Cara Jualan Makanan di Gojek

  • Whatsapp

Jika Kamu memiliki usaha kuliner, kini usaha tersebut sebenarnya tidak hanya bisa dipasarkan secara offline saja melalui restoran/warung makan secara fisik, tetapi juga bisa dipasarkan secara online. Salah satu platform yang melayani pendaftaran usaha kuliner online ialah Gojek. Kita tahu bahwa Gojek adalah perusahaan transportasi online yang juga ikut merambah ke dalam layanan lain seperti pemesanan makanan, pengiriman paket dan lainnya. Lalu, bagaimana cara jualan makanan di Gojek?

Ya, melalui aplikasi Gojek Kamu bisa memperkenalkan usaha kulinermu ke masyarakat luas. Bahkan tak sedikit usaha kuliner yang sukses meraup banyak keuntungan dengan mengembangkan bisnis mereka melalui Gojek. Hal ini mengingat sudah banyaknya pengguna Gojek, bahkan telah merambah ke banyak daerah di Indonesia. Adapun kategori yang khusus bergerak dalam usaha kuliner pada ekosistem Gojek sendiri ialah GoFood.

Cara jualan makanan di Gojek bisa dikatakan cukup simpel, dan Kamu tinggal mengikuti tahapan demi tahapannya dengan mudah. Akan tetapi agar dapat berjualan produk kuliner di GoFood, maka setiap pengusaha kuliner wajib menjadi mitra GoFood. Caranya yaitu dengan mendaftar GoFood untuk dijadikan mitra bisnismu.

Apa Saja Persyaratan Jualan Makanan di Gojek?

Sama Seperti jualan minuman da makanan pada umumnya, pihak Gojek juga telah memberikan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon mira bisnis GoFood. Adapun persayratan cara jualan makanan di Gojek, ialah sebagai berikut :

  • Mempunyai tempat usaha, seperti lokasi warung makan atau restoran.
  • Memiliki produk minuman atau makanan yang ingin dijual.
  • Mempunyai smartphone android dengan kapasita RAM minimal 2GB yang digunakan untuk menginstal GoBiz sebagai aplikasi yang mengelola restoran atau usaha kuliner di GoFood nantinya.
Terkait:  Cara Bayar Alfamart Pakai Gopay

Selain itu, Kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen berikut untuk melengkapi pendaftaran jadi mitra GoFood. Berikut ini :

  • KTP pemilik usaha.
  • NPWP pemilik tempat usaha kuliner.
  • Nomor rekening bank pemilik tempat usaha untuk pencairan.
  • Nomor Hp pemilik kuliner untuk masuk ke aplikasi GoBiz.
  • Akun email usaha kuliner aktif.
  • Foto selfie sambil memegang KTP .
  • Foto buku tabungan bank agar menyamakan data pemilik rekening dengan identitas pemilik usaha kuliner.
  • Berkas persetujuan kementrian.
  • Foto tempat usaha.
  • Surat izin usaha.
  • KK dan akta pendirian usaha.

Cara Jualan Makanan di Gojek

Cara Jualan Makanan di Gojek
Berjualan Makanan di Gojek

Berjualan Makanan di Gojek Mudah

Jika semua dokumen yang dibutuhkan di atas sudah dilengkapi, kini saatnya Kamu mulai mendaftar cara berjualan makanan di Gojek. Ada beberapa tahapan proses yang harus Kamu lewati untuk mendaftar usaha kulinermu di Gojek, berikut ini :

1. Daftarkan Usaha Kulinermu ke Gojek

Langkah yang harus dilakukan pertama kali dalam cara jualan makanan di Gojek ialah daftarkan warung makan atau restoranmu ke Gojek lewat aplika GoBiz. Silahkan persiapkan berkas yang harus Kamu lengkapi seperti berkas-berkas di atas.

Jika semua berkas sudah dilengkapi, Kamu bisa melanjutkan ke tahap pendaftara berikutnya dengan mengikuti instruksi yang sudah disediakan.

2. Menentukan Harga Jual Produk

Jika aplika GoBiz sudah siap digunakan, sebelum Kamu menginputkan produk minuman atau makanan yang Kamu punya. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu harga jualnya. Adapun dalam menentukan harga tersebut, Kamu harus sudah mematok harga jual di warung makan atau outlet-mu terlebih dahulu. Ini nantinya dipakai sebagai harga pokoknya.

Misalhnya saja, ada makanan yang biasa Kamu jual di restomu dengan harga sekitar Rp. 10 ribu. Jadi harga yang bisaKamu tetapkan di GoFood, harus ditambahkan dengan 25%, yaitu 25% + harga jual toko.

Terkait:  Cara Jualan di Marketplace Facebook

Sehingga total harga akhir yang dapat Kamu masukkan di aplikai Gobiz, selanjutnya yaitu 25% + Rp. 10 ribu, menjadi Rp. 12.500. Ini perlu Kamu lakukan agar Kamu tidak merugi. Sebab sistem bagi hasil dari GoFood sendiri biasanya mengacu terhadap persentase perbandingan dengan rasio 80 : 20.

3. Posting Produk Minuman/Makanan

Langkah cara jualan makanan di Gojek berikutnya, jika Kamu sudah menentukan harga jualnya. Maka Kamu tinggal menginputkan daftar produk atau menu makanan yang dipasarkan di GoFood. Berikut caranya :

  • Silahkan buka aplikas GoBiz.
  • Pilih opsi “Fitur Lainnya”.
  • Tekan “Menu”, lalu pilih kategori “menambahkan menu”.
  • Lanjutkan dengan “Tambah Menu” , pilihan ini terletak di bagian kanan bawah.
  • Inputkan nama produk minuman/makanan, foto, maupun detail lainnya.
  • Dari sini, Kamu tinggal menggeser switch untuk “Aktifkan” di aplikas GoFood.
  • Jika sudah sesuai, ketuk “Simpan”.

4. Terima Pesanan Masuk

Jika Kamu sudah menyelesaikan proses menginputkan list menu makanan yang Kamu punya ke aplika GoBiz. Langkah selanjutnya tinggal tunggu saja ada pesanan masuk. Ketika ada pesanan masuk dari konsumen yang membeli salah satu menu kulinermu. Kamu bisa langsung menerima pesanan tersebut.

Berikut cara terima pesanan dari pelanggan di GoFood :

  • Masuk ke aplikas Gobiz, lalu ke halaman pemberitahuan pesanan masuk.
  • Pilih opsi “Lihat” pada bagian pesanan tersebut.
  • Ketuk pesanan untuk mengecek rincian pesanan secara detail.
  • Dari sini Gobiz akan langsung mencari driver, jika sudah ada driver, silahkan persiapkan orderan pelanggan.
  • Setelah itu, ketuk “Tandai Pesanan Sudah Siap”.
  • Ketika driver Gojek tiba di restoran atau outletmu, sesuaikan nama driver dan rincian pesanan terlebih dahulu.
  • Jika sudah, silahkan tampilkan 4 digit PIN orderan ke mitra Gojek Driver.
  • Dari sini driver langsung mengirimkan pesanan ke alamat pelanggan.
Terkait:  Cara Jualan Album KPop

Tips Agar Jualan Makanan di Gojek Laris

Setelah mengetahui alur cara jualan makanan di Gojek di atas, melalui aplika GoBiz. Bagaimana, sudah paham? Jika sudah, Kamu tinggal memaksimalkan penjualan di aplikas Gojek agar mendapatka omet melimpah. Berikut beberapa tips agar jualan makanan di Gojek laris :

1. Perhatikan Kualitas Rasa

Jika Kamu ingin usaha kulinermu laris diburu pembeli, maka harus tetap mengandalkan kualitas rasa setiap menu makanan/minuman yang ditawarkan. Kamu harus pahami bahwa setiap orang memiliki selera yang berbeda.

2. Tentukan Target Pasar

Sama seperti bisnis pada umumnya, seperti cara jualan di Facebook umpanya, maka tetap pastikan target pasarmu. Pastikan jika menu makanan/minuman yang Kamu tawarkan sesuai target market, entah itu di kalangan atasmaupun menengah. Sehingga Kamu dapat menentukan harga jual dengan tepat.

3. Ikuti Tren

Trik cara jualan makanan di Gojek agar laris berikutnya ialah selalu update tren kuliner saat ini. Tren kuliner tersebut bisa dilihat di aplikasi GoBiz. Misalnya saja, apabila tren kuliner saat ini lebih unggul ke menu makanan ayam, Kamu dapat menambahkan menu kuliner baru dengan pilihan makanan berbahan dasar daging ayam yang berkualitas terbaik.

4. Manfaatkan Fitur Baru GoFood

Gojek selalu menawarkan beberapa fitur baru lewat layanan GoFood. Oleh karena itu, cara jualan makanan di Gojek agar laris Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk memikat calon konsumen.

Cara jualan makanan di Gojek paling utama agar laris diburu pelanggan ialah pastikan Kamu memakai foto dan deskripsi yang mampu menggugah selera para konsumen. Ini adalah trik yang paling efektif sama halnya dengan penggunaan konsep copywriting.

 

 

Related posts