Cara Melacak iPhone Hilang Tanpa iCloud

Smartphone jajaran kelas atas seperti iPhone selalu menjadi incaran banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang rela membeli iPhone bekas hanya untuk merasakan kemewahan iPhone dengan harga yang lebih miring, meskipun harganya masih di atas smartphone biasa. Mengingat kemewahan tampilan dan spek di dalamnya, sudah pasti iPhone juga menjadi incaran pihak tak bertanggung jawab. Karena itulah, kini ada cara melacak iPhone hilang tanpa iCloud.

Memang hanya masyarakat kalangan atas saja yang mampu membeli iPhone. Sedangkan orang-orang yang memiliki keterbatasan dana, mungkin akan sulit mendapatkan HP iPhone. Terkecuali jika menabung terlebih dahulu atau melalui sistem kredit, seperti cara cicilan iPhone di iBox.

Read More

Rata-rata HP iPhone yang baru rilis selalu berada di harga cukup tinggi, bahkan bisa mencapai belasan juta hingga puluhan juta rupiah hanya untuk pembelian 1 unit perangkat iPhone. Akan tetapi, harga tersebut terbayarkan dengan kecanggihan fitur-fitur didalamnya, yang disebut-sebut sebagai fitur eksklusif yang hanya dimiliki sistem iOS.

Waspada Kehilangan HP iPhone

Karena HP iPhone termasuk kedalam HP kelas premium, maka sudah barang tentu kalian harus menjaga dengan sebaik-baiknya. Selain harganya cukup mahal, alasan lain kenapa kalian harus menjaganya adalah fitur-fitur didalamnya yang sangat berguna untuk kebutuhan entertaint.

Sekedar informasi saja, bahwa rival terbesar saat ini jika dilihat berdasarkan sistem penggeraknya yaitu Android. Baik iOS maupun Android memiliki keunggulan masing-masing, namun sepertinya untuk iOS cukup diunggulkan karena fitur dan aplikasinya yang sangat ekslusif.

Terkait:  Cara Mengatasi iCloud Penuh di Iphone

Oleh karena itu, kalian harus menjaganya dengan sebaik-baiknya dan selalu waspada terhadap kelalaian yang bisa menyebabkan HP iPhone milikmu menjadi hilang.

iCloud Untuk Solusi Berbagai Kebutuhan Penggunanya

Salah satu aplikasi bawaan dari iPhone yaitu adanya iCloud, aplikasi tersebut menjadi media untuk menyimpan berbagai macam file kalian. Beberapa file tersebut seperti foto, video, dokumen, dan hal-hal lainnya yang bersifat pribadi.

Selain untuk menyimpan berbagai file, ternyata iCloud juga dapat dimanfaatkan untuk menemukan HP iPhone yang hilang. Adapun caranya bisa dilakukan dengan menggunakan fitur bernama Find My Phone.

Hanya dengan menggunakan fitur Find My Phone, maka kalian bisa dengan mudah melacak HP iPhone kalian sehingga bisa segera di temukan dan HP iPhone bisa kembali ke tangan kalian.

Cara Melacak iPhone Hilang Tanpa iCloud

Cara Melacak iPhone Hilang Tanpa iCloud
Tutorial Melacak iPhone Hilang Tanpa iCloud

Tanpa bantuan iCloud pun, HP iPhone bisa ditemukan melalui berbagai macam metode yang bisa dicoba, jika seandainya mendapati kasus kehilangan HP iPhone.

Berikut beberapa opsi cara melacak iPhone hilang tanpa iCloud yang perlu kalian ketahui :

1. Melacak HP iPhone yang Hilang Menggunakan Apple Watch

Cara ini bisa kalian lakukan apabila memiliki produk jam tangan keluaran Apple. Karena secara sistem, semua perangkat bisa di integrasikan dengan mudah asalkan masih dalam satu sistem yaitu iOS.

Penggunaan Apple Watch ini bisa kalian gunakan jika seandainya HP iPhone hilang di sekitaran rumah atau lokasi-lokasi yang dianggap masih dekat dengan radius beberapa meter saja.

Ini dia cara melacak hp iPhone yang hilang tanpa iCloud :

  • Pastikan agar Apple Watch terhubung pada WiFi.
  • Setelah itu untuk daya jangkau yang lebih baik, bisa mengaktifkan Bluetooth pada Apple Watch.
  • Pada Apple Watch, masuk ke dalam fitur pinging iPhone, silahkan cari fiturnya di menu yang tersedia.
  • Apabila sebelumnya antara Apple Watch dengan  iPhone yang hilang tersebut sudah pernah terhubung, maka akan sangat mudah melacak keberadaan HP iPhone yang hilang.
  • Setelah ditampilkan layar Apple Watch, segera temukan HP iPhone kesayangan kalian tersebut.
Terkait:  Cara Cari iPhone Hilang

2. Melacak HP iPhone yang Hilang Menggunakan Google Maps History

cara melacak hp iPhone yang hilang tanpa iCloud yaitu dengan menggunakan aplikasi besutan Google yaitu Google Maps dengan mengandalkan history yang ada di dalamnya. Untuk menggunakan aplikasi ini, disarankan agar segera masuk pada Google Maps melalui perangkat lain. Misalnya saja, dengan memakai HP atau bisa juga dengan menggunakan perangkat laptop.

Hanya saja, kekurangan cara melacak HP iPhone yang hilang ini, kondisi hp harus dalam keadaan menyala dan internetnya aktif. Ketika sedang melakukan pencarian, cobalah untuk persempit waktu pencariannya misalnya pada history 1 jam kebelakang. Dengan begitu, HP iPhone kamu akan terlacak keberadaannya.

Karena dengan menggunakan aplikasi Google Maps harus dalam keadaan menyala, maka ketika kalian kehilangan HP iPhone dengan kondisi hp tersebut mati, maka cara ini tidak bekerja.

3. Melacak HP iPhone yang Hilang Menggunakan Aplikasi Dropbox

iCloud adalah salah satu andalan bagi pengguna iPhone untuk menyimpan berbagai macam data pribadi. Namun, kalian pun lebih baik menginstal aplikasi pihak ketiga dengan fungsi yang sama seperti aplikasi Dropbox.

Aplikasi ini sangat berguna untuk storage dan juga sebagai sarana untuk membackup data pribadi pada HP iPhone. Banyak sekali yang merekomendasikan menggunakan aplikasi ini karena bisa digunakan sebagai bentuk pencegahan data hilang akibat tidak di backup.

Alasan lainnya harus mewajibkan install Dropbox yaitu untuk berjaga-jaga jika seandainya HP iPhone kalian di curi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Tentu saja dengan kondisi menonaktifkan fitur Find My Phone.

Langkah-langkahnya bisa kalian ikuti dibawah ini sebagai pencegahan pada HP iPhone utama kalian :

  • Pada HP iPhone utama, instal terlebih dahulu aplikasi dropbox dengan masuk pada Apps Store.
  • Setelah di instal, integrasikan dengan alamat google kalian untuk antisipasi apabila HP iPhone hilang atau di curi
Terkait:  Cara Daftar IMEI iPhone

Sedangkan untuk menemukan HP Iphone yang hilang, kalian bisa melakukannya dengan cara dibawah ini :

  • Install aplikasi Dropbox pada perangkat lainnya.
  • login dengan menggunakan akun yang sama pada HP iPhone kalian yang hilang.
  • Setelah di Install, lihat riwayat penggunaan backup pada aplikasi Dropbox.
  • Apabila ada aktifitas terbaru yang terdapat pada riwayat  Dropbox tersebut, maka sebenarnya kalian sudah bisa melacaknya dengan mudah dan bisa segera mendapatkan HP iPhone kembali.

Metode ini bisa dibilang akan berhasil jika penemu HP iPhone milikmu, atau yang mencuri tidak mengubah akun pada HP iPhone tersebut. Jika seandainya akun telah dirubah, maka bisa dipastikan dengan menggunakan cara ini kurang begitu efektif.

Akan tetapi, setidaknya kalian bisa menyelamatkan berbagai macam data seperti foto, video, ataupun data penting lainnya hasil dari backup sebelumnya. Kemudian menghapus semua data yang ada di dalam dropbox apabila sudah dipindahkan ke dalam aplikasi serupa atau pada penyimpanan lainnya. Tujuannya untuk menghindari data yang disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

4. Melacak HP iPhone yang Hilang Menggunakan Aplikasi Penangkap Suara

Kelebihan lain dari fitur yang ada pada HP iPhone yaitu ada aplikasi penangkap suara yang disebut dengan ‘Hey, Siri’. Aplikasi ini biasa disebut dengan Virtual Assistant yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan perintah suara saja.

Kelemahan dari penggunaan aplikasi ini yaitu hanya untuk pencarian jarak dekat saja seperti sekitar rumah, atau mungkin HP iPhone kalian terselip. Nantinya HP iPhone yang hilang tersebut akan nyala dan bisa segera ditemukan dengan mudah.

Jadi, jika iPhone kalian hilang entah karena terselip, terjatuh, atau dicuri, kalian bisa mencoba cara melacak hp iPhone yang hilang tanpa iCloud di atas. Dengan demikian, bisa memperbesar peluang iphone kesayangan untuk ditemukan.

 

Related posts