Cara Kunci Jaringan 4G

Bagaimana cara kunci jaringan 4G? Jika awalnya kita hanya mengenal jenis jaringan GPRS, kemudian mulai upgrade jaringan ke 2G dan jaringan 3G. Namun kini kita suda dapat menikmati layanan internet menggunakan jaringan 4G, di negara lain saja bahkan sudah beranjak ke dalam jaringan 5G.  Kita ketahui bahwa makin upgrade sebuah jenis jaringan, maka kecepatannya pun akan semakin stabil.

Ini artinya, Kamu dapat mengakses internet dengan lancar bahkan untuk menonton video streaming sekalipun tanpa gangguan dan hambatan sama sekali. Beberapa provider seluler telah melakukan pembagian sistem paket data, untuk jaringan 3G maupun 4G sendiri memiliki harga berbeda.

Contohnya saja, Kamu melakukan pembelian paket internet dari operator Telkomsel sebesar 10 GB, dengan demikian Kamu akan memperoleh kuota jaringan 4G dari Telkomsel sebanyak 5 GB, sedangkan kuota 3GB dapat diperoleh pada jaringan 3G. Sementara itu sisanya adalah kuota chat.

Ini adalah trik marketing kebanyakan operator seluler sekarang ini. Kamu bisa menikmati sensasi internet cepat pada kuota 4G sejak awal penggunaan. Ketika kuota jaringan 4G milikmu habis, maka hanya ada kuota 3G yang tersisa dengan kecepatan yang akan berkurang.

Sebagian besar kini smartphone sudah menerapkan jenis jaringan 4G pada perangkatnya. Untuk memaksimalkan kecepatan akses internet, Kamu bisa mencoba cara kunci jaringan 4G.

Manfaat Kunci Jaringan 4G

Kita ketahui jika operator seluler sekarang ini memberikan kuota internet yang berbeda melalui sistem pembagian kuota yang juga berbeda. Kuota internet akan dibagi ke dalam jaringan 4G, kuota chat, semua jaringan, kuota malam dan kuota aplikasi. Sementara kuota jaringan 4G sendiri telah menjadi prioritas sebab  memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Namun akan sangat menyebalkan ketika kuota 4G milikmu habis.

Ketika memilih paket internet, Kamu harus memeprhatikan banyaknya kuota internet 4G yang ada. Apabila jumlah kuota internet seluruh jaringan lebih besar dibandingkan kuota 4G, Kamu pun harus mengunci jaringan 4G supaya kuota dan ponselmu tetap ada dalam jaringan 4G. Tentu saja hal tersebut berdampak terhadap kecepatan akses internet. Selain itu, Kamu tentunya tidak perlu khawatir lagi berapa sisa kuota 4G di Hpmu.

Cara Kunci Jaringan 4G

Cara Kunci Jaringan 4G
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE

Mengunci Jaringan 4G Pada Perangkat Android

Berikut ada beberapa cara mengunci jaringan 4G Hp android yang dapat Kamu coba, berikut ini :

1. Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui Kode Dial

Apabila Kamu mengalami gangguan sinyal karena beberapa hal, maka dampaknya akan cukup signifikan. Misalnya saja ketika Kamu melakukan streaming video, mengalami putus-putus, hingga saat browsing pun menjadi lambat. Dalam hal ini, Kamu harus tahu cara atau solusi untuk mengatasi sinyal yang berubah-ubah atau hilang dengan cara kunci jaringan 4G supaya sinyalnya tetap stabil dan kecepatannya meningkat.

Berikut langkah-langkah untuk mengunci jaringan 4G lewat kode dial, diantaranya :

  • Pertama-tama, buka aplikasi panggilan telepon, kemudian ketik kode *#*#4636#*#*.
  • Selanjutnya Kamu akan melihat tampilan menu informasi. Ada informasi telepon 1, informasi telepon 2, statistik penggunaan, dan lainnya.
  • Langkah berikutnya ialah pilih SIM Card yang akan di lock menggunakan sinyal 4G sehingga koneksi internetnya selalu stabil.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat informasi about atau tentang ponsel dengan lengkap.
  • Jika sudah, Kamu akan masuk ke opsi penyetelan jenis jaringan internet yang Kamu sukai. Lalu dilanjutkan dengan pilih “LTE Only”.
  • Selesai dan Kamu sudah melewati settingan-nya, selanjutnya HP androidmu akan menangkap jaringan 4G only.

Cara kunci jaringan 4G di atas selain untuk Hp Xiaomi juga dapat diterapkan pada smartphone android, baik Vivo, Oppo, Advan, Samsung dan lainnya.

2. Cara Mengunci Jaringan 4G Melalui Menu Pengaturan

Kamu juga bisa mengakses menu pengaturan untuk mengunci jaringan 4G di Hpmu, dengan tutorial berikut :

  • Silahkan ambil Hp androidmu untuk memulai prosesnya, kemudian masuk ke opsi “Settings” atau menu setelan.
  • Jika sudah, lanjutkan ke opsi “Jaringan Seluler” dari sini tugasmu ialah memilih “Mode Jaringan”.
  • Setelah itu, akan muncul berbagai pilihan menu.
  • Karena Kamu akan mengunci jaringan 4G di smartphone android, silahkan klik “LTE Only” atau “4G Only”.

3. Cara Mengunci Jaringan 4G Dengan Forged LTE Only

Kamu bisa mengunci jaringan 4G memakai aplikasi yang telah tersedia tanpa melakukan root dan metode ini juga bisa diaplikasikan di Hp Samsung. Adapun langkah-langkah cara kunci jaringan 4G LTE bagi semua tipe Hp android, diantaranya :

  • Download Forced LTE Only supaya jaringan yang Kamu terima lebih stabil dan kencang di Hpmu.
  • Silahkan buka aplikasi dan Kamu akan mendapatkan berbagai pilihan pop up yang tersedia, tekan skip maupun ketuk “OK” untuk pergi ke menu utama.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat “SIM 1 LTE/3G/2G settings” silahkan klik tulisan tersebut.
  • Selanjutnya Kamu akan melihat menu “Select Phone Index” untuk memilih kartu SIM yang akan Kamu pakai untuk mengunci sinyal 4G pada HP android atau HP Samsung milikmu.
  • Apabila Kamu memilih “Phone 0”, ini artinya SIM Card yang Kamu gunakan ialah kartu SIM pada slot nomor 1.
  • Jika Kamu memilih “Phone 1” yang akan difungsikan ialah kartu SIM pada slot nomor 2, bagaimana mudah bukan?
  • Selanjutnya, klik “Set Preferred Network Tyoe” dan pilih opsi “LTE Only” supaya jaringan 4G terkunci pada smartphone-mu.

4. Cara Mengunci Jaringan 4G Dengan 4G Switcher

Cara kunci jaringan 4G selanjutnya ialah dengan menggunakan aplikasi. Demi keamanan, Kamu bisa mencari aplikasi smartphone android agar sinyal 4G terkunci di Playstore supaya terhindar dari yang namanya apliaksi berbahaya. Bahkan bisa saja membobol data pribadimu.

Adapun untuk mengunci jaringan 4G menggunakan aplikasi, diantaranya sebagai berikut :

  • Kamu bisa memakai aplikas 4G Switcher. Untuk itu, silahkan download aplikasi tersebut melalui PlayStore.
  • Jika sudah terinstal, selanjutnya buka aplikas lalu ikuti perintah yang tersedia sampai selesai.
  • Kamu harus ingat bahwa aplikasi tersebut bekerja di kartu SIM 1. Perlu Kamu ketahui, kelemahan aplikasi ini yait jika dinyalakan lagi semua bentuk pengaturan atau settingan akan kembali lagi seperti semula dari yang awalnya sudah diubah.
  • Sehingga Kamu perlu melakukan langkah-langkah di atas berulang kali setiap Kamu ingin menikmati layanan jaringan 4G dengan akses internet yang stabil dan kencang.

Kelemahan Jaringan 4G di Lock

Fungsi jaringan 4G sendiri memang bisa memberikan pengalaman berselancar di internet lebih menyenangkan melalui konektivitas yang cepat dan stabil. Tapi ternyata, dibalik kelebihannya ada beberapa kelemahan yang bisa membuat Hpmu tidak dapat berfungsi sempurna. Berikut kekurangannya :

  • Hp tidak dapat dipakai untuk melakukan aktivitas panggilan.
  • Tidak dapat mengecek pulsa maupun pengecekan apapun yang memakai kode USSD lainnya.
  • Baterai HP menjadi lebih boros dan cepat panas karena ponsel dipaksa untuk mencari jaringan LTE/4G secara terus menerus. Terlebih jika dipakai di kawasna yang jaringan 4G-nya kurang stabil.
  • Data internet hilang saat HP dibawa ke kawasan yang tak tercover jaringan 4G. Jadi tidak dapat digunakan untuk melakukan browsing.

Itulah beberapa cara kunci jaringan 4G LTE untuk semua jenis smartphone yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019