Cara Kunci Jaringan 4G Samsung

Saat kekuatan sinyal di perangkat Samsung kamu tidak stabil, tentu hal ini sangat mengganggu aktivitias berselancar di hp. Apalagi jika jaringan terkadang berpindah-pindah dari 4G ke 3G/2G. Dari sinilah kamu memerlukan informasi cara kunci jaringan 4G Samsung.

Sebagai pabrikan smartphone raksasa, tentu saja Samsung telah membekali smartphone miliknye dengan besutan teknologi terbaru, seperti jaringan 4G LTE. Samsung bahkan sudah menghadirkan hp yang support jaringan 5G.

Read More

Melalui operator dan smartphone yang telah support jaringan 4G, membuat pengguna semakin ditawarkan berbagai macam opsi perangkat dengan koneksi internet yang stabil. Dengan demikian, bisa membuka peluang lebih banyak bagi pengguna dalam meningkatkan pengalaman untuk menikmati akses internet sehari-hari.

Walaupun hp Samsung kamu telah mendukung jaringan 4G, namun masih belum tentu mampu memperoleh akses internet cepat apabila sinyalnya sering beralih ke 3G. Biasanya hal tersebut dikarenakan alasan tempat kamu yang masih belum terjangkau jaringan 4G.

Jika ingin mengatasi permasalahan sinyal 4G yang berpindah-pindah ke HSDPA/3G, maka solusi satu-satunya yaitu harus mencoba cara kunci jaringan 4G Samsung.

Syarat Untuk Mengunci Jaringan 4G LTE

Untuk mengaktifkan layanan jaringan 4G LTE pada hp Samsung, kamu harus mengetahui beberapa syarat untuk menikmati layanan tersebut. Berikut persyaratannya :

Terkait:  Cara Kredit Hp di Samsung Store

1. Perangkat Support 4G LTE

Syarat cara kunci jaringan 4G samsung yang pertama yaitu kamu harus memastikan Samsung telah mendukung layanan 4G menyesuaikan frekuensi dari operator yang kamu pakai. Tapi, kebanyakan hp Samsung biasanya telah mendukung opsi jaringan 4G LTE.

2. Lokasi Sudah Menjangkau Sinyal 4G LTE

Kamu bisa mengecek apakah lokasi tempat tinggal kamu sudah mendukung jaringan 4G LTE ataukah belum. Caranya bisa memakai aplikasi ‘Open Signal’ dan kamu bisa mendownloadnya di Play Store dengan cara gratis. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui atau melihat cakupan area sinyal 4G LTE untuk berbagai macam operator, baik itu Indosat, Telkomsel, Axis, XL dan lainnya.

3. SIM Card Operator Telah Support 4G

Apabila kamu membeli SIM Card yang kurang mendukung jaringan4G, maka semuana akan sia-sia walaupun hp Samsung kamu telah mendukung 4G. Kamu bisa menukar kartunya ke gerai resmi provider seluler yang kamu pakai.

Setelah semua syarat dipenuhi, kini kamu bisa langsung mencoba cara kunci jaringan 4G Samsung.

Cara Kunci Jaringan 4G Samsung

Cara Kunci Jaringan 4G Samsung
Kunci Jaringan 4G Samsung

Kunci Jaringan 4G Samsung

Untuk mengunci jaringan 4G pada perangkat Samsung, kamu bisa memilih salah satu cara kunci jaringan 4G Samsung berikut!

Metode 1 : Kunci Jaringan 4G Samsung via Dial Phone

Kamu bisa mengakses menu dial phone dengan mengetikkan kode rahasia untuk kunci jaringan 4G :

1. Masuk ke Dial Phone

Masuk ke menu dial phone pada hp Samsung, kemudian ketik kode rahasia *#0011# silahkan tekan panggil di SIM 1 atau SIM 2 tergantung kartu yang akan kamu kunci ke jaringan 4G.

2. Buka ‘Service Mode’

Cara kunci jaringan 4G Samsung selanjutnya, kamu akan membuka opsi ‘Service Mode’. Disana kamu akan menemukan banyak informasi, tapi kamu hanya perlu fokus ke pilihan ‘More’ atau ‘Lainnya’.

3. Pilih Back

Jika sudah memasuki opsi ‘More’ maka kamu akan melihat beberapa pilihan menu lainnya, silahkan tekan ‘back’.

4. Pilih More dan Tekan Key Input

Cara kunci jaringan 4G Samsung berikutnya, kamu bisa menekan opsi ‘More’ lagi dan pilih ‘Key Input’ pada menu yang muncul.

Terkait:  Cara Lock 4G Oppo

5. Ketik Huruf ‘Q’

Jika sudah masuk opsi ‘Key Input’ kamu akan dibawa ke kolom yang wajib diisi. Silahkan ketikkan huruf ‘Q’ (huruf besar dan tanpa tanda petik.

6. Tekan ‘More’ dan ‘Back’

Silahkan pilih ‘More’ dan pilih lagi ‘back’ untukmemasukkan kode baru.

7. Pilih ‘More’ dan ‘Key Input’

Setelah itu, kamu bisa memilih opsi ‘more’ atau ‘lainnya’ dan tekan ‘key input’, tujuannya untuk menginputkan kode panggil yang baru.

8. Ketikkan ‘0000’

Lalu ketikkan ‘0000’ (tanpa tanda petik),kemudian tekan ‘Ok’.

9. Pilih Opsi ‘Debug Screen’ dan ‘Phone Control’

Selanjutnya tunggu sekitar 10-20 detik, lalu kamu akan diperlihatkan beberapa menu. Pilih opsi ‘Debug Screen’ serta pilih kembali ‘Phone Control’.

10. Tekan ‘Network Control’ dan ‘Band Selection’

Pilih opsi ‘network control’ dan tekan pilihan bertuliskan ‘band selection’ yang selanjutnya akan mengunci 4G Samsung milikmu.

11. Tekan ‘Band Selection SIM 1’

Dalam opsi ‘band selection’ selanjutnya akan muncul opsi kartu SIM yang akan kamu kunci 4G-nya. Misalnya saja, kamu ingin mengunci jaringan 4G untuk SIM 1, jadi kamu harus memilih ‘band selection SIM1′.

12. Tekan ‘LTE All’ dan ‘LTE All Bans Selected’

Langkah cara kunci jaringan 4G Samsung berikutnya tekan ‘LTE All’ lalu tekan ‘LTE All Bans Selected’.

Metode 2 : Memakai Aplikasi Force LTE Only

Jika kamu tidak bisa memakai cara kunci jaringan 4G samsung di atas, maka opsi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan memakai aplikasi. Salah satu aplikasi pengunci 4G LTE yang bisa kamu pakai adalah Force LTE Only.

1. Unduh Force LTE Only

Download Force LTE Only di perangkat Samsung yang kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut dengan cara mengunjungi Play Store. Kamu tidak perlu khawatir, aplikasi Force LTE Only memiliki beberapa layanan jaringan. Seperti Evdo Only, TD-SCDMA Only, dan lainnya.

Tentu saja semua fitur yang ada memudahkan para pengguna untuk mengelola jaringan tergantung kebutuhan. Maka dari itu, dapat diperoleh akses internet yang stabil.

Terkait:  Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung

2. Masuk dan Buka Aplikasi

Jika sudah sukses terinstall, kamu hanya perlu membuka aplikasi Force LTE Only. Saat aplikasi ini muncul, pengguna dapat melihat panduan memakai aplikasi. Apabila tidak begitu penting, kamu bisa skip langkah tersebut. Setelah itu, selanjutnya kamu akan melihat layar pop up.

Biasanya layar popup ini berisi peringatan. Peringatan tersebut biasanya menjelaskan bahwa ada beberape merk dan tipe smartphone tidak dapat memakai SMS atau telepon apabila memakai aplikasi ini. Dalam tahapan ini, silahkan tekan OK. Agar langkah penguncian pada jaringan 4G bisa berjalan.

3. Tekan Tombol LTE/3G/2G Setting

Cara kunci jaringan 4G Samsung selanjutnya, kamu hanya perlu memilih jaringan LTE/3G atau 2G Settings. Biasanya letak pengaturan tersebut ada di tengah layar, lebih tepatnya di bagian atas ‘advance settings’.

4. Memilih Kartu SIM

Setelah itu, pilih SIM Card. Apabila kamu sudah membuka tombol LTE/2G/3G settings, maka akan muncul opsi ‘Select Phone Index’. Kamu akan menemukan pilihan tersebut di atas layar. Pilihan ini berfungsi untuk memilih SIM Card yang ingin kamu kunci jaringannya. Sebab biasanya smartphone Samsung telah dilengkapi oleh dual SIM.

Khususnya pada perangkat-perangkat yang barunya. Para pengguna hanya perlu memilih ‘Phone O’ jika ingin lock jaringan 4G pada SIM Card 1. Bisa juga memilih ‘Phone 1’ apabila memilih untuk mengunci kartu SIM 2.

Setiap jenis kartu SIM yang kamu pilih, biasanya akan ditampilkan juga informasi-informasi berupa kekuatan jaringan, nomor IMEI, kecepatan unduhan maupun yang lainnya.

5. Mengunci Jaringan 4G

Langkah terakhir yaitu mengunci jaringan 4G. Adapun caranya hanya perlu memilih serta mengubah ‘Set Preferred Network Type’. Mengingat kamu ingin kunci jaringan 4G, maka kamu harus memilih layanan ‘LTE Only’.

Jika kamu sudah memilih LTE Only, maka koneksi internet hp Samsung bisa langsung berganti ke 4G.

Khusus bagi smartphone Samsung baru, cara kunci jaringan 4G Samsung yang paling tepat adalah dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Salah satunya memakai Force LTE Only.

Related posts