Cara Jual Produk Digital di Shopee

Bagaimana cara jual produk digital di Shopee? Apa saja layanan Jenis Produk Digital yang bisa dijual? Bagaimana langkah untuk memulai berjualan di Shopee?

Berkembangnya teknologi dan juga informasi saat ini, membuat kita bisa dengan mudah mendapatkan beragam produk mulai dari yang memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, hobi, atau bahkan dengan kategori lain yang bisa kita temukan dengan mudah melalui layanan e-commerce yang saat ini sudah kita keteahui ragam jenisnya.

Selain itu, semakin berkembangnya layanan e-commerce saat ini membuat kita bisa dengan mudah mendapatkan beberapa produk digital yang sebenarnya bisa kita dapatkan secara mudah namun tidak ada bentuk fisiknya. Yaps, sesuai dengan namanya, ragam produk digital yang bisa kita temukan di beberapa layanan e-commerce sendiri memang bersifat virtual atau hanya digunakan untuk keperluan khusus saja. Sebab, kita tidak akan mendapatkan bentuk fisik dari produk tersebut, namun kita bisa menggunakannya untuk kebutuhan kita.

Adapun beberapa jenis produk digital ini, sebenarnya masuk dalam kategori yang beragam. Seperti misalnya voucher game, pulsa telpon, pulsa listrik, e-money, top up game, angsuran kredit, donasi, zakat, dan lain sebagainya. Karena memang, saat ini e-commerce seperti shopee misalnya, sudah bekerja sama dengan beragam layanan produk digital, yang memudahkan para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sehingga, para pengguna tak harus lagi keluar rumah ketika mereka ingin melakukan top up game misalnya. Karena, mereka cukup membuka Aplikasi e-commerce seperti shopee, lalu kemudian melakukan top up game dengan mudah.

Terlebih ditengah pandemi seperti saat ini. mungkin, daripada kamu harus berkeliling untuk menjajakkan barang daganganmu, mungkin kamu bisa memanfaatkan ragam produk digital yang nantinya bisa kamu jual di shopee dengan mendaftarkan diri sebagai salah satu seller dari shopee itu sendiri.

Namun sayangnya, ketika pengguna beralih menjadi seller shopee untuk menjual produk mereka, tidak semua seller mungkin memahami tentang cara jual produk digital di shopee. padahal, caranya sangatlah mudah.

Cara Jual Produk Digital di Shopee

Cara Jual Produk Digital di Shopee
Jual Produk Digital di Shopee

Buat Akun Seller Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jelas membuat akun seller shopee terlebih dahulu. Karena berbeda dengan akun shopee pada umumnya, disini kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan menggunakan akun shopee, melalui link https://seller.shopee.co.id dan kemudian kamu bisa masuk menggunakan akun yang sudah kamu daftarkan.

Jangan lupa untuk mengupdate profile dari tokomu. Disini, kamu bisa menambahkan foto profil, serta keterangan atau deskripsi dari toko yang kamu buat. Jangan lupa untuk menambahkan produk berupa produk digital yang mungkin akan kamu jual. Misalnya, pulsa, paket data internet, atau bahkan yang lainnya.

Disini, kamu harus pintar dalam memberikan harga. Karena memang, tak jarang ada banyak sekali seller yang juga menjual produk digital dengan harga yang sangat murah. Ada beberapa seller yang menjual pulsa sebesar 10.000 dengan harga 8 / 9 ribu rupiah saja.

Maka dari itu, kamu harus pintar untuk mendapatkan atau mencari supplier yang juga menjual pulsa ataupun paket data dengan harga yang lebih murah. Intinya adalah, ketika kamu memberikan harga, pastikan kamu sudah memperhitungkan antara modal dan keuntungan, agar tidak mengalami kerugian, dan pastikan juga kamu memiliki stock dari produk digital yang kamu jual.

Siapkan Modal Untuk Berjualan Produk Digital

Kemudian pada langkah kedua, jelas kamu harus memiliki modal untuk menyediakan stock ataupun produk digital yang akan kamu jual (apapun jenisnya). Misalnya, kamu bekerja sama dengan supplier yang mana akan memberikan kamu harga sekitar 5 ribu untuk 1 voucher pulsa dengan nominal 10 ribu, namun kamu harus membeli voucher tersebut dengan minimal pembelian adalah 10 voucer. Maka dari itu, minimal kamu setidaknya memiliki modal diatas 50 ribu, untuk menjual produk digital berupa pulsa sebesar 10 ribu.

Namun karena memang kita menggunakan produk digital, kemungkinan besar modal yang akan kamu keluarkan adalah multichip, yang mana sistemnya kamu harus terlebih dahulu melakukan pengisian saldo pada chip tersebut, untuk kemudian bisa melakukan transaksi pengisian pulsa ke nomor operator pengguna.

Tambahkan Produk Digital yang Akan dijual

Setelah itu, barulah kamu bisa menambahkan produk digital yang akan kamu pasarkan. Karena memang disini sistemnya kita menggunakan toko sendiri sebagai tempat untuk memasarkan produk digital, maka setidaknya pastikan kamu memiliki foto produk dengan gambar yang menarik.

Jika biasanya seller lain menggunakan foto voucher pulsa dengan nominal yang ditentukan, maka kamu tak masalah jika menggunakan Aplikasi edititing foto seperti photoshop untuk setidaknya membuat foto produk dan memberikan penjelasan didalam gambar tersebut, mengenai nominal pulsa yang akan mereka dapat dengan harga yang amat sangat murah dan terajangkau.

Jangan lupa untuk memberikan deskripsi produk yang jelas. Disini, kamu bisa menambahkan semisal jadwal operasional toko, batas offline toko, dan lain sebagainya. Namun apabila kamu melayani pemesanan selama 24 jam, maka kamu bisa menuliskan jika toko mu siap melayani pelanggan selama 24 jam, tanpa henti dan halangan.

Tambahkan deskripsi lain yang sekiranya menjadi pertanyaan para pengguna. Sebab, mungkin ada saja pengguna yang belum mengerti untuk cara order produk digital di shopee.

Hubungi Pihak Call Center Shopee

Terakhir, barulah ketika produkmu sudah masuk kedalam list daftar produk, selanjutnya kamu bisa menghubungi pihak shopee, dengan menjelaskan bahwa tokomu menjual produk digital. Kenapa hal ini harus dilakukan? Sebab, dengan menghubungi pihak shopee, nantinya produk yang kamu jual akan bebas ongkos kirim atau tidak dikenakan ongkos kirm.

Karena sudah jelas, produk yang dijual merupakan produk virtual, jadi tidak ada bentuk fisik dari produk yang kamu pasarkan. Dan tentunya juga, calon pembeli tak perlu menunggu lama karena jika kita menjual produk fisik pada shopee, tentunya akan ada pilihan kurir dengan masing masing estimasi waktu pengiriman yang berbeda.

Kamu bisa mengirimkan pesan kepada shopee melalui layanan pusat bantuan shopee, dan menjelaskan tentang produk dan toko yang kamu jalankan saat ini. dengan begitu, nantinya pihak shopee akan melakukan pengaturan untuk pilihan pengiriman produk pada tokomu, sehingga ketika pengguna ingin melakukan checkout, mereka akan secara otomatis membayar sejumlah harga produk yang kamu pasarkan.

Namun lain hal nya, jika produk yang kamu pasarkan berupa voucher ataupun kartu perdana yang sebenarnya memiliki bentuk fisik, namun tidak digunakan secara keseluruhannya. Kamu tetap bisa menjual produk tersebut seperti biasa, dan kamu juga bisa melakukan promosi dengan iklan shopee agar tokomu semakin mudah untuk ditemukan, dan produkmu bisa dilihat oleh pengguna shopee lainnya.

Itulah tadi beberapa cara jual produk digital di shopee. semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi