Cara Cek Pengiriman Shopee

Shopee adalah salah satu ecommerce ternama yang ada di Indonesia. Meskipun terbilang baru, namun marketplace ini sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Maka wajar jika Shopee bekerja sama dengan banyak pilihan jasa ekspedisi untuk pengiriman produk yang dipesan oleh para pelanggan mereka. Lalu, bagaimana sebenarnya cara cek pengiriman Shopee?

Untuk cek pengiriman di Shopee, diperlukan nomor resi pengiriman. Nomor resi ini penting diketahui dan dijadikan sebagai kode untuk melacak proses pengiriman produk dari seller ke pembeli. Selain itu, Kamu dapat mengecek resi pengiriman Shopee, baik lewat aplikasi maupun website.

Nomor resi pengiriman dimasukkan pihak seller di aplikasi Shopee, lalu beberapa saat kemudian bisa dilihat langsung oleh pembeli. Jika penjual tidak menginputkan nomor resi pengiriman di Shopee selama jangka waktu yang telah ditetapkan, maka otomatis transaksi dianggap batal oleh Shopee.

Cara Cek Pengiriman Shopee

Cara Cek Pengiriman Shopee
Mengecek Pengiriman Shopee

Mengecek Resi Pengiriman Shopee, Apa Keuntungannya?

Bagi yang baru kali pertama berbelanja di aplikasi Shopee, tentu Kamu masih bingung cara cek pengiriman Shopee dan mengetahui resi Shopee ketika Kamu sudah melakukan pembayaran dan checkout.

Sebelum lanjut ke cara cek pengiriman Shopee, simak beberapa alasan kenapa Kamu harus mengecek resi pengiriman di Shopee berikut ini!

1. Dapat Melacak Pengiriman Produk/Barang

Dengan mengecek resi pengiriman yang telah diinputkan oleh seller atau penjual, maka Kamu bisa mengetahui produk atau barang yang dipesan di Shopee sudah sampai mana. Sehingga Kamu bisa terus mengecek perkembangan tracking barang tersebut.

2. Dapat Mengestimasi Waktu Tiba Barang Shopee

Mengecek pengiriman Shopee juga bisa membuatmu mampu mengestimasi waktu barang Shopee tersebut tiba. Jadi, Kamu bisa memperkirakan kapan produk atau barang sampai di tempatmu.

3. Bisa Mengecek Adanya Tindak Penipuan Seller di Shopee

Dengan melacak resi pengiriman Shopee, Kamu juga bisa mendeteksi dengan mudah adanya tindak kecurangan dari seller di Shopee. Meskipun Kamu membelinya di star seller sekalipun, tetap tak menutup kemungkinan untuk tertipu.

Maka dari itu, penting sekali bagi Kamu yang ingin mengetahui cara pengecekan resi pengiriman Shopee. Jika Kamu memang mendeteksi penipuan atau kecurangan yang dilakukan seller Shopee, maka Kamu dapat dengan mudah melakukan pengembalian dana lewat fitur yang sudah tersedia di Shopee.

Mengecek Pengiriman Shopee Melalui Aplikasi Shopee

Mengecek pengiriman Shopee paling mudah dan cepat ialah dengan langsung mengakses aplikasi Shopee. Cara cek pengiriman Shopee di aplikasinya memang sangat mudah, berikut ulasannya :

1. Masuk ke Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah dengan masuk ke aplikasi Shopee terlebih dahulu di Hpmu. Cara ini untuk mengecek apakah seller sudah memasukkan nomor resi pengiriman paketmu ataukah belum.

2. Cek di “Menu Saya”

Jika sudah masuk ke aplikasi Shopee, di beranda Kamu bisa memillih opsi “Menu Saya” tepat di pojok sebelah kanan bawah.

3. Pilih Menu “Dikirim”

Untuk mengecek pesanan baru yang dikirimkan seller Shopee, maka Kamu harus memilih opsi “Dikirim” di beranda Shopee tepatnya di bagian “Pesanan Saya”.

4. Cek Rincian Orderan di Shopee

Setelah itu, akan muncul daftar produk pesananmu di Shopee. Silahkan lanjutkan dengan memilih “Produk” untuk mengecek rincian orderan produk di Shopee yanG Kamu pesan.

5. Mengecek Resi Pengiriman Shopee

Dalam rincian pesanan di aplikasi Shopee, Kamu bisa mengecek resi pengiriman dengan melihat update-an kiriman orderanmu dari seller. Jika paket sudah dikirimkan seller, biasanya selang 1 hari atau keesokan harinya Kamu bisa melihat nomor resi jasa ekspedisi yang Kamu pilih dan telah diinput seller. Selain itu, Kamu juga akan melihat tulisan “Lacak”. Nah, opsi inilah yang bisa Kamu klik untuk melacak orderan barangmu di Shopee.

Dari tahapan-tahapan di atas, kini Kamu sudah mengetahui tracking orderan produk yang diantarkan oleh jasa ekspedisi pilihanmu. Shopee sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa pilihan jasa ekspedisi, seperti Pos Kilat, SiCepat, Standard Express, J&T, JNE dan lain sebagainya.

Melacak Pengiriman Shopee via Website Resmi

Sama seperti cara cek pengiriman Lazada, selain bisa melacak resi pengiriman dari aplikasinya langsung, Kamu juga dapat mengecek resi pengiriman di situs resmi jasa ekspedisi yang Kamu pilih. Berikut ulasannya :

1. Lacak Pengiriman Shopee Menggunakan J&T

Untuk melacak pengiriman Shopee lewat jasa ekspedisi J&T, Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan copy atau salin nomor bukti pengirian di Shopee.
  • Jika sudah berhasil, silahkan keluar lalu kunjungi web resmi dari jasa ekspedisi J&T.
  • Klik link situs resmi JNT di sini!
  • Jika sudah menemukan beranda web J&T, silahkan isi data nomor resi di pilihan “Trace & Track J&T”.
  • Setelah itu, tempelkan atau paste nomor resi pengiriman yang sudah disalin di kolom yang telah tersedia, lalu klik “track”.

Selesai, kini Kamu pun sudah bisa mendapatkan detail rincian pengiriman pesanan barang Shopee yang Kamu beli.

2. Lacak Pengiriman Standar Express Shopee

Nah, jika Kamu gemar mencari barang-barang luar Negeri, dengan membeli barang atau produk import dari negara China di Shopee, maka jasa pengiriman yang akan digunakan biasanya ialah memakai Standar Express.

Maka dari itu, biasanya lamanya produk Shopee tiba dan adanya hambatan pengiriman tak dapat langsung dilacak lewat aplikasi Shopee. Meskipun Kamu bisa melakukan tracking orderan memakai jasa ekspedisi Standard Express di Shopee.

Namun untuk mengetahui detail kiriman barang yang Kamu pesan, tentu saja harus mengikuti cara cek pengiriman Shopee langsung dari web resmi Standard Express Shopee.

Metodenya sebenarnya sama seperti pengecekan nomor resi J&T Shopee. Berikut ulasannya :

  • Bagi yang ingin melakukan track pesanan Shopee dengan nomor resi pengiriman Standard Express,bisa langsung masuk ke aplikasi Shopee terlebih dahulu.
  • Kemudian silahkan cek paket “Dikirim” dan lihat nomor resi Standard Express.
  • Klik pengiriman dan Kamu bisa melihat detail pengiriman paket dengan Standard Express.

Selain cara di atas, setelah Kamu mendapatkan nomor resi Standard Express yang didapat dari aplikasi, Kamu juga bisa langsung mengunjungi website resmi Standard Expres. Lalu silahkan copy dan paste-kan nomor resi tersebut ke kolom tracking. 

3. Lacak Pengiriman Shopee Dengan Jasa Ekspedisi JNE

Jika Kamu menggunakan jasa ekspedisi JNE, maka lacak pengiriman Shopee JNE bisa dilakukan lewat web resmi JNE. Ikuti perintahnya berikut ini :

  • Silahkan copy nomor resi pengiriman JNE di pesanan Shopee-mu.
  • Lalu buka web resmi JNE di https://www.jne.co.id/id/beranda.
  • Di beranda situs resmi JNE, langsung inputkan nomor resi pengiriman yang sebelumnya sudah disalin di aplikasi Shopee.
  • Jika dirasa nomor resi yang dimasukkan sudah benar silahkan klik “track”.
  • Selesai.

Kini Kamu bisa langsung melihat detail kiriman pesananmu yang dikirimkan oleh kurir JNE.

Cara cek pengiriman Shopee di atas bisa Kamu pilih tergantung jasa ekspedisi yang Kamu gunakan. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Kamu yang baru pertama kali berbelanja di Shopee!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019