Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Cara cek Kesehatan baterai Realme sangat penting bagi penggunanya. Karena bagaimanapun, baterai adalah satu-satunya komponen yang berperan sebagai sumber daya perangkat dan membuat perangkat dapat bekerja maksimal.

Umur penggunaan baterai hp biasanya dipengaruhi oleh aktivitas yang sering Kamu lakukan di hp itu sendiri. Jika Kamu sering menggunakan perangkatmu untuk streaming video dan bermain game, alih-alih hanya browsing, sudah pasti akan memakan daya baterai dengan cepat.

Read More

Kamu juga perlu tahu, bahwa setiap perangkat mempunyai kekuatan daya baterai yang berbeda. Ketahanan baterai hp Realme dalam hal ini sudah cukup baik, meskipun merk ini belum lama dirilis. Ini menunjukkan keseriusan Realme yang mampu menyusul para kompetitornya, sebagai merk smartphone yang dibekali kapasitas baterai cukup besar.

Berbicara tentang Kesehatan baterai perangkat, meskipun sebuah perangkat disebut-sebut mempunyai kekuatan baterai yang handal, tentu Kembali lagi pada penggunaan dan perawatannya. Jika Kamu menggunakan hpmu untuk multitasking setiap waktu tanpa diiringi dengan perawatan yang benar, tentu membuat baterai hp akan cepat rusak.

Sayangnya lagi, untuk perangkat smartphone keluaran baru biasanya baterai sudah tertanam dan menyatu dengan bodi perangkat. Jadi, kita akan sulit membuka atau melihat kondisi baterai hp berbeda dengan hp keluaran lama. Namun, Kamu masih bisa mencoba cara cek Kesehatan baterai Realme. Panduannya akan Kami jelaskan di bawah ini!

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme
Tutorial Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Tutorial Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Baterai hp sejatinya berfungsi untuk mendukung aktivitas pemakaian hp agar dapat berjalan lancar. Inilah alasan kenapa baterai termasuk komponen paling penting bagi perangkat. Untuk cara cek Kesehatan baterai Realme sendiri, memang cukup sulit karena pihak Realme belum menyediakan menu spesifik terkait hal ini. Namun tenang saja, ada beberapa cara alternatif yang masih dapat bekerja untuk mengecek Kesehatan baterai Realme, berikut ini :

1. Aplikasi AccuBattery

Aplikasi AccuBattery, salah satu program yang bisa membantumu memantau Kesehatan baterai hp Realme. Program ini dirancang secara khusus guna meningkatkan performa daya baterai secara optimal.

Tak hanya itu, AccuBattery juga dapat difungsikan untuk mengukur seberapa besar penggunaan baterai hp sesuai pemakaiannya. Maka dari itu, penting sekali untuk mendownload aplikasi ini di hpmu.

Lalu, bagaimana cara menggunakan AccuBattery di ponsel Realme? Cek informasinya di bawah ini :

  • Pertama, masuk ke Google Play Store dan temukan aplikasi AccuBattery di kolom pencarian. Jika sudah klik dan buka aplikasinya.
  • Untuk menggunakan aplikasi ini, klik download pada aplikasi dan install di perangkatmu. Tunggu sampai perangkatmu berhasil memasang aplikasi AccuBattery.
  • Setelah sukses terpasang, buka aplikasi AccuBattery. Disana Kamu akan langsung diminta melakukan kalibrasi baterai hp dan akan ditampilkan informasi lengkap terkait Kesehatan baterai ponselmu.
  • Salah satu fungsi utama aplikasi AccuBattery ialah program ini nantinya menampilkan kapasitas baterai hp selama pemakaian. Kamu juga bisa mengetahui sel-sel pada baterai yang lemah pada aplikasi, setiap kali melakukan.

2. Aplikasi Electron

Cara cek Kesehatan baterai Realme selain dengan AccuBattery, Kamu juga bisa memakai aplikasi Electron. Nah, dalam aplikasi ini Kamu akan ditampilkan berbagai informasi daya baterai perangkatmu, mulai dari kapasitas baterai hingga persentase baterai yang masih tersisa.

Menariknya lagi, Electron menyediakan fitur untuk mengecek status keausan pada baterai, sehingga dapat diketahui pasti kapan Kamu dapat mengganti baterai hpmu dengan tepat. Ini dia cara penggunaannya :

  • Lakukan instalasi Electron Apps di Play Store perangkat Realme. Kamu tinggal mencari aplikasinya di kolom pencarian, seperti cara yang dijelaskan di nomor 1.
  • Jika sudah, buka dan jalankan aplikasi Electron. Di halaman pertama, akan ditampilkan informasi tentang Kesehatan baterai perangkatmu.
  • Geser layar untuk mengecek informasi lebih lanjut tentang Kesehatan baterai. Kamu juga bisa mengetahui informasi suhu pada perangkat untuk segera menghentikan penggunaan berbagai aplikasi yang membuat bateraimu lebih boros.

3. Aplikasi AIDA64

Diantara kedua cara cek Kesehatan baterai Realme di atas, aplikasi AIDA64 bisa dibilang kurang begitu lengkap menampilkan informasi terkait penggunaan dan Kesehatan baterai hp. Namun menariknya, aplikasi AIDA64 memberikan informasi dan tampilan dengan sangat sederhana. Sehingga membuatmu lebih mudah memahami informasi baterai yang ditampilkan di layar ponsel.

Untuk cara penggunaannya tak jauh berbeda dari dua cara di atas, Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut :

  • Buka Google Playstore Apps pada hpmu.
  • Cari aplikasi AIDA64 lalu mulailah untuk menginstal aplikasinya.
  • Setelah aplikasi AIDA564 terinstal, buka aplikasi tersebut untuk segera mengetahui terkait informasi status baterai hp R
  • Kamu bisa mengaturnya lewat menu pengaturan pada aplikasi, untuk tetap menjaga Kesehatan baterai.

Itulah 3 aplikasi yang dapat Kamu gunakan ke dalam cara cek Kesehatan baterai Realme. Dengan begitu, penggunaan baterai Realme dapat dimanfaatkan dengan sebijak mungkin.

Tips Agar Baterai Realme Tetap Awet

Selain mengecek Kesehatan baterai hp, Kamu juga harus tahu cara perawatan baterai dengan tepat. Agar baterai hpmu lebih tahan lama dan tetap bekerja optimal, Kamu bisa mengikuti tips-tipsnya berikut ini :

1. Jangan Pakai Charger Perangkat Lain

Kita tahu bahwa setiap perangkat hp, pasti akan menyertakan charger baterai bawaan mengingat charger dengan teknologi baterai yang digunakan sudah menjadi satu kesatuan. Setiap itu, teknologi dan karakteristik dari baterai maupun charger tiap perangkat tentunya akan berbeda. Misalnya saja, meskipun Kamu memakai charger dari hp merk lain yang sesuai, tapi hal ini justru bisa memperburuk kondisi baterai hpmu. Seperti bisa membuat baterai hp mudah panas, hingga akhirnya performa baterai menjadi berkurang.

Tak hanya menjaga dan merawat hp, Kamu juga harus memastikan agar charger bawaan tidak rusak. Caranya dengan menyimpan charger tersebut di tempat yang aman dengan benar. Jika charger hpmu hilang atau rusak akibat ada komponen di dalamnya yang terputus misalnya, maka Kamu pun harus menggantinya dengan membeli charger ori yang baru.

2. Charge Hp di Suhu Kamar

Banyak orang menyepelekan hal ini, padahal poin ini sangat penting. Kamu harus tahu bahwa suhu ideal untuk melakukan charger hp ialah dalam suhu kamar, dengan kisaran 16 derajat sampai 25 derajat celcius. Jangan biarkan proses charger terpapar langsung oleh sinar matahari atau dilakukan di lingkungan lembab. Sebab bisa membuat proses pengisian daya baterai hpmu terhambat.

Jika Kamu melakukan charge hp pada suhu lebih dari 25 derajat misalnya, imbasnya bisa membuat performa bateraimu menurun. Bisa saja suhu baterai lebih panas dengan kisaran suhu mencapai 45 derajat. Sedangkan, pengisian baterai di area yang lembab bisa memperpanjang waktu charger itu sendiri.

3. Jangan Pakai Hp Saat Sedang di Charge

Jangan sekali-kali menggunakan hp ketika sedang di charge, karena akan menyebabkan kerusakan pada baterai karena membuat baterai bekerja keras dan lebih panas. Tips waktu yang tepat mengisi baterai adalah ketika persentase baterai 15 %, jangan sampai kamu membiarkan daya baterai hingga 0 % dulu.

Biasanya khusus untuk tipe baterai lithium ion jika Kamu membiarkan proses pengisian 100% tanpa mencabut hp dari chargernya, maka pengisian secara otomatis akan berhenti setelah mencapai 100%.

Itulah 3 cara menghemat baterai handphone Realme yang juga bisa Kamu coba praktekkan untuk perangkat android lainnya. Pastikan imbangi cara cek Kesehatan baterai Realme dengan tips perawatan di atas, agar baterai dan perangkatmu tetap bekerja secara optimal.

 

 

Related posts