Cara Lock 4G Realme

Jaringan 4G LTE menjadi salah satu opsi jaringan tercepat untuk mengakses internet. Dengan jaringan 4G LTE tercepat, membuat aktivitas berselancar menjadi lebih nyaman dan leluasa, terutama saat streaming video atau game online. Karena itulah, supaya jaringan 4G LTE di perangkat stabil, kalian harus coba cara lock 4G Realme.

Sebagai salah satu pabrikan smartphone yang menawarkan spek cukup lumayan dengan harga terjangkau. Membuat Realme mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia, hal ini terbukti dengan penjualan Realme yang sukses di kalangan masyarakat.

Read More

Teknologi Jaringan Tercepat

Kehadiran jaringan internet saat ini sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan, hampir semua aspek kehidupan dapat dilakukan dengan hanya bermodalkan perangkat smartphone dan koneksi internet. Mulai dari untuk mencari hiburan melalui Youtube, berkomunikasi, berbisnis, hingga mendapatkan pekerjaan.

Teknologi jaringan saat ini semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Meskipun jaringan 5G saat ini telah masuk ke negara Indonesia, tapi jaringan 4G LTE nampaknya masih menjadi pilihan jaringan tercepat. Alasannya, karena belum semua pengguna mempunyai perangkat yang telah mendukung jaringan 5G. Belum lagi, jaringan 5G itu sendiri masih belum merata.

Mengenal Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G LTE sendiri sudah masuk ke tanah air sejak 2015 lalu, bahkan disambut hangat oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan, jaringan 4G LTE dapat dimanfaatkan untuk internetan menggunakan kecepatan tinggi. Bahkan bisa mengalahkan jaringan 2G, 3G hingga EVDO yang awalnya sebagai jaringan utama.

Terkait:  Cara Lock 4G Oppo

Sebenarnya ada 2 jenis kandidat jaringan yang akan digunakan ke dalam jaringan standar untuk 4G, diantaranya LTE dan WiMax. WiMAX atau Worldwide Interoperability for Microwave Access, ini adalah jaringan yang diperkenalkan pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2006.

Sedangkan saat ini LTE telah dijadikan sebagai standar pada jaringan 4G, yang merupakan kependekan dari Long Term Evolution. Jaringan 4G dideklarasikan pertama kali pada tahun 2009, tepatnya di Swedia.

Jaringan 4G LTE ternyata dibagi lagi ke dalam beberapa jenis, bahkan kategori yang berbeda.

Jenis-Jenis 4G LTE

Sistem jaringan 4G LTE di Indonesia dapat dibagi-bagi ke dalam berbagai jenis, diantaranya TDD, FDD hingga Advanced atau 4G+. Simak penjelasannya berikut :

1. 4G LTE FDD

FDD atau Frequency Division Duplexing, dengan frekuensi yang dipakai dalam kisaran 800 MHz-1800 MHz. Dalam hal ini saluran melakukan download dan upload untuk jenis FDD secara terpisah. Sebab jaringan 4G LTE ini menerapkan 2 pilihan channel, yang disebut sebagai istilah full duplex. Pemakaian full duplex menjadikan jaringan lebih stabil.

Beberapa provider seluler terbesar di Indonesia seperti XL Axiata, Telkomsel dan Indosat rata-rata memakai jenis jaringan ini. Hal ini dikarenakan jaringan 4G LTE FDD sangat cocok untuk keperluan chatting, telepon, aktivitas sosial media dan browsing.

Kalian masih bisa menikmati layanan SMS dan menelpon saat memakai jaringan ini, asalkan tidak dilakukan pengaturan ke 4G LTE Only. Akan tetapi, jaringan biasanya akan dialihkan secara otomatis ke dalam mode 3G ketika panggilan telepon berlangsung.

2. 4G LTE TDD

Jaringan jenis 4G berikutnya yaitu TDD (Time Division Duplexing). 4G LTE TDD memakai frekuensi hingga 2300 MHz dan tidak mempunyai keseimbangan upload dan download yang baik, berbeda dari 4G LTE FDD.

Terkait:  Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Faktor ketidakseimbangan tersebut disebabkan pemakaian frekuensi bergantian antara menerima dan mengirim. Meskipun pergantiannya terjadi hanya sepersekian detik, tapi tetap dapat meninggalkan efek kecepatan download sangat tinggi pada jaringan ini. Namun sayangnya, kecepatan upload-nya kurang begitu maksimal atau melemah.

Biasanya, jaringan jenis ini dipakai operator seluler BOLT. Jenis operator ini memfokuskan pada layanan data jika dibandingkan SMS dan telepon. Jika hal ini terjadi, diperlukan layanan VoLTE supaya pengguna bisa tetap melakukan panggilan pada jaringan4G.

3. 4G LTE Advanced/4G + (4G Plus)

4G LTE Advanced/4G+(4G Plus) memakai frekuensi sekitar 900 MHz-2300 MHz. Penamaannya menggambarkan bahwa jenis jaringan ini adalah hasil pengembangan lanjutan 4g LTE. Ini dikarenakan kecepatan upload dan download pada jaringan ini bisa dikatakan lebih tinggi dengan jangkauan jaringan yang lebih luas.

Jaringan LTE Advanced sendiri menggabungkan antara teknologi FDD dan TDD pada satu perangkat memakai jaringan Carrier Aggregation. Pada jaringan 4G+ mempunyai layanan VoLTE jernih, tapi juga telah menawarkan keseimbangan downlink dan uplink dengan baik seperti halnya FDD.

Setelah mengenal jenis-jenis jaringan 4G LTE, dapat disimpulkan bahwa jaringan ini memang menawarkan keseimbangan upload dan download yang cukup mumpuni. Namun sayangnya, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan jaringan 4G yang tidak stabil.

Sama halnya pada pengguna Realme yang mengalami kondisi serupa. Jika hal ini terjadi, kalian bisa mencoba cara lock 4G Realme dengan tutorial berikut!

Cara Lock 4G Realme

Cara Lock 4G Realme
Tutorial Lock 4G Realme

Tutorial Lock 4G Realme

Namun sebelum mencoba cara lock 4G Realme, kalian harus memastikan lokasi tempat kalian tingal harus sudah mendukung 4G. Sebab, jika sudah mengunci jaringan 4G LTE tapi lokasi kalian belum support 4G LTE akan percuma.

Terkait:  Cara Kunci 4G Realme C15

Jika sudah memastikannya, kini saatnya mempraktekkan cara lock 4G Realme. Berikut ulasannya :

1. Kunci Jaringan 4G LTE Pada Menu Setting

Cara lock 4G Realme yang pertama yaitu dengan melakukan opsi pengaturan. Hanya saja, metode ini tidak bersifat permanen. Tapi, meskipun demikian kalian bisa mencobanya dengan langkah berikut :

  • Masuk ke Setting pada hp Realme.
  • Akses Kartu Dual SIM yang terdapat dalam sub menu.
  • Pilih SIM untuk dikunci ke dalam 4G.
  • Selanjutnya, ganti jaringan kedalam 4G LTE Only, apabila kalian ingin mengunci jaringan tersebut.
  • Secara otomatis, hp akan melakukan lock 4G LTE.

2. Memakai Aplikasi Lock 4G

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan ke dalam cara lock 4G Realme adalah 4G LTE Switch. Ini adalah jalan pintas yang dapat mengakses opsi device info sekaligus bisa dipakai lewat akses root. Ini ulasannya :

  • Silahkan unduh 4G LTE Switch terlebih dahulu, jika sudah install lalu buka aplikasinya.
  • Setelah melihat pesan bertuliskan install block, tekan Pengaturan, lalu centang pilihan unknown source.
  • Jalankan aplikasinya, secara otomatis kalian akan langsung diarahkan pada menu pengujian.
  • Gulir ke bawah, lalu tekan ‘Set preferred network type’.
  • Di ikon segitiga tepat di bawah tulisan, tekan LTE Only.

Salah satu keunggulan melakukan kunci jaringan 4G adalah kalian dapat menikmati jaringan internet dengan kecepatan yang lebih stabil dari biasanya. Namun sayangnya, kalian akan mengalami beberapa hal, seperti misalnya ponsel tidak dapat melakukan panggilan atau menerima panggilan, bahkan tidak dapat berkirim pesan.

Tidak hanya itu, baterai hp juga biasanya menjadi lebih boros, bahkan suhu hp meningkat secara signifikan, karena sistem hp dipaksa hanya menerima sinyal jaringan 4G saja.

Apabila hp Realme kalian mengalami hal tersebut setelah mencoba cara lock 4G Realme, maka solusi paling tepat yaitu mengembalikan jaringan 4G ke dalam jaringan 3G kembali.

 

Related posts