Cara Menggunakan Find My iPhone

Cara menggunakan find my iPhone sangat penting ketika kalian lupa menyimpan iPhone kalian atau ketika iPhone terjatuh. Sayang sekali rasanya jika harus kehilangan ponsel pintar yang harganya fantastis hanya karena kelalaian sendiri.

Namun kabar baiknya, iPhone telah menyematkan fitur Find my iPhone. Meskipun tidak 100% bisa mengembalikan iPhone kalian kembali, setidaknya dengan adanya fitur ini meningkatkan peluang untuk menemukan iPhone kalian yang hilang. 

Read More

Tentu saja, jika iPhone kalian hilang untuk menambah peluang bisa langsung menghubungi pihak kepolisian. Agar pihak berwajib juga turut berkontribusi mencari iPhone kalian.

Cara Menggunakan Find My iPhone

Cara Menggunakan Find My iPhone
Panduan Memakai Find My iPhone

Jika kalian sudah mengaktifkan layanan Find My iPhone, maka yang perlu kalian lakukan adalah mempersiapkan hp atau perangkat lain untuk menemukan iPhone. Berikut ulasannya :

1. Mencari iPhone yang Hilang dengan iPhone Lain

Jika teman atau kerabat dekat memiliki iPhone, cara untuk mendapatkan lokasi iPhone kalian yang hilang bisa dilakukan dengan menggunakan iPhone tersebut. Berikut panduannya :

  • Silakan masuk ke dalam menu pengaturan iPhone teman atau kerabat terbelih dahulu.
  • Kemudian buka fitur pelacak iPhone yang dikenal dengan Find .
  • Sekarang input atau masukan ID Apple iPhone yang ingin kalian lokasinya.
  • Apabila berhasil login ke dalam ID Apple perangkat iPhone yang hilang, maka tampilan layar iPhone kalian akan secara otomatis berubah menjadi tampilan maps. Dengan kata lain kalian bisa mendapatkan informasi lokasi keberadaan perangkat iPhone yang hilang.
  • Dari sini sebenarnya kalian sudah berhasil mengetahui apakah perangkat iPhone berada di lokasi yang aman atau di lokasi yang tidak diketahui.
  • Untuk mengamankan iPhone yang hilang tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Kalian harus memilih beberapa opsi seperti yang telah dijelaskan di pembahasan awal yaitu lost mode, play sound, dan erase iPhone. 
  • Cukup pilih salah satu metode sesuai kebutuhan dan kondisi iPhone.

2. Mencari iPhone yang Hilang Memakai Komputer atau Notebook

Selain menggunakan iPhone, kalian pun bisa menggunakan perangkat lain seperti laptop, komputer maupun notebook. Karena perangkat-perangkat tersebut sudah kompatibel dan bisa mengakses aplikasi Find My iPhone.

Berikut cara menggunakan Find My iPhone untuk menemukan iPhone yang hilang menggunakan PC atau notebook :

  • Pertama-tama masuk browser dari perangkat computer, notebook, atau sejenisnya.
  • Sekarang lanjutkan masuk ke situs iCloud dengan cara menuliskan link di berikut ini : https://www.icloud.com/find.
  • Setelah terbuka situsnya, sekarang pada kolom iCloud Find My iPhone, ketik ID Apple berikut kata sandinya. Salah satu kelebihan dari menggunakan fitur Find My Phone yaitu tidak perlu melakukan autentikasi dua langkah sehingga pemilik tidak perlu memasukkan kode verifikasi. 
  • Selanjutnya perangkat akan menampilkan opsi All Devices yang berisi daftar perangkat yang bisa kalian pilih
  • Sekaarang pilihlah perangkat iPhone yang ingin kalian lacak lokasinya. Apabila hanya ada satu perangkat di daftar All Devices, maka pada layar, lokasi perangkat akan langsung terlihat di peta dan kalian akan segera mengetahui lokasi perangkat pada saat itu juga.
  • Ketika iPhone menampilkan posisnya di peta, kalian bisa memilih opsi mode yang berada di bagian sudut kiri atas yang bisa diterapkan pada perangkat iPhone yang hilang tersebut dengan tiga mode yang tersedia yaitu mode Play Sound, Last Mode dan mode Erase iPhone. 
  • Sekarang pilih salah satu mode yang sesuai untuk digunakan pada iPhone yang hilang.

Itulah cara menggunakan Find My iPhone yang bisa kalian akses ketika kehilangan perangkat iPhone kalian, baik menggunakan iPhone lainnya ataupun dengan PC.

Kenapa Harus Menggunakan Fitur My iPhone?

Fitur Find My iPhone adalah fitur bawaan yang sudah menjadi bagian dari fitur-fitur standar lainnya pada iPhone yang diterapkan sejak tahun 2010. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini beberapa manfaat yang dapat kalian peroleh jika memakai fitur Find My iPhone :

1. Menemukan Perangkat iPhone

Ini merupakan fungsi utama dari fitur Find My iPhone, yakni untuk melacak keberadaan iPhone yang hilang. Dengan menggunakan fitur ini, kalian akan dengan mudah menemukan iPhone, karena akan secara otomatis memberitahukan keberadaan hp kepada pemiliknya.

Cara kerjanya adalah pada map akan memperlihatkan posisi iPhone yang hilang tersebut. Untuk mengaksesnya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam perangkat seperti hp lainnya, komputer, Macbook, Notebook dan lain sebagainya. 

Namun yang menjadi perhatian bagi pengguna iPhone yaitu fitur akan aktif ketika iPhone yang hilang tersebut dalam keadaan menyala dan tidak low battery.

Sebaliknya jika kondisi iPhone dimatikan atau dalam keadaan low battery, maka pada layar map hanya menampilkan bahwa iPhone berada di luar jaringan.

Jika sebelumnya hp iPhone kalian mati, kemudian nyala kembali, maka notifikasi yang tertera akan secara otomatis memberitahukan keberadaan iPhone kalian.

2. Mengunci Perangkat iPhone Yang Hilang

Fungsi Find My iPhone selanjutnya adalah bisa mengunci ponsel iPhone saat hilang sehingga penemu ponsel kalian tidak akan bisa mengakses isi ponsel sembarangan.

Adapun opsi yang tersedia adalah opsi mode hilang yang dapat melakukan penguncian perangkat, agar orang lain tidak bisa mengakses iPhone terutama pada bagian informasi pribadi yang sifatnya sangat sensitif.

Cara kerja dari fungsi ini adalah dengan menginputkan 4 digit kode rahasia memakai perangkat lain. Kode ini akan menjadi password bagi perangkat iPhone kalian, sehingga orang lain tidak bisa membuka iPhone kecuali memasukkan password yang sama.

3. Melindungi Informasi dan Data Pribadi Pengguna iPhone

Ada dua cara perlindungan yang bisa kalian pilih berdasarkan mode Find My iPhone yang tersedia, yaitu Penanda Perangkat Hilang (Lost Mode) dan Hapus Perangkat (Erase iPhone). 

Lost Mode digunakan untuk mengunci perangkat dari jarak jauh, ketika ponsel dirasa hilang atau dicuri. Sementara untuk mode Erase iPhone, akan menghapus secara total informasi pribadi yang terdapat pada perangkat iPhone.

Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Untuk bisa menikmati fitur Find My iPhone, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya cukup mudah, berikut tahapan-tahapannya :

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di hp iPhone.
  • Sekarang tinggal pilih opsi ID Apple, jika sebelumnya kalian belum sign in terlebih dahulu, lakukan sign in.
  • Setelah itu, tinggal pilih opsi Find My iPhone dengan menggeser tombol yang semula dalam posisi off ke posisi ON. 
  • Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kalian akan mudah menemukan iPhone di manapun berada.
  • Berikutnya, tinggal klik menu Send Last Location yang harus dalam keadaan aktif atau ON
  • Dengan mengaktifkan Find My iPhone seperti cara di atas, maka kalian bisa menemukan iPhone milik kalian di perangkat lainnya.
  • Cara melacaknya tinggal memasukan ID Apple iPhone yang hilang ke dalam perangkat lain saja.

Kini kalian bisa mencoba cara menggunakan Find my iPhone di atas jika perangkat iPhone kalian hilang atau terjatuh. Dengan demikian, kalian bisa berpeluang untuk menemukan perangkat iPhone kembali. Bagaimana, menarik bukan?

Related posts