Cara Iklan di Instagram

Instagram selain sebagai platform media sosial untuk berbagi video dan foto, juga dapat dijadikan sebagai media iklan yang efektif. Hal ini mengingat sudah banyak pengguna yang sukses menjual produknya dengan mempromosikannya di Instagram. Jangan sampai Kamu melewatkan tutorial cara iklan di Instagram ya!

Ya, ada banyak keuntungan memasang iklan dengan cara online dibandingkan offline. Diantaranya selain lebih terjangkau, prosesnya sangat praktis dan mudah, serta dapat menjangkau audiens lebih banyak. Adapun salah satu platform yang tepat untuk beriklan yaitu Instagram. Dimana media sosial yang satu ini menawarkan banyak kelebihan bagi para pelaku usaha.

Sekilas Tentang Instagram Ads

Ketika memasang iklan di Instagram, maka Kamu akan berhadapan dengan Instagram Ads. Dimana Instagram Ads ini merupakan sebuah platform iklan di Instagram, yang memungkinkanmu bisa membuat iklan pada Insta Story dan Feed IG. Jika Kamu sebelumnya pernah beriklan di Facebook Ads melalui cara iklan di Facebook, tentu saja beriklan di Instagram pun akan lebih mudah. Sebab antara Facebook dan Instagram kini sudah menjadi satu atau saling terkait satu sama lain. Dengan kata lain, cara membuat Instagram Ads sendiri tak jauh berbeda dari pembuatan Facebook Ads.

Manfaat Memakai Instagram Ads

Di bawah ini ada beberapa macam manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika beriklan memakai Instagram Ads, diantaranya :

Terkait:  Cara Copy Link Shopee

1. Mendapatkan Informasi Mengenai Pengguna IG Lebih Spesifik

Saat Kamu beriklan dalam layanan Instagram Ads, maka Kamu akan mendapatkan data atau informasi mengenai pengguna IG secara spesifik. Diantaranya tentang usia, lokasi pengguna, jenis kelamin dan berbagai kebiasaan.

Data-data tersebut, sangat mudah didapatkan melalui fitur bernama ‘insight’, terutama sesudah Kamu melakukan registrasi akun IG biasa ke dalam akun IG bisnis. Selain itu, fitur tersebut juga akan memudahanmu melakukan penyusunan strategi marketing sekaligus sistem penjualan dengan lebih efektif.

2. Ada Beberapa Jenis Format Iklan

Instagram menawarkan 3 macam format iklan, diantaranya format iklan melalui gambar, video hingga memakai beberapa gambar pada satu postingan. Melalui berbagai macam pilihan format tersebut, maka secara tak langsung para pengguna lebih tertarik memakai produk maupun jasa yang ditawarkan. Selain itu, membuat calon konsumen atau pengunjung bisa memberikan like, komentar hingga mengikuti akun IG Kamu.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat yang bisa Kamu dapatkan saat memakai Instagram Ads ialah dapat meningkatkan brand awareness. Dimana brand awareness inilah yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli serta membuat konsumen lebih loyal serta ingin terus berbagi jasa maupun produk yang Kamu jual. Dengan begitu, bisa memudahkanmu untuk mendapatkan calon konsumen lebih banyak.

4. Bisa Mengarahkan Audiens Mengunjungi Web Kamu

Instagram Ads juga memungkinkan Kamu dapat mengarahkan audiens untuk mengunjungi web milikmu. Hal ini dikarenakan di platform IG, Kamu bisa menginputkan link web yang Kamu miliki di IG. Dengan kata lain, konsumen tak hanya melihat iklan yang Kamu buat saja. Tetapi juga mereka bisa mengunjungi sekaligus melihat website bisnis Kamu. Sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung di web.

Cara Iklan di Instagram

Cara Iklan di Instagram
Memasang Iklan di Instagram Ads

Tutorial Beriklan di Instagram Ads

Jika Kamu tertarik menggunakan Instagram Ads untuk memasang iklan dan meningkatkan penjualan, maka Kamu bisa mencoba cara iklan di Instagram berikut ini :

Terkait:  Cara Membuka Arsip di Instagram

1. Masuk dan Buka Ads Manager Facebook

Langkah pertama, silahkan masuk kemudian buka Ads Manager Facebook di link ini, kemudian masuk memakai akun yang terhubung pada Instagram milikmu.

2. Mengatur Tujuan Beriklan

Menariknya cara iklan di Instagram Ads ialah Kamu dapat menetapkan tujuan beriklan secara spesifik. Opsi tersebut memungkinkan iklan yang dipromosikan lebih tepat. Selain itu, setiap tujuan beriklan mempunyai pengaturan yang berbeda.Berikut beberapa opsi tujuan beriklan, diantaranya :

  • Reach, jika ingin iklanmu dilihat oleh lebih banyak orang, sebaiknya pilih tujuan ini. Pada opsi ini, Kamu pun dapat menggunakan fitur split testing dari Facebook melihat mana iklan yang efektif.
  • Brand awareness, ini merupakan tujuan yang paling umum. Seluruh pekerjaan biasanya langsung dilakukan algoritma Instagram.
  • Traffic, jika Kamu menginginkan supaya orang membuka laman atau web tertentu, maka tujuan yang satu inilah jawabannya. Hanya perlu memilih yang sesuai, lalu inputkan URL-nya, dan siap-siap kedatangan banyak pengunjung di web Kamu.
  • App Installs, ini adalah tujuan yang jelas, yakni meningkatkan jumlah pengunduh aplikasi. Pada pengaturan, cukup pilih aplikasi yang tersedia di toko aplikasi.
  • Video views, memiliki hasil akhir untuk meningkatkan jumlah video yang ditayangkan. Kamu tak perlu tambahan pengaturan untuk melakukannya.
  • Engagement, Fungsi ini terdiri atas jumlah share, likes maupun yang lainnya. Kamu kini tinggal memakai opsi tersebut untuk menambah engagement pada setiap postingan.
  • Conversion, ini adalah pilihan yang mendorong konversi aksi, entah itu pada toko aplikasi maupun pada website. Kamu hanya perlu melakukan pengaturan hal-hal yang akan dipromosikan agar tingkat konversinya dapat dilakukan pelacakan.

3. Mengatur Audiens ke Dalam Target

Cara iklan di Instagram selanjutnya, setelah mengatur tujuan untuk beriklan, Kamu tinggal akses menu berikutnya, yakni target audience. Jika Kamu sudah mengaksesnya, maka iklan dipastikan terpasang di akun yang tepat. Melalui dukungan sistem Facebook, maka penargetan pada Instagram Ads memiliki tingkat presisi tinggi. Ada beberapa pengaturan yang bisa dilakukan pada tahapan ini, diantaranya :

  • Usia, Kamu bisa menjadikan target market untuk audiens berusia dari 13 hingga 65 tahun ke atas.
  • Lokasi, lokasi audiens yang ditargetkan bisa disesuaikan dengan negara, kode pos, kota dan wilayah. Selain itu,Kamu juga dapat memprioritaskan hanya untuk lokasi tertentu.
  • Demografi, terletak pada opsi Detailed Targeting. Disini terdapat pilihan lengkap, dari kelas ekonomi, tingkat pendidikan, negara tertentu dan status hubungan.
  • Minat, poin ini juga terdapat pada opsi Detailed Targeting. Kamu dapat melakukan pengaturan minat secara spesifik, seperti buku fantasi, film horror, dan lain sebagainya.
  • Connection, Kamu dapat melakukan penargetan kepada pengguna Instagram yang terhubung pada aplikasi, halaman dan aktivitas tertentu.
  • Perilaku, biasanya terletak di Detailed Targetting, adapun yang mencakup perilaku ialah posisi pekerjaan, perilaku belanja dan lain sebagainya.
  • Custom Audience, Kamu dapat mengupload daftar kontak, agar sasarannya menjadi lebih jelas.
Terkait:  Cara Membagikan Postingan Story Instagram

Jika Kamu telah menarget audiens dengan benar, Facebook nantinya langsung memberikan gambaran. Apakah sudah spesifik atau justru terlalu luas. Dimana hal tersebut penting diperhatikan supaya budget iklanmu menjadi tak terbuang.

4. Mengatur Lokasi Untuk Menempatkan Iklan

Cara iklan di Instagram berikutnya, Kamu tinggal menentukan lokasi untuk penayangan iklan. Mengingat Kamu ingin memasang iklan tersebut di Instagram, Kamu pun harus mengaturnya supaya iklanmu hanya tayang di IG. Jika tidak diatur, maka iklanmu bisa-bisa tampil di Facebook maupun Instagram sekaligus. Oleh sebab itu, Kamu bisa mengklik ‘Edit Placements’ untuk mengubah penempatan.

5. Mengatur Budget

Cara iklan di Instagram terakhir yaitu tinggal melakukan pengaturan budget. Pada media periklanan digital, biasanya Kamu akan leluasa menentukan besaran biaya untuk memasang iklan. Dari yang budgetnya minimal hingga maksimal, dan semuanya dapat diakomodasi.

6. Mulai Buat Iklan

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, akhirnya Kamu pun bisa membuat iklan langsung. Dimana tampilan pada poin ini sebenarnya bisa saja berbeda, umumnya tergantung pada tujuan iklanmu.

Oke, itulah beberapa langkah cara iklan di Instagram yang dapat Kamu coba untuk meningkatkan trafik pengunjung yang berakhir pada tingginya tingkat penjualan.

 

Related posts