Cara Edit PDF

PDF atau singkatan dari Portable Document Format ini, dapat kalian manfaatkan untuk save tulisan atau teks sampai dengan gambar sekalipun. Pengguna bisa membukanya melalui lebih dari satu model sistem operasi. Artinya, bisa dijalankan dalam OS apapun. File tersebut juga bisa dengan mudah, kamu bagikan ke siapapun. Yuk cari tahu, cara edit PDF selengkapnya!

Tetapi sebelum itu, akan diulas sedikit sejarah dibalik perkembangan dari PDF tersebut. Hal ini, bermula pada awal tahun 90-an silam. Demi merealisasikan impian nuansa perkantoran bebas kertas berkelanjutan, mulailah dikembangkan beberapa soft file. Mulai dari Adobe. Ya, dimana hasil dokumen yang tersimpan akan muncul sebagai format PDF. Permudah dicetak.

Cetak file lebih praktis, karena format satu ini bisa dibilang bersifat permanen. Kalian tidak perlu khawatir, hasil edit akan berubah ketika dibuka melalui OS yang berbeda. Beda dengan MS.Word. Terkadang, kamu perlu menyesuaikan format penyimpanannya agar filenya tetap. Terlebih, PDF juga didukung dengan berbagai macam elemen. Vector seperti chart juga bisa.

Cara Edit PDF

Cara Edit PDF
Cara Edit PDF

Cara Edit PDF di HP

Kepopuleran dari format PDF, membuatnya ditetapkan sebagai salah satu format standarisasi bagi beberapa perusahaan. Entah itu dalam atau luar negeri. Bahkan, tanpa kalian sadari kalau file yang disimpan dalam PDF sudah dibagikan hingga miliaran dokumen setiap harinya. Hal ini, tentu menjadi alasan kuat mengapa banyak sekali orang yang menggunakan Adobe.

Cara edit PDF di hp menggunakan bantuan dari aplikasi editor. Beberapa aplikasi PDF lain, biasanya hanya menyediakan fitur untuk membaca dokumennya saja. Tidak sampai ke tahap sunting file yang telah didapatkan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu nama dari apk. yang sediakan kebutuhan editing melalui ponsel. Langsung saja, kalian simak penjelasan berikut:

  1. Download dan install aplikasi Xodo PDF Editor via Google Play Store
  2. Lanjutkan dengan membuka aplikasinya, apabila sudah berhasil terpasang di hp
  3. Cari dan temukan file PDF yang akan kalian sunting (edit)
  4. Lakukan editing file sesuai keinginan kalian
  5. Bila sudah selesai edit atau sunting dokumen, kamu bisa langsung simpan hasilnya ke dalam format PDF
  6. Simpan dengan nama file yang berbeda dari sebelum di-edit
  7. Terakhir, kalian bisa langsung pilih tempat penyimpanan file pada gallery di hp
Terkait:  Cara Cek RAM Hp Xiaomi

Sayangnya, terkadang seringkali pengguna kesulitan untuk lakukan proses sunting file PDF. Contohnya, dokumen hanya bisa kalian lihat atau read only. Kalau terjadi hal seperti itu, bisa disiasati dengan simpan ulang copy file dari dokumen yang asli. Lalu, coba edit kembali.

Layanan sunting PDF,  juga tersedia dalam banyak cara lainnya. Terlebih, semua metode bisa kalian dapatkan secara gratis. Kurang lebih, dari beberapa aplikasi selain Xodo PDF Editor. Kamu bisa temukan aplikasi serupa dengan langkah-langkah pengerjaan yang kurang lebih hampir sama. Berikut adalah beberapa apk pendukung untuk edit Portable Document Format:

1. PDF Pro: Edit, Sign & Fill

Aplikasi rekomendasi lain yang berada di posisi pertama, tidak lain adalah PDF Pro. Software ini, merupakan hasil perkembangan oleh PDF Office Lab. Rilis pertama kali pada tanggal 13 November, 2019. Hingga kini, sudah mendapatkan jumlah pengunduh mencapai 5M+. Versi terbarunya, yaitu 6.9.1. Akan tetapi, banyak user yang kecewa dengan model terbarunya.

Versi 6.7.1 dianggap masih memberikan performa yang jauh lebih baik. Padahal, aplikasi ini terdapat iklan. Artinya, kalau kamu ingin memiliki akses tanpa batas harus bayar sejumlah uang untuk bisa masuk sebagai akun premium. Biayanya sendiri, ditentukan mulai dari angka Rp 16.251,- sampai dengan Rp 2.145.877,- per item. Kalian bisa merge, extract, & compress.

2. Adobe Acrobat Reader: Edit

Berdsarkan voting alat populer yang ada di Google Play Store. Adobe Acobat ini menempati posisi ke 6 untuk kategori produktivitas paling menguntungkan. Dikembangkan oleh Adobe. Rilis di tanggal 24 Mei, 2010. Aplikasi ini, membutuhkan ruang memori sebesar 49.80 MB. Cocok digunakan untuk OS android 7.0 ke atas. Bisa gratis dan berbayar juga. Fitur lengkap.

Terkait:  Cara Cek Garansi Samsung

Tawaran yang diberikan oleh pihak Adobe, apabila kalian sudah update aplikasinya ke versi terbaru di 22.4.0.22039 pada tanggal 4 bulan Mei 2022, semua pasti aman. Ya, mulai dari segala problematika yang sempat kamu rasakan di versi lama akan terselesaikan di tipe baru. Pengalaman operasikan apk jadi jauh lebih menyenangkan.  Performa oke, stabilitas terjaga.

3. WPS Office-PDF, Word, Excel, PPT

Software satu ini, menempati ranking 1 dalam kategori produktivitas gratis versi Google Play Store. Dilengkapi dengan fitur menjaga keamanan data pengguna, serta cocok untuk jenis file yang berasal dari MS. Word, Excel dan PPT. Semuanya, dapat kalian atur dalam satu aplikasi saja! Support perangkat, dengan OS Android 5.0 ke atas. Offered by, WPS Software Pte.Ltd.

Penawaran harga per item, dimulai dari Rp 3.999.- hingga Rp 5.500.000,-. Rilis di tanggal 21 Juli, 2011. Terakhir update, pada 23 Mei, 2022. Versi terbarunya adalah 16.3. Terdapat cloud storage, yang dapat kalian gunakan sebagai tempat penyimpanan online secara real time. Ini, bisa juga disimpan ke pihak lain, seperti Google Drive, OneDrive, Evernote, serta Dropbox.

4. Smallpdf: Scanner & Editor

Smallpdf, termasuk aplikasi yang menawarkan pembayaran kepada penggunanya. Tersedia di website juga. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp 169.000,- sampai dengan Rp 1.540.979,- per item. Aplikasi yang rilis di tanggal 6 Januari, 2020 tersebut, dapat diikuti juga dengan media sosial. Terhubung langsung ke Linkedln, Youtube, Instagram, Twitter, dll.

Pengguna dapat menemukan berbagai kebutuhan dalam pengoperasian file dalam format PDF. Mulai dari Compress, Convert  ke Word, Convert JPG ke PDF, Edit, Rotate, hapus halaman, gabungkan beberapa halaman, e-Sign atau menambahkan tandatangan, buat pindaian, lihat & baca dokumen, dll. Bisa tanya ke email Smallpdf, bila terjadi masalah. Bugs dan stabilitas ok.

Terkait:  Cara Cek Porsi Haji

5. Adobe Fill & Sign: Easy Doc & Form Filler

Menariknya dari aplikasi ini, kalian dapat secara langsung bagikan file PDF ke daftar kontak di hp untuk mereka tandatangani. Meningkatkan produktivitas dalam urusan pekerjaan. Kamu, bisa pindai form menggunakan kamera hp. Tersedia fitur tambahan Autofill untuk percepat pengisian form via ponsel. Pastikan saat operasional berlangsung, device connect to internet.

Rilis pada tanggal 20 Maret, 2015, membuatnya tetap diminati oleh masyarakat. Soalnya, ini gratis! Aplikasi tersebut sudah diunduh hingga lebih dari 10M+ pengguna. Kapasitas storage yang dibutuhkan kurang lebih 50.81 MB. Versi terbarunya adlah 1.9.0-regular. Cocok untuk jenis OS Android 7.0 ke atas. Dikembangkan oleh Adobe.

Cara Edit PDF di Laptop

Berikut ini merupakan cara sunting PDF melalui perangkat laptop. Selengkapnya, simak di bawah ini:

  1. Masuk ke file PDF melalui Adobe Acrobat
  2. Klik kanan pada mouse atau trackpad
  3. Klik opsi “Open With”
  4. Lanjutkan dengan memilih “Adobe Acrobat”
  5. Pilih “Tools”
  6. Klik pilihan “Edit PDF”
  7. Masuk ke toolbar untuk lakukan cara edit PDF di laptop.

Sekian penjelasan mengenai cara edit PDF di kesempatan kali ini. See you on the next awesome topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts