Cara Dapat Uang dari Youtube

Mungkin sampai sekarang masih banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara dapat uang dari Youtube. Youtube adalah salah satu platform video sharing yang banyak digemari kawula muda. Selain untuk berkreativitas lewat video-video menarik, Youtube juga bisa menjadi alat untuk menghasilkan uang. Bahkan tidak sedikit orang yang mendapatkan penghasilan sampai ratusan juta rupiah setiap bulanya hanya lewat video yang di upload ke platform Youtube.

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa Youtube banyak digemari pengguna internet. Hal ini dikarenakan Youtube menawarkan konten video real. Hal ini tentu saja berbeda dari konten teks atau gambar yang tak terlihat “Nyata” bagi user. Para pengguna Youtube tentu memilliki tujuan berbeda saat membagikan konten video mereka di Youtube.

Mulai dari hanya untuk bersenang-senang, mempromosikan event dan bisnis, dan ada pula yang hanya ingin berbagi video untuk orang lain. Dimana semua pengguna tentu saja lebih menyukai konten-konten “REAL” dan juga atraktif. Inilah alasna kenapa para pengguna internet merasa nyaman menggunakan Youtube.

Cara Dapat Uang dari Youtube

Cara Dapat Uang dari Youtube
Mendapat Uang dari Youtube

Trik Mendapatkan Uang dari Youtube

Untuk memonetisasi Youtube, tentu saja Kamu wajib meng-upload konten-konten video menarik ke channel Youtube milikmu. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang melihat video yang Kamu unggah. Alhasil, peluang pundi-pundi rupiah yang Kamu dapatkan akan semakin besar dari Youtube.

Namun sebelumnya untuk mendapatkan uang dari Youtube sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena tak ada jaminan semua video yang Kamu unggah di Youtube dapat menghasilkan uang. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena Kamu tetap bisa mencoba cara dapat uang dari Youtube dengan panduan di bawah ini!

1. Buat Akun Youtube

Sebenarnya pembuatan akun Youtube sendiri tidaklah sulit, asalkan Kamu sudah membuat Gmail. Sebab akun tersebut nantinya akan dipakai untuk pembuatan akun Youtube. Jika Kamu lupa password Gmailmu, Kamu bisa ikuti panduan cara cek password Gmail terlebih dahulu. Setelah selesai reset password, kini Kamu bisa membuka akun Gmail untuk akun Youtube.

Adapun cara dapat uang dari Youtube yang pertama ini yaitu cukup masuk ke akun Gmail, lalu buka website Youtube. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan tampilan utama web Youtube.

Selanjutnya buat channel akun Youtube milikmu. Pilih “My Channel” di samping kiri. Selanjutnya Kamu akan ditawarkan ke dalam menu pilihan, yaitu apakah Kamu akan memakai nama asli sama seperti user email ataukah memakai nama lain untuk channel Youtube milikmu.

Jika Kamu ingin channel Youtube-mu terlihat unik, jadi sebaiknya pakai nama lain untuk channel Youtube. Baik itu nama khusus maupun nama domain blog/website-mu (jika ada). Setelah itu, pilih untuk menggunakan nama bisnis atau nama lain. Kemudian akan langsung diarahkan menuju halaman baru.

Di halaman baru, silahkan inputkan nama channel Youtube sesuai keinginan. PIilih kategori dan centang pada kotak persetujuan. Klik “Done”. Setelah itu, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman channel Youtube milikmu. Atur tampilan channel Youtube tersebut, seperti menambahkan cover, menambahkan gambar ikon, dan lainnya.

2. Mengunggah Video ke Channel Youtube

Langkah cara mendapatkan uang dari Youtube berikutnya ialah dengan mulai membuat konten video yang original. Persiapkan konten video milikmu yang original  untuk diunggah ke channel Youtube-mu. Pastikan konten video tersebut harus benar-benar milikmu sendiri, setidaknya video tersebut tidak melakukan pelanggaran hak cipta, seperti ada logo, image, video clip hingga backsound-nya.

Pastikan untuk membuat video yang menarik dengan cara merekam aktivitas sehari-hari. Seperti merekam lagu yang Kamu nyanyikan dengan alat musik sendiri, video tutorial memancing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buat dan upload video unik secara rutin ke channel Youtube milikmu, paling tidak Kamu harus mengunggahnya mulai dari 100 sampai 200 video menarik ke channel Youtube milikmu demi meraup pundi-pundi rupiah dari Youtube. Sebab semakin banyak unggahan video yang Kamu tampilkan di channel Youtube. tentu semakin besar pula peluang mendapatkan penghasilan langsung dari Youtube.

3. Naikkan Popularitas Channel Youtube-mu

Meningkatkan popularitas channel Youtube sebearnya cukup mudah, asalkan Kamu mengikuti beberapa tips untuk mendapatkan uang dari Youtube di bawah ini :

  • Rutin mengunggah video unik, menarik dan tentunya bermanfaat bagi banyak orang. Tetap perhatikan kualitas video, pastikan video tersebut dibuat dengan tampilan yang jelas dan beresolusi tinggi.
  • Fokus meng-upload konten video sesuai minat atau niche yang Kamu inginkan. Jika Kamu mempunyai keahlian mengajar, maka Kamu harus fokus membuat video yang berkaitan dengan metode pengajaranmu. Misalnya, dengan membuat video menjelaskan tentang mata pelajaran tertentu sesuai skill yang Kamu miliki. Sehingga channel Youtube milikmu menjadi lebih mudah dikenali.
  • Jangan lupa mengajak penonton menjadi subscriber pada channel Youtube milikmu. Dimana semakin banyak jumlah subscriber, maka Kamu akan mendapatkan views dalam jumlah yang lebih banyak lagi.
  • Selain itu, promosikan channel Youtube ata videomu lewat akun medsos lainnya, seperti Facebook.

4. Memakai Program Google Adsense

Cara dapat uang dari Youtube berikutnya ialah dengan memilih memakai Google Adsense dalam me-monetize video-video yang Kamu unggah. Selain itu, channel Youtube yang mempunyai video dengan jumlah views yang banyak akan langsung mendapatkan undangan dari pihak Google adsense. Namun jika belum, maka Kamu dapat mendaftar Google Adsense.

Jika sebelumnya Kamu mempunyai akun di platform Adsense, Kamu pun tak perllu lagi mendaftar. Hal yang harus dilakukan ialah cukup mentautkan akun Adsense  ke dalam akun Youtube milikmu, namun pastikan email yang Kamu gunakan sama. Jika Adsense sudah tertaut dengan channel Youtube, Kamu pun hanya perlu menunggu proses monetisasi dari konten-konten video milikmu.

Trik Mendapatkan Uang dari Youtube Melalui Influencer Marketing

Cara mendapatkan uang dari Youtube selain mengunggah konten-konten video menarik di channel Youtube, Kamu juga bisa menjadi influencer marketing alias endorse.

Jadi, bagi Kamu yang memiliki followers atau subscriber yang loyal dan kuat, sebaiknya terapkan sistem influencer marketing supaya Kamu bisa meng-upload konten video promosi sponsor.

Ini artinya, kamu akan dibayar apabila mendapatkan tawaran dan endorsement dari brand atau perusahaan yang ingin bermitra denganmu. Teknik ini bisa dikatakan sedikit berbeda dengan cara dapat uang dari Youtube sebelumnya.

Sebab Kamu akan menerima bayaran dari perusahaan atau brand secara langsung. Walaupun demikian, Kamu harus tetap mengikuti kebijakan pihak Youtube tentang endorsement.

Trik Mendapatkan Uang dari Youtube Melalui Affiliate Marketing

Cara dapat uang dari Youtube terakhir ialah melalui program Affiliate Marketing. Adapun perbedaan sistem ini dengan Influencer Marketing ialah cara mendapatkan kompensasinya.

Melalui kampanye influencer ini, biasanya Kamu akan dibayar dalam jumlah yang tetap untuk tiap pos yang telah disponsori.

Jadi, misalnya jika Kamu melakukan endorsement brand di salah satu konten video Youtube milikmu, maka kamu akan tetap menerima bayaran $500, hal ini terlepas dari tayangan video itu sendiri.

Jadi, baik mendapat 20 atau bahkan 20.000 tayangan sekalipun, bayaranmu tetap sama.

Nah, itulah dia pembahasan tentang cara dapat uang dari Youtube, baik itu melalui channel Youtube, affiliate marketing, maupun influencer marketing.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019