Cara Iklan di Google

Google tak hanya terkenal lewat platform mesin pencariannya saja, tetapi pengguna juga bisa mengandalkan Google untuk beriklan dengan mudah lewat Google Ads (Google Adwords). Jadi sayang sekali jika Kamu melewatkan cara iklan di Google. Perusahaan teknologi raksasa ini memang sudah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Baik itu untuk hiburan, sarana informasi, meeting virtual hingga iklan. Menariknya semua platform Google saling terintegrasi satu sama lain.

Mengenal Google Ads

Google Ads merupakan sebuah platform untuk beriklan di Google secara online. Sebelumnya, Google Ads awalnya adalah Google Adwords hingga akhirnya mulai beralih menjadi Google Ads sejak tahun 2018 lalu. Walaupun demikian, tidak mempengaruhi layanannya, lewat fitur pembayaran per impresi/tayangan (CPM) maupun pembayaran per klik atau CPC yang dibayarkan pengiklan.

Read More

Menariknya lagi, penayangan iklan tak hanya dilakukan di Google saja, karena sekali Kamu beriklan memakai Google Ads, maka dapat dipastikan iklanmu langsung tayang pada halaman pencarian, baik di Google Display Network, Youtube maupun Blog.

Dengan kata lain, platform Google Ads menjadi cara efektif untuk usaha yang memberikan trafik berkualitas pada website, sampai Kamu mendapatkan konsumen sesuai layanan atau produk yang ditawarkan.

Mengingat iklan yang Kamu tayangkan di Google Ads tidak dilakukan ke semua orang, dengan kata lain platform ini membantumu untuk memperoleh konsumen yang tepat. Ada fitur yang bisa Kamu manfaatkan untuk menargetkan iklan langsung ke calon pelanggan yang tepat, berdasarkan pilihan budget yang sesuai.

Terkait:  Cara Logout Akun Gmail

Persiapan Pasang Iklan di Google

Sebelum kita lanjut ke cara iklan di Google, Kamu harus tahu dulu apa saja persiapan yang mesti dilakukan sebelum memajang iklanmu di platform Google. Ini ulasannya :

1. Menentukan Tujuan Beriklan

Cara iklan di Google yang pertama dan harus dipersiapkan adalah menetapkan tujuan terlebih dahulu. Poin ini sangat penting, sebab tak sedikit kesalahan terjadi akibat banyak pebisnis yang tidak memiliki tujuan kenapa harus memasang iklan. Inilah yang akhirnya membuat mereka beranggapan jika beriklan di platform Google hanya membuang-buang biaya dan waktu.

Ada beberapa tujuan beriklan di Google contohnya, ingin menambah trafik pengunjung web, membuat orang tertarik membeli produk langsung dengan datang ke tokomu atau yang lainnya.

2. Pilih Tempat Beriklan

Dengan menggunakan Google Ads, maka memungkinkanmu dapat memilih tempat keberadaan iklan itu sendiri, termasuk jarak atau radius tempat tersebut dari toko, serta menjangkau ke berbagai negara. Dengan kata lain, jangkauannya tidak hanya lokal saja tetapi juga secara global.

Tujuan memilih tempat beriklan yaitu agar Kamu memperoleh calon pelanggan/klien yang sesuai supaya iklanmu mempunyai performa maksimal. Jika Kamu menargetkan negara Indonesia untuk tempat beriklan misalnya, maka lebih detailnya lagi Kamu dapat menambahkan kota-kota yang ada di Indonesia, sebut saja seperti Bali, Jakarta, Bandung atau lainnya.

3. Melakukan Riset Keyword (Kata Kunci)

Salah satu trik supaya iklanmu berhasil, maka Kamu harus menargetkan keyword (kata kunci) tertentu dengan tepat. Silahkan riset kata kuncu terlebih dahulu sesuai bisnis yang Kamu jalankan dan tentu saja kata kunci tersebut banyak dipakai audiens.

Lantas, bagaimana cara meriset keyword? Kamu bisa mencoba beberapa pilihan tools yang digunakan untuk melakukan riset keyword, sebut saja ada Google Suggest, Keyword Planner atau KWFinder.

Terkait:  Cara Update Browser

4. Menetapkan Budget

Persiapan beriklan di Google lainnya yang tak kalah penting yaitu menetapkan biaya untuk Google Ads. Budget untuk beriklan di platform ini sebenarnya sangat fleksibel. Kamu bisa menentukannya tergantung dari besarnya usaha/bisnis yang Kamu jalankan, besarnya laba usaha atau budget yang tersedia. Kamu juga harus ingat bahwa semakin besar budget yang perlu Kamu persiapkan, tentu saja akan semakin menambah peluang peningkatan penjual, serta membuat kunjungan lebih banyak.

Cara Iklan di Google

Cara Iklan di Google
Iklan di Google Ads

Tutorial Beriklan di Google Ads

Setelah mantap untuk beriklan di Google dan mempersiapkan budget yang pas, Kamu kini bisa mulai beriklan di Google Ads. Berikut ini tutorial cara iklan di Google Ads yang bisa dicoba :

1. Buka Google Ads dan Tekan ‘Mulai Sekarang’

Silahkan buka Google Ads, kemudian tekan ‘Mulai Sekarang’ untuk mulai beriklan di Google Ads.

2. Tentukan Tujuan Campaign

Ada beberapa pilihan tujuan campaign yang disediakan Google untuk bisnis yang Kamu jalankan, diantaranya menambah jumlah klien, meningkatkan penjualan, brand awareness, mempromosikan aplikasi, hingga website traffic. Silahkan pilih sesuai kebutuhan, contohnya jika Kamu ingin meningkatkan jumlah pengunjung web, maka pilih jumlah trafik website.

3. Memilih Tampilan Google Ads

Cara iklan di Google Ads selanjutnya yaitu memilih tampilan Google Ads. Dimana ada 5 macam tampilan pada Google Ads berikut ini :

  • Shopping Ads, adalah iklan yang menyajikan informasi-informasi terkait produk di dalamnya, seperti nama penjual, harga, dan gambar produk.
  • Display Ads, merupakan iklan yang ditampilkan pada web tertentu berdasarkan pada berbagai macam faktor, diantaranya seperti lokasi geografis, kata kunci, hingga minat audiens.
  • Video Ads, iklan berbentuk video yang umumnya muncul saat membuka video lewat platform Youtube.
  • Search Ads, iklan jenis ini biasanya muncul saat pengguna internet melakukan pencarian lewat keyword tertentu.
  • Universal APP Campaign, iklan jenis ini biasanya dipakai untuk mempromosikan aplikasi.
Terkait:  Cara Edit Google Sheet

Selanjutnya Kamu tinggal memilih salah satu tampilan iklan di atas tergantung tujuanmu beriklan. Jika tujuanmu beriklan untuk meningkatkan pengunjung di web, maka Kamu bisa pilih tampilan iklan Search Ads. Selanjutnya, silahkan tekan ‘continue’.

4. Memilih Bahasa dan Target Lokasi

Untuk tahap selanjutnya, Kamu tinggal memiliki layanan bahasa dan target lokasi. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

5. Menentukan Target Audiens

Pihak Google sendiri telah menawarkan fitur yang digunakan untuk memilih target audiens sesuai bisnis yang Kamu tawarkan. Silahkan pilih target audiens sesuai bisnismu.

6. Pilih Anggaran Harian

Langkah cara iklan di Google selanjutnya, silahkan pilih maksimal anggaran harian yang akan dikeluarkan untuk tiap harinya. Biasanya anggaran harian tersebut tergantung pada biaya/klik/keyword (kata kunci) beserta jumlah klik sehari.

Jika kata kunci yang dipilih kompetitif, maka biaya/kliknya akan lebih mahal dari jumlah pencarian per harinya. Di awal-awal Kamu dapat memakai anggaran lebih sedikit, untuk kemudian bisa diubah di hari berikutnya apabila terlalu banyak atau terlalu sedikit.

7. Menentukan Bidding

Cara iklan di Facebook berikutnya ialah menentukan bidding atau penawaran. Ini adalah jumlah biaya yang wajib dikeluarkan atau biaya dalam satu kali mengklik iklan. Disini ada 2 opsi, yakni mempercayakan Googlea agar menentukan berapa harga per kliknya sendiri. Adapun sistemnya dengan cara melihat kompetisi, jumlah pengiklan yang berkategori sama, misalnya kata kunci dan wilayah jangkauan.

Untuk opsi kedua, nominal yang akan dibayarkan untuk tiap kliknya bisa diisi sendiri. Apabila Kamu mengisi jumlah terlalu rendah, maka iklanmu bisa saja tidak muncul. Namun sebaliknya jika harganya terlalu tinggi, Kamu bisa-bisa kehabisan uang untuk anggaran harian. Jadi, pilihan paling aman silahkan minta Google untuk menetapkan tarif harga per klik sendiri.

Selanjutnya, Kamu bisa membuat tampilan iklan, dan mempersiapkan rincian penagihan. Dari sini tinggal ikuti instruksi yang tersedia.

Oke, itulah beberapa cara iklan di Google yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan trafik website dan bisa Kamu praktekkan sendiri untuk membuktikannya.

 

Related posts