cara kunci 4g hp vivo

Cara Kunci 4G Hp Vivo

Selain cara kunci 4G hp Samsung, bagi penggina hp Vivo juga bisa mengunci jaringan 4G dengan cara kunci 4G hp Vivo. Mengunci jaringan 4G hp Vivo bertujuan agar koneksi internet di hpmu menjadi lebih stabil dan cepat. Jika di tempatmu memiliki sinyal 4G yang kat, tentu tidak harus di lock.

Akan tetapi, bagi kamu yang tinggal di lokasi dengan sinyal kurang stabil, sebaiknya kunci jaringan 4G agar kuota internetmu lebih maksimal. Jaringan 4G di negara kita memang masih belum merata. Meskipun di negara-negara maju bahkan sudah menggunakan jaringan 5G.

Read More

Vivo sendiri telah merilis produk smartphone terbarunya dengan dukungan 4G LTE. Jaringan 4G LTE diluncurkan pertama kali di dunia tepat di tahun 2009, sementara di Indonesia sendiri pada tahun 2015 dan semua operator telah mendukung jaringan ini. Sejak saat itulah, kebanyakan smartphone terbatu telah support jaringan 4G.

Perbedaan Jaringan 3G, 4G dan 5G

Ada banyak sekali industri teknologi yang meluncurkan smartphone yang menawarkan jaringan internet 5G. Ada banyak orang menganggap bahwa jaringan 5G bisa memberikan koneksi internet lebih baik. Jaringan 5G sendiri adalah pembaruan jaringan 4G, sedangkan 4G merupakan pembaruan dari 3G, atau seterusnya.

Ketika jaringan tersebut terkoneksi dalam jaringa internet, akses internetnya biasanya bergantung pada tingkat kekuatan sinyal. Selain itu, umumnya ditampilkan menggunakan singkatan 5G, 4G, 3G. Bahkan berlaku bagi setiap perangkat seluler.

Di bawah ini perbedaan dari setiap versi atau generasi jaringan, diantaranya sebagai berikut :

1. Jaringan 3G

Jaringan 3G adalah asal mula internet bisa diakses lewat hp atau telepon genggam. Apple dan Blackberry pada masa itu adalah produk hp sejuta umat sebagai merk hp yang menggunakan teknologi jaringan internet ini.

Standar 3G diketahui memakai Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) untuk dijadikan arsitektur pada jaringan intinya. Dalam hal ini, jaringan 3G mengombinasikan antara teknologi, jaringan 2G serta protokol baru yang dapat menciptakan kecepatan akses lebih cepat.

Melalui packet switching, biasanya teknologi asli akan ditingkatkan dengan tujuan agar memungkinkan kecepatan sampai 14 Mbps. Memakai jaringan berupa nirkabel wide band, dengan bandwidth sekitar 15-20 Mhz.

Jaringan 3G menawarkan beberapa fitur, diantaranya kecepatan sampai 2 Mbps, memiliki kemampuan broadband dan kapasitas besar, kirim atau terima pesan email yang berukuran besar dan kecepatan sampai 2Mbps.

2. Jaringan 4G

Oslo, Norwegia, dan Swedia Stokholm merupakan negara pertama dengan menawarkan jaringan 4G di tahun 2009. Salah satu keunggulan jaringan layanan 4G melahirkan teknologi jaringan yang mutakhir, mengingat kemampuannya untuk transfer data hingga 1Gbps.

Adapun perbedaan utama dari jaringan 4G dan 3G yaitu kecepatan transfer data. Selain itu, perbedaan besar juga dilihat dari teknologi 4G dan 3G. Untuk teknologi utama jaringan 4G yang memungkinkan adalah Orthogonal Frequenxy Division Multiplexingi (OFDM) dan Multiple Input Multiple Output (MIMO).

Adapun standar 4G terpenting yaitu LTE dan WiMAX. Sedangkan 4G LTE merupakan upgrade kecepatan dari 3G, jika secara teknis sendiri bukan 4G.

4G LTE sendiri merupakan evolusi terbaru 4G, dengan menghadirkan akses jaringan internet teraman dan tercepat. Namun umumnya, 4G merupakan standar yang sudah ditentukan sebagai koneksi pada jaringan seluler.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh jaringan 4G LTE, diantaranya jaringan multi hop dan ad hoc, jaringan seluler skalabel dan global, kecepatan tinggi, biaya per bit rendah, dan kapasitas tinggi.

3. Jaringan 5G

Jaringan 5G merupakan inovasi jaringan terbaru yang banyak diincar. Hal ini dikarenakan menawarkan kecepatan untuk akses data lebih tinggi, bahkan bisa lebih cepat 20 kali dari jaringan 4G.

Sebenarnya inovasi jaringan 5G sendiri telah diterapkan di beberapa negara, tapi di Indonesia baru menjadi wacana. Meskipun ada beberapa smartphone terkenal memakai jaringan 5G.

Syarat Untuk Mengunci Jaringan 3G Pada Hp Vivo

Setelah memahami perbedaan jaringan 3G, 4G dan 5G, kini kamu bisa mulai mengunci jaringan 4G di perangkat hp Vivo milikmu. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan jika ingin mengaktifkan layanan jaringan 4G pada Vivo :

  • Perangkat harus mempunyai hardware yang telah mendukung sinyal 4G. Tapi, khusus seluruh jenis hp Vivo telah mendukung hal tersebut.
  • Kartu Sim yang dipakai sudah mendukung 4G. Namun jika belum, kamu bisa pergi ke outlet atau gerak operator SIM Card yang dipakai.
  • Pengaturan tersebut dilakukan di lokasi dengan jaringan 4G stabil.
  • SIM Card memiliki kuota internet.
  • SIM Card telah diregistrasi sesuai peraturan.

Cara Kunci 4G Hp Vivo

Cara Kunci 4G Hp Vivo
Tutorial Kunci 4G Hp Vivo

Tutorial Mengunci 4G Hp Vivo

Untuk menstabilkan kecepatan jaringan hp Vivo, maka kamu bisa mencoba cara kunci 4G hp Vivo. Kamu hanya perlu memilih metode berikut ini :

1. Kunci Jaringan 4G Hp Vivo Melalui Pengaturan

Cara kunci 4G hp Vivo yang pertama sebenarnya yang paling mudah dilakukan. Untuk melakukannya, ada beberapa langkah berikut :

  • Masuk ke ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ di hp Vivo milikmu.
  • Tekan opsi ‘Dual Card and Mobile Network’.
  • Selanjutnya, tekan ‘Network Mode’ lalu pilih lagi ‘4G (preferred)/3G/2G’.

Apabila dengan cara ini masih belum bisa membuat jaringan 4G terkunci atau sinyal sering berganti ke dalam jaringan 3G atau 3G. Maka kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Kunci Jaringan 4G Hp Vivo Melalui Kode Dial

Kamu bisa mengunci 4G melalui opsi pengaturan jaringan pada Vivo. Jika ingin mengakses pengaturan tersebut, bisa memakai kode dial phone secara khusus. Ini panduannya :

  • Buka menu panggilan telepon pada hp Vivo.
  • Setelah itu, tekan dial up dengan kode *#*#4838#*#*.
  • Jika sudah, kamu akan dibawa ke dalam menu bertuliskan ‘Menguji’.
  • Tekan ‘Informasi Telepon’.
  • Lalu setel jaringan dengan ‘LTE Only’.
  • Maka jaringan 4G pada hp Vivo langsung terkunci otomatis.

Hp Vivo milikmu kini telah terkunci dalam jaringan 4G secara otomatis, bahkan tidak bisa berpindah kembali. Jadi kamu bisa tetap merasakan kecepatan internet lebih stabil.

3. Kunci Jaringan 4G Hp Vivo Android 11

Apabila hp Vivo milikmu telah memakai OS Android 11, serta tidak dapat memakai kode jaringan, maka alternatif lainnya bisa memakai aplikasi Force LTE Only (4G atau 5G). Jika kamu memakai aplikasi Force LTE Only, maka kamu bisa lock jaringan 4G hingga 5G bagi ponsel yang mendukungnya.

  • Silahkan buka aplikasi Google Play Store, kemudian install Force LTE Only (4G atau 5G).
  • Buka dan operasikan aplikasi, lalu di bagian Important centang opsi ‘Accept usage Policy’.
  • Jika sudah masuk ke menu utama, kamu akan dibawa ke beberapa opsi penguncian jaringan.
  • Tekan ‘Method 2′ pada hp Vivo OS Android 11.

Setelah mengikuti cara kunci 4G hp Vivo di atas dan berhasil, maka membuat koneksi internet kamu semakin cepat dan stabil. Namun secara otomatis, kamu tidak dapat mengirimkan SMS atau menelpon. Sebab operator GSM yang ada di Indonesia masih belum mendukung Voice Over LTE atau VOLTE. Hanya Indosat, Smartfren dan Telkomsel yang kini telah support panggilan suara pada jaringan 4G.

 

Related posts