Cara Mengunci Folder di HP

Cara mengunci folder di HP bisa jadi belum diketahui banyak orang. Kalian sebagai pengguna smartphone bisa saja kesulitan merahasiakan file-file tertentu dari orang lain. Kalian biasanya sedikit terganggu jika menu tertentu selalu dibuka saat ponsel dipinjam siapa saja.

Hal ini membuat privasi kalian diketahui mengingat konteksnya sangat sensitif. Folder tersebut harus dirahasiakan dan tidak boleh dilihat orang lain. Kamu bisa melakukannya secara manual maupun bantuan aplikasi ketiga.

Siapa saja belum mengetahui cara mengunci folder di HP semua tipe saat ini. Banyak orang menilai bahwa prosedurnya sama saja, namun semuanya didasari merek ponsel kalian. Oleh sebab itu, langkah-langkah pengunciannya bakal dibahas pada pembahasan selanjutnya.

Kamu juga perlu memperhatikan setiap poinnya dengan baik dan benar. Kalian bahkan mampu mengunci semua folder bila dianggap penting, serta harus dirahasiakan dari orang lain yang selalu jahil membuka ponsel kalian.

Cara Mengunci Folder di HP

Cara Mengunci Folder di HP
Mengunci Folder di HP Semua Merk

Mengunci Folder di HP dengan Bantuan Aplikasi

Kamu bisa mengunci folder tertentu dengan bantuan aplikasi ketiga. Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar software nya sangat familiar bagi para pengguna android. Kalian mungkin saja pernah memakainya untuk mengunci aplikasi.

Beberapa aplikasi tersebut punya kapasitas ruang rendah dan tidak membuat performa ponsel semakin lambat. Kalian dapat memilih salah satu aplikasinya dengan mengikuti panduan pengunciannya seperti berikut :

  1. Norton AppLock

Norton AppLock adalah aplikasi penguncian pertama yang perlu dibahas. Kamu bisa mengunduhnya via Google Play Store terlebih dahulu. Kalian tidak perlu pusing memakainya lantaran tersedia opsi panduan untuk mengoperasikannya. Selain itu, kalian juga perlu menggunakan PIN sebagai passcode utamanya.

Norton AppLock menawarkan sistem keamanan mutakhir bagi para penggunanya, sedangkan kamu bisa mengunci semua aplikasi dan folder seperti galeri sampai media sosial.

Aplikasi ini juga punya keunggulan tersendiri dengan menghadirkan fitur security capture. Fungsinya sebagai kamera untuk menangkap siapa saja yang ingin membuka ponsel kalian secara paksa. Hal ini sangat menarik dan perlu digunakan oleh mereka yang kehidupannya sangat privasi.

Hasil tangkapan kameranya sangat akurat dan jernih, serta orang lain tidak bisa menyentuh ponsel kalian lagi. Aplikasi ini juga sudah diunduh oleh jutaan orang hingga kini.

  1. AppLock

AppLock telah menjadi aplikasi keamanan yang cukup familiar. Hal ini dikarenakan para pengguna android akan selalu mengingatnya bila ingin mengunci aplikasi atau folder pada ponselnya. Sementara itu, aplikasi ini juga menawarkan passcode berupa PIN maupun kata sandi yang bisa dibuat sesuai keinginan kalian.

Hal ini membuat folder yang berisi data-data pribadi dan sensitif akan tetap terlindungi dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Siapapun juga bisa menggunakan passcode lain seperti fingerprint. Namun, pastikan smartphone kalian sudah didukung sensor sidik jari. Bagaimana jika kamu lupa passcode nya? Jangan khawatir, AppLock bisa membantumu untuk hal tersebut.

Kalian perlu membuat pertanyaan keamanan dengan jawaban sederhana yang mudah diingat. Hal ini bertujuan supaya passcode bisa diatur kembali dan aplikasi maupun folder di ponsel tidak di reset.

  1. Smart AppLock

Kalian bisa menggunakan aplikasi Smart AppLock untuk mengunci folder tertentu. Selain itu, software tersebut mampu merahasiakan aplikasi lain seperti WhatsApp, Twitter, Facebook maupun Instagram. Kalian mampu melindungi folder dan aplikasi lain dengan memakai satu aplikasi yang sama.

Smart AppLock juga dapat menjaga privasi kalian yang terdapat pada aplikasi sistem seperti SMS dan telepon. Penggunaannya mudah dan tidak butuh passcode yang rumit.

Nah, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

  1. Perfect App Lock

Perfect AppLock menjadi salah satu alternatif lain untuk mengunci aplikasi dan folder via smartphone. Siapapun yang memakainya akan diminta mengusung passcode dengan tiga tipe berbeda seperti pola, PIN sampai gesture.

Kalian juga bisa merahasiakan semua aplikasi pada ponsel dengan aplikasi ini. Tak hanya itu, para penggunanya dapat menggunakan layanan bernama anti theft.

Fungsinya sebagai penangkap layar untuk melihat siapa saja yang ingin membuka ponsel kalian secara paksa. Meski begitu, fiturnya akan bekerja jika orang serupa sudah tiga kali berusaha membuka passcode yang bakal tersimpan ke galeri secara otomatis.

Apakah kalian tertarik menggunakan salah satu aplikasi di atas? Siapa saja tidak perlu memerlukan kapasitas ruang besar untuk mengunduh software tersebut. Kalian dapat memperolehnya via Google Play Store secara gratis dengan kualitas tinggi tanpa merusak performa smartphone.

Kalian bisa mengunci folder apa saja sesuai keinginan dengan passcode pilihan masing-masing. Gunakan email dan password terkait bila dibutuhkan untuk mencegah reset data akibat lupa passcode nya.

Bentar, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

Mengunci Folder di HP Semua Merk Smartphone

Sebagian besar merek smartphone, terutama keluaran terbaru sudah didukung fitur keamanan tanpa mengunduh aplikasi ketiga. Hal ini berarti kalian bisa mengunci beberapa aplikasi dan folder yang disediakan ponselnya maupun diunduh manual.

Meski begitu, setiap merek ponsel android punya sistem penggunaan fiturnya yang berbeda. Kamu bisa mengikuti ulasan selanjutnya untuk memastikan merek smartphonemu bisa mengunci folder dengan baik seperti berikut, yakni :

1. Mengunci Folder di HP ASUS

Langkah-langkah:

  • Pertama, tekanlah beranda dan pilihlah menu Kunci Rumah terlebih dahulu.
  • Bukalah menu App Lock atau Kunci Aplikasi.
  • Aturlah passcode seperti PIN maupun pola sesuai keinginan kalian. Jangan lupa atur sistem pemulihannya untuk mengantisipasi bila kalian lupa passcode nya.
  • Pilih folder yang akan dikunci, seperti galeri dan SMS dan tekan Lock.
  • Bukalah folder yang sudah dipilih, bila kalian diminta memasukan PIN atau pola maka filenya bisa dipastikan terkunci secara otomatis.
  • Selesai

2. Mengunci Folder di HP Oppo

Langkah-langkah:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan terlebih dahulu.
  • Bukalah menu Layar Kunci dan Sandi.
  • Kalian bisa memilih menu Enkripsi.
  • Aturlah passcode seperti PIN atau pola sesuai keinginan kalian, lalu pilih folder yang ingin dikunci.
  • Selesai

3. Mengunci Folder di HP Samsung

Langkah-langkah:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan dari HP Samsung kalian.
  • Carilah menu Advanced Features dan bukalah menu App Lock.
  • Kalian harus menghidupkan fiturnya dengan menekan tombol On.
  • Berikutnya, aturlah pengaturan kunci keamanan yang diinginkan dan tentukan folder yang ingin dikunci.
  • Aktifkan kuncinya pada folder-folder tersebut.
  • Selesai

4. Mengunci Folder di HP Vivo

Langkah-langkah:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan dari HP Vivo kalian.
  • Bukalah menu Keamanan atau Security, lalu pilihlah opsi Privasi dan Enkripsi.
  • Buatlah passcode seperti PIN atau pola dengan benar.
  • Aturlah pengaturan pemulihan untuk mengantisipasi lupa passcode.
  • Carilah folder yang ingin dikunci.
  • Selesai

5. Mengunci Folder di HP Xiaomi

Langkah-langkah:

  • Pertama, buka menu pengaturan dari HP Xiaomi terlebih dahulu.
  • Carilah menu Kunci Aplikasi.
  • Tentukan passcode seperti pola yang kalian inginkan.
  • Pilih beberapa folder yang ingin dikunci.
  • Tekan tombol On untuk menghidupkan sistem keamanannya.
  • Selesai

Kalian bisa mengunci beberapa folder dari HP sesuai panduan di atas. Walaupun merek smartphonenya berbeda, namun panduan di atas nyaris sama keseluruhan. Hal terpenting adalah gunakan pengaturan pemulihan seperti email dan password.

Tujuannya agar kalian dapat membuka passcode jika lupa. Jangan pernah membagikan passcode foldernya kepada siapapun lantaran data-data di dalamnya sangat sensitif dan hanya bisa diketahui setiap pemilik ponselnya saja.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...