Cara Hubungi PLN

Saat terjadi mati lampu tiba-tiba, tentu aktivitas pekerjaan menjadi terhambat. Pada saat itu pula, kita bisa menghubungi layanan PLN. Entah itu, untuk menjelaskan terkait keluhan atau hal-hal terkait pemadaman PLN. Cara hubungi PLN bisa dilakukan dengan berbagai macam metode yang dapat dipilih dengan mudah.

Tentang PLN

PT. Perusahaan Listrik Negara Tbk alias PLN, adalah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menyediakan sekaligus mendistribusikan jaringan listrik di berbagai kawasan di Indonesia. Untuk memudahkan sekaligus memanjakan pelanggannya, PLN berinovasi dalam hal pelayanan untuk para pelanggannya. Inovasi tersebut salah satunya ialah dengan mengurangi layanan PLN pasca bayar dengan beralih menjadi layanan listrik pintar prabayar memakai token pulsa.

Selain itu, untuk mempermudah setiap pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan atau ingin mendapatkan informasi terkait layanan PLN, Kamu sudah bisa menghubungi layanan Call Center. Dimana, layanan Call Center PLN tersebut selalu siap melayani setiap pelanggannya selama 24 jam.

Mengingat jangkauannya yang begitu luas dan banyak, sudah pasti ditemui beberapa kendala. Misalnya kondisi yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik atau listrik yang mati. Nah, ketika kendala seperti ini terjadi, setiap pengguna PLN akan langsung menghubungi layanan PLN untuk mengadukan laporan. Lantas, bagaimana cara hubungi PLN?

Terkait:  Cara Cek Listrik Token

Cara Hubungi PLN

Cara Hubungi PLN
Cara Menghubungi Layanan Keluhan PLN

Tutorial Hubungi PLN

Jika Kamu ingin menghubungi PLN, baik untuk informasi terkait PLN maupun untuk menyampaikan keluhan, maka Kamu bisa mencoba cara hubungi PLN. Di bawah ini, ada beberapa pilihan cara untuk menghubungi layanan PLN. Jika Kamu ingin mengajukan keluhan terkait pemadaman listrik atau lainnya, berikut tutorial untuk menghubungi layanan Call Center PLN :

1. Menghubungi PLN di Nomor Layanan 123 Melalui Telepon Rumah

Untuk pelayanan yang responsif, Kamu bisa menghubungi layanan CS PLN melalui telepon. Seperti, jika mati lampu secara tiba-tiba atau terjadinya gangguan. Jika ingin menghubungi layanan Call Center PLN nomor 123, Kamu bisa memakai telepon rumah. Cara hubungi PLN ini bisa lebih menghemat biaya.

Silahkan tekan nomor 123 lewat telepon rumahmu, kemudian sampaikan keluhan atau pengaduan dengan sopan dan jelas.

2. Menghubungi PLN Melalui Nomor Hp

Jika Kamu tidak mempunyai telepon rumah, maka Kamu bisa menelpon layanan 123 memakai nomor hp. Adapun caranya yaitu ketik kode area, kemudian tekan 123. Misalnya saja, Kamu ada di kota Bandung, maka ketikkan : 022123.

Dimana, 022 sendiri merupakan kode area untuk telepon Bandung, sedangkan 123 merupakan nomor layanan Call Center PLN 24 jam.

Bagi Kamu yang tinggal di area Bogor, Jakarta, Jogja, Semarang dan lainnya, bisa memakai kode area wilayah setempat. Selanjutnya baru tunggu terhubung ke layanan CS PLN.

Jika sudah,Kamu bisa menyampaikan gangguan PLN yang terjadi, seperti meteran di rumjah yang selalu turun, meskipun penggunaannya wajar. Selain itu, jika ingin menghemat pulsa, maka pakai kartu Simpati atau AS, selanjutnya beli paket untuk nelpon rumah. Kamu bisa menelpon ke nomor 123 sekitar 10 menitan hanya dengan tarif Rp. 2.500 saja. Pakai operator yang lain, maka harganya beda lagi.

Terkait:  Cara Input Token Listrik

3. Menghubungi Layanan PLN Melalui Internet

Cara hubungi PLN selanjutnya yaitu Kamu bisa melakukan chatting ke layanan PLN lewat opsi Virtual Assistant PLN. Caranya tinggal buka web resmi dari PLN, kemudian pilih layanan Virtual Assistant PLN. Ketuk ikon chat atau pesan. Jika sudah, isi data sesuai permintaan berupa nama dan lainnya. Selanjutnya tekan start chatting, lalu cari atas keluhan dan pengaduanmu melalui Virtual Assistant PLN.

4. Menghubungi Layanan PLN Melalui Email di [email protected]

Kamu juga bisa mencoba alternatif cara hubungi PLN lain lewat layanan email di [email protected] Kamu bisa menjelaskan kronologis pengaduan di badan email, isi subjek dengan menuliskan ‘Pengaduan’ (Tanpa tanda petik). Cara ini juga tak kalah responsif, karena biasanya pihak teknisi PLN langsung datang untuk menindaklanjuti pengaduan pelanggan.

5. Menghubungi Layanan PLN Melalui Facebook

Cara hubungi PLN berikutnya yaitu Kamu dapat mengirimkan keluhan atau pengaduan gangguan listrik ke PLN lewat media sosial Facebook, dengan nama ‘PLN 123’. Adapun caranya sangat mudah, Kamu cukup mengirimkan message atau pesan saja ke Facebook PLN 123 dan jangan menuliskan di kolom komentar. Silahkan melampirkan beberapa bukti untuk melengkapi proses pengaduan, agar bisa diproses selanjutnya. Kamu tinggal menunggu sampai pengaduan direspon.

6. Hubungi PLN Online Melalui Instagram

Kamu juga bisa menggunakan media sosial lainnya yang disediakan oleh PLN, seperti Instagram. Biasanya PLN juga melayani pengaduan melalui Instagram. Caranya tinggal kirim pesan pribadi atau DM ke dalam akun IG PLN di alamat : pln123_official. Silahkan sampaikan keluhan atau pengaduan dengan rinci, beserta kronologi kejadiannya untuk membantumu.

7. Menghubungi Layanan PLN Melalui Twitter

Jika Kamu mempunyai akun Twitter, maka Kamu juga dapat menyampaikan keluhan serta gangguan ke akun Twitter PLN. Adapun caranya yaitu cukup mention ke akun Twitter PLN di alamat @pln_123. Silahkan sampaikan memakai bahasa yang dapat dimengerti dan sopan. Jika sudah, Kamu hanya perlu menunggu respon dari Customer Service PLN atau CS. Namun jika Kamu yang menginginkan privasi, sebaiknya jangan memakai cara ini.

Terkait:  Cara Beli Token Listrik di Shopee

Diantara cara hubungi PLN di atas, disarankan Kamu menggunakan layanan Call Center dan email, karena kedua layanan ini biasanya memiliki tingkat responsif tinggi. Jadi, semua keluhanmu akan langsung disampaikan dan mendapat tindak lanjut dengan cepat.

Bonus :

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Pelanggan PLN?

Bagi Kamu yang menggunakan PLN prabayar ataupun PLN pascabayar yang ingin membeli token atau membayar tagihan, maka Kamu harus mengetahui IDPEL masing-masing. Jika Kamu baru pertama kali, untuk mengetahui IDPEL sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Cek IDPEL PLN di Meteran PLN

Cara pertama untuk mengetahui IDPEL PLN yaitu dengan melihatnya di meteran PLN secara langsung. Nah, biasanya IDPEL tersebut letaknya berdekatan dengan kode barcode dari meteran PLN yang terdiri dari 11-12 digit angka. Ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui IDPEL saat hendak membayar tagihan listrik atau membeli token listrik.

2. Melalui Struk Pembayaran PLN

Jika Kamu sebelumnya sudah melakukan pembayaran tagihan atau pembelian token PLN, Kamu bisa melihat IDPEL PLN dengan mengecek struk pembayaran bulan kemarin. Karena biasanya di dalam struk pembayaran terdapat nomor pelanggan. Silahkan cari struk bukti pembayaran listrik PLN, kemudian Kamu bisa mencari ID pelanggan pada deretan yang paling atas pada struk pembayaran.

Jika sudah ketemu, Kamubisa menemukan no meter yang menyatakan nomor IDPEL milikmu.

3. Melalui Struk Pembayaran ATM

Bagaimana jika sebelumnya melakukan pembayaran lewat ATM? Jangan khawatir, karena nomor IDPEL PLN juga tertera pada struk pembayaran ATM. Silahkan cari dulu struk pembayaran di ATM yang Kamu pakai untuk membayar tagihan PLN. Jika sudah, Kamu tinggal menemukan nomor IDPEL (ID pelanggan) yang letaknya ada ditengah-tengah resi pembayaran tersebut. Bagaimana, mudah bukan?

Oke, itulah bonus cara mengetahui ID pelanggan yang sering dilupakan oleh pelanggan PLN, karena IDPEL ini sering digunakan untuk membayar tagihan PLN.

Demikianlah ulasan tentang cara hubungi PLN untuk mengajukan pengaduan terkait layanan PLN. Semoga bermanfaat!

 

Related posts