Cara Membersihkan Speaker Hp Realme

Realme adalah salah satu merek HP yang sudah tidak diragukan lagi eksistensinya di pasar gadget Indonesia. Asalnya Realme memberikan pengalaman yang sangat baik bagi para penggunanya diantaranya menghadirkan berbagai macam fitur bawaan yang sangat memanjakan penggunanya. Untuk selalu meningkatkan kualitas audio speaker Realme, kalian bisa coba cara membersihkan speaker hp Realme.

Salah satu yang menjadi unggulan dari HP Realme adalah speaker bawaan yang memiliki suara jernih dibandingkan dengan kompetitornya di rentang harga seri nya yang sama. Bagi kalian yang mendengarkan sebuah lagu dari produk keluaran Realme ini, maka kalian akan menikmati kejernihan suaranya hampir tanpa adanya cacat sekalipun.

Jika mendengarkan music, video, atau sedang melakukan panggilan telepon, seandainya volume speaker full 100 %, maka suaranya tidak akan pecah. Inilah yang menjadi kelebihan utama dari HP Realme selain dari fitur-fitur unggulan lainnya.

Rutin Membersihkan Speaker HP Realme

Namanya juga smartphone, selalu ada kelemahannya terlebih jika kalian jorok memakainya saat digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Sebagai contoh, jika kalian sering bepergian dan sebagian besar aktivitas dilakukan di ruang terbuka, tentu saja debu menjadi permasalahan utama yang menjadikan performa smartphone berkurang,

Selain HP Realme milikmu tampak kusam, ternyata debu bisa juga meyebabkan komponen menjadi penyebab komponen speaker HP menjadi rusak. Saat mendengarkan musik atau ketika sedang melakukan panggilan telepon biasanya akan menghasilkan suara gresek-gresek atau kurang jernih. Bahkan dalam kondisi tertentu, karena speaker hp tidak pernah dibersihkan, bisa mengakibatkan speaker menjadi mati total.

Terkait:  Cara Lock 4G Realme

Cara Membersihkan Speaker Hp Realme

Cara Membersihkan Speaker Hp Realme
Membersihkan Speaker Hp Realme

Cara membersihkan speaker HP Realme sebenarnya susah-susah gampang, artinya kalian harus hati-hati jika ingin melakukannya sendiri berhubung lubang speaker pada HP Realme sangat kecil. Oleh karena itu, jika kalian tidak tahu tata caranya, alangkah baiknya memakai jasa service HP untuk membersihkannya.

Namun, jika kalian tetap ingin membersihkan speaker HP Realme seorang diri tidak perlu takut untuk mencobanya. Karena kalian bisa mencoba langkah-langkah cara membersihkan speaker hp Realme dengan tutorial berikut :

Trik 1 : Membersihkan Speaker Hp Memakai Sikat Gigi

Cara membersihkan speaker hp Realme yang pertamaa adalah dengan menggunakan sikat gigi yang biasa kamu gunakan untuk menyikat gigi. Apabila kamu ragu menggunakan sikat gigi lama, maka sebelumnya bisa membeli sikat gigi baru khusus untuk membersihkan speaker HP Realme. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian ikuti dibawah ini :

1.  Pastikan Tangan Dalam Keadaan Bersih

Sebelum memulai membersihkan speaker HP Realme, langkah pertama adalah harus mencuci tangan terlebih dahulu. Perlu kalian ingat bahwa debu merupakan partikel kecil yang bisa masuk ke permukaan speaker sehingga bisa menyebabkan bertambahnya kotoran ketika akan membersihkan speaker.

Oleh karena itu, sangat penting mencuci tangan terlebih dahulu untuk memulai proses pembersihan speaker, lalu setelah itu keringkan tanganmu dengan menggunakan handuk yang bersih.

2. Matikan HP Realme

Setelah langkah pertama dilakukan, langkah kedua adalah dengan mematikan HP Realme terlebih dahulu. Tujuan utama mematikan HP sebelum membersihkan speaker adalah agar terhindar dari bahaya korsleting, sebab pengaruhnya bisa menyebabkan speaker HP Realme rusak total.

3. Membersihkan Menggunakan Sikat Gigi

Sekarang, kalian sudah mulai bisa membersihkan speaker dengan menggunakan sikat gigi. Namun yang perlu diperhatikan adalah agar menggunakan sikat gigi yang halus dan lembut.

Terkait:  Cara Kunci 4G Realme C15

Dengan begitu, pilihlah sikat gigi dengan ujung sikatnya yang lembut agar bisa memastikan seluruh debu yang menempel pada speaker HP Realme bisa terangkat dengan maksimal.

Untuk membersihkannya, lakukan seperti menyapu dengan Gerakan ke satu arah agar debu yang tersentuh oleh ujung sikat bisa terdorong pada satu arah saja. Yang paling utama adalah lakukan dengan pelan-pelan.

3. Sikat bagian Port Speaker

Lakukan juga untuk membersihkan bagian port speaker. Lakukan dengan sangat lembut dan jangan terlalu keras ketika membersihkannya karena bisa menyebabkan kerusakan pada speaker.

Karena tujuannya ingin membersihkan partikel kotoran seperti debu yang menempel, maka lakukan dengan sangat lembut untuk menghindari kotoran tersebut masuk terlalu dalam kedalam bagian komponen lainnya.

4. Goyangkan Pelan-pelan

Cara membersihkan speaker hp Realme selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa partikel kotoran terangkat dengan sempurna, mka kalian cukup menggoyangkan HP Realme agar debu bisa terbuang.

Bukan hanya menggoyangkannya, kalian juga bisa melakukan Gerakan pembalikan HP Realme dengan memanfaatkan gaya gravitasi agar debu bisa lepas dari permukaan speaker.

5. Lap Memakai Kain kering

Namanya debu pasti akan berceceran kemana-mana, termasuk sisa-sisa debu hasil dari pembersihan speaker. Oleh karena itu, segera lap debu yang masih menempel pada HP Realme milikmu untuk mencegah masuknya kembali pada speker HP.

Trik 2 : Membersihkan Speaker Hp Realme Dengan Menggunakan Selotip

Cara membersihkan speaker hp Realme selanjutnya selain memakai sikat gigi adalah dengan memakai memakai selotip. Yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan selotip kecil sebagai media utama membersihkan partikel kotoran pada speaker HP Realme. Adapun cara-caranya bisa kalian ikuti dibawah ini :

1. Siapkan Selotip Terlebih Dulu

Selotip memiliki fungsi untuk merekatkan benda yang satu dengan benda yang lainnya. Oleh karena itu bisa juga digunakan untuk menarik partikel kotoran yang ada pada speaker HP Realme. Dengan memanfaatkan daya rekatnya maka kotoran yang ada pada speaker bisa terambil dengan sangat baik.

Terkait:  Cara Kunci 4G Realme

Selotip yang digunakan tidak perlu yang besar, kalian hanya perlu menyiapkan selotip kecil saja mengingat speaker HP berukuran kecil.

2. Tempel Selotip di Atas Speaker HP

Berikutnya adalah dengan menempel selotip yang telah kalian persiapkan sebelumnya di atas permukaan speaker HP Realme. Pastikan agar setiap permukaan speaker menempel pada selotip. Tujuannya adalah memastikan semua partikel kotoran terangkat dengan baik.

3. Ulangi beberapa kali

Setelah melakukan proses pengangkatan dengan menggunakan selotip, lakukan beberapa kali lagi dengan cara yang sama agar kotoran bisa terangkat semua. Biasanya partikel kotoran akan hilang jika dilakukan setidaknya 3 kali percobaan.

4. Lakukan pada speaker lainnya

Karena speaker pada HP Realme ada 2 bagian, yang pertama di bagian bawah dan yang kedua di bagian atas, maka lakukan pembersihan pada speker yang satunya agar HP Realme milikmu benar-benar bersih dari partikel kotoran yang menempel pada permukaan speaker.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan dirumah untuk membersihkan permukaan speaker HP Realme hanya dengan menggunakan sikat gigi halus dan selotip sehingga kondisi speaker berada pada performa terbaiknya.

Tips Menjaga Speaker HP Agar Tetap Awet

Sebenarnya untuk menjaga speaker HP kalian tetap awet, kembali pada kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu kebiasaan-kebiasaan yang dapat menurunkan performa speaker agar dihindari. Beberapa kebiasaan tersebut diantaranya :

  • Membiarkan HP terkena debu ketika sedang berada di luar. Adapun langkah antisipasi menggunakan HP saat sedang diluar adalah dengan segera membersihkan partikel kotoran menggunakan kain lap kecil yang selalu dibawa.
  • Gunakan cashing HP yang berkualitas agar debu atau kotoran lainnya tertahan oleh cashing HP tersebut.

Itulah cara membersihkan speaker HP Realme dan beberapa tips merawat speaker HP agar tetap pada performa terbaiknya.

Related posts