Cara Find My iPhone

Kalau kamu kebetulan kehilangan iPhone yang entah dicuri atau memang murni hilang, jangan panik dulu! Apple sebagai salah satu vendor teknologi pemilik iOS telah mencoba sebisa mungkin untuk mengecilkan potensi kehilangan gadget pengguna mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi gratis yang disebut Find My iPhone. Ada beberapa tahap untuk mengerti cara Find My iPhone, tapi mempelajarinya tidak sulit kok!

Aplikasi sakti ini memang tidak serta merta dapat langsung mengembalikan smartphone kesayangan kamu tapi setidaknya kamu akan mendapatkan beberapa opsi pilihan recovery yang tentunya sangat membantu. Lantas, pertanyaan besarnya adalah bagaimana sebenarnya cara mengatur Find My iPhone di iPhone, iPad, Apple Watch, dan AirPods? Berikut informasinya!

Cara Setup Find My iPhone

Menginstal aplikasi Find My iPhone bukanlah hal yang sulit, dan karena kemampuannya yang luar biasa, semua pengguna Apple sangat disarankan untuk menginstal aplikasi ini.

  • Pilih perangkat utama, kamu bebas memilih iPhone, iPad, atau iPod Touch. Dari layar utama, buka Pengaturan> Akun & Kata Sandi> iCloud> Find My iPhone dan pastikan fitur tersebut dihidupkan.
    Jika ini adalah kali pertama kamu mengatur sesuatu untuk pertama kali, kamu mungkin perlu untuk memasukkan Apple ID kamu. Nah, kalau kamu belum memiliki Apple ID, pilih opsi untuk membuat Apple ID yang baru dan ikuti instruksinya.
  • Dii layar ini, kamu perlu mengaktifkan opsi ‘Kirim Lokasi Terakhir’. Fitur ini akan memungkinkan perangkat kamu untuk mengirimkan lokasinya saat baterai hampir habis, jadi saat kamu mencoba mencari perangkat kamu nanti, kamu akan dapat melihat lokasinya.
  • Kalau kamu memiliki Apple AirPods yang sudah dipasangkan dengan iPhone atau iPad, atau Apple Watch, kamu juga akan mendapatkan fitur yang sama dengan yang telah diatur di dalam aplikasi Find My iPhone.

Kalau kamu sudah pernah melakukan ini sebelumnya dan membaca artikel ini untuk melihat cara memantau perangkat kamu, scroll ke bawah untuk panduan lengkap cara mendapatkan kembali gadget kesayangan kamu dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone.

Prasyarat

Identik dengan cara mengunci HP yang hilang, untuk menemukan iPhone atau iPad yang telah dicuri atau hilang, kamu harus memiliki akun iCloud terlebih dahulu. Prasyarat lainnya adalah bahwa aplikasi Find My iPhone harus diinstal dan disesuaikan terlebih dahulu di perangkat yang relevan.

Tidak mungkin menginstal aplikasi ini dari jarak jauh setelah ponsel hilang. Selain itu, untuk mengetahui lokasi perangkat yang hilang, kamu juga memerlukan komputer yang dapat terhubung ke internet.

Cara Find My iPhone

Cara Find MyiPhone
Find My iPhone

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menemukan iPhone yang hilang, aplikasi Find My iPhone harus diinstal pada perangkat dan pengaturannya harus disiapkan dengan tepat.

Nah, jika ponsel pintar ini dicuri atau hilang, semua operasi dan langkah-langkah yang tercantum di bawah ini harus dan hanya dapat dilakukan via https://www.icloud.com/.

  1. Login dengan akun ID Apple / iTunes yang digunakan saat menyetel aplikasi Find My Iphone di ponsel.
  2. Saat tautan “Find iPhone” di aplikasi iCloud diklik, lokasi semua perangkat iOS yang sebelumnya terintegrasi dengan layanan iCloud akan dipindai dan dicantumkan di layar.
  3. Jika lebih dari satu perangkat telah diatur di lingkungan iCloud sebelumnya, Kamu harus memilih semua perangkat yang ditampilkan pada layar “Find iPhone” dan kemudian pilih perangkat yang diinginkan.
  4. Saat iPhone yang dicari ditemukan dan dipilih di layar tempat perangkat terdaftar, perangkat yang relevan akan muncul sebagai titik hijau di peta. Saat perangkat ditemukan, layar dengan status baterai saat ini dan beberapa informasi lainnya akan ditampilkan. Perlu dicatat bahwa layar ini akan tampak memiliki visual yang identik dengan Google Maps.
  5. Ketika perangkat yang dipilih telah ditemukan di antarmuka web iCloud, Apple akan mengupdate lokasi secara berkala jika sesorang yang mencuri atau menemukan iPhone atau iPad tersebut sedang bepergian.

Selain antarmuka yang memperlihatkan tampilan lokasi perangkat yang dicari, laman ini juga menyediakn tiga opsi recovery diantaranya:

Find My iPhone dengan Play Sound (Pemutaran Suara)

Setelah menemukan perangkat yang hilang di peta, jika perangkat tersebut hilang dan tampaknya dekat, peringatan dapat dikirim ke ponsel untuk membuat suara di peta tempat perangkat berada.

Dering perangkat akan sangat membantu sebagai bukti jika iPhone yang dicurigai telah dicuri oleh orang terdekat.

Find My iPhone dengan Lost Mode (Mode Hilang)

Dengan layanan Lost Mode, perangkat yang hilang atau dicuri dapat ditemukan di peta dan dikunci dari jarak jauh jika diinginkan.

Pada mode ini, kamu dapat menambah kata sandi ke ke iPhone secara jarak jauh meskipun sebelumnya belum pernah menambahkan fitur keamanan ini.

Setelah mengunci perangkat dari jarak jauh ke Lost Mode, jika diinginkan, pesan juga dapat dikirim untuk muncul di layar iPhone dengan mode yang sama.

Find My iPhone dengan Erase Phone (Hapus Ponsel)

Namun jika dipastikan bahwa iPhone atau iPad kamu yang hilang atau dicuri tidak dapat ditemukan lagi, kamu akan memiliki kesempatan untuk menghapus sepenuhnya informasi pada perangkat di antarmuka web Find My iPhone.

Hal ini dapat dilakukan ketika iPhone atau iPad yang dipilih dari antarmuka web iCloud ditarik ke mode Erase Phone.

Jika akhirnya harus berada pada posisi ini, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi sebelum kahirnya semua data di perangkat yang kamu miliki dihapus.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah akses bagi sang pencuri untuk mendapatkan informasi pribadi yang sensitif.

Pilihan Alternatif Find My iPhone Jika iPhone Masih Belum Terdeteksi

Meskipun layanan dan tips cara  Find My iPhone telah diaktifkan dan diikuti, namun kadang kala ada saat dimana iPhone tidak terlihat di peta. Untuk hal ini, ada beberapa alasannya diantaranya adalah:

  • Perangkat mungkin telah kehabisan daya
  • Perangkat yang dicuri atau tercecer mungkin tidak lagi terhubung ke internet
  • Layanan GPS pada perangkat mungkin telah dimatikan

Meskipun iPhone atau iPad yang hilang atau dicuri tidak dapat diakses dengan cara tertentu, lokasinya masih dapat terkirim secara otomatis saat perangkat tersebut kembali terhubung ke internet. Dan jika perangkat tersebut dijual, akun yang terdaftar di iPhone juga dapat dihapus dari jarak jauh.

Pada akhirnya, tentu tidak akan ada yang merasa senang ketika gadget kesayangan mereka harus hilang dan tercecer apapun alasannya. Apple sangat mengerti hal ini, dan dengannya telah terus memperbarui aplikasi Find My iPhone. Semoga membantu!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.