Cara Edit Caption TikTok

Mengenal dunia media sosial, memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi, dari tahun ke tahun banyak sekali bermunculan teknologi-teknologi terbaru yang ditingkatkan performa dan kualitasnya. Termasuk, dalam kategori perangkat lunak. Salah satu yang fenomenal, ya aplikasi TikTok. Jangan sampai nih, kalian belum tahu cara edit caption TikTok. Biar update.

TikTok dapat didefinisikan sebagai suatu platform yang menyediakan hiburan sampai dengan lapak untuk berjualan. Konten disajikan dalam bentuk video berdurasi pendek. Dengan begitu, para penontonnya juga tidak mudah merasa bosan. Rilis pertama kali pada tahun 2016, tetapi penggunanya sudah menyebar ke seluruh belahan dunia. Tersedia secara gratis di iOS & OS.

Kreatifitasmu dapat lebih berkembang, melalui konten yang dimuat ke dalam aplikasi TikTok. Soalnya, banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan. Mulai dari menari, bernyanyi, melukis, dekorasi, hingga berbagai challenge untuk lebih menghidupkan profile akun kamu. Selain itu, para creative creator juga memiliki kesempatan besar untuk dapatkan penghasilan. Seru deh…

Cara Edit Caption TikTok

Cara Edit Caption TikTok
Cara Edit Caption TikTok

Cara Mengedit Caption TikTok yang Sudah Dipublikasikan

Persiapan untuk meng-upload konten di media sosial TikTok, ternyata butuh berbagai macam tools dukungan. Mulai dari perangkat, sampai dengan software. Semuanya itu, kamu gunakan agar video yang nantinya dibagikan terlihat menarik. Rumit bukan? Makanya, kalian perlu latihan atau rajin unggah video ke akun TikTok. Siapa tahu, kedepannya namamu jadi famous.

Cara mengedit caption TikTok yang sudah dipublikasikan. Mau ganti tulisan keterangan atau caption, tetapi sudah terlanjur di-upload. Tenang, kalian tidak perlu khawatir. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti beberapa langkah berikut. Bukan dihapus ya postingannya! Melainkan, hanya diganti dengan tutur kata yang baru atau perbaiki huruf yang typo. Check it.

  1. Silahkan kalian buka aplikasi TikTok dengan akun masing-masing
  2. Pilih menu profile “Me” di halaman utama
  3. Halaman profil, akan menunjukkan kumpulan video yang sudah publish
  4. Klik salah satu video yang bagian caption-nya akan kalian ubah
  5. Pilih ikon titik tiga yang terdapat di sebelah kanan bawah video
  6. Langsung saja kalian update dengan caption yang baru
  7. Simpan hasil perubahan atau sunting tersebut, dengan cara klik tombol “Save
  8. Tunggu beberapa saat, sampai proses penyimpanan selesai
  9. Upload ulang videonya, pilih tanda “+” lalu klik “Upload
  10. Bila ada elemen lainnya yang ingin ditambahkan, pilih opsi “Selanjutnya
Terkait:  Cara Hemat Kuota Tiktok

Video yang sebelum disunting, akan tetap tersimpan di dalam akun kalian. Oleh sebab itu, hal ini perlu ditindaklanjuti terlebih dahulu. Caranya, dengan menghapus isi konten tersebut. Lalu, kamu unggah kembali videonya yang sudah berhasil diubah pada bagian caption. Bisa juga dengan dibubuhi beberapa stiker atau elemen lain agar lebih catchy. Kemudian, posting.

Pastikan hasil unggahan video yang caption-nya telah berhasil diubah dengan yang baru, ada di menu “Saya atau Me”. Buat kamu yang ingin menghapus video di halaman profile, juga bisa langsung lihat di daftar kumpulan video hasil unggahanmu. Masuk ke laman beranda, lalu klik opsi “Hapus” untuk menghilangkan video dari TikTok. Selanjutnya, klik konfirmasi.

Cara Mengubah Caption di TikTok

Fitur caption yang terdapat di dalam media sosial TikTok, bersifat otomatis. Ini menandakan, kalian yang akan mengunggah video dapat sertakan juga subtitle sebelum diunggah ke publik. Adanya teks tambahan di dalam video tersebut, sangat membantu penonton memahami apa yang ingin disampaikan oleh pemilik konten. Selain suara atau lagu, bisa tambah background.

Cara mengubah caption di TikTok, dapat kalian langsung simak saja di penjelasan atas. Kali ini, kita akan membahas trik untuk menampilkan subtitle atau fitur caption secara otomatis. Ibaratnya, kalau di media sosial Youtube, ada teks terjemahan yang dapat kalian pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari Bahasa Inggris, Indonesia, Korea, dan lainnya. Penasaran? Check here.

  1. Buka account TikTok kalian (username dan password)
  2. Sebelumnya, kamu pastikan kalau video tersebut telah didukung dengan caption automatic dari pihak pemilik kontennya atau kreator
  3. Lanjutkan dengan ketuk ikon tanda panah, “Bagikan atau Share” yang ada di sebelah kanan pojok bawah video
  4. Bila ada, secara otomatis layanan “Captions” muncul tepat diantara pilihan “Use This Effect” serta “Duet
  5. Pilih fitur “Captions” tersebut. Berhasil diaktifkan, maka layanan Auto Captions akan muncul secara otomatis saat video sedang diputar. Bisa juga kalian non-aktifkan fiturnya
  6. Munculnya teks otomatis, terlihat dari tampilan pop-up windows yang berada di bawah video.
Terkait:  Cara Download Sound Tiktok di Telegram

Cara Aktifkan Fitur Caption Otomatis di Settings

Langkah-langkah untuk aktifkan layanan caption secara otomatis di media sosial TikTok, bisa kalian lakukan melalui menu pengaturan. Berikut adalah cara selengkapnya:

  • Masuk ke halaman profil pada akun TikTok kalian
  • Ketuk ikon titik tiga vertikal yang terdapat di sebelah kanan pojok atas
  • Klik pilihan “Accessibility” pada sub-menu dari “Content and Activity
  • Lanjutkan dengan menggeser toogle ke kanan ata posisikan “ON”, di menu “Always Show Captions”.

Hal yang perlu kalian perhatikan, kalau layanan caption secara otomatis tersebut, hanya dapat digunakan untuk video tertentu saja. Dimana, suara atau audio videonya harus disertakan dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Cara Tambahkan Caption TikTok Secara Manual

Pengguna dari aplikasi media sosial TikTok ini, bisa menambahkan fitur caption tanpa ke-2 cara di atas. Ya, kamu tambahkan saja, secara manual! Begini caranya:

  • Pilih ikon tanda “+” yang terdapat di tengah bagian bawah aplikasi atau “Create
  • Ketuk tombol berwarna merah, agar kalian dapat mulai lakukan rekaman video. Pengguna juga bisa meng-upload video yang terdapat di dalam “Gallery” hpnya
  • klik opsi “Add Text” yang berada di bawah, supaya kamu bisa tambahkan tulisan atau teks sesuai dengan gaya font yang telah disediakan oleh sistem
  • Berhasil melakukan sunting caption atau editing, kalian bisa melakukan preview di TikTok sebelum mulai upload
  • Pastikan isi tulisan atau teks yang telah kalian buat muncul terlebih dahulu
  • Bila sudah selesai, pilih tombol “Next” yang ada di sebelah kanan pojok bawah untuk mulai meng-upload video
  • Proses cara edit caption TikTok secara manual telah berhasil.
Terkait:  Cara Duet di Tiktok Lite

Fitur menarik lainnya yang tertanam di dalam aplikasi media sosial TikTok, tidak lain adalah Text-to-Speech. Kamu, dapat menggunakan fitur ini untuk ubah teks menjadi bentuk suara, serta, ada juga layanan Animated Thumbnail yang bisa permudah kalian lihat berbagai jenis cuplkasn video sebelum diputar.

Tertarik untuk mencoba berbagai fitur keren di TikTok? Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple Store sesuai perangkatmu. Lakukan update aplikasi secara berkala, apabila ada pemberitahuan untuk perbaharui software tersebut. Disarankan, pengguna menggunakan jaringan koneksi internet Wi-Fi dibandingkan dengan Mobile Data.

Itulah beberapa cara edit caption TikTok yang bisa kamu lakukan. Mulai dari otomatis sampai ke manual juga ada. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next awesome topics. Have a nice days, and bye!

Related posts