Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA

Apa saja persyaratan untuk aktivasi kartu kredit BCA? Bagaimana Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA? Dimana saya bisa melakukan aktivasi kartu kredit BCA?

Sebagai nasabah atau pengguna BANK BCA, mungkin kita sudah tidak asing dengan beragam program yang ditawarkan Bank Central Asia yang satu ini. Bank BCA sendiri memang dikenal memiliki banyak sekali pelanggan setia, untuk memenuhi kebutuhan banking mereka.

Mulai dari kartu ATM, Internet Banking, BCA Mobile, Klik BCA, dan masih banyak lagi. Selain itu, kadang kala pengguna kartu BCA debit juga sering mendapatkan beragam promo ataupun diskon ketika pengguna melakukan aktivitas belanja dengan metode pembarayan menggunakan Debit BCA.

Gak cuma itu aja, BCA juga hadir dengan Kartu Kredit BCA, yang memudahkan pelanggan setia nya dalam urusan berbelanja, baik ketika belaja online, ataupun belanja di pusat perbelanjaan yang menerima pembayaran dalam bentuk Kartu Kredit.

Selain itu, BCA juga memiliki beragam batasan limit, sesuai dengan pendapatan ataupun penghasilan yang dimiliki nasabah. Tentu bukan tanpa alasan, melainkan untuk memudahkan nasabah ataupun pengguna agar tidak mengalami kendala pembayaran tagihan kredit bulanan mereka.

Oleh karena itu, pengguna atau nasabah BCA bisa melakukan pendaftaran kartu kredit, sesuai dengan pendapatan bulanan mereka, melalui Kantor Cabang BCA terdekat. Baik untuk nasabah yang baru saja membuka rekening tabungan BCA, ataupun pengguna BCA yang sudah cukup lama.

Kalian bisa menemukan informasi atau lokasi dari Kantor Cabang BCA yang ada disekitar kalian, karena memang Kantor Cabang BCA terdapat di setiap pelosok Indonesia, sehingga memudahkan pengguna ketika akan membuka tabungan rekening BCA, ataupun mendaftarkan program Kartu Kredit BCA.

Tapi permasalahan yang sering dialami oleh nasabah BCA baru ketika membuat Kartu Kredit adalah, Kartu Kredit mereka tidak bisa digunakan, setelah selesai dibuat. Padahal, program pengajuan kartu kredit sudah di ACC dan juga disetujui pihak bank. Namun, kenapa tidak bisa langsung digunakan?

Nah, permasalah ini sebenarnya bukan karena ada persyaratan yang kurang atau lain sebagainya. Namun, penggunaan kartu kredit BCA baru bisa aktif, ketika pengguna melakukan aktivasi kartu kredit BCA.

Karena pada tahap aktivasi ini, nasabah bisa mengetahui detail lebih lanjut tentang kartu kredit mereka, dan juga mengetahui batasan limit mereka untuk berbelanja menggunakan Kartu Kredit BCA. Itulah kenapa, tiap pengguna harus melakukan Aktivasi.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA
Aktivasi Kartu Kredit BCA

Untuk itu, apabila kalian belum mengetahui Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA, kalian bisa menyimak informasi berikut itu, untuk melakukan Aktivasi Kartu Kredit BCA. Seperti:

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA lewat BCA Mobile

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan Aktivasi Kartu Kredit BCA adalah dengan menggunakan Aplikasi khusus yang disediakan oleh pihak BCA, nama aplikasinya adalah BCA Mobile. Dengan menggunakan Aplikasi ini, kalian juga bisa kok, melakukan transaksi keuangan seperti transfer, melakukan pembelian, atau bahkan yang lainnya.

Nah, adapun cara aktivasi kartu kredit lewat BCA Mobile adalah seperti ini.

  • Download terlebih dulu Aplikasi nya melalui Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS.
  • Setelah itu, lakukan login seperti biasa, dengan memasukkan user ID dan password yang sudah didaftarkan pada saat membuka rekening BCA pertama kali
  • Setelah berhasil masuk, lanjut untuk mencari menu m-Admin pada aplikasi BCA Mobile
  • Didalam menu m-Admin, kalian bisa menscroll sampai kebawah, lalu cari Aktivasi Kartu
  • Setelah itu, masukkan 16 digit nomor Kartu Kredit BCA kalian, dan juga Tanggal lahir yang sesuai dengan yang terdaftar di kartu kredit BCA kalian
  • Tunggu beberapa saat, sampai muncul konfirmasi bahwa kalian akan melakukan pengaktivasian kartu kredit.
  • Terakhir tekan OK

Setelah berhasil melakukan Aktivasi, kalian juga harus melakukan Aktivasi PIN Kartu Kredit, agar bisa digunakan seperti biasanya. Cara ini juga tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya kok

  • Masuk ke Aplikasi BCA Mobile di perangkat Android dan juga iOS kalian
  • Setelah itu cari menu m-Admin
  • Cari ke bagian paling bawah dengan menu Buat/Ubah PIN
  • Setelah itu kalian akan melihat detail dari kartu kredit kalian yang sudah diaktivasi tadi
  • Pilih menu Masukkan PIN dan kemudian ketik ulang PIN Kartu Kredit BCA kalian.
  • Terakhir, kalian tinggal menunggu beberapa saat, sampai menerima notifikasi bahwa kartu kredit BCA kalian telah aktif.

Sedikit tips pada saat menggunakan BCA Mobile, pastikan kalian menggunakan smartphone dan mobile data sesuai dengan provider / nomor yang didaftarkan ke BCA Mobile / Pembukaan rekening BCA. Misalnya, nomor kalian adalah XL, maka kalian harus membuka BCA Mobile dengan menggunakan jaringan data XL kalian.

Selain itu, kelebihan melakukan aktivasi menggunakan BCA Mobile adalah, kartu kredit kalian sudah otomatis terhubung dengan BCA Mobile, sehingga, kebutuhan melakukan pembayaran dengan kartu kredit, akan semakin mudah.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA lewat Situs BCA

Langkah kedua adalah kalian bisa melakukan aktivasi kartu kredit BCA, melalui situs resmi milik BCA itu sendiri. Sistem nya juga gak jauh berbeda kok dengan menggunakan BCA Mobile, hanya saja cara mengaksess situs nya yang bisa dilakukan baik melalui smartphone, komputer, atau bahkan laptop.

Dan untuk cara nya juga gampang, yakni

1. Buka browser kalian di perangkat smartphone ataupun Komputer dan laptop

2. Kunjungi situs resmi BCA di https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/

3. Setelah itu, lakukan pengisian form data seperti

  • Nomor Kartu
  • Tanggal Lahir
  • Nomor Telpon / Handphone
  • Expired Kartu
  • Chapta yang tampil

4. Setelah itu, klik tombol Proses

5. Kemudian, pilih pada kartu mana yang akan di aktivasi, beserta diaktifkan PIN Kartu Kredit nya

6. Tunggu beberapa saat sampai kalian menerima kode OTP di SMS dengan nomor terdaftar tadi, dan masukkan kode OTP tadi, dan klik Prosess lagi

7. Terakhir, kalian tinggal memasukkan 6 Digit PIN Kartu Kredit kalian, untuk selanjutnya sudah teraktivasi dan bisa digunakan seperti biasa.

Pastikan nomor telpon / handphone yang kalian gunakan juga sudah terdaftar di Rekening BCA atau data kalian ya. Tujuannya tentu untuk menghindari kejahatan dari pihak yang tak bertanggung jawab.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA lewat ATM

Cara terakhir merupakan cara yang paling mudah. Untuk melakukan Aktivasi Kartu Kredit BCA, kalian tinggal membawa kartu kredit tersebut ke ATM BCA Terdekat untuk melakukan aktivasi. Dengan cara

  • Masukkan kartu Kredit BCA kalian kedalam mesin ATM BCA
  • Setelah itu, klik pada menu Aktivasi PIN
  • Tunggu beberapa saat, sampai kalian menerima SMS Kode Verifikasi ke nomor yang terdaftar
  • Masukkan kode Verifikasi tersebut
  • Jika kodenya benar, maka kalian tinggal memasukkan 6 Digit PIN Kartu Kredit baru kalian sebanyak 2 kali, sebelum akhirnya bisa digunakan.

Nah, apabila ketika menunggu kode verifikasi melalui SMS namun tidak masuk, maka kalian bisa melakukan request kode verifikasi baru lewat sms. Dengan cara

Buat Pesan SMS baru dengan format :

  • REQ<spasi>KODE<spasi>OTENTIKASI#Nomor kartu kredit BCA

Lalu kirim pesan tersebut ke nomor 69888

Akhir kata dari artikel ini adalah, dengan melakukan aktivasi kartu kredit BCA, maka pengguna kartu kredit bisa terhindar dari pemblokiran kartu, akibat belum teraktivasi. Jika memungkinkan, kamu bisa meminta bantuan Teller / Customer Serivce BCA untuk melakukan Aktivasi.

Namun jika ingin melakukannya sendiri, kalian bisa menggunakan beberapa Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA diatas, sesuai yang paling mudah menurut kalian. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi