Cara Kerja Ruang Guru

  • Whatsapp

Biarpun Indonesia punya sistem pendidikan terbesar keempat di dunia dengan lebih dari 50 juta siswa dan empat juta guru, negara kita adalah salah satu negara dengan skala prestasi akademis terrendah di dunia. Sayangnya, Indonesia berada di peringkat ke-62 dari 72 negara dalam Program for International Student Assessment (PISA) 2015, sebuah studi benchmark oleh OECD yang menilai pencapaian dan penerapan pengetahuan dan keterampilan utama anak-anak berusia 15 tahun. Tapi tenang, persepsi ini akan segera berubah dengan aplikasi cara kerja ruang guru.

Cara Kerja Ruang Guru

Ruangguru diluncurkan pada tahun 2014 untuk mengatasi tantangan yang sudah dijelaskan di atas. Startup ini menyediakan pendidikan berbasis teknologi yang produk pertamanya adalah produk bimbingan belajar. Sejak itu, startup ini telah meluncurkan berbagai produk yang bertujuan untuk mempercepat hasil pendidikan.

Read More

Produk andalannya diantaranya adalah RuangKelas yang merupakan Learning Management System (LMS) freemium yang membantu siswa mempersiapkan ujian dengan menggunakan konten yang disesuaikan dengan kurikulum nasional, dan membantu guru untuk melakukan crowdsource dan mendistribusikan konten pendidikan kepada siswa.

Dukungan Pemerintah untuk Cara Kerja Ruang Guru

Dengan berbagai layanan terbaik yang tersedia di dalamnya, Ruangguru dipercaya dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya memajukan sistem pendidikan nasional. Terbukti, startup ini telah menjalin kemitraan dengan 32 dari 34 pemerintah provinsi di Indonesia dan lebih dari 325 pemerintah kota dan kabupaten.

Banyak diantaranya menggunakan fitur RuangKelas untuk membantu para siswa dalam mempersiapkan ujian masuk sekolah. Hingga akhir Januari 2018, Ruangguru telah menjadi bisnis yang mapan dengan 254 staf dan telah menarik lebih dari tujuh juta siswa dan mencapai 900.000 pengguna langganan aktif bulanan.

Terkait:  Cara Kerja Akulaku

Layanan yang Ditawarkan Ruang Guru

Bimbingan Les Privat – RuangLesOnline
Layanan ini adalah produk terbesar Ruangguru dan yang menghasilkan pendapatan terbanyak untuk startup ini. Nilai jual utamanya adalah kemudahan akses ke informasi dan ulasan tutor, keragaman mata pelajaran yang dicakup, dan remunerasi tutor yang kompetitif.

Mayoritas pengguna produk ini berdomisili di dalam dan sekitar Ibu Kota Jakarta di wilayah Jabodetabek. Namun, layanan ini juga tersedia di daerah lain di Indonesia. Produk ini didorong oleh sejumlah besar guru yang terdaftar dalam sistem dan tersedia untuk menawarkan berbagai mata pelajaran sesuai permintaan.

RuangLes
Pengguna layanan ini dikenakan biaya per menit bimbingan. Tutor dalam layanan ini adalah turor penuh waktu dan dibayar gaji bulanan terlepas dari jumlah jam mereka bekerja dengan pengguna terdaftar. Ruangguru juga sedang mengerjakan program berlangganan bulanan dan tahunan untuk melayani pengguna reguler.

Persiapan Ujian – RuangUji
Platform ini memungkinkan siswa untuk mengakses konten pembelajaran dan kumpulan pertanyaan tentang berbagai mata pelajaran secara gratis. Layanan in juga menyediakan data analitik untuk melacak kemajuan pembelajaran. Solusi ini dikembangkan untuk mengatasi masalah kurangnya kualitas materi persiapan untuk siswa di K-12 dan ketidakberesan tes try out.

RuangguruLab
Layanan adalah unit pengetahuan yang luas. Dalam jangka panjangnya, cara kerja ruang guru akan mengumpulkan banyak titik data yang dapat digunakan untuk menggambar pola dan menginformasikan skema pendataan yang berpotensi membantu Kementerian Pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya tentang bagaimana meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Ruangguru juga menyediakan serangkaian layanan pendidikan tambahan berbayar yang ditawarkan di luar sekolah, termasuk RuangBelajar, layanan berlangganan video pembelajaran terintegrasi dan Ruangguru Digital Bootcamp, solusi pendidikan pembelajaran sosial untuk pembelajaran jarak jauh berbasis kelompok.

Terkait:  cara kerja fingo

Skema Detil Cara Kerja Ruang Guru

Mengingat padatnya informasi yang harus dirangkum dalam artikel ini, berikut adalah tata cara untuk menggunakan layanan RuangLesOnline yang merupakan layanan paling hits dari Ruangguru.

  • Siswa membeli token Ruangguru melalui transfer bank, kartu kredit, atau melakukan pembayaran melalui dari jaringan supermarket yang bermitra dengan Ruangguru (Indomaret dan Alfamart).
  • Siswa masuk ke web atau aplikasi seluler Ruangguru (Android dan iOS) lalu pilih layanan RuangLesOnline.
  • Siswa memilih kelompok dan mata pelajaran tahun mereka sebelum membayar untuk slot waktu tertentu (misalnya 30 menit).
  • Siswa memilih topik/bidang pelajaran/masalah yang membutuhkan bantuan.
  • Ruangguru mencocokkan siswa dengan tutor yang paling cocok berdasarkan algoritma. Semua tutor diperiksa oleh tim Ruangguru melalui serangkaian wawancara dan sesi tutor-siswa dipantau secara ketat.
  • Tutor menerima pemberitahuan dan dapat mengonfirmasi untuk mengambil pekerjaan.
  • Siswa dan tutor berdiskusi secara real time. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada tutor sebanyak yang mereka inginkan dalam slot waktu yang ditentukan.
  • Tutor dan siswa menilai dan mengulas satu sama lain setelah sesi berakhir.
  • Ruangguru akan membayar tutor untuk sesi aktif mereka setiap bulan dikurangi komisi.

Perkembangan Ruangguru akan membuka peluang besar untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia. Namun perlu diiingat juga bahwa tugas memperbaiki ini bukan hanya di pundak startup pendidikan tapi juga kita semua rakyat Indonesia. Iya kan?

Related posts