka dan masuk ke akun channel Youtube-mu.
  • Ketuk ikon kamera yang terletak di pojok bagian atas.
  • Lalu tekan “Live Streaming”. Apabila Kamu baru melakukan streaming pertama kali, silahkan tunggu sampai 24 jam lamanya supaya layanan live streaming dapat diaktifkan.
  • Jika Kamu ingin memulai live streaming, silahkan ketuk “MULAI”.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta memilih, apakah memakai aplikasi/software streaming atau webcam bawaan. Bagi pemula bisa mencoba tanpa aplikasi dengan memilih opsi webcam bawaan lalu klik “MULAI”.
  • Silahkan isi judul, deskripsi live streaming dan pilih kategori konten  apakah untuk dewasa atau anak-anak.
  • Klik “Next” atau “Selanjutnya”.
  • Silahkan klik “Selesai” untuk mengakhiri live streaming di Youtube.

2. Cara Melakukan Live Streaming di Youtube Dengan OBS

Jika Kamu ingin memakai aplikas OBS untuk membantumu melakukan live streaming di Youtube, maka Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan unduh terlebih dahulu OBS Studio.
  • Setelah itu, ketuk ikon kamera di ujung atas.
  • Jika sudah, pilih “Live Streaming”.
  • Lalu isi deskripsi, judul, monetisasi, thumbnail, jadwal dan kategori konten yang Kamu buat.
  • Ketuk “Buat Streaming”.
  • Selanjutnya buka OBS Studio App.
  • Lalu pilih opsi settings dan pilih lagi stream.
  • Pada pilihan Stream key, tinggal copy paste pada laman Youtube Studio.
  • Ketuk Start Streaming.

Melalui bantuan software Live Streaming baik itu OBS, Vmix dan Xsplit, maka saat streaming video akan jarang buffering.

Kenapa Tidak Bisa Melakukan Streaming di Youtube?

Ada beberapa penyebab atau alasan tidak dapat melakukan streaming. Mulai dari tidak memenuhi ketentuan dan terkena pembatasan fitur live streaming. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Alasan Tidak Memenuhi Ketentuan dan Syarat

Seperti sudah dijelaskan di atas sebelumnya bahwa untuk melakukan streaming harus memakai iPhone atau Hp android, dengan setidaknya channel Youtube-mu sudah mempunyai 1.000 subscriber minimal.

2. Pembatasan Live Streaming

Kamu tidak dapat melakukan streaming di Youtube manapun pada 1 akun, apabila akun Youtube-mu mengalami pembatasan. Biasanya Youtube akan memberikan notifikasi bahwa akses fitur live streaming di Youtube-mu sudah dibatasi. Adapun penyebab terjadinya pembatasan ini ialah bisa dikatakan oleh pelanggaran hak cipta dan mendapat teguran pedoman dari komunitas.

Itulah beberapa peraturan agar live streaming yang Kamu lakukan di Youtube dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan. Selain  dari pihak Youtube sendiri, Kamu harus memastikan koneksi internetmu stabil, sehingga proses live streaming  berlangsung tanpa kendala apapun. Semoga ulasan cara live streaming di Youtube seperti yang sudah dijelaskan di atas bermanfaat, selamat mencoba!

Related posts