Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Emas, sangat identik dengan istilah perhiasan yang biasa melekat di beberapa bagian tubuh pria maupun wanita. Hal tersebut, dikarenakan gaya hidup flexing yang biasa diterapkan oleh beberapa kalangan. Tetapi, jauh dari dibalik gemerlap kekayaan tersebut, kalian juga dapat menggunakannya untuk praktek cara gadaikan emas di Pegadaian. Buat pinjam dana darurat.

Kategori dana darurat, biasanya ditujukan ketika seseorang sedang membutuhkan sejumlah uang untuk keperluan penting. Misalnya saja, agar usahanya tetap dapat beroperasi saat akan gulung tikar. Bisa juga dibuthkan saat orang tersebut hendak mendorong anaknya agar dapat bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Semua peristiwa ini, butuh modal yang besar.

Read More

Gadai Emas VS Jual Emas

Banyak orang yang berasumsi, bila dibandingkan menggadaikan atau menjadikan emas sebagai barang jaminan. Mereka akan lebih memilih untuk menjualnya. Padahal, kala itu kondiri dari harga emas sedang mengalami penurunan yang sangat drastis. Tentu, bagi sebagian besar kalangan yang sudah memahami nilai dari logam mulia. Pemilik akan tetap mempertahankannya.

Gadai, menjadi solusi paling ampuh buat kalian yang tidak ingin kehilangan nilai dari emas yang telah dimiliki. Memang, besar dana yang dapat kamu pinjam dari pihak Pegadaian misal. Tidak berbeda jauh dengan hasil penjualannya. Akan tetapi, kalau pembiayaan dananya telah berhasil dilunasi. Otomatis, barang jaminan akan diserahkan kembali kepada pemilik aslinya.

Terkait:  Cara Bebas dari Hutang

Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Cara Gadaikan Emas di Pegadaian
Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Pengajuan permohonan pembiayaan dana di PT Pegadaian, sebenarnya sangat mudah untuk kalian lakukan. Dari tahun ke tahun, persyaratan yang diberikan oleh perusahaan satu ini, bisa dibilang tidak mengalami perubahan yang signifikan. Di sisi lain, justru produk dari lembaga inilah yang terus menerus berkembang. Mulai dari produk, hingga program ikut bertambah.

Cara gadai emas di Pegadaian, pada umumnya terbagi menjadi 2 cara. Ada yang dilakukan di outlet resmi Pegadaian, lalu melalui booking di aplikasi Pegadaian Digital. Semakin mudah, karena calon debitur tidak perlu lagi menunggu antrean panjang saat melangsungkan proses permohonan pembiayaan dana. Apa saja ketentuannya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Barang Agunan

Agunan atau barang jaminan, adalah salah satu poin penting pertama yang harus diperhatikan oleh seseorang sebelum datang ke Pegadaian. Contohnya saja, kalian memiliki perhiasan emas di rumah. Maka, barang tersebut dapat dijadikan sebagai bentuk jaminan yang nantinya akan disimpan di kantor sampai pelunasan utang selesai. Pastikan berat emas, minimal 1 gr.

2. Kelengkapan Berkas atau Dokumen

Persiapkan dokumen pendukung seperti, Fotokopi KTP asli (status WNI), Fotokopi Kartu Keluarga (KK), Resi Pembelian Perhiasan Emas, serta Sertifikat Keaslian Emas. Disisi lain, pihak debitur akan bertanggung jawab penuh bahwa berkas-berkas yang diserahkan kepada petugas benar adanya (asli). Bukan dari hasil pencurian, perampokan, atau pemalsuan nama.

3. Mencari Lokasi KC Pegadaian Terdekat

Kalian yang jarang keluar rumah atau belum lama ini baru saja pindah ke lokasi tersebut. Di mesin pencarian Google, kamu dapat mengetahui penyebaran lokasi Kantor Cabang milik PT Pegadaian. Sebelum itu, aktifkan fitur “Location/GPS” yang terdapat di HP masing-masing. Ketik Kantor Pegadaian, nanti otomatis akan muncul beberapa hasil penulusuran KC terdekat.

4. Mengajukan Permohonan Gadai

Cara gadaikan emas di Pegadaian berikutnya, yaitu dengan mengajukan permohonan gadai ke KC terdekat. Oleh sebab itu, poin satu ini tidak boleh terlewatkan oleh calon debitur. Meski, kalian sudah melakukan booking terlebih dahulu melalui Pegadaian Digital. Tetapi, barang agunan harus diserahkan secara langsug oleh pihak yang bersangkutan. Biar cepat diproses.

Terkait:  Cara Gadai Emas di Pegadaian

5. Tunggu Sampai Dana Dicairkan

Petugas akan melakukan konfirmasi keaslian dari barang agunan yang kalian bawa ke kantor. Sambil menunggu proses pemeriksaan barangnya selesai, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan dana. Taksiran dananya telah disampaikan oleh petugas, kemudian pihak debitur akan melakukan persetujuan. Setelah itu, ke kasir sambil serahkan surat perjanjian.

Cara Gadai Emas di Pegadaian Tanpa Surat

Produk gadai emas yang diterbitkan langsung oleh perusahaan Pegadaian, secara umum bisa kalian pilih produknya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kemampuan yang dimaksudkan disini, yakni kepemilikan akan barang jaminannya. Hal tersebut dikarenakan, syarat paling utama yang harus dipenuhi oleh seorang debitur adalah menyerahkan barang atas namanya.

Cara gadai emasi di Pegadaian tanpa surat, apakah bisa diterima? Tentunya bisa. Ada salah satu produk favorit masyarakat, yang dikenal dengan KCA. Asalkan barang tersebut masih memiliki taksiran nilai jual, otomatis dapat dijadikan sebagai agunan. Dikutip dari situs resmi perusahaan mengenai urutan cara pengajuan gadai tanpa adanya surat. Ini, selengkapnya:

Syarat-syarat Ajukan Gadai Emas Pegadaian

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus kalian perhatikan ketika ingin melakukan pengajuan gadai emas tanpa menggunakan kelengkapan suratnya. Berdasarkan penjelasan di situs resmi Pegadaian. Inilah ketentuan terbaru di tahun 2022 untuk layanan gadai emas:

  • Menyertakan Fotokopi Identitas Diri berupa KTP
  • Membawa dan serahkan barang agunan kalian ke petugas Pegadaian
  • Debitur menyetujui isi perjanjian utang-piutang dari perusahaan. Setelah itu, tandatangani Surat Bukti Gadainya

Tahapan Cara Gadaikan Emas di Pegadaian Bebas Surat

Surat yang dimaksudkan disini, bukan merupakan persyaratan wajib seperti KK dan KTP. Ini, berlaku untuk barang yang sudah tidak ada bukti pembeliannya. Maksudnya, kamu tidak bisa membuktikan bahwa barang agunan tersebut adalah milik pribadi yang sah. Apalagi, kalau hal tersebut berkaitan dengan emas. Sudah pasti, nilai emasnya akan menurun.

  1. Persiapkan semua persyaratan dan ketentuan yang dibutuhkan oleh pihak PT Pegadaian
  2. Kunjungi Kantor Pegadaian terdekat, lalu ajukan permohonan gadai emas ke petugas
  3. Isi formulir yang diberikan oleh petugas, berisi permohonan untuk ajukan kredit sesuai produk yang tertera di lembaran tersebut
  4. Tunggu beberapa saat, sampai barang agunan selesai diperiksa dan hasil taksirannya sudah keluar
  5. Nasabah melakukan pertimbangan terhadap harga penawaran dari pihak perusahaan
  6. Proses cara gadaikan emasi di Pegadaian berikutnya,  nasabah setuju dengan taksiran dari harga yang ditawarkan
  7. Tandatangani Surat Persetujun Gadai diatas materai sebagai tanda bukti yang sah
  8. Nasabah membawa surat tersebut ke pihak kasir untuk dilakukan proses lebih lanjut
  9. Pencairan dana dari uang yang dipinjam, akan diserahkan kepada nasabah sesuai persetujuan kedua belah pihak (tunai atau non-tunai)
Terkait:  Cara Hutang Pulsa Smartfren

Dana yang diterima melalui bentuk non-tunai, berarti uang pinjamannya akan ditransfer oleh perusahaan ke rekening nasabah. Uang tersebut, akan langsung masuk ke buku rekening di kolom kredit. Sehingga, kalian dapat gunakan dananya sesuai kebutuhan.

Keunggulan Ajukan Kredit di Pegadaian

Nasabah yang butuh bantuan dana dalam jangka waktu pendek, perhatikan keunggulan yang akan kalian rasakan saat menggunakan layanan dari Pegadaian. Berikut selengkapnya:

  • Proses pencairan dana paling lambat diterima oleh nasabah H+3, terhitung sejak Surat Bukti Gadai diserahkan kepada petugas perusahaan
  • Pelayanan pinjaman, dilakukan setiap hari dan waktu operasional kerja berlangsung
  • Aplikasi Pegadaian Digital dapat diakses selama 24 jam
  • Barang jaminan dijamin tersimpan dengan aman
  • Suku bunga yang rendah sesuai nilai pinjaman yang diambil oleh nasabah
  • Nasabah mendapatkan keringanan pembayaran biaya dana pinjaman, apabila saat memasuki jatuh tempo debitur belum mampu melakukan pelunasan.

Itulah beberapa cara gadaikan emas di Pegadaian kali ini. Butuh informasi lebih lanjut? Baca juga artikel cara gadai emas. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye…

Related posts